12 Tempat Piknik Di Bogor Yang Asyik, Cozy Dan Menyenangkan Untuk Dikunjungi

Sebagai salah satu destinasi wisata paling populer bagi warga ibu kota, Bogor menjadi kota dengan atraksi wisata yang lengkap. Selain memiliki pesona alam yang mengesankan, udara yang sejuk serta suasana yang nyaman juga menjadi nilai plus tersendiri untuk menjadikan Bogor sebagai tujuan liburan. Salah satu daya tarik yang dimiliki Kota Hujan ini adalah sejumlah tempat piknik di Bogor yang sama sekali tidak boleh dilewatkan.

Nah, buat kamu yang tertarik dengan nuansa liburan baru di Bogor, melakukan piknik di sejumlah lokasi ini bisa menjadi alternatif menarik untuk dipertimbangkan. Selain bisa mengeratkan hubungan kekeluargaan atau pertemanan, mengunjungi tempat piknik di Bogor ini juga bisa menjadi sarana healing yang baik untuk kesehatan mental. Belum lagi paparan sinar matahari langsung dan Vitamin D dari alam akan meningkatkan imunitas tubuh.

Penasaran dengan tempat piknik di Bogor yang bisa dikunjungi? TripZilla Indonesia merekomendasikan sejumlah lokasi menarik untuk bisa bersantai, menggelar tikar dan menikmati alam sambil mengudap bekal yang kamu bawa dari rumah. Cekidot daftarnya di bawah ini!

1. Pemandangan ijo royo royo yang menenangkan di Kebun Raya Bogor

tempat piknik di bogorImage credit: @putricikalsyairaam

Ikon Kota Hujan ini wajib disambangi terutama jika tujuanmu untuk berpiknik. Bukan hanya penuh sejarah, namun aneka taman yang ada di dalamnya pas untuk tempat berhenti sejenak dan bersantai.

Image credit: @franciscaayke

Di tengah piknikmu, kamu dapat melihat keindahan Istana Bogor dari kejauhan. Jangan lupa untuk melihat bunga bangkai, pohon raksasa dan koleksi Museum Zoologi. Pulang dari sini kamu akan membawa tubuh yang segar dan banyak pengalaman baru.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Bogor
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB, Sabtu – Minggu pukul 07.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 16,500 IDR

2. Hutan pinus yang selalu tampak indah di Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Image credit: @putridmr

Pohon pinus yang tinggi dan berderet rapi di taman ini akan membuatmu terpesona. Memang tidak perlu tambahan apa-apa lagi karena tempat wisata ini sudah menarik dari sananya. Kamu tinggal membawa perlengkapan agar bisa piknik dengan asyik. Atau coba saja berkemah di fasilitas camping ground yang ada. Jika ingin trekking, ada pemandu yang disediakan pengelola. Seru!

Lokasi: Jl Desa, Kampung Ciburial, RT.3/RW.3, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

3. Tempat piknik di Bogor bersama domba-domba yang menggemaskan di OJ Organic Farm

Image credit: OJ Organic Farm

OJ Organic Farm awalnya memang merupakan lahan pertanian dengan panorama Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango. Kemudian pengelola membuka fasilitas agrowisata dan piknik di tempat  ini.

tempat piknik di bogorImage credit: OJ Organic Farm

Suasananya tidak perlu diragukan lagi, sejuk dengan pemandangan yang indah. Konsep piknik yang ditawarkan adalah private picnic dengan biaya mulai dari 500,000 IDR untuk tiga orang. Kalau ingin sekedar beristirahat sambil menikmati suasana juga bisa. Ada aktivitas memetik sayuran dan buah organik, belajar pembibitan hingga bermain dengan hewan-hewan yang ada. Pengalaman langka yang tidak akan kamu temukan di kota!

Lokasi: Jl. Cimande, Kec. Caringin, Bogor
Jam Buka: Sabtu – Kamis, 08.00 WIB – 15.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

4. Tempat piknik di Bogor sambil menyantap durian di Kebun Durian Warso Farm

Image credit: @dwyfebriawan

Ingin piknik dengan menu yang berbeda dari biasanya? Piknik saja di Kebun Durian Warso Farm. Kamu bisa selonjoran sambil menghirup udara segar dan harum durian yang nikmat!

Image credit: @evieta_syahfuan

Warso Farm dengan maskot durian raksasanya seru untuk dikunjungi. Sebelum jadi malas gerak, kamu bisa ikut berkebun dan panen buah durian. Setelah itu nikmati hasil panenmu berupa durian yang rasanya maknyus. Ada pula kebun buah-buahan lain yang bisa kamu jelajahi di sini.

Lokasi: Jl. K.H. Halimi, Cipelang, Kec. Cijeruk, Bogor
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 3,000 IDR

5. Tempat piknik di Bogor dengan pemandangan air terjun ala Lembah Tepus

Image credit: @shaharasani

Piknik tidak melulu di padang rumput. Kalau kamu ke Lembah Tepus, matamu akan disuguhi pemandangan air terjun bertingkat yang menarik. Suara gemericik airnya dijamin membuat hatimu tenang. Sebelum tiba di area air terjun, kamu akan melewati warung-warung makan. Kamu dapat membeli bekal sebelum trekking ringan menuju lokasi air terjun. Jalur yang nyaman dan asri akan membuat trekking berjalan tanpa terasa dan tahu-tahu kamu sudah tiba di tujuan!

Lokasi: Jl. Curug Cigamea, Gn. Sari, Kec. Pamijahan, Bogor
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

6. Piknik sambil menikmati aneka wahana di Taman Buah Mekarsari

Image credit: Mekarsari Taman Buah

Ingat buah, ingat Taman Buah Mekarsari. Meski demikian, ada banyak hal menarik lainnya yang bisa kamu coba di dalam taman ini. Belum lagi sisi-sisi taman yang instagrammable dan bikin foto-fotomu terlihat cantik.

tempat piknik di bogorImage credit: Mekarsari Taman Buah

Kamu dapat mencoba fasilitas ATV sampai floating donut yang tersedia. Ada juga 3D Trick Art yang akan membuat latar fotomu jadi unik. Sebelum pulang, kamu juga dapat memetik buah-buahan segar untuk oleh-oleh.

Lokasi: Jalan Raya Cileungsi -Jonggol KM.3, Mekarsari, Kec. Cileungsi, Bogor
Jam Buka: Sabtu – Minggu dan hari libur nasional, 09.00 WIB – 15.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 35,000 IDR

7. Piknik murah dan meriah di Taman Heulang

Image credit: @gunturrudy

Taman Heulang jadi lokasi favorit warga untuk berolahraga. Kamu juga bisa menjadikannya tempat piknik karena taman ini cukup luas dan sudah dilengkapi fasilitas untuk beristirahat.

tempat piknik di bogorImage credit: @safitri_dewi11 

Di waktu-waktu tertentu kamu pun dapat menjumpai komunitas-komunitas lokal yang datang ke sini. Padang rumput terbuka yang tertata rapi akan menyambut dan menggodamu untuk segera berselonjor. Lapar? Tidak masalah, karena banyak penjaja makanan yang tersebar di sekitar taman. Murah dan meriah!

Lokasi: Jl. Heulang, RT.06/RW.04, Tanah Sareal, Kec. Tanah Sereal, Bogor
Jam Buka: Setiap hari, 05.00 WIB – 22.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

8. Bersantai atau memacu adrenalin, semuanya ada di Taman Budaya Sentul

Image credit: Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul menjanjikan pengalaman piknik yang berkesan. Kamu dapat menjelajah santai atau justru mengikuti aktivitas yang memacu adrenalin. Untuk setiap wahana, dikenakan biaya tambahan termasuk untuk berpiknik di green area. 

Image credit: Taman Budaya Sentul

Namun tambahan biaya ini didukung dengan beragam aktivitas yang ada semisal waterfall hiking, Landy off road dan rafting. Kapan lagi piknik dengan selingan kegiatan seperti ini? Selesai piknik, dijamin bonding di antara kamu dan sahabatmu semakin kuat!

Lokasi: Jl. Siliwangi No.1, Sumur Batu, Kec. Babakan Madang, Bogor
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

9. Hanyut dalam keindahan warna-warni kebun di Melrimba Garden

tempat piknik di bogorImage credit: Melrimba Garden

Melrimba Garden yang berlokasi di kawasan Puncak akan membuatmu malas pulang dari piknik. Pasalnya, taman yang ada benar-benar cantik dan dekat dengan hutan pinus. Keindahan tamannya bakal bikin tangan gatal untuk mengabadikan setiap sudutnya.

Image credit: Melrimba Garden

Tidak hanya bisa berkeliling, ada pula wahana seperti flying fox, panahan dan kolam pancing. Bila piknik saja terasa kurang, kamu dapat menyewa fasilitas berkemah ke pengelola. Kamu akan memperoleh sleeping bag dan matras apabila menyewa salah satu tenda di sini.

Lokasi: Jl. Raya Puncak KM 87, Tugu Utara, Cisarua, Bogor
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 09.00 WIB – 21.00 WIB, Sabtu – Minggu pukul 08.00 WIB – 23.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

10. Berakit-rakit menyusuri sungai di Leuwi Pangaduan

Image credit: Leuwi Pangaduan

Sensasi piknik yang berbeda akan kamu rasakan di Leuwi Pangaduan. Kamu bisa mengelilingi sungai dengan perahu besar dan melihat lembah asri di sekitarmu.

tempat piknik di bogorImage credit: Leuwi Pangaduan

Tidak cuma itu, daya tarik utama Leuwi Pangaduan adalah air terjun kecil yang bertingkat. Kamu dapat menggunakan ban dan duduk santai sambil menikmati suasana atau sekalian berenang di sini. Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen dengan latar pemandangan indah yang ada.

Lokasi: Jl. Kp. Muhara, Ds, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Bogor
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

11. De Voyage, tempat piknik di Bogor sambil berburu lokasi wefie

Image credit: De Voyage Bogor

Melihat dari tempatnya, kamu pasti langsung tahu bahwa De Voyage dibuka bagi para penggemar foto. Terdapat sekitar 150 tempat yang dapat digunakan pengunjung untuk berfoto.

Image credit: De Voyage Bogor

Konsep dari De Voyage adalah miniatur aneka bangunan dan lanskap di Eropa. Kamu bisa mencari sisi yang nyaman untuk duduk santai jika sudah lelah ber-wefie-ria. Jika membeli tiket terusan, kamu pun dapat mendayung perahu yang ada di sungai buatannya.

Lokasi: Bogor Nirwana Residence, Jl. Boulevard No. 240, Bogor
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 30,000 IDR

12. Piknik cantik sambil ngopi di Taman Fathan Hambalang

tempat piknik di bogorImage credit: @derrafziah  

Taman Fathan Hambalang membuatmu dapat piknik dengan nyaman. Duduk saja di bangku-bangkunya yang menghadap ke hamparan pemandangan bukit dan gunung. Selama hari cerah, mengobrol dan mengudap di taman ini sungguh menyenangkan.

tempat piknik di bogorImage credit: @ansptri03 

Bagaimana jika matahari mulai terbenam? Salah satu sisi di Taman Fathan Hambalang sangat cocok untuk mengabadikan momen sunset. Kamu akan memperoleh hasil foto yang cantik ketika sinar keemasan matahari menyentuh pucuk-pucuk pepohonan di sekelilingmu. Jadi jangan sampai terlewat ya!

Lokasi: Hambalang, Citeureup, Bogor
Jam Buka: Senin – Rabu & Jumat pukul 11.00 WIB – 21.00 WIB, Kamis pukul 11.00 WIB – 19.00 WIB,  Sabtu – Minggu pukul 09.00 WIB – 21.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

Baca juga: 24 Curug Di Bogor Yang Cantik Dan Instagrammable Untuk Dikunjungi

Bogor menyediakan segudang inspirasi untuk kegiatan piknikmu. Mau piknik dengan suasana desa, air terjun, perkebunan atau taman kota semuanya ada. Kamu ingin mencoba yang mana?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru