9 Tempat Wisata Cimahi Yang Bisa Kamu Jelajahi Di Akhir Pekan

Berbatasan dengan Bandung tidak membuat Cimahi serta merta banyak dikenal orang. Padahal, dengan suasana pedesaan yang begitu kental dan bentang alam yang keren, Cimahi menawarkan berbagai tempat wisata alam dengan aneka fasilitas.

Destinasi wisata di Cimahi juga pas untuk dikunjungi bersama keluarga karena selain menarik, juga tidak sulit untuk diakses. Siap berakhir pekan ke Cimahi? Maka berbagai rekomendasi TripZilla Indonesia di bawah ini bisa kamu masukkan dulu ke dalam bucket list, cek dulu ya!

1. Kampung Buyut Cipageran (Kabuci) Asih Putera – Destinasi yang menawarkan aktivitas yang bikin kamu lebih mencintai alam

Image credit: Kampung Buyut Cipageran

Nuansa sejuk akan terasa begitu matamu memandang hijaunya pepohonan di dalam Kabuci Asih Putera. Benar-benar serasa pulang ke kampung! Tidak hanya terlihat instagrammable, di tempat ini juga banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan beramai-ramai.

tempat wisata cimahi
Image credit: Kampung Buyut Cipageran

Untuk pengalaman yang tidak terlupakan, ikuti kegiatan panen sayuran dan membajak sawah. Kamu mungkin akan jadi teringat masa kecil atau justru ini adalah pengalaman baru yang tidak akan kamu temukan di perkotaan. Ada pula lapangan untuk area panahan dan berkemah. Tapi jika kamu tidak menginap di sini, sempatkan dulu mampir ke kedai kopinya yang unik sebelum pulang.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi No.Km. 3, Cipageran, Kec. Cimahi Utara, Cimahi
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 22.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

2. Wisata Pakuhaji – destinasi asyik untuk bercanda bersama hewan menggemaskan

Image credit: Wisata Pakuhaji Official

Tidak hanya anak-anak, kamu pun pasti akan senang mengunjungi Wisata Pakuhaji karena di sini ada berbagai hewan menggemaskan dan jinak yang bisa diajak berinteraksi. Ada pula hewan seperti ular yang meskipun kelihatan menakutkan tetapi jinak dan aman untuk diajak berfoto.

tempat wisata cimahi
Image credit: Wisata Pakuhaji Official

Puas berfoto dan mengelus hewan? Kamu bisa menjajal wahana ATV dan outbound untuk menyempurnakan harimu. Setelah seseruan yang menguras adrenalin, kamu perlu mengisi perut dengan kuliner unggulan di Wisata Pakuhaji yaitu nasi liwet. Dijamin akan terasa nikmat!

Lokasi: Jalan Haji Gofur No.Km. 4, RT.02/RW.10, Pakuhaji, Kec. Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka: Sabtu – Minggu, 08.00 WIB – 15.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

3. Taman Kartini – Spot bersantai menikmati cuaca Cimahi

Image credit: @defy.ariyanti

Taman Kartini adalah salah satu taman kota yang gratis dan menyenangkan di Cimahi. Kamu dapat mengunjunginya di tengah-tengah jadwal wisatamu untuk sekedar duduk-duduk dan mengobrol. Bisa juga sambil menyantap bekal favoritmu lho!

tempat wisata cimahi
Image credit: @husensaurus (kiri), @iki_abdurrahman

Kalau kamu gemar menonton atraksi skateboarding, maka ini adalah destinasi yang tepat karena Taman Kartini juga punya area skateboard yang sering dijajal oleh komunitas lokal. Atau justru kamu yang gemar bermain skateboard dan ingin mencobanya di sini?

Lokasi: Jl. Baros No.6, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Cimahi
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

4. Curug Putri Layung – mencium harumnya aroma hutan pinus

Image credit: @erlymabello

Curug Putri Layung dengan airnya yang dingin dan jernih akan membuat matamu berbinar. Curug ini juga aman untuk berenang karena tempatnya nyaman dengan undakan yang tidak curam. Rasakan damainya suasana yang jauh dari hiruk pikuk dan bikin betah berlama-lama di sini.

tempat wisata cimahi
Image credit: @anindiakinanti

Tidak hanya curug yang mudah dinikmati, ada pula hutan pinus yang semakin menambah kesegaran. Pohon-pohon yang tinggi terlihat cantik dipandang dan pastinya menggoda untuk diabadikan. Mampir ke curug ini dijamin akan membuat waktu liburanmu semakin berkesan!

Lokasi: Karyawangi, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

5. Curug Cimahi – Tempat wisata menikmati nyala lampu bak pelangi

tempat wisata cimahi
Image credit: @probowahyu15 (kiri), @sidimskr

Curug Cimahi termasuk salah satu curug yang populer dan sudah dilengkapi dengan fasilitas kekinian. Pada malam hari kamu bisa menikmati Curug Cimahi dengan sensasi yang berbeda berkat adanya lampu warna-warni di dinding air terjun. Ketika hari gelap, kamu akan melihat aliran air berwarna mencolok dari kejauhan.

Udara yang sejuk akan membuatmu bersemangat untuk menyusuri asrinya lembah untuk tiba di curug pada pagi atau bahkan siang hari. Waspadalah dengan monyet liar jika ingin menyantap bekalmu. Namun dengan berbagai fasilitas yang lengkap, monyet-monyet liar bukanlah hal yang perlu membuatmu mengurungkan niat berkunjung. Curug yang juga dijuluki Curug Pelangi ini pun punya banyak sisi yang instagrammable lho!

Lokasi: Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka: Setiap hari, 07.30 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 12,000 IDR

6. Kampung Adat Cireundeu – tempat wisata asyik mempelajari budaya dan kuliner lokal di Cimahi

Image credit: @diazhollic

Sebuah lokasi wisata budaya yang wajib kamu kunjungi di Cimahi adalah Kampung Adat Cirendeu. Kamu dapat menambah wawasan, menikmati pemandangan yang indah sekaligus berinteraksi dengan warga yang ramah. Jika kamu beruntung, kamu bisa menyaksikan pentas kesenian tradisional Sunda yang diadakan pada waktu-waktu tertentu.

Image credit: @nirmanaa (kiri), Kampung Adat Cireundeu Cimahi

Akses yang mudah untuk menemukan Kampung Adat Cireundeu dan fasilitas yang baik bakal membuatmu nyaman untuk menjelajah. Tidak perlu berlama-lama, kamu pasti akan tergiur untuk mencicipi kuliner lokal yaitu rasi yang terbuat dari beras dan singkong. Dilengkapi lauk-pauk khas Sunda, siapa yang bisa menolak untuk menyantapnya?

Lokasi: Cireundeu, Leuwigajah, Kec. Cimahi Selatan, Cimahi
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

7. Curug Panganten Katumiri – Menikmati pemandangan indah dan ramah di kantong

tempat wisata cimahi
Image credit: @widiahnd

Curug Panganten Katumiri jadi salah satu alternatif bagi kamu yang ingin wisata alam murah meriah. Curug yang mengalir di tengah-tengah lembah nan asri ini memang indah namun akses masuknya cukup sulit. Kamu perlu berhati-hati untuk mencapai curug dan direkomendasikan untuk berkunjung pada musim kemarau.

Selain lebih aman, aliran air di curug pun akan terlihat jernih saat kemarau. Berhubung belum ada fasilitas kamar kecil, maka sebaiknya kamu tidak berenang kalau tidak ingin berjalan-jalan dengan pakaian basah. Sekedar melepas lelah di warung sekitar atau berfoto ria dapat menjadi pilihan aktivitas yang lebih nyaman untuk dilakukan.

Lokasi: Villa Katumiri, Jl. Cihanjuang, Padaasih, Kec. Cisarua, Cimahi
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

8. Curug Bugbrug – Wisata hiking yang asyik

Image credit: @wida8992

Gemar hiking dan ingin melemaskan kaki saat berada di Cimahi? Kamu bisa melangkah menuju Curug Bugbrug. Pakai alas kaki yang nyaman dan bawa perbekalan secukupnya karena fasilitas di curug ini belum terlalu lengkap. Tetapi ketika tiba di sana, lanskap lembah yang cantik akan menjadi bayaran yang setimpal!

tempat wisata cimahi
Image credit: @zainfoto

Lokasi yang tersembunyi membuat lingkungan di Curug Bugbrug ini masih alami. Akan tetapi kamu perlu memperhatikan faktor keamanan karena kolam di curug setinggi 50 meter ini memiliki pusaran air. Jadi kalau ingin berenang, lakukan di aliran sungai yang dangkal ya!  Kamu juga bisa berkemah di area curug, hubungi pengelola di akun @curug.bugbrug untuk menyewa tempat terlebih dulu.

Lokasi: Kertawangi, Cisarua, Kab. Bandung Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

9. Alam Wisata Cimahi – tempat bersenang-senang menjajal aneka wahana wisata seru

Image credit: Alam Wisata Cimahi (AWC)

Memang pas jika tempat ini diberi nama Alam Wisata Cimahi karena banyak wahana yang bisa kamu nikmati di sini. Masih tetap menonjolkan keindahan alam Cimahi, kamu bisa memandang siluet pegunungan dan area persawahan sambil menghirup udara sejuk. Setelah puas, segera coba aneka aktivitas seru yang tersedia!

Image credit: Alam Wisata Cimahi (AWC)

Kamu dapat berenang di infinity pool dengan pemandangan alam yang menawan. Kalau masih ingin bersantai maka acara naik delman, berkuda atau mengelus kelinci yang manis bisa jadi pilihan yang bagus. Tapi jika sudah tidak sabar ingin menggerakkan tubuh, cobalah berkendara dengan ATV, bermain paintball atau merasakan wahana hi-rope. Seru!

Lokasi: Jalan Kolonel Masturi KM.4 No.157, Cipageran, Kec. Cimahi Utara, Cimahi
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB, Sabtu – Minggu pukul 08.00 WIB – 21.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

Baca juga: 13 Destinasi Wisata Di Pangandaran Yang Eksotik

Tempat wisata yang variatif di Cimahi akan membuat liburanmu jadi terasa berbeda dan tidak mudah dilupakan. Terbukti, banyak alternatif liburan yang menyenangkan selain pergi ke mall dan tentunya juga dapat menyegarkan pikiranmu!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru