20 Tempat Wisata Di Kulon Progo Yang Keindahannya Akan Membuatmu Terpana (Updated 2023)

Setelah Bantul dan Gunung Kidul, Kulon Progo juga tidak mau ketinggalan menyajikan tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi selama di Yogyakarta. Akhir-akhir ini, tempat wisata Kulon Progo sering menjadi bahan pembicaraan di sosial media. Bukan hanya karena keindahannya yang memukau tapi juga karena keasrian tempatnya yang masih terjaga.

Kalau sudah mulai bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja di Jogja, Kulon Progo adalah tempat yang pas untuk kamu kunjungi. Berikut ini daftar tempat wisata Kulon Progo rekomendasi TripZilla Indonesia yang tidak boleh kamu lewatkan.

1. Air Terjun Kedung Pedut, eksotik

tempat wisata kulon progo
Image credit: @tripocalinaa

Kedung dalam bahasa jawa artinya kolam sedangkan pedut artinya kabut. Air terjun ini memang memiliki sebuah kolam alami yang memiliki campuran warna biru dan putih sehingga tampak seperti kabut. Wow, menarik sekali bukan?

tempat wisata kulon progo
Image credit: @anjueka_ss

Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata favorit di Kulon Progo. Kamu bisa seru-seruan main air dan berendam di kolam sepuasnya. Area sekitar air terjun merupakan hutan hujan tropis yang tampak sangat menyejukkan sekali.

2. Kalibiru Dan Pule Payung, tempat wisata Kulon Progo yang istimewa

tempat wisata kulon progo
Image credit: @agriaryoko

Kalau tempat wisata yang satu ini sudah sangat kamu kenal bukan? Kalibiru merupakan destinasi wisata di kulon progo yang terkenal berkat foto-foto yang bertebaran di sosial media.

Image credit: @rinaselviawati

Dengan pemandangan Waduk Sermo dan pegunungan, Kalibiru memiliki pemandangan yang spektakuler. Tidak hanya bisa berfoto sambil menikmati pemandangan, kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas unik seperti sepeda udara, melewati jembatan monyet hingga flying fox. Berani mencobanya?

Image credit: @imroosh

Kepopuleran Kalibiru tidak heran banyak membuat para wisatawan kecewa karena antrian berfoto yang semakin panjang, apalagi jika di akhir pekan. Nah, sekitar satu kilometer dari Kalibiru terdapat alternatif spot foto gardu pandang bernama Pule Payung. Keindahannya tidak kalah dengan yang ada di Kalibiru.

3. Goa Kebon Krembangan, tak boleh dilewatkan

Image credit: @sittabella_reall

Bukan hanya Gunung Kidul yang punya destinasi wisata goa. Kulon Progo juga punya goa yang tidak kalah kerennya lho. Namanya Goa Kebon Krembangan.

Image credit: @agriaryoko

Goa ini terbilang unik karena memiliki pancaran air yang tidak pernah kering di bagian mulut goa. Sehingga banyak juga yang menyebutnya sebagai Air Terjun Goa Kebon. Jika musim hujan, jalanan agak sedikit licin, jadi sebaiknya tetap berhati- hati ya.

4. Kebun Teh Nglinggo, tempat wisata Kulon Progo yang asyik untuk bersantai

tempat wisata kulon progo
Image credit: @wisatakulonprogoid

bukan hanya Malang dan Bogor, Kulon Progo ternyata punya kebun teh juga lho. Kebun teh ini berada di puncak perbukitan menoreh Kulon Progo. Suasananya sangat sejuk, cocok untuk kamu yang sedang ingin berlibur menikmati suasana alam dan pemandangan hijau.

5. Kebun Bunga Matahari Pantai Glagah, warna kuning cerah yang menyejukkan mata

Image credit: @nafi.avi

Kebun bunga matahari tampaknya sedang jadi primadona wisata banyak kalangan. Tidak heran bila di Pantai Glagah juga terdapat sebuah tempat wisata berupa kebun bunga matahari. Di sini, kamu bisa puas berfoto dengan latar belakang bunga matahari yang mengesankan.

6. Goa Kiskendo, menantang untuk ditelusuri

tempat wisata kulon progo
Image credit: @upiecupi

satu lagi tempat wisata goa di Kulon Progo yang harus kamu kunjungi, yaitu Goa Kiskendo. Goa ini memiliki pemandangan stalagmit dan stalaktit yang sangat mempesona. Tidak perlu khawatir soal keamanan dan kenyamanan ketika masuk ke dalam goa, karena goa ini telah dilengkapi dengan sarana pejalan kaki di dalamnya. Seru sekali, bukan?

7. Waduk Sermo Dan Taman Bambu Air, populer abis

Image credit: @ryo_rebi

Waduk Sermo pada mulanya merupakan danau buatan yang digunakan sebagai cadangan air untuk pengairan sawah. Namun karena areanya yang luas dan hijau maka Waduk Sermo pun dibuka untuk umum dan dijadikan tempat wisata.

Image credit: @dhani_saputraa

Di sini tersedia aneka aktivitas menyenangkan mulai memancing, trekking dan bersepeda di area sekitar waduk,  atau sekedar berfoto di Taman Bambu Air Waduk Sermo yang kekinian.

8. Wisata Hutan Mangrove Jembatan Api-api, tak kalah seru

Image credit: @quiverz

Wilayah Kulon Progo bagian selatan banyak memiliki pantai dengan vegetasi mangrove yang berfungsi sebagai pemecah gelombang alami. Tidak hanya itu, rimbunnya vegetasi mangrove ini sukses menjadi tujuan wisata baru di Kulon Progo. Oleh karena itu, pemerintah setempat menyediakan fasilitas lengkap untuk para wisatawan termasuk tempat makam hingga jembatan api-api yang jadi spot menarik untuk berfoto ria.

9. Hutan Pinus Girimulyo, tempat wisata Kulon Progo yang instagramable

tempat wisata kulon progo
Image credit: @asmasyarief

Berfoto di hutan pinus memang memiliki kesan istimewa tersendiri. Namun tidak jarang jika banyaknya wisatawan yang datang ke hutan pinus membuatmu sulit mengambil foto yang bagus.

Image credit: @arifsejati_

Nah, di Kulon Progo terdapat sebuah hutan pinus yang masih belum banyak diketahui wisatawan. Karena itulah kamu bisa menikmati suasana hutan pinus yang asri dan khas serta berfoto tanpa khawatir ada photobomb.

10. Pantai Glagah Indah, pantai asyik untuk berfoto

Image credit: @ronnysianturi__

Tidak jauh dari lokasi kebun bunga matahari Pantai Glagah, kamu juga bisa menemui area pantai yang tidak kalah menariknya. Di area pantai inilah terdapat pemecah gelombang yang berbentuk seperti kaki segitiga. bentuknya yang unik menjadikan Pantai Glagah tempat yang asyik sebagai tempat berfoto.

11. Pantai Trisik, pas untuk menikmati sunset

Image credit: @caecilialeov

Berbeda dengan Pantai di Gunung Kidul, Pantai Trisik memiliki pasir pantai hitam legam yang mengkilap. Meskipun begitu, pantai ini sangat menarik untuk dikunjungi karena terdapat tempat konservasi penyu.

Image credit: @werdyak

Selain itu, kamu juga bisa berfoto di area sekitar pantai yang memiliki banyak rimbunan pohon cemara. Dijamin sangat instagramworthy!

12. Ayunan Langit Watu Jaran, tempat wisata Kulon Progo kekinian

Image credit: @xiaolingchan

Kalau di Bali ada ayunan Hangings of Garden, maka di Kulon Progo ada Ayunan Langit Watu Jaran yang siap memacu adrenalin. Sesuai namanya, di sini kamu akan berayun di atas ketinggian. Jangan khawatir akan jatuh, karena kamu akan dilengkapi dengan berbagai alat pengaman serta tim SAR yang selalu siap siaga. Jangan lupa siapkan kameramu untuk mengabadikan momen dan pose berayun yang tidak akan terlupakan.

13. Air Terjun Sidoharjo, fenomena alam memesona

tempat wisata kulon progo
Image credit: @cuyskmc

Siapa sangka jika Kulon Progo punya air terjun setinggi 75 meter? Air terjun ini memang masih belum banyak diketahui wisatawan sehingga seringkali disebut sebagai air terjun perawan. Medan menuju lokasi juga cukup menantang lho. Tapi tentu saja pemandangan yang ditawarkan sangat luar biasa dan sebanding dengan pengorbananmu untuk menuju ke sini. Pokoknya kalau sedang liburan ke Jogja jangan sampai melewatkan Air Terjun Sidoharjo ini ya.

14. Ekowisata Taman Sungai Mudal, tempat wisata Kulon Progo berkelanjutan

Image credit: @geghania

Berenang di sungai kini menjadi aktivitas yang langka ditemui. Jika kamu merindukan masa-masa berenang di sungai dengan air yang jernih, datanglah ke Ekowisata Taman Sungai Mudal. Bersumber dari mata air Mudal, kamu akan dimanjakan dengan air jernih dengan semburat warna toska yang mempesona.

tempat wisata kulon progo
Image credit: @pucillll

Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas bermain air mulai dari berenang sampai mengapung menyusuri aliran sungainya. Sekitar 95 meter dari kolam berenang, kamu akan menemui Air Terjun Mudal yang menyegarkan. Dijamin seru dan menyenangkan deh!

15. Bendung Kayangan, menarik untuk dinikmati

Image credit: @totohandoko

Nama Kayangan atau Kahyangan memiliki arti sebagai sesuatu yang indah dan menakjubkan. Hal inilah yang akan kamu temukan di Bendung Kayangan. Bendung Kayangan terdiri dari area sungai dan tebing yang dinamakan Tebing Kayangan.

Image credit: @rwonsix

Warga sekitar percaya bahwa tebing tersebut menyimpan pasokan air yang menghidupi sawah dan perkebunan warga. Dengan latar belakang Tebing Kayangan yang tinggi dan sungai yang dangkal, tempat wisata ini bisa jadi spot berburu foto yang anti-mainstream lho!

16. Puncak Suroloyo, viewnya keren abis!

tempat wisata kulon progo
Image credit: @larissadening

Topografi Kulon Progo yang didominasi oleh perbukitan tidak lepas dari hubungannya dengan jalur perbukitan menoreh yang membentang sepanjang Jawa Tengah hingga Yogyakarta. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak destinasi wisata berupa gardu pandang sepanjang jalur perbukitan menoreh di Kulon Progo.

Salah satunya yang terkenal adalah Puncak Suroloyo. Untuk menuju puncak, kamu harus siap menaiki sekitar 200 anak tangga ya. Meski begitu, pemandangan di puncak seolah membayar semua rasa lelah menuju ke sini.

17. Puncak Widosari, menantang dan aman!

Image credit: @gendissmaniss23

Puncak Widosari ini tampak berbeda dengan puncak lainnya di Kulon Progo. Apalagi kalau bukan karena terdapat sebuah batuan tinggi yang jadi daya tarik utamanya. Untuk menuju ke puncak kini telah dibangun jalan paving untuk para pejalan kaki. Dijamin aman kok! Di atas puncak kamu bisa dengan leluasa melihat hamparan pemandangan Gunung Merapi Merbabu, serta laut selatan. Hawanya yang sejuk menjadi nilai tambah yang akan membuatmu betah berlama-lama di sini.

18. Curug Setawing, tempat wisata Kulon Progo yang tersembunyi

tempat wisata kulon progo
Image credit: @muharrom.sy11

Dengan dominasi perbukitan menoreh, tidak heran bila banyak ditemui air terjun menarik di Kulon Progo. Salah satunya adalah Curug Setawing. Air terjun dengan ketinggian 45 meter ini memiliki aliran air yang semakin melebar di bagian bawahnya. Kucuran air pada musim hujan menimbulkan aliran air yang deras sehingga curug ini tampak semakin indah dan menawan.

19. Rafting Kalibawang, pas untuk yang suka tantangan

Image credit: @arusprogo

Untuk kamu yang suka olahraga ekstrim yang memacu adrenalin, tidak ada salahnya untuk mencoba rafting di Sungai Progo Bawah. Lokasi rafting secara keseluruhan berada di area Kalibawang. Dengan arus deras dan penampang sungai yang lebar, rafting di sini dijamin akan seru deh! Sungai Progo Bawah juga merupakan sungai dengan level tertinggi se-Jawa Bali lho. Tidak akan menyesal deh rafting di sini.

20. Kebun Bunga Krisan Gerbosari, menyejukkan mata

Image credit: @desimlysr

Bunga memang tidak pernah gagal untuk menghibur hati. Nah, di Kulon Progo ada sebuah perkebunan bunga krisan yang sedang hits lho. Namanya kebun Bunga Krisan Gerbosari. Kebun bunga ini berada di dalam sebuah rumah kaca. Warna -warni bunga yang cantik dan bervariasi menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan untuk datang kemari.

Baca juga: 17 Tempat Wisata Di Gunung Kidul Selain Pantai Yang Tidak Kalah Kerennya

Bagaimana? Mulai tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata di Kulon Progo? Tunggu apalagi, segera booking tiket ke Jogja dan nikmati liburanmu di Kulon Progo. Jangan lupa bagikan foto dan pengalaman seru liburanmu dengan tagar #TripZillaTraveller dan dapatkan kesempatan untuk difitur di IG TripZilla Indonesia.

 

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru