12 Tempat Wisata Di Nganjuk Yang Keren Dan Mengesankan

Ingin suasana baru untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga atau teman? Mengapa tidak menuju sejumlah destinasi wisata alternatif yang ada di dekat kota kamu? Jika kebetulan berada di Surabaya atau Malang, tidak ada salahnya menghabiskan waktu dengan mengunjungi tempat wisata di Nganjuk, yang keindahan alamnya tak kalah menakjubkan.

Kabupaten Nganjuk memang bukan destinasi wisata populer di Jawa Timur, jika dibandingkan dengan Malang, Pasuruan atau bahkan Banyuwangi. Namun demikian, bukan berarti Nganjuk layak dipandang sebelah mata. Malahan, banyak tempat wisata di Nganjuk yang layak masuk sebagai salah satu destinasi liburan terbaik yang ada di Jawa Timur.

Jika kamu penasaran dengan apa yang bisa dilakukan di Nganjuk, sebagian tempat wisata di bawah ini mungkin bisa memberikan gambaran betapa eksotiknya kawasan ini. Yuk lihat daftar rekomendasi tempat wisata di Nganjuk di bawah ini!

1. Watu Lawang, spot asyik untuk selfie

tempat wisata di nganjuk
Image credit: @yudithira_99 (kiri), @amilisanadyaa (kanan atas),

Menjadi salah satu destinasi wisata kekinian, Watu Lawang menjadi primadona baru di Nganjuk. Ada banyak spot berfoto dengan background alam yang keren, termasuk di antaranya lanskap Nganjuk yang hijau.

Lokasi: Ngliman, Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 8.00 – 16.00 WIB
Tiket: Mulai dari 6,000 IDR

2. Candi Ngetos, candi di lereng Wilis

Image credit: @hendriputraap

Yang ingin wisata sejarah di Nganjuk, Candi Ngetos bisa menjadi jujukan kamu. Sebagai salah satu candi penting di era Majapahit, candi Hindu ini merupakan tempat penghormatan Prabu Hayam Wuruk. Eksterior candi cukup sederhana, namun memiliki nilai sejarah tinggi.

Lokasi: Jln Raya Ngetos, Selopuro, Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 6.00 – 18.00 WIB
Harga tiket: Gratis

3. Bukit Surga, tempat wisata baru di Nganjuk

Image credit: @rikayunia_ (kiri), @ardhikaa__ (kanan)

Bukit Surga di Bareng menjadi salah satu tempat wisata baru di Nganjuk yang layak untuk dikunjungi. Daya tariknya adalah kawasan ini berada di ketinggian dan menawarkan pemandangan lanskap Nganjuk. Waktu paling asyik berkunjung ke sini adalah di sore hingga malam hari, di mana kamu bisa menyaksikan sunset dan city view yang mengesankan.

Lokasi: Jabon, Bareng, Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 8.00 – 17.00 WIB
Harga tiket:

4. Sendang Putri Wilis, spot asyik menikmati kesegaran alami

Image credit: Huszein

Ingin mandi di air sungai yang segar dan jernih, dengan nuansa alam yang natural dan alami, Senang Putri Wilis bisa menjadi tujuan wisata kamu di Nganjuk. Lokasinya tersembunyi, namun menawarkan nuansa alam yang mengesankan, pas banget buat kamu yang ingin menghindar sejenak dari keriuhan kota.

Lokasi: Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Nganjuk, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

5. Air Terjun Singokromo, air terjun alami yang menyegarkan

Image credit: @frenchfries_mr

Aliran sungai Sendang Putri Wilis berasal dari air terjun Singokromo. Keindahan alam dan nuansa hijau dominan mewarnai tempat ini. Dengan atmosfer yang asri dan jalur yang mudah ditempuh, kamu bisa menikmati perjalanan dan sampai tujuan dengan mood yang bagus sebelum bermain air di bawah air terjun. Pulang pun bisa membawa kenangan yang membekas di hati.

Lokasi: Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 16.00 WIB
Harga tiket:

6. Embung Jurang Limas, bendungan yang instagenik

Terlepas dari kontroversi pembangunannya, Embung Jurang Limas menghadirkan destinasi wisata relatif baru untuk dinikmati di Nganjuk. Pemandangan yang hijau di sekitar embung menjadikan tempat ini juga menjadi latar menarik untuk dijadikan tempat berfoto.

Lokasi: Jatirejo, Joho, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

7. Air Terjun Sedudo, tempat wisata di Nganjuk yang fenomenal

tempat wisata di nganjuk
Image credit: @waragan_rahman

Air terjun Sedudo identik dengan tempat wisata terkenal di Nganjuk. Tidak sedikit wisatawan lokal yang menjadikan air terjun ini sebagai jujukan utama saat liburan ke Nganjuk. Maklum saja, selain pemandangan asri yang ada di sekitar, air terjun ini juga fenomenal karena ketinggiannya yang cukup menjulang dari atas hingga dasar, yang mencapai 105 meter. Luar biasa!

Lokasi: Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 6.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 10,000 IDR

8. Goa Margo Tresno, pesona bawah tanah Nganjuk

Image credit: @robbi_yulianto

Tidak hanya alam di permukaannya saja yang keren, keelokan pemandangan di bawah tanah Nganjuk juga tidak kalah menyita perhatian. Goa Margo Tresno menjadi salah satu yang harus kamu kunjungi. Berada di kawasan perbukitan, goa ini memiliki lanskap yang cukup ramah pengunjung dan memiliki latar yang keren untuk dijadikan background berselfie. Tertarik?

Lokasi: Dusun Cabean, Desa Sugih Waras, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 16.00 WIB
Harga tiket: Gratis

9. Air Terjun Selo Leter, tempat wisata di Nganjuk yang tersembunyi

tempat wisata di nganjuk
Image credit: @andika_ilham1

Masih banyak destinasi dan tempat wisata di Nganjuk yang tersembunyi, dan salah satunya adalah air terjun Selo Leter ini. Untuk sampai ke lokasi, ada usaha keras dan butuh stamina tinggi yang harus dikeluarkan. Namun sesampainya di lokasi, kamu akan menemukan air terjun dengan nuansa alami.

Lokasi: Desa Bendolo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

10. Gunung Wilis, gunung yang bersahabat

tempat wisata di nganjuk
Image credit: @udjek27

Gunung Wilis berada di wilayah enam kabupaten di Jawa Timur, salah satunya adalah Nganjuk. Dengan ketinggian 2,563 mdpl, gunung ini termasuk ramah pendakian dan memiliki banyak tempat wisata menarik di sekitarnya, termasuk di antaranya air terjun.

11. Candi Lor yang penuh nilai sejarah

tempat wisata di nganjuk
Image credit: @gregbangkit (kiri), @deni_namaku (kanan)

Berbeda dengan kebanyakan candi lainnya di Jawa Timur, Candi Lor terbuat dari batu bata, yang juga membuat candi ini mendapat sebutan Candi Boto. Meski sudah terlihat rusak, candi ini memiliki nilai sejarah yang tinggi, bahkan disebut sebagai monumen cikal bakal berdirinya Kabupaten Nganjuk. Secara penampilan dan pemandangan sekitar, candi ini juga cukup instagenik, lho!

Lokasi: Jl. Panglima Sudirman, Candirejo, Kec. Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

12. Embung Estumulyo, tempat wisata di Nganjuk yang menyejukkan mata

tempat wisata di nganjuk
Image credit: @reyndom_ (kiri), @sdw96_ (kanan)

Satu tempat wisata di Nganjuk lainnya yang menawarkan pesona alam yang natural dan mengesankan sekaligus menyejukkan mata, Embung Estumulyo. Nuansa alam yang hijau di sekitar embung menjadikan tempat ini menjadi destinasi favorit bagi yang mendamba kedamaian.

Lokasi: Desa Bulu Rejo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

Baca juga: 12 Tempat Wisata di Blitar yang Wow Banget!

Banyak destinasi dan tempat wisata menarik di Nganjuk, kan? Dengan waktu perjalanan yang tidak begitu jauh dari Surabaya, tidak ada salahnya mengunjungi destinasi yang ada di sini untuk mendapatkan suasana liburan yang baru dan tak kalah mengesankan. Yuk liburan!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru