12 Tempat Wisata di Pangalengan Yang Indah Dan Memikat Hati

Kamu pasti pernah mendengar tentang Pangalengan, kan? Daerah di Bandung, yang banyak memiliki area perkebunan dan pertanian ini, dikenal dengan tempat wisatanya yang menjadikan keindahan alam sebagai daya tarik. Tidak heran kalau pelancong dari perkotaan gemar mengunjungi tempat wisata Pangalengan ini karena pemandangannya memang luar biasa cantik.

Tidak hanya itu, udara sejuk dan atmosfer yang asyik juga menjadi keunggulan wisata Pangalengan. Bingung mau kemana dan butuh inspirasi atau ingin mencari pengalaman baru? Simak rekomendasi spot wisata Pangalengan dari TripZilla Indonesia di bawah ini!

1. Hangat-hangat sejuk di Cibolang Hot Spring Water

wisata pangalengan
Image credit: @nisanrsnt13

Area pemandian air panas yang luas ini akan membuatmu betah berendam. Pemandangan alam di sekitarnya menjadi kemewahan yang sulit kamu dapatkan di perkotaan.

Image credit: @merryunita

Sumber air panas di kolam berasal dari Gunung Windu dan konon dapat mengobati penyakit, misalnya rematik. Kalau ingin mencobanya, datanglah lebih awal karena ketika liburan, tempat pemandian ini sangat ramai. Jadi kamu bisa puas menikmati sensasi perpaduan hangat dan sejuk yang ada di sini!

Lokasi: Desa Wanasuka, Pangalengan, Wanasuka, Kec. Pangalengan, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

2. Beragam aktivitas yang menarik ada di Situ Cileunca

wisata pangalengan
Image credit: @muhammadsidik99

Situ Cileunca ini bukanlah sekedar danau. Kamu bisa melakukan banyak aktivitas yang seru seperti menjajal wahana outbound, memanah, berkendara di medan offroad, berkebun hingga berarung jeram.

Image credit: @camping_pangalengan

Asyiknya lagi, pengelola Situ Cileunca mempunyai paket-paket yang juga bisa mengakomodasi rombongan besar. Kamu dapat merancang program team building atau sekedar berkemah di tepi situ yang indah. Ada pula fasilitas mulai dari hidangan kambing guling, barbeque dan jasa pemandu yang bisa dimanfaatkan. Seru!

Lokasi: Kp. Cibeunying, Warnasari, Kec. Pangalengan, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 6,000 IDR

3. Alam yang berpadu dengan lucunya rusa di Penangkaran Rusa Kertamanah

Image credit: @one_transport_travel_bandung

Penangkaran Rusa Kertamanah menjadi destinasi wisata Pangalengan yang menarik untuk dikunjungi terutama bagi kamu yang membawa anak-anak. Lagi pula siapa yang kuasa menolak godaan mengelus dan memberi makan rusa-rusa selucu ini?

wisata pangalengan
Image credit: @megakeristin

Untuk bisa memberi makan rusa, datanglah sebelum jam 12 siang. Kalau kesiangan, kamu hanya bisa menyaksikan tingkah rusa-rusa ini dari luar pagar pembatas. Setelah puas bermain dengan rusa, kamu bisa berjalan santai mengelilingi area penangkaran yang asri.

Lokasi: Jl. PTPN VIII, Kertamanah, Pangalengan, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

4. Pepohonan yang bikin damai di Hutan Pinus Rahong

Image credit: @estisulastriiii

Bangunlah lebih pagi jika kamu ingin berkunjung ke Hutan Pinus Rahong. Selain karena jalanannya berliku, tentu cerahnya matahari akan membuat pemandangan dalam hutan pinus semakin cantik.

wisata pangalengan
Image credit: @alfakei7

Di dalam area hutan, kamu dapat menguji nyali bermain arung jeram, paintball atau flying fox. Bagi kamu yang ingin berkemah, ada Pineus Tilu Riverside Camp yang langsung menghadap ke sungai. Bayangkan asyiknya duduk di depan tenda menikmati suara air sambil mengobrol atau memancing. Unik, kan?

Lokasi: Pulosari, Pangalengan, Bandung
Jam Buka:  Setiap hari, 06.30 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

5. Jalan setapak yang tidak terlupakan di Perkebunan Teh Pangalengan

Image credit: @arispriyandoko

Bagaimana mungkin akan terlupakan jika pemandangan perkebunan tehnya seindah ini? Kalau kamu datang di waktu yang tepat, bukan tidak mungkin kamu dapat menyaksikan panorama ini di depan matamu.

wisata pangalengan
Image credit: @trihan_471

Namun di setiap waktu, keasrian Perkebunan Teh Pangalengan sungguh akan memanjakan matamu. Berjalan kaki akan menyehatkan tubuh, apalagi dengan suasana seperti ini. Pasti tidak akan malas untuk bergerak, bukan?

Lokasi: Jl. Babakan No.2, Banjarsari, Kec. Pangalengan, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 2,000 IDR

6. Sedikit mendaki untuk melihat eksotisnya Kawah Wayang

Image credit: @_rismaasholihah

Kawah Wayang merupakan salah satu kawah yang ada di kaki Gunung Wayang. Jalur untuk menuju ke kawah ini berbatu-batu sehingga kamu perlu memakai alas kaki yang nyaman. Aroma belerang pun akan menggelitik hidung saat kamu semakin dekat dengan kawah.

wisata pangalengan
Image credit: @kopites_man

Tetapi siapa yang bisa menyangkal keeksotisan Kawah Wayang ini? Asap yang membubung terlihat eksotis dan indah untuk diabadikan. Pada pagi hari, kamu juga dapat menangkap momen matahari terbit yang berkesan dari puncak kawah.

Lokasi: Sukamanah, Pangalengan, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

7. Keseruan yang tak ada habisnya di Wisata Kampung Singkur

Image credit: @rianmuhtazam

Sulit untuk menemukan alasan untuk tidak bergembira kalau kamu ada di lokasi Wisata Kampung Singkur. Masih berada di dalam kawasan Hutan Pinus Rahong, banyak fasilitas yang asyik untuk dijajal di sini.

wisata pangalengan
Image credit: @helmi_kenzii

Lokasi yang sudah tertata rapi dan dibuat melebur dengan alam terasa sangat nyaman. Arung jeram dan tubing menjadi wahana yang wajib dicoba. Lelah bermain air, kamu dapat menyewa tenda atau penginapan untuk bermalam dan mengisi tenaga.

Lokasi: Warnasari, Pangalengan, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 19.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

8. Si kembar yang cantik di Curug Panganten

Image credit: @revan_f001

Curug Panganten juga wajib kamu kunjungi karena kecantikannya. Memiliki dua curahan air, sering pula dijuluki sebagai air terjun kembar. Rute menuju lokasi curug cukup panjang namun layak banget untuk ditempuh.

wisata pangalengan
Image credit: @liapitalloka

Berketinggian sekitar 50 meter, kedua curug ini dikelilingi oleh hijaunya lembah. Ada satu curug yang debit airnya lebih kecil dibanding curug lainnya. Kalau datang di musim hujan tentu seru melihat aliran air yang menderas tetapi harus lebih berhati-hati ya!

Lokasi: Margamulya, Pangalengan, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

9. Hembusan angin segar yang menggoda di Gunung Nini

Image credit: @mhmmdrdwn22

Luar biasa bukan pemandangan yang bisa kamu dapatkan dari Gunung Nini? Sejauh mata memandang, hamparan perkebunan teh Malabar akan menghiburmu. Rasa galau bisa diusir jauh-jauh di sini!

Image credit: @helloisnaa_

Sebelum tiba di kawasan Gunung Nini, kamu dapat menjumpai makam Bosscha. Puas menikmati perjalanan, kamu dapat bersantai, selfie, wefie atau mengisi perut di saung yang tersedia. Sederhana tapi bikin betah!

Lokasi: Margaluyu, Pangalengan, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

10. Tempatnya memulai hari adalah di Sunrise Point Cukul

wisata pangalengan
Image credit: @nurrihsaan

Bangun pagi akan jadi tugas ringan kalau agendamu adalah untuk berkunjung ke Sunrise Point Cukul! Bukan tanpa alasan tempat wisata Pangalengan ini sangat populer sebab panorama yang ditawarkan memang tidak ada duanya.

Image credit: @sanjaya_doank78

Kalau kamu tidak ingin ketinggalan momen matahari terbit yang mantap, cobalah berkemah di sini. Pengalamanmu akan makin seru karena pada dini hari kamu dapat berburu milky way. Setelah matahari meninggi pun tempat ini tetap terlihat kece dengan perbukitan hijau yang mengelilinginya.

Lokasi: Jl. Cukul, Sukaluyu, Kec. Pangalengan, Bandung
Jam Buka: Senin – Kamis pukul 05.00 WIB – 18.00 WIB, Jumat – Minggu 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

11. Teh yang tidak ada habisnya di Perkebunan Teh Kertamanah

wisata pangalengan
Image credit: @ramdanibudi612

Lagi-lagi perkebunan teh yang hijau dan berbukit-bukit menjadi daya tarik di Pangalengan. Perkebunan Teh Kertamanah bisa kamu singgahi untuk melengkapi pengalaman liburanmu.

Image credit: @17rickywarandika

Aksesnya sangat mudah dengan jalanan yang sudah mulus, jadi tidak ada alasan untuk melewatkan tempat ini. Ditambah sudah ada saung-saung yang membuat perkebunan teh terlihat makin instagrammable, jadi kurang apa lagi?

Lokasi: Margamulya, Pangalengan, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

12. Viral dan bikin mata adem hanya di Nuansa Riung Gunung

Image credit: @asemaulana

Objek wisata ini viral di media sosial berkat keindahan alamnya. Tidak perlu banyak tambahan properti, kamu dengan mudah dapat menemukan sisi-sisi yang keren untuk diabadikan. Kamu perlu gerak cepat jika ingin berkunjung saat musim liburan karena biasanya tempat ini dipadati oleh wisatawan.

Image credit: @bahterazar

Pagi sampai siang cantik, bagaimana kalau sore hingga malam hari? Di penghujung hari, Nuansa Riung Gunung tetap menarik. Kamu bisa berkemah di lokasi yang sudah ditentukan dan bersiaplah merasakan suasana syahdu seperti ini!

Lokasi: Pulosari, Pangalengan, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

Baca juga: 12 Tempat Wisata Dago Yang Menarik Untuk Liburan Akhir Pekan Bersama Keluarga

Pangalengan seakan tidak pernah kehabisan keindahan untuk ditawarkan. Telusuri saja setiap sudut tempat wisata Pangalengan ini dan kamu tidak akan menyesal. Yuk menjelajah Pangalengan!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru