Wisata Prigen, Segudang Tempat Liburan Selain Taman Safari Yang Instagramable

Wisata Prigen identik dengan Taman Safari Indonesia. Padahal Prigen, sebagai salah satu kecamatan paling populer di Pasuruan ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Apalagi jarak Prigen dengan Surabaya dan Malang tidak terlalu jauh, sekitar satu setengah jam perjalanan menggunakan mobil pribadi.

Nah, jika kamu tertarik menikmati keseruan destinasi liburan dan mengunjungi tempat wisata Prigen yang antimainstream, cek beberapa spot menarik di bawah ini.

1. Little Kyoto Inna Tretes Hotel, wisata Prigen ala-ala Kyoto

tempat wisata prigen
Image credit: @keenanalkhalifi

Menginap di Inna Tretes Hotel memberikan kamu banyak pengalaman menarik. Selain bisa menemui salah satu akomodasi populer di kawasan Prigen, kamu juga bisa menemukan suasana ala Kyoto, Jepang di salah satu sudutnya. Ya, kamu akan menjumpai shrine berwarna merah menyala dengan latar belakang Gunung Penanggungan yang menjulang, mirip banget dengan yang ada di Kyoto dengan latar belakang Gunung Fuji.

Kamu bisa menginap di hotel bintang tiga ini sekaligus memaksimalkan semua fasilitas layanan mereka, termasuk suasana dan atmosfer yang menyenangkan untuk bersantai, bahkan untuk staycation sekalipun.

Lokasi: Jl. Pesanggrahan No.2, Semeru, Prigen, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157
Booking di Tiket.com

2. Air terjun Putuk Truno yang eksotik abis

tempat wisata prigen
Image credit: @idhaa.07 (kiri), @ilmulhakim

Berada di kaki gunung Welirang dan gunung Arjuno, air terjun Putuk Truno menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi bagi pecinta alam. Salah satu tempat wisata Prigen ini menawarkan atmosfer natural karena lokasinya yang berada di tengah hutan dengan debit air yang cukup besar. Salah satu spot menarik adalah papan titian untuk berfoto dengan latar belakang air terjun dan dinding tebing yang tinggi. Jangan sampai melewatkan spot ini, ya!

Lokasi: Tretes, Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.
Jam buka: Setiap hari, 24  jam
Harga tiket: 18,000 IDR per orang

3. Taman Safari Prigen untuk safari alam yang istimewa

tempat wisata Prigen
Image credit: Yuli

Tidak hanya Bogor yang memiliki Taman Safari Indonesia. Prigen juga menjadi kawasan konservasi satwa dan rekreasi keluarga yan juga dibangun Taman Safari Indonesia. Ada banyak atraksi satwa yang bisa kamu nikmati di sini. Kamu juga bisa bertemu dengan satwa favorit kamu, bahkan bukan tidak mungkin bercengkrama bersama mereka.

Lokasi: RT.12/RW.06, Gn. Princi, Jatiarjo, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
Beli tiketnya di Tiket.com

4. Jendela Langit, mengintip alam wisata Prigen dari ketinggian

tempat wisata prigen
Image credit: @leviany.dewi

Prigen dikaruniai lanskap yang istimewa dan cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan menikmatinya dari ketinggian. Jendela Langit menjadi salah satu spot terbaik untuk itu.

tempat wisata prigen
Image credit: Ita Alexis (kiri), @richofal (kanan)

Kamu akan disuguhi pemandangan lereng Gunung Arjuno dan Gunung Ringgit yang hijau. Asyiknya lagi, terdapat geladak sebagai spot foto yang menarik dengan latar belakang pegunungan. Tertarik mencoba?

Lokasi: Tegal Kidul, Jatiarjo, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: 15,000 IDR per orang

5. Candi Jawi yang unik dan punya nilai sejarah tinggi

Tempat Wisata Di Pasuruan
Image credit: @neira_ar (kiri), @feri_latief

Candi peninggalan zaman Hindu-Budha ini dibangun pada abad ke-13 dengan nama asli Jajawa. Terletak di kaki Gunung Welirang, candi ini juga terkenal karena keindahan bangunannya. Selain berwisata, Anda tentunya juga dapat mempelajari sejarah Kerajaan Singasari yang menjadi cikal bakal pembangunan Candi Jawi.

Lokasi: Jl. Raya Prigen, Candi Wates, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157
Jam buka: Setiap hari, 07.00-17.00 WIB
Harga tiket: 3,000 IDR per orang

6. Wisata Ngopi Bareng Pintu Langit, spot asyik menikmati lanskap Pasuruan

Image credit: @m2photowork

Ngopi Bareng Pintu Langit menjadi salah satu tempat wisata Prigen yang wajib kamu masukkan dalam list destinasi liburan karena menawarkan suasana yang sejuk, serta pemandangan pepohonan hijau dan gunung yang megah.

Tempat Wisata Di Pasuruan
Image credit: @hendrasonie (kanan), @winda.abrl

Tempat rekreasi ini dilengkapi dengan permainan anak seperti bianglala, ombak banyu, becak terbang dan spot selfie yang instagramable.

Lokasi: Jl. Raya Tulang, Ledug, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia 67157
Jam buka: Setiap hari, 09.00 – 22.00 WIB
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

7. Cimory Dairyland dan Resto, tempat asyik untuk wisata kuliner

Selain sebagai perusahaan yogurt yang terkenal di Indonesia, Cimory Dairyland juga merupakan spot wisata edukasi yang dilengkapi dengan resto unik yang menjadi destinasi wisata kuliner terbaik untuk kamu dan keluarga.

Kamu juga dapat melakukan swafoto karena banyak spot Instagramable di kawasan ini.

Lokasi: Jl. Raya Prigen No.8, Plembon, Prigen, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
Jam buka: Senin – Jumat, 09.00-17.00 WIB, Sabtu dan Minggu, 08.00-17.00 WIB
Harga tiket:  20,000,00 IDR per orang, fasilitas bisa masuk museum susu, area peternakan dan mendapat free yogurt dari Cimory

8. D’Gunungan Taman Dayu, spot wisata Prigen yang menyejukkan jiwa

Image credit: @betha_fitcoach (kiri), @dgunungan

Bagi Anda yang sedang berburu wisata kuliner dengan panorama hijau namun tetap dengan nuansa elegan, D’Gunungan Taman Dayu menjadi destinasi yang tepat. Berada di jalur utama Malang-Surabaya dengan lokasi berada di komplek De Taman Dayu, kamu tak akan kesulitan menemukan tempat ini.

Image credit: @deviad45

Untuk menu makanan yang tersedia di resto ini di antaranya adalah makanan spesial Balinese, Asian Food, Western Food, seperti steak dan pasta. Sedangkan menu minuman di antaranya, aneka kopi, the, jus buah, smoothies, sampai bir. Hal menarik lain yang tidak boleh kamu lewatkan adalah panorama malam hari dari D’Gunungan Taman Dayu.

Lokasi: Area Sawah, Dayurejo, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157
Jam buka: Setiap hari, 11.00-23.00 WIB (weekday) dan 10.00-23.00 WIB (weekend)
Harga tiket: Gratis

9. Ngopi Wenk Jurang, tempat asyik buat nongkrong

Image credit: @toyiekz

Ingin nongkrong dan ngopi dengan suasana yang berbeda di area hutan dan gugusan bukit? Wujudkan keinginan Anda dengan mengunjungi “Ngopi Wenk Jurang” yang berlokasi di Jalan Trawas, Prigen.  Tempat wisata di Pasuruan yang satu cukup hits di kalangan anak muda, meski tergolong masih baru.

Image credit: @halaman.imaji

Menariknya dari tempat wisata ini yakni terdapat spot nongkrong di tepi jurang yang akan membuat Anda berdecak kagum sambil menikmati pemandangan alam. Spot area inilah yang menjadi favorit banyak pengunjung. Terlebih lagi suasana malamnya yang tidak kalah cantik. Taburan cahaya lampu bernuansa romantis membuat Anda merasa betah.

Lokasi : Pinus Garden, Jl. Raya Trawas, Sumber Wekas, Lumbangrejo, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 09.00-22.00 WIB
Harga tiket: Gratis

Baca juga: 15 Tempat Wisata Di Pasuruan Yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga

Jadi, tertarik mengunjungi wisata Prigen akhir pekan ini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru