15 Tempat Wisata Di Pasuruan Yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga

Pasuruan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di wilayah tapal kuda Jawa Timur dengan beberapa tempat wisata ikonik. Tempat wisata di Pasuruan juga identik dengan keindahan laut dan daerah sejuk pegunungan di Pasuruan Selatan.

Karena lokasi geografisnya yang berdekatan dengan Kota Malang dan Surabaya, dua kota besar di Jawa Timur, Pasuruan bisa menjadi tempat tujuan wisata alternatif yang menarik dan menyenangkan untuk dipilih. Apalagi ada banyak destinasi alternatif yang bisa dipilih, dan tak kalah asyik dan instagrammable. Berikut ini Tripzilla Indonesia rangkum beberapa tempat wisata di Pasuruan yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga.

1. Pemandian Alam Banyu Biru yang syahdu

Tempat Wisata Di Pasuruan
Image credit: @pemandianalambanyubiru

Terletak di Desa Sumberejo, Pandaan, Pemandian Alam Banyu Biru menjadi salah tempat wisata di Pasuruan menjadi tempat wisata renang yang bersumber mata air dari alam. Mulanya, pemandian ini disebut dengan Telaga Wilis namun karena airnya yang berwarna kebiru-biruan, berganti menjadi “Banyu Biru” yang mana dalam bahasa Jawa berarti “Air Biru”.

Uniknya dari tempat wisata ini yakni pada Jum’at Legi (dalam lingkungan Jawa), banyak pengunjung yang datang untuk mandi dan berendam di dalam kolam. Mereka percaya bahwa siapapun yang mandi di dalam kolam tersebut pada Jum’at Legi maka akan awet muda.

Selain itu juga, kepercayaan yang tidak lepas dari masyarakat Pasuruan yaitu keberadaan ikan sejenis wader atau ikan sengkaling (sebutan masyarakat setempat) yang konon memiliki panjang lebih dari 1 meter. Jadi, selain Anda menikmati sejuknya air di Banyu Biru, cerita rakyat ini juga dapat menjadi pengalaman wisata yang berbeda.

Lokasi: Jalan Raya Banyubiru Rt/Rw 02/02 Sumberejo, Winongan, Sumberejo, Winongan, Pasuruan, Jawa Timur 67182
Jam buka: Setiap hari, 08.00-17.00 WIB
Harga tiket: 7,500 IDR per orang

2. Candi Jawi yang unik dan punya nilai sejarah tinggi

Tempat Wisata Di Pasuruan
Image credit: @neira_ar (kiri), @feri_latief

Candi peninggalan zaman Hindu-Buddha ini dibangun pada abad ke-13 dengan nama asli Jajawa. Terletak di kaki Gunung Welirang, Prigen merupakan salah satu tempat wisata di Pasuruan yang memiliki cerita tersendiri.

Keindahan bangunannya memiliki aroma sejarah yang kuat. Candi Jawi juga memiliki hubungan dengan Candi Jago, yang mana sama-sama menjadi tempat peribadatan dari Raja Kertanegara.

Keunikan arsitektur bangunan dan cerita sejarahnya yang akrab dengan masyarakat membuat wisata Anda menjadi pengalaman yang sangat menarik. Selain berwisata, Anda tentunya juga dapat mempelajari sejarah Kerajaan Singasari yang menjadi cikal bakal pembangunan Candi Jawi.

Lokasi: Jl. Raya Prigen, Candi Wates, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157
Jam buka: Setiap hari, 07.00-17.00 WIB
Harga tiket: 3,000 IDR per orang

3. Wisata Ngopi Bareng Pintu Langit, spot asyik menikmati lanskap Pasuruan

Image credit: @m2photowork

Salah satu wilayah favorit bila berkunjung ke Pasuruan ialah Tretes yang berada di Kecamatan Prigen. Suasananya yang sejuk, pepohonan hijau dan gugusan gunung menjadikan Tretes sebagai kawasan wisata yang menyenangkan bersama keluarga.

Tempat Wisata Di Pasuruan
Image credit: @hendrasonie (kanan), @winda.abrl

Baru-baru ini, Ngopi Bareng Pintu Langit menjadi salah satu tempat wisata di Pasuruan yang wajib kamu masukkan dalam list wisata seusai pandemi nanti. Terdiri dari beberapa wisata rekreasi yang dilengkapi dengan permainan anak seperti bianglala, ombak banyu, becak terbang dan spot selfie yang instagramable. Selain itu terdapat juga wisata religi seperti ziarah makam serta wisata tanaman hidroponik yang menjadi wisata edukasi.

Image credit: @kurnia.kn25

Lokasi: Jl. Raya Tulang, Ledug, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia 67157
Jam buka: Setiap hari, 09.00 – 22.00 WIB
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

4. Cimory Dairyland dan Resto, tempat asyik di Pasuruan untuk wisata kuliner

Selain sebagai perusahaan yogurt yang terkenal di Indonesia, Cimory Dairyland juga merupakan tempat wisata edukasi yang dilengkapi dengan resto unik yang menjadi wisata kuliner terbaik untuk Anda dan keluarga.

Meski menjadi tempat wisata yang masih baru, Cimory Dairyland telah mampu menyihir banyak pengunjung untuk datang. Anda juga dapat melakukan swafoto di spot selfie yang disediakan.

Lokasi: Jl. Raya Prigen No.8, Plembon, Prigen, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
Jam buka: Senin – Jumat, 09.00-17.00 WIB, Sabtu dan Minggu, 08.00-17.00 WIB
Harga tiket:  20,000,00 IDR per orang, fasilitas bisa masuk museum susu, area peternakan dan mendapat free yogurt dari Cimory

5. Saygon Waterpark dan Night Park untuk wisata malam yang asyik

Tempat Wisata Di Pasuruan
Image credit: @roudotulilmiyah (kiri), @saygonwaterpark

Tempat wisata yang terletak di Sengon, Pasuruan ini merupakan salah satu tempat wisata di Pasuruan yang tergolong masih baru. Namun sudah banyak pengunjung yang berdatangan untuk berekreasi di Saygon Waterpark.

Wahana simulasi Pesawat Boeing 737 seri 400 menjadi ciri khas dari Saygon Waterpark. Selain itu ada juga wahana kolam arus dan kolam ombak yang merupakan simulasi ombak buatan sebagaimana berada di laut. Tidak ketinggalan juga wahana water slide yang menjadi wahana favorit, di mana pengunjung dapat meluncur dengan kecepatan tinggi di sebuah tube terbuka atau tertutup yang tentunya akan membuat pengalaman seru. Sedangkan ketika malam hari, Saygon Waterpark ini akan menjelma menjadi wisata malam dengan gemerlap lampu nan romantis.

Lokasi: Sengon, Pucangsari, Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: 50,000 IDR per orang

6. Menikmati pesona alam hijau Pasuruan di Wana Wisata Gumandar Forest

Tempat Wisata Di Pasuruan
Image credit: @glory_chelz (kiri), @idrsptr86_ (tengah), @sept_saya

Wana Wisata Gumandar Forest merupakan tempat wisata di Pasuruan yang tergolong masih baru dengan panorama alam yang terletak di kawasan lereng gunung Arjuno dan gunung Ringgit yang memiliki ketinggian 1.200 mdpl, Tegal Kidul, Jatiarjo, Prigen.

Pada awal 2020, merupakan permulaan dibukanya Wana Wisata Gumandar Forest atau biasa disebut dengan wisata Jendela Langit. Banyak spot foto yang instagramable, cocok untuk mengisi sosial media Anda.

Lokasi: Jalan Raya Ledug, Prigen, Ledug, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: 3,000 IDR per orang

7. Cafe Kangen Sawiran untuk bersantai

Tempat Wisata Di Pasuruan
Image credit: @asmaulkusna2808 (kiri), @aliffiazulyan

Anda ingin nongkrong asyik sambil menikmati panorama alam atau sebaliknya, berwisata alam sambil nongkrong? Apapun alasannya, jangan sampai tidak berkunjung ke Café Kangen Sawiran, objek wisata kuliner yang terletak di Sawiran, Dawuan Sengon, Purwodadi, yang mana merupakan dataran tinggi dengan pepohonan pinus yang sejuk, membuat Anda enggan beranjak dari tempat ini.

Image credit: @bydedy0910 (kiri), @rizkydewanggaa

Konsep dan desain café yang unik membuat Anda tidak akan kekurangan spot foto menarik untuk memenuhi feed instagram. Tertarik untuk mengunjungi?

Lokasi: Sawiran, Dawuhan Sengon, Kec. Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 09.00-22.00 (weekday) dan 09.00-00.00 (weekend)
Harga tiket: Gratis

8. D’Gunungan Taman Dayu yang menyejukkan jiwa

Image credit: @betha_fitcoach (kiri), @dgunungan

Bagi Anda yang sedang berburu wisata kuliner dengan panorama hijau namun tetap dengan nuansa elegan, D’Gunungan Taman Dayu menjadi destinasi yang tepat. Berada di jalur utama Malang-Surabaya dengan lokasi di komplek De Taman Dayu, Dayurejo, Kecamatan Prigen, Pasuruan membuat Anda mudah menemukan tempat wisata ini.

Image credit: @deviad45

Untuk menu makanan yang tersedia di resto ini di antaranya adalah makanan spesial Balinese, Asian Food, Western Food, seperti steak dan pasta. Sedangkan menu minuman di antaranya, aneka kopi, the, jus buah, smoothies, sampai bir.

Image credit: @lovely_fellycia (kiri), @dgunungan

Hal menarik lain yang tidak boleh Anda lewati yakni panorama malam hari dari D’Gunungan Taman Dayu, yang bermandikan cahaya lampu. Suasananya yang romantis ini tentunya membuat Anda ingin membawa pasangan untuk mengunjunginya.

Lokasi: Area Sawah, Dayurejo, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157
Jam buka: Setiap hari, 11.00-23.00 WIB (weekday) dan 10.00-23.00 WIB (weekend)
Harga tiket: Gratis

9. Menikmati sisi lain Bromo di Bromo Forest Park Tosari

Image credit: @arek.suwung

Gunung Bromo merupakan salah satu objek wisata di Jawa Timur yang menjadi incaran banyak orang, baik masyarakat lokal, luar Jawa maupun wisatawan asing. Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.329mdpl dan berada di empat wilayah yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang. Panorama alam pegunungan yang eksotis tentunya membuat wisata Anda dan keluarga sangat menyenangkan.

Image credit: @lelyfebri_

Nah, bagaimana bila wisata Anda ke Gunung Bromo menjadi lebih seru lagi dengan mengunjungi Bromo Forest Park Tosari yang berada di hutan Baledono, Tosari, Pasuruan? Spot foto yang menarik dan instagramable dapat Anda temui disini. Meskipun Bromo Forest Park Tosaria ini merupakan tempat wisata di Pasuruan yang tergolong masih baru, sudah banyak pengunjung yang berwisata ke tempat ini untuk menikmati pemandangan dan berswafoto.

Image credit: @rudiendrasukma (kiri), @bromoforestarea

Lokasi: Area Hutan, Baledono, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 08.30-16.30 WIB
Harga tiket: 10,000 IDR per orang untuk wisatawan (lokal) dan Rp20.000,00

10. Red Flower Puspo Park untuk menikmati bunga penuh warna

Tempat Wisata Di Pasuruan
Image credit: @nadnad_137 (kiri), @gelagiel

Red Flower Puspo Park merupakan tempat wisata di Pasuruan yang baru dibuka pada Minggu Tanggal 1 Maret 2020, wujud kerja sama antara Pokmas Wana Puspa Maju, Pemerintah Desa Puspo, Pemerintah Kecamatan Puspo serta pihak Perhutani. Dikelola oleh Pokmas Wana Puspa Maju sendiri, Red Flower Park menjadi tempat wisata yang banyak dilirik pengunjung.

Suguhan pemandangan alam perbukitan dan pepohonan pinus menambah kesan sejuk tempat wisata ini. Ditambah lagi beberapa spot foto unik dengan latar belakang gunung Arjuno langsung akan membuat feed instagram Anda menjadi lebih menarik.

Selain itu, disediakan pula tempat camping, permainan out bond flying fox dan kebun mini petik stroberi menjadi pelengkap liburan Anda. Menarik, bukan? Tertarik mengunjunginya?

Lokasi: Jl. Bromo Tosari, Sentong, Puspo, Pasuruan, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 09.00-16.00
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

11. Coban Baung yang eksotik

Tempat Wisata Di Pasuruan
Image credit: @et_dimas (kiri), @khullatussofiyah

Coban Baung merupakan salah satu tempat wisata di Pasuruan di Dusun Sumbersuko, Desa Kertosari, Kecamatan Purwodadi. Objek wisata ini masih tergolong baru dengan pesona alamnya yang cantik, mengundang daya tarik banyak pengunjung.

Menurut legenda masyarakat, Coban Baung atau Air Terjun Baung ini merupakan tempat seorang putri dari Raja Madura yang bertapa dibalik air terjun. Apabila terdapat pemuda yang mandi di air terjun ini dan disukai oleh sang putri, maka ia akan meninggal atau menghilang.

Cerita ini dipercaya masyarakat sekitar karena sebelumnya terdapat beberapa wisatawan yang hilang secara misterius. Namun, dibalik cerita mistisnya, Coban Baung menjadi objek wisata yang tepat bagi Anda yang menyukai rafting. Debit air yang deras, membuat pengalaman rafting Anda menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, Anda juga bisa berkemah di sekitar Coban Baung untuk menikmati pemandangan alam yang hijau nan asri.

Lokasi: Dusun Sumbersuko, Desa Kertosari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan
Jam Buka: Setiap hari, 06.00-17.00
Harga tiket: 8,000 IDR per orang

12. Coban Danyang, cantik dan menarik

Tempat Wisata Di Pasuruan
Image credit: @asmade_99 (kiri), @vaccolarief

Bicara objek wisata di Pasuruan tidak akan pernah habisnya dengan alamnya yang selalu menakjubkan dan berterima kasih pada semesta. Salah satunya Coban Danyang, air terjun cantik di tengah pedesaan yang belum lama ini menjadi objek wisata incaran banyak pengunjung untuk menikmati kejernihan airnya maupun hanya untuk berswafoto.

Terletak di Desa Tempuran, Pasrepan, menjadikan Coban Danyang sebagai tempat wisata di Pasuruan yang masih tergolong baru. Coban Danyang sendiri merupakan air terjun yang tidak terlalu tinggi namun yang menjadikannya istimewa yaitu susunan bebatuan yang indah sehingga mengundang banyak wisatawan untuk menikmati keindahan dari Coban Danyang ini.

Selain dari kecantikan air terjun yang mempesona setiap orang, Coban Danyang memiliki asal usul yang dipercaya penduduk sekitar. Dalam bahasa Jawa, Danyang disebut sebagai perintis desa, yang mana pada area tersebut, sebelum masuk ke Coban Danyang, terdapat sebuah pohon besar yang dipercaya oleh penduduk setempat sebagai tempat bagi penunggu dari Danyang yang disebut sebagai Mbah Dewi.

Lokasi: Kudu, Tempuran, Pasrepan, Pasuruan, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 07.00-18.00 WIB
Harga tiket: Gratis

13. Kampung Kelir Tosari yang instagrammable

Tempat Wisata Di Pasuruan
Image credit: @bruryajja (kiri), @rendi_orisa04

Kampung Kelir Tosari merupakan sebuah kampung yang berada di lereng gunung Bromo dan dijadikan tempat wisata di Pasuruan. Karena penduduk desa tersebut yang mengkreasikan pemukiman menjadi lebih menarik dan berwarna-warni.

Bila Anda pernah mengunjungi Kampung Tridi di Malang, begitu pula dengan Kampung Kelir Tosari. Hanya saja, Kampung Kelir Tosari dikelilingi oleh panorama hijau nan sejuk dengan latar belakang Gunung Bromo yang cantik.

Jadi, bila Anda berwisata ke Gunung Bromo jangan lupa untuk mampir ke Kampung Kelir Tosari untuk melihat kampung tematik karya penduduk tersebut. Tentunya banyak spot foto yang instagramable disini, seperti mural unik, lukisan, dan kreasi lainnya.
Lokasi: Desa Ledoksari, Desa Tosari, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan.
Jam buka: Setiap hari
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

14. Ngopi Wenk Jurang, tempat asyik buat nongkrong

Image credit: @toyiekz

Anda ingin nongkrong dan ngopi dengan suasana yang berbeda di area hutan dan gugusan bukit? Wujudkan keinginan Anda dengan mengunjungi “Ngopi Wenk Jurang” yang berlokasi di Jalan Trawas, Prigen.  Tempat wisata di Pasuruan yang satu cukup hits di kalangan anak muda, meski tergolong masih baru.

Image credit: @halaman.imaji

Menariknya dari tempat wisata ini yakni terdapat spot nongkrong di tepi jurang yang akan membuat Anda berdecak kagum sambil menikmati pemandangan alam. Spot area inilah yang menjadi favorit banyak pengunjung. Terlebih lagi suasana malamnya yang tidak kalah cantik. Taburan cahaya lampu bernuansa romantis membuat Anda merasa betah.

Lokasi : Pinus Garden, Jl. Raya Trawas, Sumber Wekas, Lumbangrejo, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 09.00-22.00 WIB
Harga tiket: Gratis

15. Karang Hitam Lekok, pantai dengan view eksotis

Tempat Wisata Di Pasuruan
Image credit: @lidiahputri_01 (kiri), @niqaylunia (tengah), @woy_sob

Tidak lengkap rasanya bila bicara wisata Pasuruan tanpa melibatkan wisata pantainya. Selain gugusan hijau pegunungannya yang menakjubkan, pantai juga menjadi tempat wisata di Pasuruan yang menjadi magnet untuk menarik banyak wisatawan.

Salah satunya yaitu Pantai Karang Hitam Lekok yang terletak di Desa Wates, Kecamatan Lekok ini dilengkapi dengan gazebo, ayunan masa depan dan jembatan kasih yang menjadi spot favorit pengunjung untuk berswafoto. Tergolong sebagai pantai ‘perawan’ yang belum banyak dikenal orang, Pantai Karang Hitam Lekok memiliki daya tarik tersendiri yang wajib kamu masukkan dalam holiday list usai pandemi nanti. Apalagi pemandangan senja yang dapat Anda nikmati langsung dari pantai ini. Nuansa romantisnya sudah tentu didapatkan.

Lokasi: Pengaletan, Jatirejo, Kec. Lekok, Pasuruan, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 08.00-17.00 WIB
Harga tiket: 7,500 IDR per orang

Baca juga: Dua Jam Dari Surabaya, Tempat Makan Di Pasuruan Dengan View Keren Ini Harus Dikunjungi!

So, dari daftar yang kami rekomendasikan, sudah bisa menentukan akan berkunjung kemana setelah ini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru