Rasakan Liburan Seru di Berbagai Tempat Wisata yang Ramah Anak di Medan

Bingung menentukan aktivitas wisata apa yang hendak dilakukan bersama anak-anak saat liburan tiba? Kamu bisa memilih untuk mengeksplorasi kota besar di Indonesia, misalnya Medan. Tidak sulit untuk menemukan berbagai lokasi wisata ramah anak yang menarik di Medan.

Bukan hanya untuk anak-anak, para orang tua juga akan menyukai banyak destinasi wisata yang ada di Medan karena tempatnya yang unik dan indah. Agar tidak salah memilih tujuan, kamu dapat melihat tempat-tempat rekomendasi TripZilla Indonesia terlebih dahulu. Cek di sini, ya!

1. Wahana edukasi yang dekat dengan alam di Avrost Park

Image credit: Facebook Avros Park

Avros Park yang berlokasi di tepi Sungai Deli ini menyediakan tempat yang asri dan teduh untuk berwisata kuliner atau sekedar duduk menikmati suasana. Bersama anak, kamu juga bisa menikmati wahana edukasi di Medan yang seru seperti Susur Sungai Deli dengan kapal.

Image credit: Facebook Avros Park

Dengan luas mencapai sekitar dua hektar, ada pula fasilitas Boogie Car Tour yang dapat dicoba untuk menyusuri seluruh lahan Avros Park. Permainan outbound pun tersedia untuk kamu yang ingin menguji nyali. Tidak puas menghabiskan waktu seharian di sini? Maka berkemah di lahan yang tersedia bisa jadi pilihan yang pas untukmu. Asyik kan?

Alamat: Jl. Avros No. 60B, Kp. Baru, Kec. Medan Polonia, Medan, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 23.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

2. Menikmati kesejukan di Hutan Kota Taman Beringin

Image credit: @sir_amirsyarif

Hutan kota ini adalah salah satu tempat yang menjanjikan keteduhan dan kenyamanan untuk liburan keluargamu. Area di dalamnya sudah tertata rapi dengan berbagai flora seperti lantana, pandan kipas dan bunga-bunga yang membuat pemandangan semakin cantik.

Pada pagi hari, banyak yang memanfaatkan Taman Beringin untuk berolahraga. Udara yang sejuk dan kaya oksigen sudah pasti akan kamu dapatkan di sini. Ingin mencobanya?

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No. 41, Anggrung, Kec. Medan Polonia, Medan, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

3. Menemukan pagoda yang memikat di Taman Alam Lumbini

wisata anak di medan
Image credit: Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini sudah terlihat menarik dari luar dan menggoda untuk diabadikan. Bangunan yang merupakan replika Pagoda Shwedagon di Myanmar ini dapat menjadi tempat wisata yang mengasyikkan dan mendidik untuk anak-anak.

Image credit: @sellyteresia

Punya arsitektur yang mengagumkan dan ukuran yang besar, replika pagoda ini telah menyabet rekor MURI sebagai Pagoda Tertinggi di Indonesia lho! Di dalamnya terdapat berbagai ruangan dan masih digunakan untuk tempat bersembahyang bagi umat Buddha. Wisata religi ke Taman Alam Lumbini akan jadi pengisi waktu yang dijamin tidak terlupakan!

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No. 41, Anggrung, Kec. Medan Polonia, Medan, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

4. Tenggelam dalam dunia hewan di Rahmat International Wildlife Museum and Gallery

Image credit: “RAHMAT” Museum & Gallery

Gemar mengeksplorasi keberagaman dunia hewan? Maka kamu wajib membawa keluargamu berlibur ke Rahmat International Wildlife Museum and Gallery ini. Berisi ribuan spesimen dan hewan awetan dengan penataan yang artistik dan nyata, museum sekaligus galeri ini menjadi tempat yang asyik untuk menambah wawasan sambil berlibur.

Image credit: @vella.lim 

Kamu dapat melihat berbagai ruangan yang didesain menarik misalnya Night Safari yang dibuat menyerupai hutan pada malam hari. Anak-anak akan terkagum-kagum saat melihat berbagai hewan yang jarang ditemukan dan kamu pun tidak akan bosan menemani mereka!

Alamat: Jl. S. Parman No.309, Petisah Hulu, Kec. Medan Baru, Medan, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 40,000 IDR

5. Melompat tinggi di Fun & Fit Trampoline

wisata anak di medan
Image credit: FUN & FIT Trampoline Park

Mau mengajak anak berolahraga dengan cara yang asyik? Datang saja ke Fun & Fit Trampoline yang merupakan trampoline park untuk segala usia. Warna-warni yang atraktif akan menarik minat anak untuk mengunjunginya dan kamu juga akan jadi lebih bugar setelah mencoba bermain trampolin.

Bahan yang digunakan untuk trampolin dan peralatan lainnya berkualitas baik dan akan membuat pengalamanmu  melompat jadi lebih berkesan. Siapa tahu malah kamu jadi ketagihan setelah mencoba bermain di tempat ini!

Alamat: Gedung Yafurni, Jl. Iskandar Muda No.7, Petisah Hulu, Kec. Medan Baru, Medan, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 21.30 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 70,000 IDR

6. Mengeksplorasi sejarah kerajaan di Istana Maimun

Image credit: @athallaquintana

Lokasi wisata budaya yang satu ini wajib untuk dikunjungi saat berada di Medan. Istana Maimun atau Istana Maimoon adalah istana peninggalan Kerajaan Deli yang bernuansa Melayu dan Islam. Bentuk lanskap yang unik juga menarik untuk diabadikan nih!

Kamu bisa menjelajahi bangunan dengan tiga lantai dan memiliki sekitar 30 ruangan ini. Pada saat-saat tertentu kamu juga bisa menyaksikan pentas musik Melayu di istana ini. Menarik!

Alamat: Jl. Brigjend Katamso No.66, A U R, Kec. Medan Maimun, Medan, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 3,000 IDR

7. Memancing dan meihat hutan mangrove di Taman Wisata Danau Siombak Marelan

Image credit: Taman Wisata Danau Siombak

Bagi kamu yang gemar wisata luar ruang, Taman Wisata Danau Siombak Marelan menanti untuk dikunjungi. Danau Siombak sendiri merupakan danau buatan yang dapat digunakan untuk memancing atau bermain air. Duduk santai di gazebonya sambil menikmati pemandangan juga terasa nyaman.

Puas menikmati spot di tepi danau,  ada hutan mangrove yang tidak kalah ademnya. Anak-anak dapat berwisata edukasi sekaligus menikmati alam di tengah rimbunnya pohon bakau. Dijamin berkesan!

Alamat: Jl. Ps. Nippon Ujung, Paya Pasir, Kec. Medan Marelan, Medan, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 2,000 IDR

8. Berenang dan bermain air di Wonders Water World

wisata anak di medan
Image credit: @hendravitara

Seluncuran ini pasti akan langsung menarik minat anak-anak saat melihatnya. Wonders Water World punya banyak wahana air yang bisa menceriakan harimu dan menyehatkan tubuh.

wisata anak di medan
Image credit: Wonders Water World

Kalau ingin aman, ajak anak-anak bermain di area Kids Zone. Jika ingin membuat jantung berdebar, naiki seluncuran di Wahana Super Loop atau Mach 5.

wisata anak di medan
Image credit: @komeny_simarmata

Tutup harimu dengan bersantai di Kolam Arus atau Kolam Ombak yang menyenangkan. Seru kan?

Alamat: Komplek CBD Polonia, Jl. Padang Golf, Suka Damai, Medan Polonia, Medan, Sumatera Utara
Jam Buka: Selasa – Jumat pukul 13.00 WIB – 19.00 WIB, Sabtu – Minggu pukul 10.00 WIB – 20.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 40,000 IDR

9. Menambah wawasan sejarah di Museum Negeri Sumatera Utara

Image credit: Museum Negeri Sumatera Utara

Tidak afdol rasanya jika berkunjung ke suatu daerah dan tidak mempelajari asal usulnya.  Museum Negeri Sumatera Utara yang sudah tertata rapi ini dapat kamu tuju untuk mendapatkan wisata edukasi yang berkesan.

Image credit: Museum Negeri Sumatera Utara

Beragam artefak dan ornamen yang menarik ada di sini. Kamu dapat mempelajari pengetahuan dari masa prasejarah, kebudayaan kuno di Sumatera Utara hingga pahlawan-pahlawan dari Sumatera Utara. Tidak rugi deh mampir ke museum saat liburan!

Alamat: Jl. HM. Joni No.51, Teladan Bar., Kec. Medan Kota, Medan, Sumatera Utara
Jam Buka: Selasa – Kamis pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB, Jumat – Minggu pukul 08.00 WIB – 15.30 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 3,000 IDR

Baca juga: 7 Tempat Wisata Medan Yang Ngehits Dan Instagramworthy

Liburanmu bersama keluarga akan makin menyenangkan di tempat wisata ramah anak di Medan ini. Coba kunjungi saat berada di Medan, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru