Korea Selatan Akhiri Syarat Tes Covid-19 Sebelum Keberangkatan

Korea Selatan bakal tidak lagi mensyaratkan tes Covid-19 sebelum keberangkatan untuk semua traveler yang akan menuju ke wilayah, demikian diinformasikan kantor berita Yonhap, Rabu (31/8).

Dalam informasi tersebut, dijelaskan bahwa aturan ini akan mulai berlaku pada Sabtu, 3 September 2022 mendatang. Adalah satuan tugas penanganan Covid-19 di Korea Selatan yang memberikan rekomendasi tersebut setelah melihat perkembangan situasi Covid-19 di seluruh dunia. Kebijakan itu sendiri diumumkan dalam pertemuan Markas Besar Penanggulangan Bencana dan Keselamatan Pusat, yang dipimpin Wakil Kedua Menteri Kesehatan Lee Ki-ill.

Sampai saat ini, Korea Selatan masih memberlakukan syarat perjalanan yang relatif ketat untuk traveler internasional, termasuk menunjukkan hasil tes Covid-19 sebelum keberangkatan. Korea Selatan mengakui hasil tes Covid-19 dengan metode Rapid Antigen Test, yang dilakukan paling lambat 24 jam sebelum keberangkatan, dan metode PCR, yang dilakukan paling lambat dua hari sebelum keberangkatan.

Selain itu, traveler yang hendak berkunjung ke Korea juga masih harus memenuhi syarat lainnya, seperti memiliki visa kunjungan, telah menjalani vaksinasi Covid-19 dengan dosis lengkap, plus vaksin booster dan memiliki asuransi kesehatan dengan nilai perlindungan 30 juta won, atau 250 juta rupiah.

Setibanya di Korea Selatan, traveler juga harus menjalani tes Covid-19 dengan metode PCR dan mengaktifkan aplikasi tracker, Self-Check Mobile App, selama berada di Korea Selatan demi kepentingan pelacakan. Hasil tes nantinya juga akan bisa dilihat di aplikasi tersebut. Bila hasilnya negatif, kamu bisa plesiran di seluruh Korea.

Selain syarat perjalanan yang masih ribet, pemerintah Korea Selatan tidak memberlakukan pembatasan dalam perjalanan di wilayahnya. Namun, syarat seperti menggunakan masker dan jaga jarak masih tetap diberlakukan sampai saat ini. Jika tidak mematuhi aturan tersebut, denda sebesar 100,000 KRW (~850,000 IDR) akan diberikan.

Baca juga: Syarat Perjalanan Ke Korea Selatan Yang Harus Diketahui Pemegang Paspor Indonesia

Dengan syarat tes Covid-19 ke Korea Selatan segera diakhiri, apakah kamu mulai merencanakan perjalanan dan liburan ke Negeri Ginseng di tahun ini?

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru