Thailand Akan Berlakukan Kembali Karantina Untuk Traveler Internasional

Pemerintah Thailand mempertimbangkan kembali memberlakukan kewajiban karantina untuk traveler internasional yang masuk ke wilayahnya, menyusul tingginya tingkat penyebaran Covid-19 varian Omicron di sejumlah negara.

Perubahan tersebut menjadi pertimbangan pemerintah setelah Kementerian Kesehatan Thailand melaporkan adanya kasus pertama transmisi lokal virus Covid-19 varian Omicron di wilayahnya pada Senin (20/12) lalu.

Diungkapkan Menteri Kesehatan Anutin Charnvirakul, Kementerian Kesehatan Publik akan meminta perubahan aturan dan mewajibkan traveler yang datang, terlepas apapun status vaksinasi yang sudah dilakukan, untuk tetap menjalani karantina di fasilitas yang sudah ditetapkan pemerintah, dan kembali memberlakukan program sandbox, yang membolehkan traveler tersebut berkeliling hanya di di wilayah tertentu.

Permintaan perubahan tersebut akan segera disampaikan langsung kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Thailand. Keputusan final diprediksi akan diambil setidaknya hingga awal pekan mendatang.

Menurut laporan terkini yang dirilis pemerintah Thailand, sudah ada 63 kasus positif Covid-19 dengan varian Omicron sejauh ini, dengan satu kasus merupakan transmisi lokal dan sisanya adalah kasus impor.

Adapun Thailand telah membuka pintu perbatasan dan mengizinkan traveler yang sudah divaksin secara lengkap masuk dan berwisata tanpa harus menjalani karantina sejak November. Kebijakan tersebut mengakhiri langkah pengetatan yang dilakukan pemerintah Thailand, yang berimbas pada kolapsnya industri pariwisata dan ekonomi warganya sejak 2019.

Pemerintah Thailand sebelumnya juga sudah mengizinkan traveler asal Indonesia masuk tanpa harus melakukan karantina, dengan syarat telah menjalani vaksinasi Covid-19 secara lengkap dan beberapa aturan masuk lainnya, termasuk memiliki polis asuransi dengan nilai pertanggungan tidak kurang dari 50,000 USD.

Baca juga: Thailand Cabut Keharusan Karantina Untuk Traveler Indonesia, Ini Syarat Yang Harus Dipenuhi!

Bagi yang punya agenda liburan ke Thailand dalam waktu dekat, untuk sementara bersabar dulu, ya!

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

  • Akhirnya Go Internasional, Kini Warteg Ada Di Tokyo, Jepang!

    Dikenal sebagai tempat yang sering dituju saat makan siang para karyawan, warteg merupakan singkatan dari Warung Tegal yang menjual nasi rames dengan segala macam pilihan lauk pauk. Namun kini warteg tidak hanya ada di Indonesia saja tapi juga sudah go international dengan hadir di Tokyo, Jepang! Tepatnya di Shinjuku, warteg ini memiliki nama Warteg Jawa […]

  • Dari Destinasi Hingga Kuliner, Inilah Inspirasi Wisata Korea Selatan Ala ATEEZ

    Banyak destinasi dan inspirasi wisata Korea Selatan yang bisa kamu ikuti jika ingin liburan ke Negeri Ginseng setelah pintu perbatasan kembali dibuka dan pembatasan diturunkan beberapa waktu ke depan. Salah satu inspirasi datang dari ATEEZ, boyband Korea Selatan, yang baru-baru ini merayakan hari jadi ketiga mereka. ATEEZ, dengan Hongjoong, Seonghwa, Yunho, Yeosang, San, Mingi, Wooyoung […]

Artikel Terbaru