6 Tips Dan Cara Memulai Diet Sehat Untuk Kondisi Fisik Yang Lebih Baik

Bagaimana, sih, cara diet sehat? Punya tips untuk bisa diet yang menyehatkan? Apakah diet sehat memungkinkan buat mereka yang punya hobi jalan-jalan dan kulineran di tempat yang baru?

Pertanyaan tersebut kerap muncul bagi traveler yang suka jalan-jalan, tapi juga suka makan tapi takut gendut. Kamu termasuk salah satunya? Jika iya, pertanyaan itu lumrah, lho!Kamu juga tidak perlu minder atau malu jika memiliki pertanyaan itu. Kabar gembiranya, ada tips dan cara diet sehat yang bisa kamu praktekkan. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir untuk mengalami gangguan kesehatan seputar makanan.

Penasaran bagaimana dengan tips dan cara diet sehat, terlepas apakah itu cara diet sehat alami atau cara diet sehat dan cepat, kamu bisa melihat tips diet sehat di bawah ini. Cekidot, yuk!

1. Mengikuti rencana makan sehat

Salah satu tips dan cara diet sehat adalah dengan mengetahui rencana makan sehat. Dalam menyusun rencana makan sehat, pastikan kamu memasukkan jenis makanan yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Kebutuhan serat misalnya, bisa didapat dari buah-buahan dan sayuran, juga biji-bijian dan kacang-kacangan. Sementara kebutuh protein bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi daging, ikan, dan kedelai.

Bahan makanan yang melalui proses panjang biasanya memiliki kandungan yang tinggi lemak dan kalori. Tentunya makanan jenis ini tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Bahkan jika memungkinkan diminimalkan jika kamu termasuk yang mengusung semangat hidup sehat. Suplemen vitamin dan mineral juga bisa ditambahkan untuk mengisi kekurangan yang dibutuhkan tubuh.

Pastikan juga kamu mencatat apa yang kamu makan. Langkah ini terbukti ampuh bisa menjaga pola diet kamu berjalan sukses.

2. Cara diet sehat harus dimulai dari langkah kecil

Memutuskan untuk melakukan diet sudah menjadi langkah yang besar. Setelahnya, kamu harus bisa konsisten agar rencana diet berjalan sesuai harapan.

Untuk bisa sukses, yang perlu kamu lakukan adalah berubah sedikit demi sedikit. Buat langkah kecil dalam setiap perubahan. Sejumlah ahli gizi menyarankan untuk melakukan perubahan di setiap pekan. Dengan demikian, kamu bisa terbiasa dengan cara hidup yang baru. Tujuan besarnya tentunya adalah dengan memiliki kebiasaan makan yang baru yang bisa bertahan di waktu yang lama, bahkan selamanya.

3. Tetapkan target yang realistis

Untuk bisa sukses dalam diet, target yang ditetapkan harus realistis. Mereka yang memiliki berat badan 75 kg berharap bisa turun 10 kg dalam satu bulan tentunya bukan target yang realistis. Tipsnya, buat target yang mudah untuk dicapai, misalnya, 200 gram per minggu atau. Yang penting konsisten, maka kamu bisa mewujudkan target.

Bonus informasi buat kamu, hasil penelitian menunjukkan penurunan berat badan sekecil apapun ikut meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, terutama menurunkan tekanan darah, kadar gula dalam darah dan juga tingkat kolesterol. Asyik, kan?

4. Jangan menghukum, berikan hadiah untuk dirimu!

Cepat atau lambat, konsistensi mungkin akan mengendur. Jika ini terjadi, jangan menghukum dirimu. Yang terpenting adalah menyadari hal tersebut dan memulai untuk kembali menjaga diet sehat.

Namun, kamu juga jangan terlalu keras pada dirimu. Jika memang target kecil tercapai, tak ada salahnya memberikan hadiah atas kesuksesan itu. Pilih hadiah yang kamu sukai untuk kerja keras karena sudah memenuhi target.

5. Cara diet sehat yang harus dilakukan, cari dukungan!

Dukungan bisa dari mana saja, seperti keluarga, atau teman. Khusus yang suka jalan-jalan, teman perjalanan bisa menjadi suporter terbaik untuk mendukung program diet sehat kamu. Pastikan teman kamu tahu dan mendukung keinginan kamu menjaga pola hidup sehat, termasuk saat traveling sekalipun. Dari mereka, kamu bisa mendapat inspirasi dan semangat, terutama di masa sulit.

6. Cara diet sehat yang tak boleh dilewatkan, olahraga

Makan makanan sehat dan menjaga pola makan hanya separuh jalan untuk program diet kamu berjalan sukses. Separuh hal lain yang harus dilakukan adalah olahraga.

Bagi traveler, menyusuri tempat-tempat baru dengan berjalan kaki bisa menjadi cara yang baik untuk membakar kalori dan lemak jahat. Jalan-jalan juga bisa meningkatkan kekuatan, keseimbangan dan koordinasi.

Baca juga: Makan Burger Mengurangi Usia Hidup Hingga 36 Menit, Waduh!

Bagaimana pun juga, memiliki harapan untuk bisa hidup sehat sudah menjadi tahap awal yang bagus untuk mulai mewujudkannya. Memulainya tentunya menjadi langkah yang jauh lebih besar, apalagi mempertahankan konsistensi hingga sukses memenuhi program diet. Jadi, untuk traveler sekalipun, cara diet sehat di atas sangat mungkin diterapkan, bukan?

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru