Tips Dan Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Tidak ada yang berharap mendapat musibah dalam hidupnya, termasuk saat naik pesawat terbang. Namun, tragedi yang telah terjadi bisa memengaruhi banyak pihak, termasuk musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 jurusan Jakarta-Pontianak beberapa waktu lalu. Sedikit banyak, tragedi tersebut membuat sejumlah orang menjadi takut naik pesawat.

Hal tersebut ternyata bukan hal tidak normal. Ketakutan yang muncul karena ada insiden terjadi merupakan hal yang normal dirasakan semua orang. Selain itu, ada faktor lain yang bisa memunculkan rasa takut naik pesawat, misalnya claustrophobia atau takut pada ketinggian.

Biasanya, rasa takut naik pesawat muncul karena adanya kekhawatiran jika pesawat yang dinaiki mengalami malfungsi atau kecelakaan. Padahal catatan statistik menunjukkan naik pesawat untuk bepergian ke satu tempat merupakan cara paling aman jika dibandingkan dengan menggunakan mobil.

Untungnya ada sejumlah cara dan tips untuk mengatasi rasa takut naik pesawat ini. Di bawah ini ada sejumlah tips yang bisa kamu ikuti!

1. Memahami cara kerja pesawat

Ketakutan muncul karena kita tidak tahu apa yang kita hadapi. Karena itu mendapatkan informasi yang tepat mengenai apa yang ada di depan kita seharusnya bisa mengakhiri ketakutan tersebut.

Bagi yang takut terbang menggunakan pesawat, penting sekali untuk memahami bagaimana cara kerja pesawat. Misalnya, pesawat ternyata masih bisa terbang melayang meski mengalami mesin mati, atau apa yang bisa menyebabkan turbulensi dan masih banyak lagi lainnya yang bisa dipahami.

2. Biasakan diri dengan pesawat yang bakal kamu naiki

Tak kenal, maka tak sayang. Peribahasa itu juga berlaku untuk menghilangkah kekhawatiran dan rasa takut kamu saat naik pesawat. Terbiasa dengan pesawat yang akan kamu naiki juga bisa membantu kamu meminimalkan kekhawatiran dan rasa takut.

Bagaimana caranya? Kamu bisa memasang foto kabin pesawat sebagai background di laptop kamu, atau melihat video mengenai pesawat yang kamu naiki dan semua layanannya. Dijamin deh hal itu bisa membuat kamu jadi lebih familier dengan pesawat yang bakal dinaiki nanti.

3. Bijak memilih tempat duduk

Memilih tempat duduk juga bisa meminimalkan kekhawatiran dan rasa takut kamu, lho! Jika memungkinkan untuk bisa memilih tempat duduk yang paling nyaman menurut kamu, pilihlah yang sesuai keinginan!

Seat yang dekat dengan jendela tentunya bukan pilihan yang bijak bagi mereka yang takut akan ketinggian. Sementara seat yang berada di bagian lorong memungkinkan kamu untuk bisa bergerak dengan lebih leluasa.

4. Hindari media yang memengaruhi kamu untuk takut naik pesawat

Saya pribadi menghindari menonton film Final Destination karena pengaruhnya begitu melekat di ingatan. Seperti halnya saya, mengindari film-film seperti ini bisa membantu kamu mengurangi rasa takut naik pesawat.

Selain itu, tidak terlalu fokus pada berita-berita mengenai kecelakaan pesawat atau gambar-gambar mengerikan mengenai suatu tragedi juga bisa membantu kamu menghadapi masalah ketakutan ini. Perlu diingat, bad news is a good news oleh media, jadi menghindari mengkonsumsi berita-berita terkait musibah kecelakaan pesawat juga bisa membantu kamu mengatasi rasa takut tersebut.

5. Pada akhirnya berpikir positif dan pasrah menjadi cara terbaik mengatasi rasa takut naik pesawat

Ketakutan dan kekhawatiran itu letaknya ada di pikiran. Jika kamu bisa tetap berpikir positif dan berserah diri kepada Yang Maha Kuasa, bisa jadi kamu bisa lebih pasrah dan tenang saat naik pesawat. Pada akhirnya kamu sendiri yang bisa mengendalikan pikiran kamu.

Baca juga: 4 Tips Meningkatkan Peluang Selamat Saat Kecelakaan Pesawat

Itulah sejumlah tips dan cara untuk bisa mengatasi ketakutan dan kekhawatiran saat naik pesawat terbang. Semoga hal ini bisa membantu kamu untuk lebih percaya diri.


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru