Wisata Kapal Pesiar, Tips Dan Panduan Yang Harus Diikuti Untuk Liburan Antimainstream

Seperti apa rasanya bisa liburan dan wisata menggunakan kapal pesiar? Pernah membayangkan tinggal beberapa hari di suatu kapal besar di tengah laut dan hanya merapat di dermaga selama beberapa jam saja? Tertarik mencoba sensasi liburan dan wisata menggunakan kapal pesiar?

Buat kamu yang tertarik wisata menggunakan kapal pesiar, ada sejumlah hal yang harus dipahami, mengingat ada sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan gaya liburan di darat. Di bawah ini adalah panduan dan tips wisata kapal pesiar yang bisa kamu ikuti!

1. Mengetahui informasi dengan baik

Untuk memilih kapal pesiar yang akan menjadi “rumah” kamu dalam beberapa hari mendatang, penting sekali untuk mengetahui apa yang ada di dalamnya, mulai dari fasilitas, kamar dan lokasinya, dan masih banyak lagi lainnya. Karena itu, kamu harus banyak mencari informasi mengenai kapal yang akan kamu pilih, dari website, brosur bahkan dari testimoni mereka yang pernah naik kapal tersebut.

2. Bersiap dengan mabuk laut

Karena tidak semua traveler terbiasa naik kapal, ada kemungkinan kamu akan mengalami mabuk laut saat naik kapal pesiar. Untuk itu, kamu bisa melakukan persiapan khusus, mulai dari menyediakan obat antimabuk hingga mencari cara lain dan tips mengatasi mabuk laut.

3. Mempersiapkan visa sesuai negara yang akan disinggahi

wisata kapal pesiar
Image credit: Andi Graf

Di poin pertama, kamu harus mencari tahu sebanyak mungkin informasi mengenai kapal pesiar yang akan kamu naiki, termasuk di antaranya rute yang dituju. Jika kapal pesiar yang kamu pilih memiliki jadwal bersandar di negara yang memerlukan visa khusus, alangkah lebih baik kamu bisa mendapatkannya sebelum perjalanan dilakukan. Jika tidak, besar peluang kamu hanya akan berada di dalam kapal saat orang lain plesiran ke banyak tempat saat kapal bersandar di dermaga tertentu.

4. Jangan lupakan barang-barang penting

Tidak hanya obat-obatan pribadi, ada banyak barang penting yang harus kamu bawa agar liburan di kapal pesiar berjalan menyenangkan, dari paspor, uang, kartu kredit dan debit hingga kacamata atau earphone. Dengan fasilitas yang ada dimiliki kapal pesiar, kemungkinan besar kamu akan menggunakan semua barang-barang tersebut.

5. Jelajahi kapal!

Jika memang sudah memilih kapal pesiar mana yang akan kamu naiki, membawa semua perbekalan yang dibutuhkan, dan mulai melakukan pelayaran, maka jangan sungkan untuk melakukan penjelajahan kapal pesiar. Berkeliling kapal yang besar, melihat semua fasilitas yang ada, bahkan bertemu kapten dan kru bisa menjadi pengalaman yang sulit untuk dilupakan.

6. Jangan sungkan memaksimalkan fasilitas yang ada di kapal!

Ambil bagian dalam wisata kapal pesiar membuat kamu mengeluarkan dana jutaan rupiah, bahkan hingga puluhan atau ratusan juta. Karena itu, jangan sungkan untuk memaksimalkan semua fasilitas yang ada di kapal, dari gym, kolam renang, bar, bioskop hingga melihat pertunjukan atau atraksi di ruang rekreasi. Percayalah, kamu sudah membayar semua itu!

7. Ikuti semua instruksi kru!

wisata kapal pesiar
Image credit: Susann Milke

Jika terjadi kejadian darurat, penting sekali untuk tidak bersikap sok pahlawan. Kamu harus mengikuti semua petunjuk kru kapal, termasuk saat melakukan passenger drill, yaitu pemanasan untuk situasi darurat yang dilakukan pada hari pertama saat pelayaran. Karena pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki kru akan sangat berarti saat kondisi darurat terjadi.

Baca juga: Bosan Berlibur dengan Pesawat? Ayo Coba Berwisata Dengan Kapal Pesiar!

Sudah tahu tips dan panduan untuk wisata kapal pesiar, kan? Jika tertarik dan tertantang untuk ambil bagian, sekarang tinggal memilih kapal pesiar mana yang bisa kamu ikuti!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru