Tips Hemat Mengatur Budget Saat Liburan di Luar Negeri

Liburan ke luar negeri, bagi sebagian orang masih dianggap mahal. Alasannya simple karena butuh paspor, tiket pesawat, dan tentunya biaya di luar negeri yang lebih tinggi dari di Indonesia. Tapi siapa sangka di era tiket pesawat domestik yang semakin melambung tinggi, kini orang-orang berbondong-bondong membeli tiket pesawat domestik, namun dengan cara transit di luar negeri sebagai tips untuk menekan budget agar lebih hemat. Hal ini tentu saja menandakan bahwa tiket ke luar negeri tidak selamanya mahal.

Banyaknya promo-promo tiket pesawat murah juga menjadi salah satu faktor besar pemicu banyaknya trend liburan hemat ke luar negeri semakin menjamur. Tiket pesawat murah ternyata tidak cukup untuk membuat liburanmu di negeri orang menjadi hemat, tapi banyak cara lain yang harus juga dilakukan agar budget liburanmu semakin terkontrol dan pastinya sesuai dengan kemampuanmu. Penasaran dengan cara-cara tersebut? Berikut 9 tips hemat mengatur budget saat liburan di luar negeri.

1. Mencari promo tiket pesawat murah

Baik maskapai asing, maupun dalam negeri berlomba-lomba memberikan promo tiket pesawat dengan harga yang sangat menggiurkan. Bayangkan saja sebuah maskapai penerbangan asing seringkali menjual promo tiket murah mulai dari 150,000 IDR untuk penerbangan dari Jakarta ke Singapura. Tak hanya itu, dengan biaya kurang dari 1,000,000 IDR, kamu sudah dapat mendapatkan tiket pulang pergi ke negara-negara Asia Tenggara. Jadi, tips pertama yang harus dilakukan adalah selalu update tentang promo tiket pesawat untuk mendapatkan harga yang murah dan pastikan untuk tidak berpikir berkali-kali karena tiket akan terjual dengan habis secara cepat.

Baca juga: 7 Tips Dan Trik Mencari Tiket Murah Pesawat Untuk Liburan Hematmu

2. Banyak membaca blog traveler dan website tentang traveling

Tiket pesawat sudah dipesan, saatnya kamu browsing baca pengalaman traveler dari blog yang mereka tulisan. Blog ini akan sakan membantu karena biasanya sudah terdapat rincian biaya dan destinasi mana saja yang akan dituju. Tak hanya blog-blog traveler, kamu juga bisa mencari tahu tentang negara tujuanmu secara lebih lengkap dan berbagai pilihan hanya di website TripZilla Indonesia. Mulai dari destinasi, kuliner, penginapan, akomodasi, dan info lainnya dapat kamu ketahui di sini.

3. Membeli bagasi jauh-jauh hari sebelum keberangkatan

Kalau kamu memilih maskapai penerbangan LCC (Low Cost Carrier), maka biasanya kamu hanya akan mendapatkan fasilitas kabin 5 sampai 10 kilogram saja, tanpa bagasi. Oleh karena itu diperlukan budget untuk membeli bagasi jika kamu akan membawa barang yang melebih kapasitas kabin. Rahasia umum mengenai bagasi yang harus diketahui adalah jika kamu membeli bagasi di bandara akan dikenakan biaya lebih mahal dibandingkan ketika membelinya jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Oleh karena itu, kamu harus bisa menghitung dan memperkirakan berapa berat bagasi yang kamu butuhkan untuk barang bawaanmu.

4. Mencari dan membandingkan sebelum memilih penginapan

Penginapan adalah hal yang cukup penting saat liburan di luar negeri. Ada banyak pilihan penginapan yang bisa kamu pilih mulai dari hotel, hostel, apartemen, hingga AirBnB. Jika kamu berlibur sendirian atau solo traveling, kamu bisa memilih hostel karena harga lebih murah. Sedangkan, jika kamu berlibur bersama pasangan, keluarga, atau teman, sebaiknya untuk membandingkan antara keempat pilihan tersebut, dan mana yang paling pas sesuai budget. Selain murah, ada baiknya kamu memilih penginapan yang menyediakan sarapan gratis karena ini akan menghemat budget makanmu selama di sana.

5. Mengunjungi destinasi wisata yang gratis

Tidak sulit mencari destinasi wisata yang gratis di luar negeri. Contohnya saja Singapura dan Malaysia, banyak destinasi wisata terkenal seperti Gardens by The Bay, Batu Caves, hingga yang terbaru Jewel Changi, semuanya tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Walaupun gratis, kamu juga tidak bisa meremehkannya, karena banyak dari destinasi wisata ini yang sangat indah bahkan populer di kalangan wisatawan dunia. Memilih destinasi wisata gratis ini akan menghemat budget yang cukup banyak, karena beberapa destinasi wisata berbayar biasanya dikenakan dengan harga yang cukup mahal.

6. Membeli makan di minimarket

Budget liburanmu di hari-hari akhir liburanmu semakin menipis? Kamu bisa mengantisipasinya dengan membeli makan di minimarket. Biasanya setiap minimarket menjual beraneka makanan siap santap dengan harga yang sangat terjangkau dan lebih murah dibandingkan dengan makanan di restoran. Semakin malam, makanan siap santap di minimarket juga biasanya dijual dengan harga yang lebih murah seperti beli 1 gratis 1 atau diskon hingga 50%. Benar-benar akan menyelamatkan dompetmu!

7. Menggunakan transportasi umum

Di setiap negara biasanya memiliki beragam moda transportasi umum yang seru untuk dirasakan. Selain menambah pengalaman baru, menggunakan transportasi umum merupakan salah satu tips untuk menghemat budget selama liburan di luar negeri. Walau murah, namun kamu juga harus tetap memperhatikan dan waspada terhadap penipuan yang seringkali para pemilik transportasi tersebut menentukan dengan harga yang sangat tidak wajar dan tinggi. Tipsnya, pilihlah transportasi lokal seperti trem, MRT, LRT, atau bus kota. Jika terpaksa, kamu bisa memilih transportasi online dibandingkan taksi yang biasa dikenai tarif lebih mahal.

Baca juga: Ini Dia 10 Kota dengan Transportasi Umum Terbaik di Dunia

8. Sharing paket internet dengan teman

Biaya paket internet bisa dibilang cukup tidak murah. Rata-rata biaya yang dikenakan sebesar 100,000 IDR untuk 3 hari, tergantung operator. Karena harga yang cukup besar, kuota yang diberikanpun cukup besar dan jarang habis hingga liburanmu benar-benar berakhir. Oleh karena itu, salah satu cara pintar untuk menghemat biaya ini, kamu bisa membeli 1 sim card lokal dengan kuota paket internet besar yang bisa dinikmati bersama dengan teman-teman. Mungkin ini akan sedikit membuat repot karena kemana-mana kalian harus selalu bersama-sama, tapi ini salah satu cara praktis untuk menekan budget liburanmu.

9. Menukar uang Rupiah atau Dollar di money changer dibandingkan menarik di ATM luar negeri

Pengeluaran uang di luar negeri memang bisa diminalisir, tapi tidak ada salahnya untuk selalu mengantisipasi dari kehabisan uang saat berlibur. Kalau kamu tipe orang yang senang berbelanja dan mudah sekali kalap, maka pastikan untuk membawa uang Rupiah atau Dollar untuk kamu tukar di money changer di sana. Hal ini akan lebih hemat dibandingkan jika kamu harus menarik uang di ATM. Biaya potongan di ATM biasanya dikenakan biaya yang cukup tinggi, sedangkan di money changer, kamu bisa memilih tempat penukaran uang dengan kurs yang terendah.

Baca juga: Pilih Mana, Liburan Ala Backpacker atau Ikut Agen Travel?

Jadi, masih ragu untuk liburan ke luar negeri? Semoga 9 tips hemat mengatur budget selama liburan di luar negeri ini akan membuang keraguanmu dan siap memulai petualangmu di negeri orang. Selamat berlibur.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru