Tips Liburan Aman Dan Nyaman Saat Maraknya Wabah Virus Corona

Sudah mendapatkan tiket murah jauh-jauh hari, memilih akomodasi yang asyik dan mengantungi rencana perjalanan yang mantap, tapi semua gagal karena wabah virus corona, pastinya kamu kesal dan kecewa, kan? Apa tidak ada tips liburan yang aman di saat kondisi seperti sekarang ini?

Ya, wabah Covid-19 memang mengecewakan banyak pihak. Bukan hanya bagi traveler seperti kamu, tapi juga semua orang yang bergerak di bidang jasa pariwisata, mulai dari penyedia akomodasi, transportasi dan banyak lagi lainnya. Ya, semuanya terkena imbas virus corona, yang pada akhirnya ikut membuat mandeg laju perekonomian dunia. Sejumlah pemerintahan bahkan sampai harus menutup pintu masuk ke negara mereka untuk meminimalkan risiko penyebaran virus corona, melakukan isolasi dan karantina kepada warga negara yang terduga tertular virus ini dan banyak aksi ekstrim lainnya, yang pada akhirnya memicu kepanikan.

Jadi, dengan kondisi yang ada sekarang ini, apakah aman bepergian ke luar negeri? Haruskah kamu membatalkan semua rencana liburan kamu? Tidak harus seperti itu, sih! Kamu bisa mengikuti tips liburan aman di bawah ini untuk tetap bisa mendapatkan pengalaman yang mengesankan wisata ke negeri orang. Cekidot, ya!

1. Waspada dengan regulasi destinasi wisata kamu

Sebelum berangkat ke destinasi tujuan wisata kamu, akan lebih baik melihat kebijakan terbaru apa yang sudah diterbitkan terkait penanganan virus corona ini.

Perlu diketahui, setidaknya ada tiga tipe kebijakan yang diambil menanggapi isu virus corona ini. Yang pertama adalah negara menolak untuk menerima masuk warga negara dari negara tertentu yang sudah terdampak virus corona secara serius, kemudian kebijakan untuk memberlakukan karantina selama 14 hari, dan yang terakhir negara yang memberlakukan kebijakan screening medis.

Karena situasinya terus berkembang setiap harinya, regulasi juga bisa berubah dalam hitungan jam. Pastikan kamu tahu dengan situasi yang ada ini!

2. Fleksibel dengan rencana perjalanan kamu

Memilih maskapai yang menawarkan pembatalan yang fleksibel atau kebijakan pemesanan kembali yang mudah bisa menjadi salah satu cara untuk mengatur perjalanan dengan cara yang asyik. Apalagi maskapai penerbangan menjadi salah satu pihak yang paling terpukul dengan kondisi ini. Tidak ada salahnya juga membeli asuransi perjalanan, yang bisa membantu kamu meminimalkan kerugian karena situasi ini.

Kamu juga bisa memilih lokasi liburan yang sesuai dengan kondisi dan situasi yang ada. Di saat maraknya wabah virus corona, akan lebih bijak untuk menghindari tempat keramaian seperti konser musik dan banyak lagi lainnya, untuk meminimalkan risiko tertular.

3. Jadikan hand sanitiser sebagai sahabat kamu

Di saat seperti ini, hand sanitiser bisa menjadi “senjata’ terbaik meminimalkan risiko tertular dari beragam virus saat berada di pesawat. Hand sanitiser akan sangat membantu untuk, setidaknya, membersihkan lingkungan kamu.

Setelah masuk ke pesawat, jangan lupa membersihkan meja, sandaran tangan dan monitor tv yang ada di depan kamu. Jangan lupa untuk mengenakan masker, ya!

Sangat penting juga untuk kamu bisa menjaga kondisi tubuh untuk tetap sehat dan bugar. Jika berada dalam kondisi tertentu, kamu bisa membawa obat-obatan pribadi kamu.

Baca juga: Tips Untuk Tidak Sakit Saat Liburan Ke Luar Negeri

4. Pentingnya memiliki kontak ke kedutaan

Banyak hal yang bisa terjadi saat liburan ke luar negeri, mulai dari jadi korban tindak kejahatan, bencana alam, paspor hilang, jatuh sakit dan masih banyak lagi lainnya. Akan sangat penting untuk bisa memiliki kontak kedutaan negara untuk setidaknya bisa memberikan bantuan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kementerian Luar Negeri juga sudah membuat aplikasi Safe Travel untuk dimaksimalkan.

5. Mengapa tidak liburan di sekitar kamu?

Ya, liburan ke luar negeri bukan segalanya, lho! Malahan, jika berani membandingkan, destinasi wisata yang dimiliki Indonesia tidak kalah keren dibanding yang ada di luar negeri. Jadi, mengapa tidak liburan saja di negeri sendiri, atau di kota kamu sendiri?

Kamu bisa mempertimbangkan untuk mengunjungi tempat baru di daerah kamu tinggal, menikmati kuliner lokal, mengunjungi kebun binatang, pantai atau taman bermain terbaru, atau bahkan staycation di hotel-hotel pilihan. Toh, pada intinya, liburan itu untuk sementara waktu menjauhkan diri dari rutinitas keseharian kamu, kan? Tidak harus ke luar negeri, toh?

Baca juga: Yang Perlu Traveler Tahu Mengenai Virus Corona

Jadi, berbekal tips liburan aman di atas, kamu masih bisa bepergian ke berbagai destinasi wisata, kan? Yang terpenting adalah tetap mempertahankan prinsip-prinsip dasar higienitas diri dan menjaga kondisi tubuh tetap bugar dan sehat. Dengan begitu, liburan pun akan tetap menyenangkan dan aman. Setuju?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru