Tips Mudik Lebaran 2022 Untuk Perjalanan Yang Aman Dan Nyaman

Momentum mudik saat lebaran menjadi salah satu yang ditunggu dalam tradisi Ramadhan di Indonesia. Pada hari-hari terakhir bulan Ramadhan, masyarakat Indonesia mulai menyibukkan diri melakukan sejumlah persiapan untuk bisa pulang ke kampung halaman, yang mana dalam dua tahun terakhir harus terkendala karena situasi pandemi Covid-19 di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Namun, seiring menurunnya jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia, pemerintah mengizinkan masyarakat untuk melakukan mudik dengan menerapkan sejumlah aturan. Bagi yang ingin melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman bertemu dengan sanak saudara dan handai taulan, penting sekali untuk bisa mengikuti aturan yang sudah ditetapkan pemerintah agar perjalanan kamu bisa aman dan nyaman. Untuk lebih jelasnya, tips mudik lebaran 2022 di bawah ini bisa menjadi acuan kamu melakukan persiapan sebelum melakukan perjalanan. Simak, yuk!

1. Penuhi persyaratan vaksinasi Covid-19 yang sudah ditetapkan pemerintah

Telah menjalani vaksinasi Covid-19 secara komplet dan mendapatkan dosis booster menjadi syarat yang harus dipenuhi bagi yang ingin melakukan perjalanan mudik tahun ini. Karena itu, bagi yang belum mendapatkan vaksin booster, tidak ada salahnya mulai mencari tahu di mana bisa mendapatkannya.

Bagi yang sudah mendapatkan vaksin booster, pastikan untuk bisa menunjukkan sertifikat vaksin, baik secara fisik maupun yang ada dalam aplikasi PeduliLindungi di smartphone kamu.

2. Memastikan kendaraan dalam kondisi yang fit

Tips mudik lebaran 2022 berikutnya adalah memastikan kendaraan yang akan kamu gunakan untuk mudik dalam kondisi siap jalan. Tidak ada salahnya melakukan pengecekan mulai saat ini untuk menghindari antrean di bengkel favorit kamu.

Selain itu, kamu juga harus memastikan kendaraan memiliki semua perlengkapan yang dibutuhkan bila terjadi situasi darurat, misalnya jas hujan untuk pengguna motor, atau dongkrak dan ban serep untuk pengendara mobil. Peralatan P3K juga harus tersedia juga di kendaraan kamu, ya!

Mencatat nomor-nomor penting juga bisa menjadi kiat untuk perjalanan mudik kamu, seperti nomor hotline mobil derek, atau bahkan pihak kepolisian dan nomor telepon bengkel kamu.

3. Tips mudik lebaran 2022 – Menjaga kondisi tubuh

Selain kendaraan, pelaku perjalanan mudik juga harus memastikan kesehatan mereka sebelum mudik ke kampung halaman. Bagi ibu hamil, lansia atau mereka yang memiliki penyakit kronis mungkin harus melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum melakukan perjalanan.

Pelaku perjalanan juga harus dalam kondisi fisik yang bugar. Selain itu, kamu harus memastikan tidak membawa dan menyebarkan virus penyakit. Kamu tak mau membuat orang-orang yang kamu sayangi tertular penyakit karena keputusan kamu mudik dalam kondisi yang tidak sehat, bukan? Untuk itu, kamu bisa mempersiapkan diri dengan mengonsumsi vitamin dan makanan yang bergizi sebelum melakukan perjalanan. Selain itu, pastikan kamu tetap mematuhi protokol kesehatan, terutama menggunakan masker dan rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Baca juga: Traveler Wajib Tahu! 10 Rekomendasi Vitamin C Berkhasiat Untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain itu, saat melakukan perjalanan mudik nanti, kamu harus memastikan dalam kondisi yang fit dan jangan sampai mengalami kelelahan. Jika di tengah perjalanan kondisi tersebut muncul, kamu tidak perlu memaksakan diri terus melakukan perjalanan dan mempertimbangkan untuk istirahat.

4. Persiapkan pakaian yang nyaman kala melakukan perjalanan

Tips mudik lebaran 2022 berikutnya adalah dengan mempersiapkan diri mengenakan outfit yang nyaman untuk melakukan perjalanan. Kaos longgar dan celana santai bisa digunakan jika Anda melakukan perjalanan menggunakan mobil pribadi, sementara yang menggunakan motor bisa melindungi diri dengan jaket dan helm standar serta menggunakan sarung tangan, sepatu yang nyaman dan mengenakan masker pelindung wajah.

Bagi yang melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kendaraan umum, penting sekali untuk tidak mengenakan perhiasan yang berlebihan. Membawa uang tunai dalam jumlah banyak juga harus dihindari agar meminimalkan kemungkinan merugi di perjalanan. Akan lebih baik jika kamu mempersiapkan dompet digital dan melakukan transaksi cashless untuk keamanan dan efektivitas transaksi.

5. Tips mudik lebaran 2022 – Dapatkan informasi terbaru sebelum melakukan perjalanan

Mendapatkan informasi yang tepat dari sumber yang terpercaya juga bisa menjadi tips mudik lebaran 2022 yang pas untuk diikuti. Informasi yang akurat bisa sangat bermanfaat untuk bekal perjalanan kamu agar bisa tetap aman dan nyaman hingga sampai tujuan, seperti soal rute perjalanan, lokasi SPBU hingga tempat-tempat istirahat di jalur mudik. Tidak ada salahnya juga mengaktifkan aplikasi peta online.

Untungnya, banyak sumber informasi akurat yang bisa jadi acuan perjalanan kamu, mulai dari siaran radio lokal, Twitter dari akun yang terpercaya hingga media online dan televisi.

Baca juga: Resmi! Inilah Syarat Mudik 2022 Seperti Yang Diumumkan Pemerintah

Tips mudik lebaran 2022 dari TripZilla Indonesia di atas diharapkan bisa membantu kamu untuk bisa melakukan perjalanan ke kampung halaman dengan aman, nyaman dan tetap menyenangkan.

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru