Traveler Wajib Tahu! 10 Rekomendasi Vitamin C Berkhasiat Untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Sejak dulu, vitamin C memang dikenal memiliki sejuta manfaat bagi tubuh, mulai dari menjaga daya tahan tubuh hingga menjaga keremajaan kulit. Maka tak heran, jika selama pandemi, banyak orang yang berburu suplemen ataupun sumber vitamin c alami atau suplemen dengan dosis tinggi guna meningkatkan imunitas sebagai upaya agar terhindar dari Covid-19.

Melansir dari The New York Post, Ahli Paru dan Spesialis Perawatan Kritis, Dokter Andrew G. Weber, dari Northwell Health, New York, mengatakan pasien perawatan intensif Covid-19 menerima 1500 mg vitamin C yang diberikan secara intravena (IV), sebanyak tiga atau empat kali sehari.

“Pasien yang menerima vitamin C secara signifikan menunjukan kemajuan yang lebih baik daripada mereka yang tidak mendapatkan vitamin C,” katanya.

Tinjauan yang dilakukan oleh Tufts University, tahun 2014, menyimpulkan bahwa mengonsumsi 135 mg vitamin C setiap hari dapat mencegah jenis katarak tertentu. Selain itu, Pada dosis setidaknya 363 mg, vitamin C dapat membantu mengurangi 57% risiko terkena katarak.

Menurut dr. Patricia Wexler, Dokter Kulit di New York City, vitamin C meningkatkan produksi kolagen yang berpotensi menebalkan dermis, mencegah tanda-tanda penuaan dengan mengurangi garis-garis halus pada kulit wajah, menjaga kekenyalan kulit, meregenerasi kulit, dan membuat kulit tampak lebih cerah.

“Vitamin C adalah antioksidan, yang berfungsi untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar UV dan mendorong pergantian atau regenerasi sel kulit yang sehat” paparnya.

Dosis vitamin C per hari

Angka kecukupan gizi (AKG) harian vitamin C berbeda-beda, tergantung usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan pasien. Berikut panduan dosis vitamin c menurut data Kementerian Kesehatan Indonesia dalam Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019:

  • Bayi usia 0 bulan hingga anak usia 9 tahun (40-45 mg/hari)
  • Laki-laki usia 10 hingga 18 tahun (50-90 mg/hari)
  • Laki-laki usia 19-80 tahun (90 mg/hari)
  • Perempuan usia 10 hingga 18 tahun (50-75 mg/hari)
  • Perempuan usia 19-80 (75 mg/hari)

Sumber vitamin C alami

Image credit: Canva Pro
  • Jambu biji – Dalam sebuah jambu biji terkandung sekitar 125 miligram vitamin C, setara dengan 140% dari angka kebutuhan vitamin C harian.
  • Jeruk – Menurut National Institute of Health, konsumsi 1 buah jeruk ukuran sedang mengandung 70 mg vitamin C, setara dengan 78% dari kebutuhan harian.
  • Pepaya – Satu mangkuk saji atau 150 gram buah pepaya mengandung sekitar 90 miligram vitamin C.
  • Kiwi – Satu buah kiwi berukuran sedang mengandung sekitar 70 miligram vitamin C.
  • Stroberi – Satu mangkuk saji atau 150 gram buah stroberi mengandung sekitar 90 miligram vitamin C.
  • Brokoli – Kukus brokoli selama 5 menit atau kurang, setengah cangkir brokoli yang dimasak memiliki sekitar 50 miligram vitamin C, setara dengan 57% dari kebutuhan harian.
  • Bayam – Dalam semangkuk bayam atau sektiar 30 gram, terdapat 8,5 mg vitamin C.
  • Tomat – Jika dimakan dalam keadaan mentah, tomat yang berukuran sedang mengandung sekitar 20 mg vitamin C.
  • Lemon – 1 buah lemon, mengandung sekitar 85 miligram vitamin C.
  • Cabe merah – Dalam satu cangkir atau sekitar 80 gram cabe merah, mengandung sekitar 100 mg vitamin C.

Rekomendasi vitamin C dosis tinggi terbaik berkhasiat untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

1. Blackmores Bio C1000 mg vitamin c dosis tinggi

vitamin c dosis tinggi
Image credit: @blackmoredid

Selama pandemi, merek suplemen Vitamin C dosis tinggi asal Australia ini terbilang cukup langka alias laris manis di pasaran. Selain mengandung Vitamin C 1000 mg untuk membantu memelihara daya tahan tubuh, Blackmores Bio C1000 mg, juga diklaim aman untuk lambung karena setiap tabletnya dilapisi oleh mineral askorbat. Konsultasikan dulu pada dokter terkait petunjuk dosis harian, untuk konsumsi yang lebih aman!

Harga: mulai dari 140,000 IDR

2. NaturesPlus Super C Complex

Image credit: @naturesplusid

Diklaim sebagai suplemen Vitamin C terbaik, kandungan yang terdapat di dalam NaturesPlus Super C Complex, memang nggak tanggung-tanggung. Setiap tablet suplemen mengandung 1000 mg Vitamin C dan diperkaya dengan formula Bioflavonids, Rutin, Hesperidin, Rose Hips dan Acerola.

Tidak hanya membantu meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi juga menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, hingga membantu mempercepat penyembuhan luka pasca operasi, dan masih banyak lagi.

Harga: mulai dari 368,000 IDR

3. Vitalong C vitamin c  dosis tinggi

vitamin c dosis tinggi
Image credit: @vitalongc_id

Lain dengan dua rekomendasi sebelumnya, suplemen yang satu ini lebih mudah ditemukan di supermarket atau apotek terdekat, dan tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.

Meski begitu, jangan remehkan kualitasnya. Vitalong C mengandung 500 mg vitamin C, yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh terutama saat terkena flu. Selain itu suplemen ini juga dapat membantu meningkatkan pembekuan darah, meningkatkan penyerapan zat besi, serta mencegah defisiensi vitamin C.

Harga: mulai dari 46,000 IDR

4. Holisticare Ester C Tablet

Image credit: @holisticareid

Terkenal lewat produk tablet effervescent atau tablet larut air, Ester C juga memiliki suplemen vitamin C versi tablet, lho! Tak kalah berkhasiat, Holisticare Ester C Tablet, diklain bisa bertahan di tubuh dua kali lebih lama dibanding vitamin C biasa (dalam bentuk asam askorbat). Selain itu, karena vitamin ini diproses secara alamiah maka produk ini lebih cepat dan lebih banyak diserap oleh tubuh.

Harga: mulai dari 52,000 IDR

5. Wellness Excell-C vitamin c dosis tinggi

vitamin c dosis tinggi
Image credit: @wellness_indonesia

Meskipun kalian harus merogoh kocek yang cukup dalam, namun khasiat dari produk ini sangat sesuai dengan harganya. Wellness Excell-C, mengombinasikan vitamin C dengan Beta Glucan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus membantu proses penyembuhan penyakit. Selain itu produk ini juga diklaim aman untuk lambung dan cepat diserap oleh tubuh.

Harga: mulai dari 168,000 IDR

6. Puritan’s Pride Vitamin C -1000 mg

Image credit: www.puritan.co.id

Seperti yang sudah dijelaskan terlebih dahulu, selain untuk meningkatkan imunitas, vitamin C juga berperan baik untuk menjaga kesehatan kulit. Nah, untuk kalian yang ingin mempertahankan keindahan dan kesehatan kulit sekaligus memutihkan kulit secara instan. Kandungan gizi dan vitamin C yang terkandung di dalam produk ini diklaim setara dengan infus vitamin C yang biasa dilakukan di klinik kecantikan, lho! Tertarik untuk membelinya?

Harga: mulai dari 268,000 IDR

7. CDR Vitamin C dosis tinggi

Image credit: @cdr.id

Siapa yang tak kenal dengan produk yang satu ini. Menjadi suplemen larut air andalan banyak orang, CDR Vitamin C mengandung kalsium, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin D, yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan menjaga agar tulang tetap kuat.

Produk ini juga diklaim dapat dikonsumsi ibu hamil dan ibu menyusui, guna membantu mengembalikan kondisi kesehatan selama kehamilan dan menyusui, sekaligus mencegah komplikasi kehamilan dan membantu tumbuh kembang janin. Konsultasikan dulu pada dokter terkait petunjuk dosis harian, untuk konsumsi yang lebih aman.

Harga: mulai dari 42,000 IDR

8. Redoxon Vitamin C dosis tinggi

vitamin c dosis tinggi
Image credit: @redoxonid

Jika mulai mengalami gejala flu. Segera larutkan suplemen Redoxon vitamin C guna meningkatkan daya tahan tubuh, kalian. Produk ini terbilang mudah ditemukan di pasaran dan dibandrol dengan harga yang terjangkau. Redoxon Vitamin C, juga dilengkapi dengan Vitamin D, Vitamin C dan Zinc, sehingga lebih efektif membantu menjaga daya tahan tubuh saat menghadapi perubahan cuaca.

Harga: mulai dari 45,000 IDR

9. Airborne Supplement

Image credit: www.schiffvitamins.com

Untuk kalian yang super sibuk dan tidak ada waktu untuk menyeduh vitamin C. Airbone menyediakan suplemen yang bisa dikunyah, sehingga praktis untuk dikonsumsi di mana saja. Selain berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh, produk ini juga diperkaya dengan Vitamin A, C & E yang bersifat antioksidan, bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Harga: mulai dari 220,000 IDR

10. Healthy Care

vitamin c dosis tinggi
Image credit: @healthycar.co.id

Yang terakhir ada produk yang mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat, namun patut untuk dipertimbangkan. Suplemen kunyah asal Australia ini diklaim menggunakan bahan-bahan alami terbaik, yang memiliki segudang manfaat. Mulai dari menjaga kesehatan dan fungsi sistem imun, Membantu mengurangi kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas, meningkatkan pembentukan kolagen, dan masih banyak lagi.

Harga: mulai dari 225,000 IDR

Baca juga: Tips Untuk Tidak Sakit Saat Liburan Ke Luar Negeri

Nah, buat traveler yang ingin tetap bugar, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, atau suplemen vitamin C dosis tinggi bisa menjadi pilihan untuk diambil. Tetap sehat selalu, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru