Tips Wisata Kuliner Untuk Pengalaman Rasa Yang Mengesankan

Salah satu kegiatan paling asyik saat plesiran adalah wisata kuliner. Bayangkan, berada di tempat yang baru dan menikmati pemandangan, nuansa dan keunikan yang ditawarkan, plus mencicipi kuliner lokal, dijamin liburan kamu akan sangat berkesan. Namun, untuk bisa mendapatkan sensasi maksimal saat wisata kuliner, ada tips yang bisa kamu ikuti. Tidak terlalu ribet dan lebay, kok, karena semuanya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Ingin tahu tips wisata kuliner untuk mendapatkan pengalaman yang mengesankan, simak di bawah ini, ya!

1. Cari referensi dan informasi sebanyak mungkin

tips wisata kuliner
Image credit: Erick Westendarp

Bingung menentukan di mana destinasi wisata kuliner kamu? Gampang saja, kamu bisa langsung mencari referensi dan informasinya di berbagai saluran, mulai dari media sosial atau web khusus informasi wisata seperti Tripzilla Indonesia ini. Kamu bisa menemukan rekomendasi makanan yang harus dicoba, lokasi mencobanya, sensasi rasa yang bakal didapatkan dan bahkan kisaran harga dari makanan buruan.

Tidak hanya dari web, informan paling bisa diandalkan untuk wisata kuliner adalah warga lokal. Jika memungkinkan, kamu bisa meminta informasi langsung dari orang yang tepat mengenai tempat makan yang direkomendasikan.

2. Tanyakan harga sebelum memastikan membeli

Sering dengar orang merasa terjebak dengan harga makanan yang kelewat mahal usai menyantapnya? Well, hal semacam itu bisa kamu hindari jika kamu memastikan berapa yang harus kamu bayar untuk menikmati kuliner yang diinginkan. Dengan mengetahui harga makanan itu juga, kamu bisa menilai apakah makanan yang bakal disantap worth it atau tidak? Tidak ingin merasa dijebak oleh penjual, kan?

3. Memilih tempat makan yang ramai

tips wisata kuliner
Image credit: Rajesh Balouria

Teorinya, nih, tempat makan yang ramai pembeli berarti tempat tersebut menyajikan makanan yang enak. Tidak sedikit yang membuktikan kebenaran teori tersebut, meski pada akhirnya semua tergantung pada selera masing-masing orang. Namun, bagaimana pun juga, ada alasan tersendiri mengapa tempat makan tertentu ramai didatangi oleh pembeli dan salah satu alasan yang masuk akal adalah rasa makanan yang ditawarkan memang enak dan harganya yang relatif terjangkau.

Namun, tempat makan yang ramai juga berarti kamu harus bersiap-siap untuk dikecewakan jika datang terlalu lambat. Soalnya, tempat makan yang ramai pembeli biasanya cepat habis.

4. Jangan terkecoh aroma dan penampilan

Penampilan bisa sangat menipu, dan demikian juga dengan aroma jika kita berbicara soal makanan. Makanan dengan penampilan yang penuh warna mencolok bisa jadi sangat berbahaya karena penggunaan zat pewarna yang tidak alami, sementara aroma yang terkesan enak bisa jadi dibuat sedemikian rupa untuk bisa mengecoh calon pembeli. Perhatikan semua itu ya, guys!

5. Kebersihan itu penting

tips wisata kuliner
Image credit: David Mark

Tidak inginkan, kan, wisata kuliner kamu berakhir berantakan, seperti sakit perut atau bahkan muntah karena gangguan pencernaan? Karena itu, penting sekali untuk memastikan bahwa segala hal tentang kebersihan terpenuhi, baik itu dari tempat makan, alat makan yang digunakan hingga (jika memungkinkan) bahan makanan dan kitchen station para “chef” yang bertugas.

6. Jangan takut mencoba

Jika ingin berwisata kuliner, seharusnya juga siap mencoba makanan dengan rasa yang baru. Karena itu, selama memenuhi prinsip kesehatan dan standar halal bagi wisatawan muslim, tidak ada salahnya mencoba makanan dengan rasa baru. Dijamin deh, wisata kuliner juga akan membuat wawasan dan pengalaman semakin luas!

7. Hindari porsi besar

Jika kamu ingin wisata kuliner di satu daerah dan mendapatkan pengalaman rasa yang melimpah, akan lebih baik jika memilih porsi kecil untuk setiap makanan yang dipilih. Setidaknya, dengan porsi kecil, kamu bisa merasakan jenis makanan dalam jumlah yang lebih banyak. Masuk akal, kan?

Baca juga: 9 Salad Khas Indonesia Untuk Wisata Kuliner Sehat

Menurut kamu, tips wisata kuliner di atas akan bermanfaat untuk agenda liburan berikutnya?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru