Traveler Asing (Masih) Dilarang Masuk Australia Hingga Juni 2021

Pemerintah Australia mengumumkan memperpanjang larangan masuk traveler asing ke wilayahnya untuk tiga bulan ke depan, atau hingga Juni 2021.

Sebelumnya pemerintah memberlakukan penutupan wilayah negara alias lockdown hingga 17 Maret 2021. Namun Menteri Kesehatan Australia Gregt Hunt mengeluarkan pernyataan pada 2 Maret bahwa periode larangan masuk warga negara asing ke Australia diperpanjang hingga 17 Juni 2021.

Dengan adanya keputusan tersebut, dengan demikian pemerintah Australia akan memberlakukan kebijakan lockdown total selama 15 bulan.

Aturan ini tidak hanya berlaku bagi warga negara asing yang ingin mengunjungi Australia, warga Australia juga tidak diizinkan meninggalkan negaranya kecuali memiliki izin khusus.

Sebelumnya Sekretaris Departemen Kesehatan Australia, Brendan Murphy, menyatakan pintu perbatasan akan tetap tertutup hingga 2022. Diungkapkan Murphy, program vaksinasi Covid-19 yang sedang dilaksanakan di sejumlah negara, termasuk Australia, sejauh ini masih memiliki cakupan yang terlalu kecil dan belum ada bukti nyata bisa mencegah penyebaran virus tersebut secara efektif.

Australia merupakan salah satu negara yang menerapkan aturan lockdown paling ketat di dunia. Bagi traveler asing yang datang ke Australia diwajibkan menjalani karantina mandiri selama dua pekan dengan membayar sendiri semua pengeluaran selama masa karantina.

Kebijakan tersebut terbukti efektif membatasi pergerakan virus. Sejauh ini, dengan jumlah populasi penduduk mencapai 25 juta jiwa, Australia sudah melaporkan kasus positif sekitar 22,000 kasus dengan jumlah kematian 909 kasus.

Baca juga: Sudah Divaksin, Traveler Ke Australia Harus Tetap Karantina

Bagi traveler yang ingin masuk, liburan dan wisata ke Australia untuk sementara harus bersabar dulu, ya! Selain itu, ingat untuk selalu tetap mengikuti protokol kesehatan, dari menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar ruang! Tetap waspada, jaga kesehatan dan disiplin, ya!


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru