Umrah Ke Arab Saudi Ditiadakan Sementara, Haji Belum Ditentukan

Berniat untuk ibadah umrah ke Arab Saudi dalam setahun ke depan? Jika iya, kemungkinan besar kamu akan gagal berangkat sesuai jadwal karena pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan keputusan untuk menunda semua kegiatan ibadah sunnah tersebut hingga waktu yang belum ditentukan.

Keputusan penundaan ibadah oleh pemerintah Arab Saudi ini dilatarbelakangi dengan mewabahnya virus corona di sejumlah negara, termasuk di Arab Saudi sendiri, yang saat ini tercatat memiliki dua kasus positif corona. Penundaan dilakukan untuk meminimalkan risiko penyebaran virus corona, terutama di kota dan wilayah lain di Arab Saudi.

umrah arab saudi
Image credit: Jakman1

“Penundaan ini bersifat sementara, berlaku untuk penduduk di Arab Saudi ataupun mereka yang datang berkunjung,” demikian pernyataan resmi Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, yang diterbitkan Saudi Press Agency, dikutip dari Channel News Asia, Kamis (4/3).

Selain itu, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi melalui kicauannya di Twitter juga melarang kunjungan ke Masjid Nabawi di Madinah. Selain itu, belum ada keterangan resmi dikeluarkan Kerajaan Arab Saudi mengenai keberlangsungan pelaksanaan ibadah haji, yang rencananya dimulai pada akhir Juli 2020.

Minggu lalu, pemerintah Arab Saudi sudah menangguhkan visa umrah dari beberapa negara, termasuk di antaranya dari Indonesia. Keputusan tersebut berimbas pada penundaan ibadah sunnah tersebut ke Arab Saudi di sejumlah negara.

Baca juga: Larangan Umrah Arab Saudi, Fakta Yang Harus Kamu Tahu

Bagaimana pendapat kamu mengenai kebijakan pemerintah Arab Saudi ini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru