Persyaratan Pengurusan Visa Rusia Untuk WNI Akan Dipermudah

Berencana bepergian ke Rusia? Ada kabar baru yang harus kamu ketahui. Menurut TASS, seperti dikutip Reuters, Selasa (7/3), pemerintah Rusia akan mempermudah proses pengurusan visa untuk WNI dan beberapa negara lainnya.

Dijelaskan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Evgeny Ivanov, pihaknya sedang membahas upaya untuk memberikan kemudahan dalam proses pengurusan visa Rusia untuk Indonesia, India, Angola, Vietnam, Suriah dan Filipina.

Sebelumnya, Ivanov mengatakan bahw Rusia juga mempersiapkan perjanjian antarpemerintah untuk perjalanan tanpa visa dengan 11 negara, termasuk di dalamnya adalah Arab Saudi, Barbados, Haiti, Zambia, Kuwait, Malaysia, Meksiko, dan Trinidad.

Rencana perubahan kebijakan terkait visa untuk sejumlah negara tersebut bisa jadi karena bentuk sikap yang diperlihatkan atas langkah Rusia melakukan invasi ke Ukraina dalam setahun terakhir. Seperti halnya India dan Filipina, Indonesia memilih berada dalam pihak yang netral terkait kebijakan invasi Rusia tersebut. Indonesia juga masih menjalin kerja sama ekonomi dan perdagangan dengan pemerintah Rusia.

Terkait visa tersebut, warga negara Indonesia mendapat jatah visa elektronik untuk bisa masuk ke wilayah Rusia, tepatnya di kawasan St Petersburg dan Leningrad. Kebijakan tersebut dituangkan dalam dekrit yang telah ditandatangani Presiden Rusia Vladimir Putin pada 18 Juli 2019. Visa ini berlaku untuk single entry untuk kepentingan bisnis, wisata dan kemanusiaan maksimal delapan hari.

Bahkan pada tahun 2021 silam, visa elektronik tersebut bisa digunakan di seluruh wilayah negara ini. Untuk mendapatkan visa ini, pemohon bisa mengajukan melalui website Kementerian Luar Negeri Rusia di sini. Proses pengajuan visa harus dilakukan minimal empat hari sebelum hari keberangkatan, atau maksimal 20 hari sebelum jadwal keberangkatan.

Kemudahan proses pengurusan visa tersebut diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan untuk mengembangkan sektor pariwisata, meningkatkan iklim investasi dan memberikan kontribusi secara signifikan pada pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Adapun Rusia memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Di Moskow, ibu kota Rusia, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, mulai dari menikmati museum sejarah, bahkan mengunjungi halaman Kremlin, Katedral St Basil hingga gedung balet Bolshoi Theatre.

Baca juga: Panduan Membuat Visa Rusia Untuk Pemegang Paspor Indonesia

Jadi, tertarik untuk plesiran ke Rusia dalam waktu dekat?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru