Wajib Ditiru Indonesia, Jepang Gunakan Paspor Vaksin Mulai Juli 2021

Seperti halnya negara-negara di Uni Eropa, Jepang juga mengadopsi penggunaan paspor vaksin. Rencananya, penggunaan paspr vaksin ini akan dimulai pada Juli 2021 mendatang.

Seperti dilaporkan Channel News Asia, penggunaan paspor vaksin Jepang mulai berlaku efektif untuk traveler asal Jepang. Diberlakukannya paspor vaksin tersebut sebagai bentuk dukungan pemerintah untuk menghidupkan kembali sektor wisata dan perjalanan bisnis di wilayahnya.

“Kami sedang mempersiapkan untuk mengeluarkan sertifikat vaksinasi bagi mereka yang membutuhkannya ketika mereka mengunjungi negara asing,” kata juru bicara pemerintah, Katsunobu Kato.

Namun, ada sedikit perbedaan antara paspor vaksin yang digunakan di Jepang dan negara di Uni Eropa, yaitu fisiknya. Nantinya, paspor vaksin di salah satu negara di Asia Timur tersebut akan berbentuk kertas, bukannya digital. Pemerintah Jepang akan menjadi pihak yang memiliki otorisasi mengeluarkan paspor tersebut.

Namun demikian, masuk ke Jepang belum memungkinkan sejauh ini karena negara tersebut masih menutup perbatasannya untuk seluruh kedatangan internasional. Namun, saat Olimpiade Tokyo berlangsung pada 23 Juli, pemerintah berencana melakukan pelonggaran aturan.

Sebelum Jepang, negara-negara Uni Eropa dan Amerika Serikat telah menggunakan paspor vaksin berbentuk digital. Paspor vaksin itu dapat digunakan untuk liburan musim panas.

Dalam paspor vaksin Uni Eropa, terkandung sejumlah informasi terkait pemegang paspor. Mulai dari status vaksinasi, riwayat terpapar COVID-19, hingga hasil tes COVID-19 terkini.

Baca juga: Tiga Aplikasi Wajib Ini Harus Diaktifkan Saat Datang Ke Jepang

Menurut kamu, apakah Indonesia sudah waktunya menggunakan paspor vaksin seperti di Negeri Sakura dan negara-negara Uni Eropa serta Amerika Serikat? Yang terpenting sekarang adalah tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan secara ketat, setuju?


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru