12 Destinasi Wisata Alor, Pulau Cantik Di Timur Indonesia

Kapan terakhir kali kamu liburan ke sebuah pulau dengan pantainya yang indah? Kalau sudah lama, mungkin ini saatnya menambah referensi destinasi wisata pulau dan pantai. Siapa tahu bermanfaat untuk perencanaan liburanmu mendatang.

Pulau yang akan dibahas kali ini adalah Pulau Alor. Pulau ini berada di ujung timur kepulauan Nusa Tenggara. Sudah tidak diragukan lagi, pulau-pulau di Nusa Tenggara menyajikan pemandangan alam yang mempesona. Namun, berbeda dengan yang lainnya, Pulau Alor masih cukup jarang dikunjungi wisatawan.

Untuk kamu yang suka tantangan, Pulau Alor bisa jadi tempat yang pas untuk menuntaskan hasrat jiwa petualang kamu. Berikut ini 12 destinasi wisata Alor yang harus kamu kunjungi.

1. Birunya Pantai Ling Al Yang Akan Membuatmu Susah Move on

Image credit: @keirashabira

Perbukitan hijau di sekeliling pantainya yang biru membuat pemandangan kontras Pantai Ling Al ini jadi salah satu yang favorit di Pulau Alor. Pantainya sendiri berbentuk seperti teluk kecil, sehingga tidak terlalu memiliki ombak yang besar.

Image credit: @karokarti (kiri), @riioardhillah (kanan)

Untuk menikmati pantai dari sisi yang berbeda, kamu bisa mendaki bukit selama 15 menit dan melihat eksotisme Pantai Ling Al dari ketinggian. Cantik banget!

2.  Menikmati Pesona Batu Berlubang Pantai Pigewa

Image credit: @nalldi11

Tidak dimungkiri lagi, Pulau Alor memiliki banyak pantai cantik yang tidak hanya berpasir putih tapi juga air yang biru. Ditambah lagi dengan keindahan alam bawah lautnya yang memukau. Pantai Pigewa berhadapan langsung dengan Timor Leste.

Image credit: @adigerimu

Di sini, kamu akan menemui sebuah batuan berlubang yang unik di pantai. Suasana yang sepi dengan deburan ombak yang lepas dijamin akan membuatmu rileks seketika.

3. Segarnya Air Terjun Mataru  Untuk Badan dan Jiwa Yang Sehat

Image credit: @ens_bere

Bukan hanya pantai, Pulau Alor juga memiliki air terjun yang tidak kalah kerennya lho. Namanya Air Terjun Mataru. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang tinggi di Pulau Alor. Air yang terus memancar sepanjang musim dengan dinding batuan hitam legam membuat siapapun yang main ke sini akan merasa segar. Ditambah suasana di sekitar air terjun yang masih hijau dan asri. Pokoknya, wajib banget ke sini kalau sedang di Pulau Alor.

4. Mandi di Kolam Sebening Wajah Bidadari, Kolam Bidadari

Image credit: @yoenata

Sesuai namanya, kolam ini memang sangatlah cantik bak bidadari. Kolam ini terletak di tengah hutan. Hal ini yang membuat Kolam Bidadari tidak tercemar sampah dan kotoran. Airnya yang bening akan membuatmu tak berkedip. Kamu bisa melihat dasar kolam dengan sangat mudah.

Image credit: @gungafif

Jika matahari sedang terik, maka air kolam bisa berubah menjadi kehijauan akibat pantulan pepohonan berdaun hijau di sekitarnya. Penasaran kan bagaimana rasanya mandi di kolam bidadari? Apakah akan bisa membuat perempuan menjadi secantik bidadari juga?

5. Geyser Berbentuk Rumah Semut, Mata Air Panas Tuti Adagae

Image credit: @wds_darma (kiri), @elizabethpurnamasari (kanan)

Berbeda dengan sumber mata air panas lainnya di Indonesia, Mata Air Panas Tuti Adagae ini sangat spesial. Sebabnya, air keluar dari suatu batuan tersusun rapi yang menyerupai rumah semut. Jangan kaget pula jika mata air ini mengeluarkan suara yang menggelegar seperti suara motor gede (moge). Oiya, karena air di sini sangat panas, maka sebaiknya tidak menyentuh ataupun mandi di sini ya.

6. Menyelami Keindahan Taman Laut Pantar, Salah Satu yang Terindah di Indonesia

Image credit: @gungafif

Kalau kamu hobi menyelam atau snorkeling, maka belum afdol jika belum berkunjung ke Taman Laut Pantar di Pulau Alor. Berlokasi di Selat Pantar, Taman Laut ini merupakan pertemuan perairan Indonesia dan Australia. Oleh karena itu, perairan di sini sangat kaya akan biota laut seperti terumbu karang yang sehat, ikan lumba-lumba dan bahkan ikan hiu, lho!

Image credit: @krystyna_lala (kiri), @gungafif (kanan)

Tidak salah jika Taman Laut Pantar ini jadi salah satu taman laut terindah di Indonesia. Jangan heran juga jika sewaktu menyelam kamu melihat sebuah keramba tradisional. Keramba tradisional itu dinamakan buba yang menjadi alat warga lokal untuk  menangkap ikan.

7. Bercengkarama Lebih Dekat dengan Suku Abui di Kampung Adat Takpala

Image credit: @marischkaprue

Tidak hanya wisata alam, Pulau Alor juga memiliki wisata budaya yang tidak boleh kamu lewatkan. Eksotisme budaya asli Pulau Alor ini bisa kamu lihat di Kampung Adat Takpala. Di sinilah tinggal Suku Abui yang berarti Orang Gunung. Masyarakat di sini sangat ramah terhadap para wisatawan. Kamu bahkan bisa berkeliling ke dalam rumah adat dan memakai baju adat Suku Abui. Menarik sekali, bukan?

8.  Menyepi di Pulau Kecil nan Cantik, Pulau Kepa

Image credit: @alexjourney.id

Alor ternyata memiliki kurang lebih 20 pulau-pulau kecil di sekitarnya. Salah satu yang menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Kepa. Pulau ini hanya dihuni oleh 30 orang saja,lho! Dengan hamparan pasir putih lembut dan air yang jernih kebiruan, pulau ini sangat cocok untuk tempat menyepi.

Image credit: @dj_ryangerrit (kiri), @kurniawanpartII (kanan)

Terdapat puluhan titik penyelaman yang indah dan belum banyak terjamah. Kamu bisa menginap di sebuah resor kecil yang menyerupai rumah adat Alor. Jangan lupa juga untuk menikmati pemandangan senja yang luar biasa indahnya.

9.  Melihat Panorama Alor dari Ketinggian, Bukit Hulnani

Image credit: @mr.peles

Memandang indah Pulau Alor dari ketinggian tentunya menjadi agenda wajib jika sedang liburan di sana. Nah, kamu bisa menikmati tenang dan damainya alam Alor di atas Bukit Hulnani.

Image credit: @d_yufrianto

Bukit ini berada di ketinggian 1,500 meter dan berjarak sekitar 40 menit dari pusat ibu kota Kabupaten Alor.  Waktu matahari terbenam adalah waktu favorit dimana banyak orang berkumpul untuk menikmati keindahan sunset yang tidak bisa didapatkan di tempat lain.

10.  Eksotisme Kawah Putih Gunung Sirung

Image credit: @dirganca

Tidak mengira kan kalau ada sebuah gunung aktif di Alor? Tepatnya di Pulau Pantar kamu bisa mendaki sebuah gunung bernama Gunung Sirung. Gunung ini memiliki ketinggian 862 meter di atas permukaan laut (mdpl). Tidak terlalu tinggi, bukan?

Image credit: @netimaulani

Untuk menuju puncak kamu membutuhkan waktu mendaki setidaknya satu jam. Nah, sesampainya di puncak, kamu akan melihat panorama kawah putih yang mengagumkan. Keren banget, deh!

11.  Eloknya Pantai Batu Putih, Dijamin akan Membuatmu Tidak Ingin Pulang

Image credit: @titosuprayoga

Pantai lain yang hanya ada di Alor adalah Pantai Batu Putih. Seperti namanya, pantai ini dikelilingi sebuah batuan besar berwarna putih. Batu ini seolah menyatu dengan warna pasir yang juga berwarna putih.

Image credit: @wendinurfandi (kiri), @agushong (kanan)

Di sepanjang batuan kamu bisa berteduh dari teriknya matahari atau sekedar berfoto dengan latar belakang batu putih yang instagramworthy.

12. Berburu Sunrise Cantik di Pantai Mali

Image credit: @zoomalor

Pantai Mali ini adalah pantai cantik yang paling dekat dengan bandara, yaitu bandara Mali. Nyiur melambai di tepi pantai adalah suasana kental yang bisa kamu rasakan saat berkunjung kemari. Di pantai inilah kamu bisa bertemu dengan Putri Duyung Pulau Alor, yaitu ikan dugong atau ikan duyung yang dilindungi.

Image credit: @embrace_universe

Cobalah untuk datang pagi hari dan berburu pemandangan matahari terbit yang aduhai. Dijamin kamu akan betah berlama-lama di sini.

Baca juga: 14 Destinasi Wisata Di Pulau Rote, Permata Indah Di Indonesia Timur

Sudah tidak sabar bukan untuk segera liburan ke Alor? Disamping wisata Alor di atas, tentunya masih banyak area yang belum terjelajahi. Jangan ragu untuk bagikan di kolom komentar, destinasi wisata Alor lainnya yang indah dan belum banyak diketahui!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru