Wisata Banggai, Permata Tersembunyi Di Sulawesi Tengah Yang Tiada Tara

Provinsi Sulawesi Tengah dapat menjadi tujuan liburanmu berikutnya. Di sana terletak Kabupaten Banggai yang memiliki banyak objek wisata alam keren. Destinasi wisata Banggai juga masih alami dan beragam, pas buat pencinta alam.

Perjalanan menuju Banggai pun tidak sulit. Bila bertolak dari Jakarta, kamu bisa menemukan tiket pesawat langsung menuju ke Luwuk, ibu kota Banggai, Sulawesi Tengah. Setibanya di Luwuk,  kamu dapat menyewa mobil untuk berkeliling sampai puas. Penyewaan kapal untuk menjelajahi wisata bahari Banggai juga tidak sulit dan akan lebih murah kalau kamu datang berombongan.

Jadi, tunggu apa lagi? Tidak pakai lama, cek dulu rekomendasi wisata Banggai dari TripZilla Indonesia di bawah ini!

1. Air Terjun Piala, si cantik yang bikin malas pulang

wisata banggai
Image credit: @efridphoto

Sisihkan waktu yang cukup jika ingin melihat keindahan Air Terjun Piala, sebab panorama yang disuguhkan memang mempesona. Dengan tinggi sekitar tujuh meter, arus air yang tidak terlalu deras dan air yang jernih akan menggodamu untuk berbasah-basahan. Jika sudah berburu foto di sini, waktu pun seakan berjalan cepat. Selain itu ada pula penangkaran burung maleo dan area kosong untuk berkemah. Seru kan?

Lokasi: Hanga-Hanga, Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

2. Air Terjun Salodik, dikelilingi hutan yang sama cantiknya

wisata banggai
Image credit: Wikimedia

Air Terjun Salodik bukanlah satu-satunya daya tarik. Perjalanan menuju air terjun juga menyenangkan karena kamu bisa menikmati kecantikan hutan di sekelilingnya. Air yang turun membentuk kolam berwarna biru kehijauan dan alirannya tidak deras. Kamu bisa dengan mudah mencari spot foto menarik sekaligus bermain air. Kolam yang tidak dalam asyik untuk berenang. Atau mungkin kamu lebih suka duduk di tepian sambil meresapi damainya suasana dan mendengar kicau burung?

Lokasi: Jl. Trans Sulawesi, Salodik, Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WITA – 17.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 2,500 IDR

3. Paisu Pok, wisata Banggai yang bukan sekedar tempat berperahu

wisata banggai
Image credit: @rafftanor

Danau sudah banyak dimana-mana, tapi yang seperti Paisu Pok hanya ada di Banggai. Indahnya danau dapat dinikmati dari permukaan dengan menggunakan perahu. Rimbunnya pepohonan akan menyegarkan matamu. Ingin badan juga segar? Kamu dapat menyewa alat snorkeling atau alat selam dari pengelola danau. Bila ingin lebih lama berada di tengah ketenangan danau, kamu juga bisa menyewa penginapan di sekitar danau.

Lokasi: Desa Luk Panenteng, Kec. Bulagi Utara, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

4. Sensasi berbeda melihat terbenamnya matahari di Pantai Poganda

Image credit: Pantai Poganda

Ingin menikmati matahari terbenam di tepi pantai? Maka Pantai Poganda dapat kamu kunjungi karena langit sore di sini layak untuk ditunggu. Pasir yang putih, kerumunan ikan yang bisa dilihat dari permukaan air hingga perkebunan kelapa menjadi hiburan bagi wisatawan. Sebelum sore tiba, ada baiknya kamu pun mengeksplorasi dunia bawah laut dengan menyelam atau snorkeling. Keindahannya sayang untuk dilewatkan!

Lokasi: Dusun Poganda, Luk Panenteng, Kec. Bulagi Utara, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 2,000 IDR

5. Teduhnya bersantai di Pantai Teduang yang melenakan

Image credit: Pexels

Wisata selanjutnya di Banggai adalah Pantai Teduang. Pantai ini siap membuatmu terlena dengan suasananya yang damai. Keindahan alam sekitar pantai dapat disusuri dengan menyewa kano. Air laut yang jernih seakan memanggilmu untuk berenang bersama ikan-ikan di dalamnya. Tidak boleh ketinggalan juga adalah spot foto unik, dimana bebatuan yang ada di bawah air disusun menyerupai bentuk tertentu. Wajib diabadikan nih!

Lokasi: Ambelang, Tinangkung, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah
Jam Buka: Jumat – Minggu, 08.00 WITA – 17.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

6. Pulau Dua, wisata Banggai dengan puncak bukit eksotis dan mengagumkan

wisata banggai
Image credit: Wikimedia

Pulau Dua alias Pulo Dua punya deretan bukit yang cantik dan instagramable. Sekilas akan mengingatkanmu pada pemandangan di Nusa Tenggara Timur, namun adanya di Sulawesi. Menyewa kapal menjadi cara untuk tiba di sini dan siapkan dirimu untuk tenggelam dalam kecantikan bawah lautnya. Banyak titik-titik selam yang layak untuk dieksplorasi. Jika sudah lelah, duduk sejenak di daratan sambil menikmati sapuan angin di wajah rasanya mantap banget.

Lokasi: Balantak, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

7. Bermain dengan ubur-ubur di Paisu Batongan

Image credit: @andrikilua

Danau Paisu Batongan jadi wisata di Banggai yang pantang dilewatkan. Pasalnya di sini kamu dapat berenang bersama ubur-ubur yang tersebar di segala penjuru. Berkedalaman sekitar 12 meter, ubur-ubur yang ada di sini aman dan tidak menyengat. Warna-warninya pun beragam jadi sangat direkomendasikan untuk mengabadikan diri saat berenang. Untuk mencapai danau dibutuhkan waktu yang cukup panjang, kira-kira tiga jam mengarungi lautan. Cocok untuk kamu yang menyukai petualangan!

Lokasi: Mbuang-Mbuang, Bokan, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket:

8. Bukit Popisi, menatap indahnya surga di Banggai

Image credit: @anto_scout__

Meski hanya bukit, tapi keelokan hamparan Bukit Popisi bisa membuatmu terpana. Sekilas susunan perbukitannya akan mengingatkanmu pada pesona Raja Ampat. Pengelola bukit telah menyediakan area pandang agar kamu dapat menikmati panorama dengan nyaman. Bawa cemilan kesukaanmu untuk menemanimu menghabiskan waktu. Bila ingin menyelam, perairan di sekitar Bukit Popisi juga kaya dengan biota laut yang indah lho!

Lokasi: Mbuang-Mbuang, Bokan, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 05.00 WITA – 17.00 WITA
Harga Tiket:

9. Bukit Kasih Sayang, destinasi wisata Banggai untuk hiburan santaimu

Image credit: @menzto

Datang di siang atau malam hari, Bukit Kasih Sayang menyajikan pemandangan yang sama kerennya. Saat hari terang, kamu dapat melihat birunya laut dan hamparan rumah warga yang berpadu serasi. Di malam hari, lampu-lampu yang berpendaran akan jadi hiburan yang berbeda. Ada kafe tempat kamu bisa nongkrong nyaman di sini. Akan makin mantap jika kamu datang di sore hari menjelang sunset dan menyaksikan perubahan warna langitnya.

Lokasi: Jl. Batu Gn., Bungin, Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WITA – 23.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

10. Pantai Kilo 5, spot wisata Banggai yang keindahannya wajib dijelajahi

wisata banggai
Image credit: @putra_ardiansyah_

Tidak salah bila Pantai Kilo 5 jadi pantai yang kondang di Banggai. Wisata alam satu ini menyimpan kecantikan baik dilihat dari atas maupun di bawah lautnya. Kakimu akan menjejak di lembutnya pasir putih setibanya di sini. Sewa peralatan untuk menyelam dan kamu pun dapat menemukan kerumunan ikan hingga patung di bawah laut yang kece. Berolahraga air tentu akan menyisakan perut yang lapar. Tidak perlu khawatir, karena sudah banyak penjaja makanan khas Sulawesi yang tersebar di sekitar pantai.

Lokasi: Jl. Dr. Moh. Hatta, Kec. Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

Baca juga: Hidden Gem Di Sulawesi Utara, Kota Tomohon Tawarkan Tempat Wisata Kece Badai

Banggai dan sederet tempat wisatanya menambah panjang daftar wisata alam di tanah air. Jangan lupa masukkan ke dalam rencana liburanmu ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru