Wisata Guilin, Alamnya Mantap dan Memikat

Pernah mendengar ungkapan menuntut ilmu sampai ke negeri China? Ternyata China yang sekarang disebut sebagai Republik Rakyat Tiongkok bukan hanya menarik untuk mencari ilmu, tapi juga untuk berwisata. Dari sekian banyak kota yang terkenal, salah satunya adalah Guilin. Guilin terletak di sisi selatan Tiongkok dan memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Sebagus apa sih alam di Guilin? Susuri tempat-tempat yang direkomendasikan TripZilla Indonesia, pasti akan membuatmu terpana!

Baca Juga: Wisata Di Chengdu, Dari Yang Imut Sampai Mempesona

1. Seven Star Park, wisata Guilin yang bikin damai

Image credit: @discover_guangxi

Seven Star Park sejatinya adalah taman kota, namun tentu pemandangannya berbeda dengan taman di tempat lain. Kamu benar-benar akan mendapatkan ketenangan saat mengunjunginya. Perpaduan dari pegunungan, Sungai Li yang jernih dan lembah menampilkan lanskap yang sangat cantik. Disaksikan ketika siang hari yang cerah atau saat senja, pemandangannya sama mantapnya. Sisi-sisi menarik dari taman ini adalah Flower Bridge, Camel Hill, Seven Star Cave dan Guilin Seven Star Zoo.

Lokasi: 1 Qixing Rd, Qixing District, Guilin, Guangxi, China
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 - 17.00

2. Reed Flute Cave, goa yang warna-warninya meriah

Image credit: @guilinchina

Wisata goa di Guilin tidak akan menyeramkan, malah terlihat unik dengan tata cahayanya. Salah satu tempatnya adalah Reed Flute Cave. Berkedalaman 240 meter dan punya panjang 500 meter, menjelajahi goa ini akan jadi pengalaman seru. Anatomi goa seperti stalagmit, stalaktit dan tirai batu pun terlihat keren untuk dipajang di media sosialmu. Konon goa ini telah ada sejak ribuan tahun lalu dan mulai dibuka untuk masyarakat pada tahun 1962. Di dalam goa, kamu pun dapat menjumpai tulisan kuno dan ada yang dibuat pada masa Dinasti Tang. Seru kan?

Lokasi: 1 Ludi Rd, Xiufeng District, Guilin, Guangxi, China
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 - 17.00

3. Crown Cave, jelajah goa terpopuler di Guilin

Image credit: @goguilin

Nama Crown Cave berasal dari bukitnya yang berbentuk seperti mahkota. Total panjang goa ini adalah 12 kilometer dan kamu bisa menjelajah hingga sepanjang 3 kilometer. Takut kelelahan? Tidak akan, karena untuk memasuki goa kamu bisa menaiki elevator yang akan membawamu ke kedalaman. Bersiaplah kagum dengan bentangan lanskap goa yang segera terbentang di hadapanmu. Ada pula kereta yang dapat membawamu mengunjungi Palm Hall, yaitu pilar batu dengan ketinggian mencapai 50 meter. Benar-benar pengalaman yang akan sulit dilupakan!

Lokasi: Yanshan District, Guilin, Guangxi, China
Jam Buka: Setiap hari, 08.30 - 17.30

4. Elephant Trunk Hill, keragaman wisata Guilin yang memukau

Image credit: @picturesque_cg

Namanya boleh Elephant Trunk Hill, tapi bukan hanya bukit yang ada di sini. Disebut demikian karena dari jauh bentuknya serupa gajah yang sedang minum dari sungai. Kunjungi lebih dekat dan kamu bisa melihat bangunan bersejarah seperti Pagoda Puxian, Kuil Yunfeng dan Sarira Dagoba. Selain itu, ada pula Water Moon Cave yang dalamnya dialiri sungai. Tidak hanya memukau mata, tetapi segala sesuatu yang ada di sini sarat sejarah. Mulai dari pagoda yang dibangun pada masa Dinasti Ming hingga tulisan di dinding goa dari masa Dinasti Song. Pada malam hari, saksikan pertunjukan Legend of Elephant Hill yang menggunakan proyeksi laser ke sisi bukit.

Lokasi: Xiangshan District, Guilin, Guilin, Guangxi, China
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 - 21.00

5. Danau Mulong, salah satu danau Guilin yang wajib dikunjungi

Image credit: Chlukoe | Wikimedia Commons

Danau Mulong termasuk dalam empat danau di Guilin yang populer di kalangan wisatawan. Kamu bisa menyewa jasa untuk berperahu di danau ini hingga malam hari. Tiga danau lainnya adalah Danau Gui, Danau Rong dan Danau Shan. Tur keliling danau ini cocok untuk kamu yang ingin mengisi waktu luang dengan santai namun tetap mendapatkan pemandangan bagus. Objek wisata ini dijamin ramah untuk keluarga dan kamu bisa datang untuk mengabadikan setiap sudutnya. Pada malam hari, pagoda yang ada akan terlihat lebih menarik dengan lampu-lampunya.

Lokasi: Zhongshan N Rd, Diecai District, Guilin, Guangxi, China
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 - 18.00

6. Jingjiang Palace, pesona wisata di istana kuno

Image credit: @goguilin

Di Guilin, wisata ke tempat kuno tidak akan terasa menyeramkan. Contohnya Jingjiang Palace yang dirawat meskipun sudah dibangun sejak jaman dinasti Ming sekitar tahun 1368. Istana kerajaan di masa lalu ini mempunyai sisi-sisi menarik seperti Duanli Gate, The Solitary Beauty Peak, Chengyun Gate dan Chengyun Palace. Jelajahi setiap sudutnya dan jangan lupa berfoto karena bangunannya memang secantik itu. Lokasi yang dijuluki sebagai miniatur dari Kota Terlarang ini dulunya dihuni oleh Pangeran Jinjiang. Lihat juga kompleks pemakaman raja-raja dan prajurit yang ada di dalamnya.

Lokasi: Xiufeng District, China, Guangxi, Guilin
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 - 17.30

7. Riyue Shuangta Cultural Park, wisata Guilin dengan pagoda ikoniknya

Image credit: @ravelbassil

Melihat Riyue Shuangta Cultural Park, perhatianmu akan segera dibetot oleh dua pagoda. Itulah Pagoda Matahari yang berwarna keemasan dan Pagoda Bulan yang terlihat putih berkilau. Pagoda Matahari setinggi 41 meter ini menjadi pagoda tertinggi di dunia yang terletak di perairan. Penasaran bagaimana sensasi menyaksikan dua pagoda terkenal ini? Jangan hanya melihatnya dari luar, kelilingi juga setiap lantainya. Pagoda Bulan setinggi 35 meter memiliki koleksi menarik berupa patung, foto dan Tai Chi Drum. Kamu pun bisa sekaligus berdoa di dalam pagoda dan menjadikan tempat ini objek wisata religi.

Lokasi: Xiangshan District, Guilin, Guangxi, China
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 - 22.00

8. Guilin Art Museum, nikmati pameran dari para seniman terpilih

Image credit: @guilinchina

Dibuka sejak tahun 1997, Guilin Art Museum dianggap sebagai salah satu museum terbesar di wilayah barat daya Tiongkok. Tidak hanya memamerkan koleksi dari seniman masa kini, kamu pun dapat menikmati koleksi dari seniman-seniman kelas wahid di masa lalu. Bukan hanya untuk dilihat, karena di lantai dua museum ada galeri yang juga menjual lukisan. Ingin menambah lukisan di rumahmu atau memberikan buah tangan berkelas bagi orang yang kamu sayang? Maka lukisan dari galeri seni ini bisa menjadi pilihan menarik.

Lokasi: 15 Jie Fang Xi Lu, Xiufeng District, Guilin, Guangxi, China
Jam Buka: Setiap hari, 08.30 - 17.00

9. Longji Rice Terrace, berhenti sejenak melihat permadani hijau

Image credit: @elinapitkakangas

Di Guilin juga ada wisata ke area sawah yang akan mengingatkanmu pada Indonesia. Wisata Longji Rice Terrace atau yang juga disebut sebagai Longsheng Terraced Fields bakal membuatmu kagum dengan susunan sawahnya yang rapi. Ditambah dengan cuaca cerah, kamu pun bisa melihat siluet pegunungan di belakangnya. Hamparan permadani hijau dari tanaman padi bakal menghilangkan rasa lelah di matamu dalam sekejap. Di sini tersedia pula wisata ke pedesaan karena ada Desa Ping’an, Desa Jinkeng dan Desa Guzhuang yang dapat kamu jelajahi.

Lokasi: Guilin, Guangxi, China
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

10. Gunung Laozhai, si cantik yang ramah pendaki

Image credit: @eurus.china

Ingin sedikit menambah detak jantung di Guilin? Sambangi Gunung Laozhai yang kecantikannya pasti membuat kakimu gatal. Perjalanan menanjak cukup terjal tapi tidak butuh waktu lama untuk mencapai puncaknya. Dalam sekitar 40 menit, kamu sudah bisa melihat panorama sekitar Sungai Li dari ketinggian sampai puas. Momen matahari terbenam akan semakin mempesona dari puncak gunung ini. Jika ingin menangkap keindahannya, cek dulu musim dan cuaca sebelum mendaki gunung ya!

Lokasi: Yangshuo County, Guilin, Guangxi, China
Jam Buka: Setiap hari, 08.30 - 18.00

11. Gunung Yaoshan, wisata Guilin yang memberi pengalaman berbeda

Image credit: @pleongzx

Saat di Guilin, jangan lewatkan wisata ke Gunung Yaoshan. Berbeda dengan gunung lainnya, kamu dapat tiba di puncak gunung tertinggi di Guilin ini menggunakan chairlift. Rasakan sensasi terpaan angin hingga kamu naik ke ketinggian 900 meter. Antrean wisatawan lazim ditemukan di gunung ini namun jangan kendorkan semangatmu. Setibanya di puncak, usahamu akan diganjar dengan panorama pedesaan dan pegunungan karst di sekelilingmu. Untuk menuruni gunung, kamu bisa kembali menaiki chairlift atau mencoba toboggan slide yang bisa jadi tidak ada di tempat lain. Tertarik?

Lokasi: Lingui District, Guilin, Guangxi, China
Jam Buka: Setiap hari, 08.30 - 18.00

Baca Juga: Wisata Taipei, Sisi Lain Taiwan Untuk Dijelajahi

Guilin menawarkan keindahan yang berbeda dari wilayah kota-kota besar di Tiongkok. Ulik kota ini dan kamu akan mendapatkan pengalaman liburan yang unik!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru