Nusantara Rasa Timur Tengah, Rekomendasi 7 Wisata Gurun Pasir di Indonesia

Indonesia memang kaya akan berbagai wisata alam memesona yang tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Mulai dari gunung, pantai, air terjun, hingga gurun pasir semua tersedia di tanah air tercinta. Kalau melihat hamparan pasir di pesisir pantai sudah biasa, apa kamu pernah coba wisata gurun pasir? Biasanya dalam film-film traveling atau action, gurun pasir identik dengan wilayah Timur Tengah. Tapi ternyata, nggak perlu jauh-jauh ke Mesir atau Gurun Sahara, Indonesia rupanya juga memiliki gurun pasir yang nggak kalah eksotis, lho! Penasaran di mana saja letak gurun pasir di Indonesia tersebut? Tripzilla Indonesia sudah merangkum 7 gurun pasir di Indonesia untuk destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi.

1. Menikmati oase menyegarkan di Gurun Pasir Telaga Biru

gurun pasir di indonesia
Image credit: @zlydptr_ (kiri), @bintantourism

Sejauh memandang, mata kita akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih yang indah. Nah, yang unik dari gurun pasir yang satu ini adalah telaga biru mirip oase yang membuat lokasi ini semakin mirip dengan Timur Tengah.

Gurun pasir telaga biru juga menyediakan property foto estetik untuk turis yang berkunjung. Tak hanya berfoto, kamu juga bisa melakukan aktivitas air di telaga biru.

Alamat: Jl. Raya Busung, Busung, Kec. Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau
Jam buka: Setiap hari, 07.00 – 18.00
Harga tiket: Gratis

2. Keajaiban bukit pasir yang indah di Gumuk Pasir Sumalu

Image credit: @ay_chank (kiri), @visit_sulsel

Dari Riau, kita terbang ke Sulawesi, guys! Berbeda dengan gurun pasir sebelumnya, sesuai namanya Gumuk Pasir Sumalu berbentuk bukit-bukit pasir dengan ketinggian yang beragam. Sekilas lokasi ini bisa dibilang mirip dengan Painted Hills yang ada di Oregon, Amerika Serikat. Setuju, nggak?

Gumuk Pasir Sumalu punya dua lokasi yang berbeda yaitu, gumuk pasir yang berada di depan Gereja Toraja Jemaat To’ Sapang, Rantebua Sanggalangi, Rantebua, dan ada gumuk pasir lain yang berada di Buntu Rondo, Rantebua Sumalu, Rantebua.

Alamat: W2J9+HFH, Rantebua Sumalu, Rantebua, Toraja Utara, Sulawesi Selatan
Harga tiket: Gratis

3. Berselancar di atas ombak pasir Gumuk Pasir Parangkusumo

gurun pasir di indonesia
Image credit: @bunga.ts (kiri), @nencywulan

Nah, kalau gumuk pasir yang satu ini pasti sudah pada tahu, dong? Bagaimana tidak, Gumuk Pasir Parangkusumo hingga kini masih menjadi destinasi wisata Yogyakarta yang tidak pernah sepi. Salah satu aktivitas paling populer di sini adalah sandboarding alias selancar pasir.

Alamat: Jalan Pantai Parangkusumo, Grogol 10, Kretek, Pantai Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari pukul 07.00-18.00 WIB
Harga: Gratis (sandboarding tersedia dengan harga terpisah)

4. Mendengar desiran pasir yang berbisik di Gurun Pasir Berbisik, Bromo

Image credit: @travelingyukcom (kiri), @okajourney

Berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, hamparan pasir berwarna hitam yang dikelilingi oleh gunung ini bernama Gurun Pasir Berbisik. Untuk menjelajah gurun pasir yang satu ini, turis akan disediakan berbagai macam kendaraan mulai dari mobil hingga kuda. Kalau sedang berkunjung ke kawasan Gunung Bromo, jangan lupa mampir ke sini untuk mendengarkan syahdunya desiran pasir yang berbisik, ya!

Alamat: Timur Kawah Gunung Bromo, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Senin – Jumat 29,000 IDR untuk wisatawan lokal dan 220,000 untuk wisatawan internasional,  Sabtu dan Minggu 34,000 IDR untuk wisatawan lokal dan 320,000 IDR untuk wisatawan internasional.

5. Gurun saharanya Indonesia, Gurun Pasir Oetune

gurun pasir di indonesia
Image credit: @indoflashlight (kiri), @harivalzayuka

Sekilas terlihat seperti sedang di Gurun Sahara, padahal ini masih di Indonesia, lho! Berada di Nusa Tenggara Timur, Pantai Oetune memiliki padang pasir yang lembut dan hamparan laut serta langit biru cerah, yang menjadi perpaduan sempurna untuk dinikmati.

Alamat: Tuafanu, Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur
Jam buka: setiap hari, 24 jam
Harga tiket: 3.000 IDR

6. Mengejar sunset yang menawan di Gumuk Pasir Tungtung Karang

Image credit: @nizaramrullah (kiri), @aiden__photographer

Nggak kalah dari Nusa Tenggara Timur, Garut juga punya padang pasir mirip Gurun Sahara yang eksotis dan menakjubkan. Nggak heran kalau lokasi wisata ini sempat viral di media sosial dengan sebutan Sahara Van Garut. Waktu paling tepat untuk mengunjungi Gumuk Pasir Tungtung Karang adalah sore hari menjelang terbenamnya matahari.

Alamat: Pantai Sayang heulang, Desa, Mancagahar, Kec. Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat
Harga tiket: 25,000 IDR

7. Padang pasir suasana tropis, Padang Pasir Pantai Tulamben

Berbeda dengan padang pasir lainnya, wisata yang satu ini dikelilingi oleh pepohonan lontar yang membuat tempat layaknya suasana tropis. Tak hanya menikmati suasana padang pasir di sini kamu juga bisa mendengar suara deruan ombak yang menenangkan.

Alamat: Karangasem, Tulamben, Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali
Jam buka: setiap hari, 24 jam
Harga tiket: 5.000 IDR

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Di Asia Pasifik Buat Kamu Yang Membutuhkan Liburan Panjang

Gurun pasir di Indonesia tak kalah eksotis, kan? Yuk, kunjungi sekarang juga untuk mendapatkan sensasi berada di Timur Tengah!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru