Antara Bandung Dan Jogja, Kamu Pilih Wisata Ke Mana?

Tidak bisa dimungkiri, Yogyakarta dan Bandung termasuk salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Indonesia. Dua kota tersebut hampir selalu penuh dikunjungi oleh wisatawan saat ada momen libur panjang. Jogja dan Bandung memang menjadi destinasi wisata favorit banyak orang. Termasuk kamu, bukan?

Namun, jika diminta memilih, antara Jogja dan Bandung, destinasi mana yang lebih kamu pilih untuk dikunjungi pada jadwal liburan kamu berikutnya? Apakah Jogja, yang identik sebagai kota pelajar, kota gudeg dan kota budaya? Atau Bandung yang populer disebut sebagai kota kembang dan Paris van Java?

Untuk membantu kamu menentukan destinasi pilihan yang akan dituju, tidak ada salahnya melihat beragam alasan untuk mengunjungi salah satu antara Bandung dan Jogja.

1. Destinasi wisata paling top di Bandung dan Jogja

Bandung dan Jogja bisa dikatakan memiliki banyak kesamaan. Ada banyak destinasi wisata yang bisa dipilih, dari yang Instagrammable, bertema alam, budaya hingga struktur bangunan yang keren dan unik. Ingin tahu apa saja? Simak daftarnya di sini.

Bandung

Kawah putih yang Instagenik | Image credit: @laderricks

Banyak destinasi wisata populer di Bandung yang bisa kamu kunjungi. Bagi yang membawa anak-anak, Trans Studio Bandung, Farm House Susu Lembang, hingga Kebun Binatang Bandung bisa kamu kunjungi. Sementara spot ngehits seperti Gedung Sate, Gunung Tangkuban Perahu hingga Masjid Raya Bandung juga tidak boleh dilewatkan.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Gratis di Bandung yang Instagramworthy Sekali

Jogja

wisata bandung jogja
Candi Sewu (kiri atas), Candi Bubrah (kiri bawah) dan Candi Prambanan (kanan) | Image credit: @mdbakta_kardana (kiri atas), @goojerjayanto (kiri bawah) dan @novemlawalata (kanan)

Kota gudeg juga tak kalah dengan banyak destinasi wisata yang luar biasa. Dari Pantai Parangtritis, hingga Kaliurang banyak spot asyik yang bisa dikunjungi. Monumen Tugu Jogja, Keraton Jogja hingga Alun-Alun Kidul Jogja pastinya familier buat kamu, kan? Untuk yang tertarik wisata alam, Taman Wisata Kaliurang hingga Hutan Pinus Pengger bisa menjadi jujukan kamu.

Baca juga: Tempat Wisata Jogja Terbaru 2020 Yang Menanti Untuk Dikunjungi!

2. Wisata belanja di Bandung dan Jogja

Wisata tanpa belanja sepertinya ada yang kurang, kan? Bila ingin belanja-belanja saat liburan di Bandung atau Jogja, kamu tahu ke mana harus menuju?

Bandung

Belanja di beragam FO sepertinya harus masuk dalam itinerary wisata ke Bandung, ya kan? | Image credit: @heritage_fo

Ingin cari produk fesyen, kamu bisa menjelajah banyak factory outlet di kawasan Jalan Dago dan Jalan R.E. Martadinata. Sementara untuk oleh-oleh, ada bolen Kartika Sari atau brownies Prima Rasa.

Kamu juga bisa mengunjungi Pasar Kaget Gasibu di tiap hari Minggu. Sementara Sentra Kaos Suci (Skoci) adalah jujukan yang tepat untuk yang berburu kaos oblong. Banyak, bukan?

Baca juga: 15 Tempat Belanja Oleh-Oleh Khas Bandung Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Jogja

wisata bandung jogja
Pasar Beringharjo | Image credit: @essonsih

Bagi yang ingin belanja di Jogja, Pasar Beringharjo bisa jadi jujukan untuk mencari banyak item barang, dari produk fesyen hingga kerajinan tangan. Pun demikian jika kamu menelusuri Jalan Malioboro dengan banyak pedagang kaki lima di kiri kanan jalan.

Sunday Morning UGM juga bisa menjadi tempat belanja kamu, khusus di hari Minggu. Bagi yang ingin berburu barang bekas, Pasar Senthir dan Pasar Klithikan harus dituju. Selain itu, masih banyak lagi yang bisa kamu kunjungi, lho!

Baca juga: 10 Pasar Ikonik Di Jogja Untuk Dikunjungi Penggiat Wisata Belanja

3. City tour di Bandung dan Jogja

Sekadar riwa riwi di Bandung dan Jogja juga asyik, lho! Banyak sekali destinasi yang bisa dituju, tanpa harus mengeluarkan uang pun sangat memungkinkan untuk dilakukan. Simak nih destinasi mana saja yang bisa dituju!

Bandung

Seru-seruan menggunakan Bandros | Image credit: @annerupaendah

Ada banyak cara melakukan city tour di Bandung. Cara paling asyik dengan menggunakan Bandros, bus wisata dengan rute keliling kota Bandung.

Kamu juga bisa berjalan kaki, menyusuri jalan-jalan ikonik di Kota Bandung, seperti Jalan Braga, Dago dan sekitarnya. Dijamin seru, lho!

Baca juga: Aktivitas Wisata Di Braga, Bandung Yang Menarik Untuk Dilakukan

Jogja

wisata bandung jogja
Titik nol Jogja (atas) dan Jalan Malioboro yang ikonik | Image credit: @arif_josselalu

Di Jogja, kamu bisa melakukan city tour. Tahu cara paling asyik melakukannya? Menggunakan andong. Kamu bisa menyusuri jalan Malioboro, menjelajah lingkungan Keraton, berkeliling Alun-Alun Selatan dan masuk ke kawasan kampus UGM.

Jika ingin berjalan kaki, sepanjang Jalan Urip Sumoharjo, kawasan Kota Baru, Jalan Jend Sudirman, Jalan Mangkubumi dan pastinya Jalan Malioboro menjadi kawasan yang asyik untuk dinikmati.

Baca juga: Itinerary Wisata Jogja 4H3M Untuk Kunjungan Pertamamu

4. Wisata kuliner di Bandung dan Jogja

Kuliner di Bandung dan Jogja memiliki citarasa dan kekhasannya sendiri. Di Bandung, rasa makanan yang disajikan lebih variatif, namun di Jogja cenderung manis. Bagi kamu yang tertarik menikmati kuliner Bandung atau Jogja saat memutuskan berkunjung ke salah satu kota tersebut, di bawah ini ada rekomendasi menarik untuk dituju.

Bandung

wisata bandung jogja
Warung nasi Bu Eha yang melegenda | Image credit: @kertaskartu (kiri) dan @gemarngopi (kanan)

Nasi timbel dan nasi tutug oncom bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dicoba saat menikmati makanan khas kota Bandung. Tapi, jika ingin sekadar mencicipi siomay dan batagor Bandung, banyak tempat untuk mencobanya.

Baca juga: 8 Makanan Khas Bandung Dan Lokasi Untuk Mencobanya

Jogja

Sate Klatak Pak Pong | Image credit: @gendut kulineran (kiri), @gamarosi_ (tengah), @jogjabikinlaper (kanan)

Gudeg adalah kuliner khas yang identik dengan Jogja, dan banyak lokasi untuk bisa mencobanya. Selain itu, kamu juga bisa mencoba sate klatak di Imogiri hingga beragam kuliner angkringan yang tersebar seantero Jogja. Pilih yang mana?

Baca juga: Berburu Sate Klatak Di Jogja Untuk Wisata Kuliner Spesial Kamu

5. Pilihan transportasi publik di Bandung dan Jogja

Jika memutuskan datang ke Bandung dan Jogja dengan menggunakan kendaraan umum seperti pesawat, kereta api atau bus, kamu bisa tetap berkeliling kota dengan menggunakan fasilitas transportasi umum yang ada di sana.

Bandung

Di Bandung, kamu masih bisa menemui angkutan umum berupa angkot. Ada banyak rute yang bisa dipilih, tergantung kemana kamu mau pergi.

Selain angkot, sejumlah jasa ojek online juga tersedia. Layanan taksi online maupun argo juga masih bisa ditemukan di Bandung. Jadi kamu bisa menentukan sendiri naik transportasi apa untuk bepergian.

Jogja

Di Jogja, ada bus trans Jogja yang bisa dipilih dengan sejumlah rute tertentu. Harga tiketnya juga relatif terjangkau, 3,500 IDR untuk sekali naik, atau 2,700 IDR untuk tarif pelanggan.

Bagi yang ingin lebih privat, kamu bisa memilih ojek online hingga taksi online atau konvensional. Kamu pilih yang mana?

Kesimpulan Tripzilla Indonesia untuk Bandung vs Jogja

wisata bandung jogja

Dari destinasi wisata yang dimiliki Bandung dan Jogja kurang lebih sama. Namun, ada sedikit keunggulan dimiliki Jogja, yaitu destinasi wisata bernuansa alamnya lebih lengkap, dari gunung hingga pantai, sementara di Bandung tidak memiliki pantai.

Akan tetapi, lingkup wisata di Bandung bisa dikatakan lebih kecil dan berdekatan satu sama lain jika dibandingkan dengan yang ada di Jogja. Hal ini akan sangat memengaruhi waktu dan biaya perjalanan.

Jika pertimbangannya anggaran secara keseluruhan, Jogja mungkin lebih jadi pilihan. Siapapun bisa tahu biaya hidup di Jogja sangat terjangkau bila dibandingkan dengan Bandung, baik dalam urusan makan, transportasi hingga item merchandise yang bisa dibeli, sementara untuk akomodasi relatif sama.

Sudah tahu mana yang bakal kamu pilih untuk destinasi wisata kamu setelah masa PSBB dan PPKM berakhir nanti? Ingat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, ya!

 

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru