Wisata Ke Malaysia, Turis Akan Divaksin Polio

Yang ingin liburan dan wisata ke Malaysia, bersiaplah untuk mendapatkan vaksinasi polio setibanya di bandara, pelabuhan laut atau pintu masuk manapun ke negara ini. Hal ini dilakukan sebagai langkah preventif penyebaran wabah polio ke Malaysia.

The Academy of Medicine Malaysia. seperti dilaporkan Malay Mail, menyatakan vaksinasi menjadi hal yang wajib dan akan diberikan sanksi kepada turis jika menolak melakukan vaksinasi tanpa disertai alasan yang kuat. Namun, tidak dijelaskan lebih detail prosedur pemberian vaksin ini.

Dilaporkan kantor berita Malaysia, Bernama, yang mengutip pernyataan Menteri Kesehatan Noor Hisham Abdullah, pihaknya akan meminta bantuan dan kerja sama UNICEF untuk mendapatkan pasokan vaksin bersubsidi dan akan bekerja sama dengan Filipina untuk bisa meminimalkan biaya.

Image credit: White Session

Kegiatan vaksinasi ini tidak bisa dilepaskan dari fakta bahwa sekitar 20 hingga 30 persen pendatang dari luar Malaysia, terutama di Pulau Kalimantan, yang menuju ke Sabah dan Sarawak, masuk ke Malaysia tanpa bisa dipantau kondisi kesehatannya. Hal ini memunculkan kekhawatiran mengenai status kesehatan mereka.

Selain itu, pada minggu lalu, Malaysia juga telah memastikan telah mendapatkan kasus polio untuk pertama kalinya dalam tiga dekade, yang memunculkan kekhawatiran penyebaran wabah tersebut, setelah Filipina sebelumnya menyatakan telah menjadi wilayah epidemik pada September silam. Hasil tes yang dilakukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan bahwa virus, yang terdeteksi dibawa oleh anak berusia tiga bulan dari Sabah, memiliki hubungan dengan yang ditemukan di Filipina.

Baca juga: 6 Vaksin Wajib Yang Harus Diambil Sebelum Liburan Ke Luar Negeri

Bagi yang ingin wisata ke Malaysia, kamu harus mulai siap untuk satu lagi proses pemeriksaan dan vaksinasi ini, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru