Beragam Aktivitas Seru di Kebun Raya Bogor untuk Liburan Anti Gagal

Kebun Raya Bogor adalah salah satu lokasi wisata hits yang digemari banyak orang. Selain mudah diakses, di sini kamu juga dapat melakukan berbagai aktivitas menyenangkan dan seru untuk mengisi liburan. Area kebun yang sangat luas juga membuat udara terasa lebih sejuk dan bersih sehingga kamu akan betah berlama-lama berada di dalamnya.

Cara Menuju Kebun Raya Bogor

Lokasi Kebun Raya Bogor ada di Jl. Ir. H. Juanda No. 13, Paledang, Bogor dan dapat dijangkau dengan menggunakan transportasi publik atau kendaraan pribadi. Bila mengendarai mobil, kamu tinggal masuk ke Tol Jagorawi dan keluar di sisi kanan langsung ke lokasi atau Istana Bogor. Lalu lintas searah akan membuatmu perlu berputar sampai ke Jalan Otto Iskandar Dinata atau Otista. Setibanya di Jembatan Otista, lihat ke sisi kanan dan kamu akan menemukan gerbang destinasi wisata ini.

Bila ingin menggunakan kereta api, setelah turun di Stasiun Bogor, kamu dapat berjalan kaki atau menumpang angkot. Berjalan kaki hanya sekitar satu kilometer menyusuri trotoar.  Tapi kalau kamu ingin merasakan naik angkot di Bogor, pilih angkot bernomor 02 atau 03. Kamu bisa turun di Pintu 3 atau Pintu 4 Kebun Raya Bogor.

Jam Buka Kebun Raya Bogor

Jangan lupa menyimak jam buka di hari biasa dan akhir pekan. Pada hari Senin sampai Jumat, kebun raya dibuka pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. Sedangkan pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional dibuka pukul 07.00 WIB – 16.00 WIB. Kamu bisa masuk melalui Pintu 1 dan Pintu 3.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Harga tiket berbeda untuk hari biasa dan akhir pekan. Untuk hari Senin sampai Jumat, harga tiketnya adalah:

  • Wisatawan domestik dan asing : 16,500 IDR
  • Kendaraan sepeda wajib membayar biaya sebesar 15,000 IDR

Jika kamu ingin berkunjung di hari Sabtu, Minggu atau hari libur nasional, maka harga tiketnya adalah:

  • Wisatawan domestik dan asing: 26,500 IDR
  • Kendaraan sepeda wajib membayar biaya sebesar 20,000 IDR
  • Kendaraan mobil dikenai biaya sebesar 50,000 IDR dan motor dikenai biaya sebesar 5,000 IDR.

Kamu pun bisa memesan tiket terlebih dulu di sini.

Setibanya di lokasi, siapkan dirimu untuk menjajal berbagai aktivitas yang ada. Cek rekomendasi TripZilla Indonesia di bawah ini agar kunjunganmu ke destinasi populer di Bogor ini semakin maksimal!

1. Menjelajahi Kebun Raya Bogor dengan program Tour de Kebun Raya

Image credit: @pandoedepok

Bila kamu ingin mengulik lebih dalam mengenai berbagai hal di sini, maka program Tour de Kebun Raya pas untukmu. Paket wisata dengan pemandu ini dibatasi untuk maksimal 10 orang per kelompok dan dibagi dalam beberapa rute. Ada rute Historical Site, Interesting Collection dan Eco Tree yang masing-masing memiliki jadwalnya. Biayanya adalah 50,000 IDR per orang dan sudah termasuk tiket masuk, jasa pemandu serta air minum. Cek detilnya di sini.

2. Melihat berbagai taman konservasi dengan koleksinya yang menakjubkan

Image credit: @gladysgrenada

Ada banyak taman konservasi di dalam Kebun Raya Bogor misalnya Taman Meksiko, Taman Nepenthes, Taman Obat, Taman Anggrek Hitam dan masih banyak lagi. Manfaatkan waktumu untuk mengagumi berbagai koleksi taman-taman ini sekaligus menambah wawasan. Tentunya tumbuhan yang ada juga tampil menarik dan menggoda untuk diabadikan. Pakailah baju yang sesuai dan alas kaki yang nyaman agar kamu bisa puas melihat seluruh sisi taman-tamannya. Di mana lagi ada yang seperti ini?

3. Bersantai sambil berfoto di berbagai area yang indah

kebun raya bogor
Image credit: @ferryapriansyah27

Kebun Raya Bogor tidak akan kehabisan sudut menarik dan cantik untuk tempat bersantai. Kamu bisa duduk mengobrol atau sekedar menghirup udara segar di berbagai taman dan lokasi lain di dalamnya. Ada Taman Teijsmann, Taman Soedjana Kassan hingga Kolam Gunting yang tersohor sebagai latar foto. Taman-taman ini tertata rapi dan nyaman banget untuk lokasi beristirahat di dalam kebun raya. Setelah menghabiskan waktu sejenak, kamu akan mendapatkan energi baru untuk melanjutkan perjalanan berkeliling Kebun Raya Bogor.

4. Mengunjungi Museum Zoologi yang kaya dengan ilmu pengetahuan

Image credit: @decensayuriko

Museum Zoologi adalah museum yang koleksinya dapat membuatmu terbelalak. Misalnya kerangka paus biru dengan ukuran raksasa hingga kerangka hewan-hewan lain yang tertata dengan rapi. Ada pula hewan awetan dan koleksi terarium yang menarik untuk diamati. Jika kamu mengaku pencinta fauna, maka tidak ada alasan untuk melewatkan Museum Zoologi. Tidak rugi dan bisa jadi malah kamu lupa waktu di sini!

5. Melihat keunikan desain dan isi Ecodome

kebun raya bogor
Image credit: @romster

Ecodome yang terlihat unik ini merupakan salah satu wahana edukasi lingkungan yang ada di Kebun Raya Bogor. Tidak cuma menarik untuk dilihat dan difoto, kamu pun perlu mengeksplorasi isi Ecodome. Lapisan lumut ada di bagian luar kubah untuk menyerap bakteri dari udara. Di dalam kubah, kamu bisa melihat koleksi tumbuhan dan bunga-bunga tropis. Ada tempat istirahat yang sudah disiapkan oleh pengelola agar kamu bisa menikmatinya sambil bersantai. Keluar dari sini, bad mood akan hilang berkat pemandangan indah dan udara segar yang kamu hirup.

6. Menyehatkan tubuh dengan bersepeda sambil menghirup udara segar

Image credit: @fikrimubarok11

Ingin menikmati aneka taman di Kebun Raya Bogor dengan cara berbeda? Kamu bisa melakukannya dengan bersepeda dan yang lebih asyik, ada penyewaan sepeda di sini. Cocok untuk kamu yang ingin gowes tapi malas repot membawa sepeda pribadi. Bila datang berombongan, ada pula penyewaan shuttle bus atau golf car untuk transportasi yang nyaman. Pilih rute bersepeda sesuai seleramu, ingin gowes santai atau sekalian memeras keringat?

7. Melihat pemakaman bersejarah yang antik Di Kebun Raya Bogor

Image credit: Kebun Raya Bogor

Mungkin kamu berpikir Kebun Raya Bogor hanya berisi beragam tumbuhan. Namun ternyata juga terdapat area pemakaman kuno Belanda yang menarik untuk dijelajahi. Konon kompleks pemakaman ini sudah ada dari sebelum Kebun Raya Bogor diresmikan pada tahun 1817. Ada 42 makam dengan 38 makam di antaranya dapat dikenali. Banyak juga makam pejabat tinggi Belanda yang bisa kamu telusuri. Wisata sejarah ini dijamin tidak akan membosankan deh!

8. Mengabadikan megahnya Istana Bogor dari kejauhan

Image credit: @steviniaepin

Bukan rahasia lagi kalau banyak orang mengunjungi Kebun Raya Bogor untuk melihat kemegahan Istana Bogor. Kamu juga bisa melakukannya, indah dan gratis lagi! Bila kamu datang di saat yang tepat, pemandangannya akan semakin indah berkat bunga-bunga teratai yang mekar memenuhi kolam. Bikin hati dan mata menjadi sejuk! Jangan lupa siapkan kamera untuk berfoto ya!

9. Memuaskan mata dan perut dengan mengisi perut di Raasaa

kebun raya bogor
Image credit: raasaa. – Resto Kebun Raya

Resto Raasaa, yang berlokasi di dalam kebun raya adalah tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi. Bukan hanya aneka hidangannya yang nikmat, di Resto Raasaa kamu juga bisa menyantap makan siangmu dengan gaya piknik. Bahkan ada acara-acara di waktu tertentu misalnya Sunset di Kebun setiap hari Sabtu. Kamu pun bisa mengunjungi restoran ini di malam hari untuk memperoleh sensasi makan di tengah kebun yang berbeda. Acara istimewa seperti makan malam romantis juga cocok untuk dilakukan di sini, lho!

10. Mengadakan acara khusus atau seminar di tengah asrinya kebun

Image credit: Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor tidak hanya asyik untuk lokasi jalan-jalan di akhir pekan. Di sini pun terdapat tempat-tempat yang bisa disewa untuk kebutuhan mengadakan seminar atau jika kamu mempunyai acara khusus yang ingin dirayakan. Pilih tempat-tempat seperti Auditorium Rafflesia, Cappelen Avenue, Otto Avenue dan masih banyak lagi. Kamu dapat memilih lokasi dengan luas area dan fasilitas yang paling cocok untuk kebutuhanmu. Pasti seru berkegiatan di tengah hijaunya taman seperti ini!

11. Menjelajahi Kebun Raya Bogor di malam hari

Image credit: Naples Botanical

Kebun Raya Bogor hanya cantik di siang hari? Jangan salah, kini taman flora ini juga menarik untuk dikunjungi saat malam hari. Terdapat paket wisata edukatif Glow yang menawarkan perjalanan berkeliling kebun raya yang sudah diberi pencahayaan keren. Tidak hanya bagus untuk difoto, kamu juga akan mendengar narasi dan musik sepanjang perjalananmu di sini. Untuk mengikuti wisata ini, kamu bisa terlebih dahulu membeli tiketnya di sini.

Baca juga: Rekomendasi 7 Villa Di Bogor Dengan Kapasitas Besar Dan Fasilitas Keren

Dari dulu hingga sekarang, Kebun Raya Bogor selalu punya hal-hal menarik untuk dinikmati. Berminat untuk menghabiskan akhir pekan ini di sini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru