15 Destinasi Wisata Di Korea Selatan Yang Harus Dikunjungi Fans BTS

Ada banyak hal mengapa Korea Selatan selalu menjadi tujuan favorit para wisatawan. Mulai dari wisata, kuliner, budaya, hingga dunia hiburan seperti K-Pop dan drama Korea bikin siapapun penasaran untuk pergi ke sana.

Sejak K-Pop semakin mendunia, salah satu boygroup yang kini sedang naik daun yaitu BTS juga turut memperkenalkan wisata Korea dari berbagai tempat baik dari lokasi syuting music video hingga variety show mereka. Para Army, sebutan untuk fans BTS tentu saja banyak yang memimpikan untuk bisa berlibur ke berbagai tempat wisata yang pernah dikunjungi oleh para idola mereka di Korea Selatan. Jika kamu mejadi bagian Army, maka rekomendasi wisata ini akan membantu liburanmu di Negeri Ginseng.

1. Hyangho Beach, berpose di bust stop yang ikonik

Wisata Korea BTS - Hyangho Beach
Image credit: via Koreaboo

Jika pantai identik dengan pasir dan ombaknya, maka lain dengan Hyangho Beach. Pantai ini justru terkenal berkat halte bus ikonik yang dijadikan lokasi syuting music video BTS untuk album “You Never Walk Alone.”

Menariknya halte ini bukanlah halte sungguhan namun dibuat untuk keperluan syuting saja namun semakin meningkatnya popularitas BTS, maka pemerintah setempat membuat ulang replika halte lengkap.

Lokasi: Hyangho-ri, Jumunjin-eup, Gangneung-si, Gangwon-do, Korea Selatan

2. Yongin Dae Jang Geum Park, lokasi syuting MV Daechwita

Wisata Korea BTS - Yongin Dae Jang Geum Park
Image credit: Youtube HYBE LABELS

Image credit: tawatchaiprakobkit via Canva Pro

Selain aktif merilis lagu baru secara grup, para member BTS juga memiliki karir solo dengan lagu-lagu yang tak kalah populer. Salah satu rapper terbaik mereka yaitu Suga menampilkan keindahan lokasi bersejarah Yongin Dae Jang Geum Park dalam music video berjudul Daechwita.

Selain melihat lokasi syuting idolamu, kamu juga dapat melihat bagaimana bangunan dan rumah Korea tempo dulu. Agar fotomu semakin bagus, berkelilinglah dengan kostum kerajaan yang bisa kamu sewa.

Lokasi: 778-1 Yongcheon-ri, Baegam-myeon, Cheoin-gu, Yongin-si, Gyeonggi-do, Korea Selatan

3. Maengbang Beach, surga berjemur dengan penuh gaya

Wisata Korea BTS - Maengbang Beach
Image credit: HYBE

Salah satu lagu berbahasa Inggris yang dimiliki oleh BTS adalah Butter yang sukses di chart domestik dan internasional. Saat perilisan lagu ini, para member BTS melakukan pemotretan di Maengbang Beach.

Berkat foto rebahan mereka di atas kursi pantai biru dan di bawah payung oranye, Pantai Maengbang langsung diserbu para fans BTS. Sebelumnya pantai ini menjadi salah satu wisata pantai tersepi di Korea Selatan, namun kini hampir ratusan orang datang untuk berfoto seperti idola mereka.

Lokasi: Samcheok, Gangwon, Korea Selatan

4. Camellia Hill Botanical Garden, menengok keindahan Jeju tanpa Visa

Wisata Korea BTS - Camellia Hill Botanical Garden Jeju
Image credit: @bts.bighitofficial (kiri), @camelliahilljeju (kanan)

Terletak di Pulau Jeju, Camellia Hill Botanical Garden ini bisa kamu kunjungi tanpa Visa. Berkat keindahan alamnya yang luar biasa, Jin BTS menggunakan tempat ini sebagai lokasi pemotretan untuk poster album Love Yourself: Her. Sebelum berfoto kamu bisa membeli bunga terlebih dahulu dan berfoto dengan pose seperti Jin.

Lokasi: 166 Byeongang-ro, Andeok-myeon, Seogwipo-si, Pulau Jeju, Korea Selatan

5. Achasan Mountain, tempat terbaik untuk melihat matahari terbit

Wisata Korea BTS - Achasan Mountain
Image credit: Official Website SEOUL METROPOLITAN GOVERNMENT

Dalam program Run! BTS, terdapat scene dimana V dan RM mendapat hukuman untuk mendaki Gunung Achasan. Dengan adanya hukuman tersebut, para penonton dapat melihat pemandangan dari atas gunung yang menakjubkan. Tidak heran jika tempat ini menjadi tujuan populer untuk melihat matahari terbit dan Festival Matahari Terbit. Jika ingin ke sini, siapkan tenaga dan bawa minum karena pendakian akan memakan waktu sekitar 15 menit.

Lokasi: Gwangjin-gu, Seoul / Guri-si, Gyeonggi-do

6. Yoojung Sikdang, restoran saksi sejarah perjuangan BTS

Wisata Korea BTS - Yoojung Sikdang
Image credit: @yoojungsikdang

Setelah berkeliling kota Seoul, isilah perutmu di salah satu restoran langganan member BTS saat awal debut. Tidak heran jika Yoojung Sikdang ini juga menjadi favorit para fans BTS karena menjadi tempat bersejarah bagi perjalanan karir idola mereka. Jika datang ke sini, pesan dan cicipilah menu favorit member BTS lengkap. Tak lupa, kamu juga bisa membeli souvenir bertema BTS setelah makan.

Lokasi: 14 Dosan-daero 28-gil, Gangnam-gu, Seoul, Korea Selatan

7. Hallyu K-Star Road, melihat patung-patung dari berbagai idol K-Pop terkenal

Wisata Korea BTS - Hallyu K-Star Road
Image credit: @audimarissa

Jika Amerika memiliki Hollywood Walk of Fame, maka Korea punya Hallyuu K-Star yang memanjakan para penggemar idol K-Pop. Untuk Army, kamu bisa berfoto dengan patung-patung beruang besar yang melambangkan para member BTS. Selain BTS, patung-patung dari grup K-Pop lainnya juga berdiri menjadi saksi sejarah kesuksesan idustri K-Pop di Korea dan dunia.

Lokasi: Apgujeong-ro, Gangnam-gu, Seoul,Korea Selatan

8. Dongjak Bridge atau Dongjakdaegyo, menikmati gemerlap kota Seoul di malam hari

Wisata Korea BTS - Dongjak Bridge atau Dongjakdaegyo
Image credit: @bts.bighitofficial (kiri), Reabirdna via Canva Pro

Sungai Han dikenal sebagai salah satu tempat paling romantis dan favorit untuk berkencan. Di atas sungai ini terdapat jembatan yang setiap harinya dipadati oleh kendaraan yaitu Jembatan Dongjak atau dikenal Dongjakdaegyo.

Jembatan ini juga menjadi saksi perjalanan karir BTS ketika mulai mendunia dimana dijadikan tempat pemotretan V untuk album Love Yourself: Her. Datanglah menjelang senja hingga malam untuk melihat pemandangan kota yang gemerlap.

Lokasi: 386 Ichon-dong, Yongsan-gu, Seoul, Korea Selatan

9. Mosan Aerodrome, seru-seruan di taman lapang

Wisata Korea BTS - Mosan Aerodrome
Image credit: Youtube HYBE LABELS

Dulunya merupakan landasan pacu milik Badan Pertahanan, kini Mosan Aerodome ini difungsikan sebagai taman umum yang bisa kamu kunjungi. Tempat ini pernah dijadikan lokasi syuting music video BTS berjudul EPILOGUE: Young Forever. Ajaklah temanmu untuk berposes meniru pose member BTS.

Lokasi: Mosan, Aerodrome, Chungcheongbuk-do, Korea Selatan

10. Star Avenue, melihat ukuran tangan member BTS

Wisata Korea BTS - Star Avenue, Lotte Department Store
Image credit: @geyohae

Tidak bisa menyentuh tangan idol favoritmu? Tak perlu khawatir, kamu bisa merasakan seolah-olah tanganmu menyentuh tangan idolamu di Star Avenue. Berada di Lotte Department Store, tempat ini memamerkan cap tangan para idol K-Pop terkenal seperti BTS, EXO, TWICE, dan lainnya. Tempelkan tanganmu di cap tangan member BTS, maka kamu dapat melihat seberapa besar tangan mereka.

Lokasi: 1F, Main Branch of Lotte Department Store, 30 Eulji-ro, Sogong-dong, Jung-gu, Seoul, Korea Selatan

11. HYBE Insigiht, tur museum dipandu suara RM

Wisata Korea BTS - HYBE Insigiht
Image credit: Official Website HYBE Insight

Museum ini akan menyajikan kumpulan cerita tentang musik label HYBE yang menaungi BTS. Perjalanan dan momen kejayaan artis mereka juga akan ditampilkan sehingga para pengunjung dapat merasakan kekuatan serta emosi dari musik yang diciptakan idola mereka.

“We Believe in Music” adalah konsep yang diangkat oleh museum ini dimana pengunjung akan diajak untuk menikmati musik dengan panca indra mereka.Menariknya pengunjung museum ini akan ditemani oleh leader dari tiap grup HYBE Label yang akan menjadi pemandu melalui audio, salah satunya RM BTS.

Lokasi: Hangang-daero, Yongsan-gu, Seoul,Korea Selatan

Baca juga: Museum HYBE INSIGHT Dibuka 14 Mei, RM BTS Akan Jadi Pemandunya!

12. BT21, surga belanja karakter BTS

Wisata Korea BTS - BT21
Image credit: @linefriends_store_kr

Marchandise BT21 yang memiliki karakter member BTS ini memang mudah ditemukan di Indonesia, namun tak lengkap jika kamu belum membelinya langsung di negara asalnya. Proyek kerjasama BTS dengan LINE Friends ini mudah ditemukan di berbagai flagstore mereka seperti area Hongdae, Insadong, hingga Gangnam. Di sini kamu bisa membeli berbagai official merchandise seperti tumbler, piyama, dan lainnya.

13. Metasequoia-lined Road, spot instagramable ala RM

Wisata Korea BTS - Metasequoia-lined Road
Image credit: Johnnieshin via Canva Pro

Salah satu jalan terindah di Korea Selatan ini dilihat dari gambar saja sudah membuat siapapun akan jatuh hati. Jalan dengan deretan pepohonan di sepanjang sisi kanan kiri ini daunnya akan berubah sesuai musim. Kecantikan jalan ini bahkan pernah dikunjungi dan diabadikan oleh leader BTS yaitu RM dalam sebuah foto.

Lokasi: 12 Metasekwoia-ro, Damyang-eup, Damyang-gun, Jeollanam-do, Korea Selatan

14. Giani’s Napoli, restoran pizza favorit Jin BTS

Wisata Korea BTS - Giani’s Napoli
Image credit: @gianisnapoli

Bagi pecinta pizza maka wajib mengunjungi restoran ini. Giani’s Napoli semakin dikenal karena seringkalidikunjungi oleh Jin BTS. Restoran ini menyajikan menu tradisional ala Italia seperti pizza yang dipanggang dengan kayu bakar. Datanglah ke sini karena jika beruntung kamu akan bertemu Jin BTS yang lagi mencicipi hidangan pizza.

Lokasi: 15 Dosan-daero 15-gil, Gangnam-gu, Seoul, Korea Selatan

15. Seoul Forest Woodland Playground, tempat untuk recreate foto seperti Suga

Wisata Korea BTS - Seoul Forest Woodland Playground
Image credit: @bts.bighitofficial

Jika ingin jalan-jalan santai menikmati ketenangan kota ini, maka bermainlah di taman bermain mereka. Bukan hanya jadi favorit anak-anak, Seoul Forest Woodland Playground juga seringkali didatangi oleh Army untu melihat tabung beton dimana Suga berpose dalam poster album Love Yourself: Her. Tak sulit, kamu bisa berfoto meniru gaya Suga lho!

Lokasi: 273 Ttukseom-ro, Seongsu-dong 1(il)-ga, Seongdong-gu, Seoul, Korea Selatan

Baca juga: 10 Lokasi Syuting Drama Korea Yang Harus Dikunjungi Semua Penggemar K-Drama

Itulah rekomendasi tempat wisata dan makan di Korea Selatan yang pernah dikunjungi oleh BTS baik untuk syuting maupun tempat langganan. Selain mengunjunginya, kamu juga bisa mencoba meniru pose layaknya mereka agar liburanmu menjadi lebih seru dan tak terlupakan.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru