7 Wisata Offroad Indonesia untuk Liburan yang Menantang Adrenalin

Bosan dengan liburan yang ‘begitu-begitu’ saja dan ingin melakukan sesuatu yang out of the box? Tahukah kamu bahwa ada berbagai tujuan wisata offroad Indonesia? Ya, kita patut bangga karena alam Indonesia menyediakan kesempatan untuk melakukan aktivitas wisata yang bervariasi.

Petualangan offroad mengacu pada aktivitas melalui jalanan ‘yang tidak biasa’ dengan kendaraan khusus (umumnya disebut ‘4×4 wheel drive’) seperti Jeep, Land Rover, dan sebagainya. Lintasan offroad terdiri dari jalan berbatu atau penuh lumpur; serta melewati jalur yang sempit, menanjak, dan menikung tajam; makanya perjalanan ini sangat seru dan menantang. Lebih ‘gila’ lagi, ada orang-orang yang tak gentar melakukan offroad dengan motor atau sepeda!

Kali ini, siapkan fisik yang kuat dan mental ‘berani kotor’ karena Tripzilla punya rekomendasi tujuh wisata offroad Indonesia yang akan membuat jantungmu berdetak kencang!

1. Gunung Merapi, Sleman – Yogyakarta

Image credit: @_plat_ag

Wisata offroad Indonesia pertama yang sudah lumayan familier di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara adalah Taman Nasional Gunung Merapi. Wisata offroad ini biasanya disebut dengan ‘Merapi Lava Tour’ karena rutenya melalui jalur lahar dari Gunung Merapi. Ada beberapa rute yang bisa kamu pilih sesuai ‘keberanianmu’. Sebagai contoh, rute pendek berdurasi sekitar 1-2 jam meliputi tujuan: Museum Sisa Hartaku, Batu Alien, dan Bunker Kaliadem.

Image credit: @kristianadelmund

Rute terpanjang biasanya ditempuh dalam waktu 4-5 jam. Selain melewati sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi yaitu sungai Batang, Lamat, dan Blongkeng; kamu juga akan melalui tebing-tebing berbatu dan jurang yang menganga di kiri-kananmu. Sedikit menyeramkan, tapi seru abis!

Image credit: @agusdwi181

Ingin pengalaman offroad-mu lain daripada yang lain? Ambil paket Merapi Lava Tour untuk ‘menonton’ matahari terbit yang dimulai sekitar pukul 04.30 WIB. Semakin berdebar saat menembus jalanan terjal dalam kegelapan, tetapi semua kekhawatiran hilang saat memandang fajar menyingsing!

Biaya: Mulai dari 350,000 IDR per jeep untuk rute pendek

2. Gunung Bromo, Probolinggo

Image credit: @iwannsyah

Tanpa kamu sadari, kamu sudah ‘berkenalan’ dengan wisata offroad Indonesia saat mengunjungi Taman Nasional Gunung Bromo. Ya, memang kebanyakan wisatawan datang ke Gunung Bromo dengan jeep karena medannya yang sulit untuk dilalui kendaraan biasa.

Image credit: @fendik_boim

Tanjakan yang curam saja sudah cukup membuatmu keder, apalagi ketika jeep yang kamu naiki berpapasan dengan jeep lainnya dari arah berlawanan. ‘Deg-deg serrr’, begitu kata orang Jawa Timur. Akan tetapi, situasi itu tidak membuat pecinta wisata petualangan gentar. Bahkan, sebagian orang berani membawa motor untuk menerjang ‘lautan’ pasir di kaki Gunung Bromo!

Image credit: @enduro.perancis

Panorama Gunung Bromo memang sangat mengagumkan, apalagi jika kamu bisa menemukan spot bagus untuk berfoto atau sekadar duduk-duduk menikmati pemandangan. Penggemar olahraga sepeda gunung tak ingin ikut ketinggalan melintasi jalur ‘pendakian’ yang terdiri dari hutan dan kebun milik warga. Sanggup mengikuti jejak mereka?

Biaya: Mulai dari 450,000 IDR per jeep

Baca Juga: 6 Hotel Di Bromo Dengan View Yang Mengesankan

3. Gunung Kelud, Kediri

Image credit: @wisatakabupatenkediri

Baru-baru ini, My Trip My Adventure melakukan syuting di rute offroad menuju Gunung Kelud. Trayek sepanjang 8 hingga 16 kilometer ini akan membawamu ke jalanan berbatu yang ambles di kiri-kanan, serta tanjakan curam, hingga sampai di lokasi puncak yaitu bibir kawah Gunung Kelud.

Image credit: @virgomoto

Sementara itu, bagi masyarakat lokal, Gunung Kelud sudah dikenal sebagai arena wisata offroad. Undak-undakan pasir dimanfaatkan para pemuda untuk balapan motor trail. Bahkan menonton saja sudah bikin jantung berdebar tak karuan, apalagi mengendarainya. Penasaran?

Biaya: Mulai dari 275,000 IDR per jeep

Baca Juga: Tidak Kalah Dari Malang, 12 Destinasi Wisata Di Kediri Ini Wajib Kamu Kunjungi

4. Cikole, Lembang – Kabupaten Bandung Barat

Image credit: @jasawisatatour

Kamu akan merasa berada di ‘dunia lain’ ketika berada di wisata offroad Indonesia yang satu ini. Meskipun terletak tidak jauh dari perkotaan, lintasannya terdiri dari jalanan berlumpur dan tebing batu. Didukung dengan hutan pinus di sepanjang jalur yang kamu lewati, liburan kali ini benar-benar akan membuatmu berdekatan dengan alam.

Image credit: @thesasonosfam

Jangan khawatir, kawasan Cikole ini family-friendly kok. Banyak anak-anak ikut serta pada rute pendek, dan setelah ber-offroad, mereka bisa berlarian di tanah lapang sekitar hutan pinus. Cocok untuk liburan keluarga!

Biaya: Mulai dari 350,000 IDR per orang

5. Bali

Image credit: @balijeepadventure

Aktivitas wisata di Bali yang menantang adrenalin memang cukup beragam. Untuk wisata offroad, ada banyak rute yang tersedia. Sebagai contoh, rute pesisir timur Bali yang melewati desa, lembah, dan perkebunan salak; atau rute safari Bali Barat dengan pemandangan pantai dan sabana.

Image credit: @balijeepadventure

Jika kamu memilih rute pesisir timur, pada akhir perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan Gunung Agung yang memukau. Selain itu, ada juga rute pendakian Gunung Batur sehingga kamu tidak perlu repot berjalan kaki. Sensasinya berbeda!

Biaya: Mulai dari 800,000 per orang

6. Kasepuhan Ciptagelar, Sukabumi

Image credit: @ikimangkey

Kasepuhan Ciptagelar adalah sebuah desa adat di kaki Gunung Halimun yang hijau dan asri. Para warga masih mempertahankan bentuk rumah tradisional yang unik sehingga menjadi pesona wisata tersendiri. Bahkan, kamu bisa menginap di rumah tersebut lho!

Image credit: @dwiutomoadinegoro

Kondisi jalan raya dari Pantai Pelabuhan Ratu ke daerah ini memang belum diaspal. Makanya, komunitas motor trail atau pemilik mobil four-wheels drive gemar mencari tantangan dengan melewati jalur ini. Sebelum mencapai persawahan yang indah, kamu harus terlebih dahulu melalui hutan dan jembatan yang dibuat sekadarnya. Seru!

Biaya: Mulai dari 750,000 IDR per orang (termasuk Paket Wisata ke Kasepuhan Ciptagelar)

7. Jeep Station Indonesia Resort, Bogor

Image credit: @jsiresort

Berada di tengah resor seluas 32 hektar di kawasan Megamendung, Bogor; wisata offroad Indonesia satu ini istimewa! Terdapat lintasan yang dibuat khusus untuk penggemar offroad lengkap dengan halang rintang, atau rute alam yang melintasi hutan.

Image credit: @jsiresort

Kendaraan yang disediakan di Jeep Station Indonesia Resort juga bermacam-macam, dari mulai ‘Jimny’, Land Cruiser, ATV, hingga ‘boogie’ UTV untuk anak-anak. Liburan keluarga dengan berwisata offroad, sepertinya ide bagus.

Image credit: @jsiresort

Sesudah berpetualang hingga lelah, kamu juga bisa beristirahat di akomodasi yang telah tersedia. Ada penginapan dengan konsep ‘glamping’, hingga vila dengan kolam renang pribadi! Kamu mau pilih yang mana, nih?

Biaya: Mulai dari 500,000 IDR per orang (paket wisata, belum termasuk penginapan)

Baca Juga: Rekomendasi 10 Gunung Untuk Pendaki Pemula Di Indonesia

Kalau buatmu liburan adalah bersantai, coba sesekali lakukan sesuatu yang baru seperti menyambangi wisata offroad Indonesia. Siapa tahu, konsepmu tentang liburan berubah dan kamu jadi ketagihan untuk melakukan wisata yang menantang adrenalin! Berani terima tantangan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru