13 Aktivitas Wisata Sentul untuk Akhir Pekan yang Menyenangkan

Ada beragam aktivitas wisata Sentul yang bisa kamu lakukan di akhir pekan tanpa harus bepergian jauh dari Jakarta. Sentul, sebuah kawasan ‘kota pegunungan’ yang berada di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, telah menjadi salah satu ‘primadona’ dalam urusan hunian. Terletak di sebelah timur Kota Bogor, daerah ini berkembang pesat sehingga tentu saja atraksi wisatanya juga semakin bervariasi.

Meskipun dikenal sebagai permukiman, tetapi area Sentul punya destinasi wisata alam yang indah. Ada juga atraksi wisata buatan yang seru dan cocok untuk weekend getaway. Berikut 13 aktivitas wisata Sentul rekomendasi Tripzilla.

1. Melakukan Pemotretan Prewedding di Hutan Pinus Gunung Pancar

Image credit: @wakkafoto

Aktivitas wisata Sentul yang tak boleh kamu lewatkan adalah berkunjung ke sini. Kawasan wisata Gunung Pancar yang terletak di ketinggian 300-800 mdpl, pas untuk didatangi pada pagi hari karena udaranya lumayan sejuk. Semisal kamu ingin mengabadikan kenangan di antara pepohonan pinus yang menjulang, mengapa tidak sekalian melakukan pemotretan?

Image credit: @joemartiar.photo

Tempat ini memang masih booming sebagai destinasi foto prewedding yang lumayan terjangkau, baik dari segi jarak maupun biaya. Siapa bilang foto prewedding harus mewah atau mentereng? Jangan lupa mengenakan baju yang senada dan membawa ‘printilan’ yang manis untuk menunjang fotomu.

Lokasi: Ciburial, Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor
Harga Tiket Masuk: 5,000 IDR per orang (hari kerja); 7,500 IDR per orang (akhir pekan/hari libur nasional)
Biaya Prewedding: 750,000 per sesi (hanya tempat)

Baca Juga: 10 Destinasi Foto Prewedding Di Indonesia Yang Keren Dan Romantis

2. Berenang di Curug Leuwi Hejo

Image credit: @en.pamey

Bogor dan sekitarnya merupakan surga bagi pecinta air terjun atau ‘curug’. Ada banyak sekali curug tersebar di pelosok Bogor dengan ‘spesialisasinya’ masing-masing. Yang pertama dan utama, kamu harus mengunjungi Curug Leuwi Hejo yang airnya berwarna kehijauan.

Image credit: @ihsan_ggmu

Air yang jernih, arus yang tidak terlalu kencang, dan ‘kolam’ alami yang cukup luas membuat tempat ini terkenal di kalangan traveler muda. Karena kamu harus berjalan kaki sekitar 1 km dari tempat parkir, pastikan kamu cukup lama berenang di sini, ya! Biar puas!

Lokasi: Cibadak, Sukamakmur, Bogor
Harga Tiket Masuk: 10,000 IDR

3. Berwisata Air di Curug Bidadari

Image credit: @unboxing_indonesia

Kalau air terjun satu ini, luar biasa karena tingginya mencapai 50 meter. Untuk memudahkan pengunjung, maka pengelola swasta berinisiatif untuk membuat kolam renang dengan air yang berasal langsung dari air terjun tersebut.

Image credit: @efriliagrace

Aktivitas wisata Sentul yang bisa kamu lakukan di tempat yang lebih dikenal dengan nama Sentul Paradise Park ini, antara lain berenang, flying fox, atau mendayung perahu. Ada juga spot untuk berfoto.

Lokasi: Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Bogor
Harga Tiket Masuk: 40,000 IDR (hari kerja); 50,000 IDR (akhir pekan/hari libur nasional)

4. Seru-seruan di JungleLand Sentul

Image credit: @jungleland_indo

JungleLand menyimpan segudang aktivitas wisata Sentul yang kamu butuhkan untuk melepas kepenatan karena bekerja selama seminggu. Tak kurang dari 40 wahana permainan yang bisa kamu nikmati, beberapa di antaranya akan menantang adrenalinmu! Penasaran?

Image credit: @jungleland_indo

Dari mulai arena permainan untuk anak-anak sampai dewasa, ada semua di sini. Ada juga anjungan foto yang tersembunyi yang bikin perburuan fotomu semakin semarak. Dikelilingi pohon dan suasana yang teduh, tetap nyaman walaupun bermain seharian!

Harga Tiket Masuk: 165,000 IDR (hari kerja), 220,000 IDR (akhir pekan), 250,000 IDR (high season)

5. Wisata Kuliner di Ah Poong

Image credit: @ahpoongfoodmarket

Berenang, sudah. Bermain, sudah. Kalau kelaparan, langsung saja ke Ah Poong Food Market. Konon, hanya ada dua kesan terhadap makanan di sini: enak dan enak banget. Siap-siap bingung memilih ya, karena tersedia puluhan menu – dari mulai nasi timbel, nasi kebuli, bakso Malang, sop buntut, sop konro, sampai rujak ulek! Belum lagi aneka minuman dingin khas daerah-daerah di Indonesia.

Image credit: @kys315win

Perut kenyang, jalan-jalan dulu sembari memikirkan aktivitas wisata Sentul berikutnya. Ada ‘spot selfie’ dan wahana permainan seperti perahu dayung dan panahan. Adik atau keponakanmu juga bisa menaiki kuda poni. Ide liburan keluarga yang menarik, kan?

Lokasi: Jalan MH Thamrin Kav 8, Sukaraja, Cipambuan, Kec. Babakan Madang, Bogor
Harga Tiket Masuk: 10,000 IDR per orang

6. Menjelajahi Goa Agung Garunggang

Image credit: @evelinenata

Berani berpetualang menyusuri gua? Aktivitas wisata Sentul berikutnya yang harus ada di daftarmu adalah menyelami Gua Agung Garunggang. Tempat ini merupakan objek wisata yang tergolong baru karena baru dikenal oleh publik sekitar tahun 2014. Siapkan energi karena untuk mencapai mulut gua kamu harus melakukan trekking dan medannya lumayan sulit. Tapi, pengalaman menyusuri destinasi wisata Sentul yang masih alami ini dijamin worthy, kok.

Image credit: @lianasofiani

Hingga saat ini, belum ada tiket masuk yang ditetapkan karena lokasinya masih dibiarkan begitu saja. Namun begitu, sekelompok warga lokal siap menjadi pemandu karena mereka sudah hafal seluk-beluk gua. Di ujung jalan, kamu akan menemukan ‘air terjun mini’ yang merupakan sungai yang menembus lempengan gua. Indah!

Lokasi: Jl. PTP Terusan, Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor
Harga Tiket Masuk: Gratis (donasi seikhlasnya untuk pemandu)

7. Bermain Air di Curug Putri Kencana

Image credit: @alineka_christie

Curug lainnya yang harus kamu datangi adalah Curug Putri Kencana. Airnya juga bening dan kehijauan, sangat menggoda untuk menceburkan diri di sini. Namun, kolamnya agak berbatu sehingga kamu harus berhati-hati jika hendak berendam, ya!

Image credit: @audreyfwijaya

Masih di kawasan yang sama, ada area berkemah dimana kamu bisa mendirikan tendamu dan menginap. Ingin merasakan sensasi mandi di pemandian alami pada pagi hari? Segera kumpulkan squad-mu dan berangkat!

Lokasi: Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor
Harga Tiket Masuk: 15,000 IDR

8. Outbound di Taman Budaya

Image credit: @tamanbudaya_id

Belum capek juga? Nih, lakukan berbagai aktivitas wisata Sentul di Taman Budaya. Tempat ini menyediakan program yang bervariasi baik untuk anak-anak, remaja, maupun dewasa; yang diberi sebutan Recreation Program, Education Program, dan Development Program. Paling pas kalau kamu ambil paket berkemah yang sudah termasuk menjajal wahana halang rintang (‘Adults High Ropes’). Melewati lintasan setinggi 6-10 meter di atas tanah, bulu kudukmu seakan berdiri!

Image credit: @tamanbudaya_id

Tempat rekreasi seluas 6 hektar ini memang menyediakan ragam aktivitas yang akan meningkatkan keakraban di antara anggota keluarga atau karyawan di kantor. Selain itu, suasananya asri karena dilingkupi pepohonan dan rerumputan. Wajar jika perusahaan berbondong-bondong membawa karyawannya refreshing di sini.

Lokasi: Jalan Siliwangi No.1, Sumur Batu, Kecamatan Babakan Madang, Bogor
Harga Tiket Masuk: Tidak ada, langsung membayar paket program yang dipilih – mulai dari 330,000 IDR per orang (untuk Recreation Program: Fun Games).

9. ‘Staycation’ di Edensor Hills

Image credit: @delviyenty (kiri & kanan)

Berencana berwisata di Sentul dan sekitarnya sepanjang akhir pekan? Cobalah menginap di Edensor Hills Villa, Resort & Cafe. Berhias pemandangan alam dan arsitektur ala Eropa, tempat ini bisa menjadi alternatif untukmu yang ingin beristirahat dengan tenang.

Image credit: Agoda

Kamu juga bisa mampir dan berfoto di sudut-sudut yang instagrammable. Maklum, tempat ini juga merupakan kafe dan restoran yang menyajikan menu Asia dan Internasional. Kencan malam minggu yang spesial di sini, boleh dong.

Lokasi: Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Bogor
Menginap: Mulai dari 1,466,830 IDR per malam
Harga Makanan dan Minuman: Mulai dari 50,000 IDR per orang

10. Olahraga Trail di Bukit Hambalang

Image credit: @iam_deena

Penggemar olahraga trail, baik lari, bersepeda, maupun bersepeda-motor harus mampir kawasan ini. Tidak hanya menyegarkan mata, kamu pasti ingin menaklukkan lintasan Bukit Hambalang yang menanjak,tidak landai, serta diramaikan dengan pepohonan atau rerumputan sepanjang jalan.

Image credit: @timeisrelax_official

Untuk aktivitas wisata Sentul yang lebih santai, berkemah saja di Villa Bukit Hambalang atau Hambalang Park. Wahana agrowisata ini sudah berdiri sejak tahun 1972 dan memiliki fasilitas seperti flying fox, playground, dan kolam renang.

Lokasi: Hambalang, Kecamatan Citeureup, Bogor

11. Berinteraksi dengan Alam di Sentulfresh

Image credit: @sentulfresh

Tinggal di kota besar mungkin membuat adik-adik atau keponakanmu tidak gemar berinteraksi dengan hewan. Sentulfresh adalah objek wisata edukasi sekolah dimana anak-anak usia TK atau SD dapat berdekatan dengan hewan seperti sapi, kelinci, ikan, rusa, dan lain-lain. Bahkan, mereka akan diajarkan untuk memerah dan melihat pemrosesan susu sapi! Sebuah pengalaman yang unik, kan?

Image credit: @sentulfresh

Berjarak hanya 5 menit dari pintu keluar tol Sentul Selatan, Sentulfresh dapat menampung hingga 450 orang dalam sehari dan dapat ditutup untuk field trip. Terdapat lebih dari 20 kolam ikan dan 100-an ekor sapi, sehingga bisa dibayangkan betapa gembiranya anak-anak bermain sambil belajar di sini.

Lokasi: Kampung Cijulang, RT.03/RW.03, Cadas Ngampar, Kecamatan Sukaraja, Bogor
Harga Tiket Masuk: 200,000 IDR untuk paket edukasi keluarga maksimal 4 orang

12. Wisata Kuliner (Lagi) di Kampoeng Koneng

Image credit: @tasyamon

Makan lagi, mengapa tidak? Apalagi jika kamu makan di saung-saung dengan pemandangan taman, yang disinyalir terinspirasi dari pedesaan di Jepang. Wah, pasti menambah nafsu makan dan bersantai jadi semakin asyik.

Image credit: @princess_mimi1409 (kiri); @harbrianto (kanan)

Jika cuaca sedang bagus, kamu akan bisa menatap panorama Gunung Pancar, Gunung Gede-Pangrango, dan Gunung Salak di sekeliling restoran. Dengan luas hampir 2,000 meter persegi; tak perlu khawatir jika ingin mengajak keluarga besar makan siang di sini.

Lokasi: Jalan Raya Tapos, RT.03/RW.04, Sentul Selatan, Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Bogor
Harga Makanan dan Minuman: Sekitar 50,000 – 100,000 IDR per orang

13. Menceburkan Diri di Curug Hordeng

Image credit: @radenjetli

Menutup daftar aktivitas wisata Sentul, kamu mungkin perlu berendam di ‘kolam renang’ alami sekali lagi. Apalagi di sini tidak hanya ada satu curug, tapi banyak! Curug Hordeng, Curug Kembar, dan Curug Ciburial berada di satu kawasan yang bisa dicapai dengan jalan kaki.

Image credit: @novitasary1953

Tempat paling aman untuk bermain air dari ketiga curug ini memang Curug Hordeng, karena arus air terjun Curug Kembar lumayan deras dan kolam di Curug Ciburial sangat dalam (4-5 meter). Tapi, kalau kamu punya waktu lebih, tidak ada salahnya trekking di sini. Pikiran jadi segar dan siap kerja lagi!

Lokasi: Jalan Gunungwangun, Cibadak, Sukamakmur, Bogor
Harga Tiket Masuk: 17,500 IDR

Baca Juga: 7 Penginapan Murah Di Bogor Dengan Pemandangan Alam Keren Di Bawah 500 Ribu

Sekarang, kamu sudah tahu kalau ada 13 aktivitas wisata Sentul. Segera pilih destinasi yang ingin kamu kunjungi, dan ajak sebanyak-banyaknya teman agar perjalananmu semakin seru!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru