Panduan Liburan Ke Austria Ramah Muslim Untuk Semua Tipe Traveler

Sebagai destinasi impian yang memiliki segudang pengalaman yang tak terlupakan, Austria menawarkan ke semua traveler di luar sana liburan Eropa bernuansa klasik. Bagaimana bisa, tidak ada traveler yang bisa menolak atraksi wisata Austria yang mempesona, penghargaan terhadap sejarah, warisan budaya yang kaya yang penuh dengan musik, seni, dan arsitektur, serta keindahan alam yang luar biasa dengan danau-danau yang masih asli, gua-gua dunia lain, dan puncak-puncak megah yang tetap berselimut salju sepanjang tahun. wisata ramah muslim Austria

Dengan banyak tempat menarik dan wisata yang tak terlupakan, Austria menyambut hangat semua traveler, terutama wisatawan Muslim. Mungkin tidak terlalu kentara, Austria sebenarnya adalah tujuan Eropa terbaik bagi wisatawan Muslim, berkat kenyamanan yang telah disiapkan untuk traveler Muslim; dan ini adalah sesuatu yang harus diketahui orang Indonesia, karena negara kita memiliki populasi Muslim terbesar di dunia.

Saat ini di Austria, ada banyak pilihan tempat dan akomodasi wisata ramah Muslim, fasilitas ibadah, dan kuliner dengan label halal, yang memungkinkan setiap Muslim mendapatkan pengalaman berwisata yang sama tanpa harus mengabaikan syariah yang disyaratkan. Untuk memudahkan traveler muslim yang berlibur di Austria, berikut panduan wisata ramah muslim Austria, terutama untuk kawasan Vienna, Innsbruck, dan Salzburg.

Baca juga: Hanya di Austria: 12 Hal Menarik Yang Menjadikan Negara Di Eropa Ini Menjadi Destinasi Yang Harus Dikunjungi

Vienna

wisata ramah muslim austria
Ringstreet Vienna | Image credit: Wien-Tourismus, Christian Stemper

Vienna, “The City of Music!” Ibu kota Austria ini menarik banyak wisatawan dari seluruh penjuru dunia karena pesona barok berpadu modern, tradisi musik klasik yang tak lekang oleh masa, dan kafe yang penuh warna dan budaya.

Mungkin reputasi Vienna sebagai tujuan wisata populer ada kaitannya dengan fakta bahwa kota ini memiliki istana yang mengesankan, beberapa museum terbaik dunia, U-Bahn, dan banyak teater megah. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menemukan kincir ria tertua di dunia! Tentunya itu hanyalah sebagian kecil dari banyak hal menarik lainnya. Ada lebih banyak destinasi wisata di Vienna yang menunggu untuk diungkap selama perjalanan kamu ke Austria.

Destinasi yang bisa dikunjungi di Vienna

Kunsthistorisches Museum | Image credit: KHM-Museumsverband

Museum di Vienna

Ada banyak destinasi yang bisa dikunjungi di Vienna, Austria. Jika menginginkan liburan bertema sejarah dan budaya, kamu bisa masuk ke beberapa museum menarik, seperti Kunsthistorisches Museum, yang tidak hanya memiliki koleksi seni dari seniman kelas dunia seperti Canaletto, van Dyck, dan Rubens, tapi juga arsitektur dan interior yang memesona. Perpaduan interior granit, marmer, dan plesteran yang dihiasi mural Gustav Klimt dan Hans Makart menghadirkan suatu karya seni yang mengesankan.

Museum lain yang sama mengesankannya adalah Albertina, rumah bagi beberapa koleksi seni terbaik, termasuk sketsa dan gambar karya Albrecht Dürer, tak terkecuali lukisannya yang terkenal “Young Hare” yang karena mudah rusak, hanya dipamerkan sekali setiap satu dekade dan diganti dengan tiruannya.

Naturhistorisches Museum, atau lebih dikenal sebagai Natural History Museum, juga memiliki pajangan yang mengesankan, seperti patung Venus of Willendorf, sejumlah kerangka dinosaurus, dan koleksi meteorit tertua dan terbesar di dunia. Leopold Museum, Haus der Musik, adalah beberapa museum lain yang wajib masuk dalam itinerary perjalanan kamu di Vienna.

Image credit: everin Wurnig

Istana-istana di Vienna

Istana mungkin merupakan perwujudan dari kemegahan kerajaan Austria. Yang paling menyita perhatian, Schönbrunn Palace. Istana dengan 1,441 kamar ini merupakan keajaiban arsitektur dan merupakan salah satu monumen budaya dan sejarah paling menonjol di Austria. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Privy Garden, Orangery Garden, Maze, and The Zoo, Palm House, dan juga Desert House!

Hofburg Palace, pun dikenal sebagai Istana Kekaisaran, juga wajib dikunjungi karena merupakan kediaman keluarga kerajaan. Saat ini, istana tersebut dijadikan kantor Presiden Austria, dan juga merupakan objek wisata yang terkenal. Ikuti tur yang ditawarkan agar kamu tidak melewatkan kesempatan melihat Sisi Museum, Imperial Treasury, dan Imperial Apartments.

Istana lainnya, Belvedere Palace adalah istana yang pas dikunjungi para pecinta seni, yang tertarik melakukan perjalanan melihat koleksi seni yang ada di istana ini dari dekat, termasuk karya seni dari Abad Pertengahan hingga saat ini dan menampung koleksi terbesar seniman terkenal Austria Gustav Klimt. Sebelum berkunjung, pastikan kamu memiliki tiket masuk. Kami sangat menyarankan mengikuti tur berpemandu untuk mendapatkan pengalaman terbaik.

wisata ramah muslim austria
The Vienna Prater | Image credit: Wien Tourismus, Paul Bauer

Tempat lain yang harus dikunjungi di Vienna

Selain museum dan istana, ada banyak tujuan wisata ramah muslim Austria lain yang layak masuk dalam itinerary wisata Vienna kamu, seperti Vienna State Opera, St. Stephen’s Cathedral, Prater Wien (atau Vienna Prater), dan taman kota yang menarik, seperti Volksgarten, Burggarten, dan Stadtpark. Semua taman menawarkan kesempatan untuk kamu menikmati hijaunya kota. Selain itu, taman-taman ini bisa dicapai dengan naik kereta api dari Vienna Islamic Center.

Pilihan akomodasi di Vienna

Hotel Imperial | Image credit: Matthew Shaw

Sejumlah hotel di Vienna menawarkan layanan, fasilitas, dan perlengkapan ramah Muslim, seperti makanan halal dan kamar bebas alkohol. Beberapa rekomendasi kami adalah:

  • Hotel Imperial, yang lokasi pusatnya hanya beberapa menit berjalan kaki dari Katedral St. Stephen.
  • Ritz-Carlton Vienna, sepelemparan batu dari Stadtpark, dan Monumen Johann-Strauss.
  • Le Meridien Vienna, dekat dengan Hofburg, Albertina, Secession, Museumsquartier, pusat perbelanjaan, dan bahan-bahan makanan halal.
  • Hotel Bristol, di sebelah Vienna State Opera.
  • Austria Trend Parkhotel Schönbrunn, dekat dengan Istana Schönbrunn.
  • Hilton Vienna Danube Waterfront, yang menawarkan pemandangan Sungai Danube yang luar biasa.

Cara berkeliling Vienna

Image credit: Bernhard Luck

Penduduk lokal di Vienna memiliki sistem transportasi umum kota yang mengesankan untuk aktivitas sehari-hari, dan kamu memiliki kesempatan sempurna mendapatkan pengalaman tersebut.

Dengan menggunakan Vienna City Card, setiap traveler bisa berkeliling Vienna dengan mudah dengan harga tiket yang cukup terjangkau melalui berbagai moda transportasi umum, mulai dari 17 Euro (~261.600 IDR). Traveler hanya perlu memilih paket Vienna City Card yang diinginkan, melakukan pembayaran, dan mengaktifkan untuk mulai menggunakannya sesuai tanggal perjalanan yang ditentukan. Pembelian Vienna City Card juga dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi atau website. Selain tiket transportasi, Vienna City Card juga menawarkan diskon di banyak museum dan atraksi.

Di mana menemukan makanan halal di Vienna

Vienna adalah salah satu tujuan wisata paling ramah Muslim di Austria. Karena itu, tidak sulit mencari tempat makan ramah Muslim dan bersertifikat Halal di sini.

Lord of S – Restoran & Shisha Lounge

Image credit: Facebook Lord of S Vienna

Terletak di pusat kota Vienna, restoran ini menawarkan masakan khas Arab. Ada banyak pilihan menu menarik, mulai dari kebab dan spesialisasi panggang hingga couscous, hidangan pembuka yang menggugah selera, dan salad.

Restoran Kent

Image credit: Kent Restaurant

Kent Restaurant memiliki sejumlah gerai yang tersebar di seluruh Vienna, yang memudahkan traveler Muslim menemukan gerai yang memenuhi standar Halal. Ditambah lagi, seluruh gerai Kent Restaurant dapat dijangkau dengan mudah dengan menggunakan transportasi umum. Di sinilah Vienna City Card kamu bisa berguna!

Restoran ini menawarkan makanan khas Turki bersertifikat Halal, dengan harga yang relatif murah. Namun, perlu dicatat bahwa restoran ini juga menyajikan minuman beralkohol.

Aux Gazelle

Image credit: Wein

Restoran yang hanya berjarak tiga menit berjalan kaki dari Leopold Museum ini juga menawarkan menu halal yang fokus pada masakan bergaya Mediterania dan Austria. Selain sebagai restoran ramah Muslim yang populer di Austria, Aux Gazelles juga menawarkan layanan salon dari Salon de Beaute.

Tempat beribadah di Vienna

wisata ramah muslim austria
Image credit: IZW

Di Vienna, ada banyak tempat ibadah umat Islam yang tersebar di seluruh kota, baik berupa masjid maupun pusat kegiatan umat Islam. Salah satu masjid terbesar adalah Vienna Islamic Centre, yang berada di distrik Floridsdorf. Masjid ini dibangun dari tahun 1975 hingga 1979 dan sekarang menjadi pusat pendidikan Islam terbesar di Austria.

Selain Vienna Islamic Center, kamu juga bisa mengunjungi Masjid As-Salam Wapena, yang Indonesia banget! Masjid khusus ini didirikan oleh komunitas Muslim Indonesia yang berkembang di Vienna, yang memungkinkan kamu merasakan ibadah seperti di rumah sendiri.

Masjid lain yang bisa kamu pertimbangkan untuk lokasi ibadah kamu adalah Masjid Kuba, Masjid Schura, Masjid Hidaya, Masjid Baitul Mukarram, dan lain-lain.

Innsbruck

wisata ramah muslim austria
Image credit: Christian Vorhofer

Innsbruck adalah kota di Pegunungan Alpen, sangat populer sebagai tujuan wisata untuk semua musim dan pusat olahraga musim dingin. Bukan hanya karena alamnya yang memesona; kota Innsbruck sendiri juga menawarkan banyak keajaiban tersendiri untuk dinikmati semua wisatawan.

Terletak di lembah yang dikelilingi oleh puncak-puncak megah, Innsbruck adalah area yang sempurna untuk menemukan perpaduan nuansa perkotaan yang indah dan Pegunungan Alpen Austria yang luar biasa. Kamu bisa menjelajah jalan-jalan yang dipenuhi arsitektur barok dan Gotik di Altstadt, atau Old Town, atau mengunjungi salah satu distrik populer seperti Mariahilf atau St. Nikolaus, di mana kamu bakal menemukan banyak tempat yang memberikan gambaran indah tentang kehidupan di Innsbruck.

Destinasi yang bisa dikunjungi di Innsbruck

wisata ramah muslim austria
Image credit: Christof Lackner

Atraksi Old Town di Innsbruck

Menikmati suasana Old Town Innsbruck adalah pengalaman yang harus didapatkan. Kamu bisa berkeliling kota dengan berjalan kaki atau mengikuti tur dengan pemandu yang tersedia. Jangan lewatkan mengunjungi Goldenes Dachl atau Golden Roof, bangunan dengan atap yang berkilauan di bawah matahari Austria, berkat 2.657 ubin tembaga berlapis api yang telah ada sejak Abad Pertengahan. Kaisar Maximilian biasa menikmati pemandangan dari tempat berlapis emas ini, dan sekarang kamu juga bisa melakukannya.

Kamu juga bisa menyusuri jalan sepanjang Maria Theresien Street, mampir ke Grassmayr Bell Foundry Museum yang unik dengan koleksi loncengnya, atau menjelajah Wilten Square dan mengunjungi toko-toko lokal serta restoran ramah Muslimnya.

wisata ramah muslim austria
Hofburg | Image credit: Innsbruck-Tourismus, Christian Vorhofer

Istana di Innsbruck

Innsbruck juga memiliki sejumlah kastil dan istana dari era Renaissance, seperti Imperial Palace, Ottoburg, dan Wilten Basilica. Mengunjungi beberapa di antaranya pasti akan memberikan gambaran bagaimana bangsawan hidup di bagian Austria ini.

wisata ramah muslim austria
Image credit: Innsbruck-Tourismus, Christof Lackner

Tempat wisata alam di Innsbruck

Bisa jadi destinasi alam paling populer di Innsbruck adalah Nordkette Mountain, yang merupakan bagian dari taman nasional terbesar di Austria, Karwendel Nature Park. Di Gunung Nordkette, ada banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan. Saat musim panas, kawasan ini sangat pas untuk aktivitas hiking, bersepeda gunung, atau sekadar jalan santai menikmati pemandangan kota yang tak tertandingi di bawah. Sementara saat musim dingin, kawasan ini menghadirkan kondisi yang sempurna untuk bermain ski dan olahraga musim dingin lainnya. Yang mengesankan adalah kamu tidak perlu menempuh perjalanan panjang karena hanya butuh waktu perjalanan 20 menit dari pusat kota untuk sampai ke sisi selatan Pegunungan Karwendel.

Pilihan akomodasi di Innsbruck

Image credit: Hotel Schwarzer Adler

Traveler Muslim sebaiknya mempertimbangkan akomodasi unggulan berikut di Innsbruck:

  • Hotel Schwarzer Adler, dengan pesona sejarah dan lokasinya di pusat kota.
  • aDLERS Hotel Innsbruck, pas untuk kamu yang ingin menyaksikan pemandangan pegunungan Alpen Austria yang menakjubkan dari kamar kamu setiap hari selama menginap di Innsbruck. Tentu saja, layanan dan fasilitas hotelnya termasuk yang terbaik di Innsbruck.
  • NALA individuellhotel, yang memposisikan kamu di distrik Wilten, cukup dekat dengan atraksi dan destinasi yang wajib dikunjungi seperti Bergisel Ski Jump, Wilten Basilica, Wilten Monastery, Grassmayr Bells Museum, dan Anatomical Museum of Innsbruck.
Image credit: Florian Mitteregger

Cara berkeliling Innsbruck

Image credit: Innsbruck Info

Ada banyak moda transportasi yang bisa dipilih untuk menjelajah Innsbruck, termasuk di antaranya naik kereta gantung yang indah. Kamu bisa memaksimalkan Innsbruck Card yang bisa didapatkan mulai dari 26,50 Euro (~400,100 IDR).

Innsbruck Card menawarkan akses ke transportasi umum dan tempat-tempat wisata ramah muslim Austria tanpa harus melalui berbagai saluran pembayaran. Kamu juga memiliki kesempatan naik bus antar-jemput ke tempat-tempat yang wajib dikunjungi seperti Swarovski Crystal Worlds, yang berjarak sekitar 20 menit dari Innsbruck.

Memiliki kartu Innsbruck juga sangat mudah. Kamu bisa membeli secara online atau mendapatkannya langsung di pusat informasi, hotel, museum, dan Bandara Innsbruck.

Di mana menemukan makanan halal di Innsbruck

Sebagai salah satu tujuan wisata favorit di Austria, Innsbruck menarik perhatian banyak pengunjung Muslim. Tidak heran jika banyak restoran halal bermunculan di kawasan ini.

Pizzeria DoReMi

Image credit: Innsbruck Info

Meski lokasinya jauh dari pusat kota Innsbruck, pizza Halal dari Pizzeria DoReMi layak untuk dicoba. Restoran Italia ini terletak di Telfs, salah satu desa yang mengelilingi Innsbruck, dan dapat dicapai sekitar satu setengah jam perjalanan.

Restoran Madhuban

Image credit: Restaurant Madhuban

Ingin menikmati makanan dengan cita rasa Asia? Dari pusat kota Innsbruck, kamu cukup berjalan kaki ke Madhuban Indian Restaurant, yang berada di kawasan Templstrasse. Kamu bisa menemukan makanan khas India favorit kamu di sini.

Tempat ibadah di Innsbruck

Ada banyak tempat ibadah bagi umat Islam yang tersebar di sekitar Innsbruck. Salah satu yang populer dan menjadi daftar utama kunjungan wajib bagi wisatawan muslim dari berbagai negara adalah Islamic Center Innsbruck.

Selain Islamic Center Innsbruck, juga terdapat Masjid Penzberg dan Türkische Mosche mit Kulturzentrum yang berada di kawasan wisata dan mudah ditemukan.

Salzburg

wisata ramah muslim austria
Mirabell Palace & Gardens | Image credit: Tourismus Salzburg Gmbh/ Gunter Breitegger

Salzburg adalah kota yang populer karena banyak alasan, di antaranya mungkin sudah kamu ketahui, seperti tur Sound of Music dan Mozart, istana megah dan sisi timur pegunungan Alpen Austria, museum dan gedung konser, dan banyak lagi lainnya.

Ikuti tur ke Altstadt atau Old Town, Situs Warisan Dunia UNESCO. Di sini, kamu akan menemukan bangunan yang memberikan penghormatan tersendiri terhadap Salzburg melalui arsitektur baroknya, serta Getreidegasse, jalanan tempat belanja paling populer di kota ini.

Dikenal sebagai kota kelahiran jenius musik dunia, Wolfgang Amadeus Mozart, Salzburg menjadi surga bagi para musisi, seniman, dan artis. Selain itu, Salzburg juga menawarkan keindahan alam, dan istana megah, yang mungkin bakal membuatmu bingung harus memulai perjalanan dari mana.

Destinasi yang harus dikunjungi di Salzburg

wisata ramah muslim austria
Image credit: Tourismus Salzburg

Istana di Salzburg

Landmark ikonik dari Abad Pertengahan, Festung Hohensalzburg, merupakan salah satu destinasi wisata ramah muslim Austria yang wajib dikunjungi di Salzburg. Benteng terbesar di Eropa Tengah (dan masih dalam kondisi hampir sempurna!) ini menawarkan pemandangan pusat kota yang fantastis karena lokasinya yang berada di dataran tinggi.

Mirabell Palace & Garden juga harus masuk dalam itinerary perjalanan kamu. Kamu bisa menghabiskan seharian menjelajahi pekarangannya yang rimbun. Selain itu, Hellbrunn Castle dengan Wasserspielle atau air mancurnya yang terkenal juga sayang untuk dilewatkan.

Image credit: Tourismus Salzburg

Atraksi musik di Salzburg

Tentu saja, mengunjungi kediaman Mozart di Makartplatz harus masuk itinerary wisata kamu. Jangan lupa mampir ke tempat kelahiran legenda musik ini di Getreidegasse. Satu hal lagi yang sangat identik dengan Salzburg adalah The Sound of Music. Kamu bisa mengikuti jejak Maria von Trapp dengan mengunjungi lokasi syuting satu per satu. Jangan berhenti di situ; Salzburger Festspiele, yang dimulai pada tahun 1920, adalah festival musik terkenal yang diadakan di setiap musim panas, mementaskan opera, pertunjukan teater, dan konser. Jangan sampai terlewat menikmatinya.

Pilihan akomodasi di Salzburg

wisata ramah muslim austria
Image credit: Hotel Sacher

Layanan dan akomodasi ramah Muslim di Salzburg berlimpah. Berikut adalah rekomendasi kami:

  • Hotel Sacher Salzburg, mewah dan sangat ramah Muslim, dengan masakan Halal, kamar bebas alkohol, fasilitas untuk beribadah (seperti sajadah), dan informasi waktu sholat.
  • Sheraton Grand Salzburg, memiliki jarak yang dekat dari Mirabell Palace.
  • Hotel am Mirabellplatz, tepat di sepanjang pusat perbelanjaan yang ramai yaitu Getreidegasse. Perlu rekomendasi lebih banyak lagi?

Cara berkeliling Salzburg

Seperti halnya Innsbruck dan Vienna, ada banyak pilihan transportasi umum yang bisa membawa wisatawan dengan mudah ke tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Ada satu kartu yang bisa digunakan untuk semuanya.

Salzburg Card memudahkan setiap turis melakukan perjalanan dari satu tujuan ke tujuan lain selama di Salzburg karena berfungsi sebagai pass untuk semua moda transportasi umum utama. Selain itu, pemegang Salzburg Card juga bisa masuk ke semua museum dan tempat wisata secara gratis di pusat kota. Keuntungan lain pemegang Kartu Salzburg adalah ada harga diskon untuk acara budaya, konser, dan tujuan wisata di luar pusat kota. Beli Kartu Salzburg-mu sendiri, dengan harga mulai dari 27 Euro (~420.448 IDR).

Di mana menemukan makanan halal di Salzburg

Turis Muslim dapat mengisi ulang tenaga dan menikmati makanan halal di restoran Salzburg ini.

Ristorante Beccofino

Image credit: Facebook Ristorante Beccofino

Masakan Italia dengan konsep halal, itulah yang bisa kamu harapkan dari Ristorante Beccofino. Ada banyak menu pilihan, mulai dari pizza, pasta, dan makanan pembuka Italia lainnya. Lokasi restoran ini juga dekat dengan pusat kota sehingga kamu tidak perlu bingung untuk menemukannya.

Taj Mahal

Image credit: Facebook Taj Mahal

Restoran yang menawarkan menu makanan khas India, yang lokasinya tepat di pusat kota. Jika kamu ingin makan kari selama berada di Salzburg, kamu sudah tahu ke mana harus pergi.

Würstelstand

Sosis adalah makanan khas di banyak kota Austria dan kios yang menawarkannya juga sangat populer di kalangan penduduk setempat. Di Salzburg, kamu bisa menemukan Würstelstand Halal di area alun-alun Mirabel, di awal jalan Franz Josef. Mengapa memilih warung sosis khusus ini? Karena mereka menyajikan daging olahan halal — cocok untuk wisatawan Muslim yang ingin mencicipi suguhan lokal.

Tempat ibadah di Salzburg

Ada banyak pilihan tempat ibadah umat Islam di Salzburg, beberapa di antaranya dekat dengan destinasi wisata populer. Salzburg Prayer Room dan Salzburg Moschee (Masjid) adalah di antaranya. Ada juga Islamic Cultural Association dan Turkish Mosque Salzburg, yang terletak berdekatan satu sama lain.

Selain itu ada juga The South Asian Islamic Cultural Association. Tidak hanya menjadi tempat ibadah, tempat ini juga menjadi lembaga belajar dan lokasi terbaik mengetahui lebih banyak tentang Islam, sekaligus ruang bagi komunitas Asia Tenggara di Austria untuk berkumpul.

Aplikasi yang harus kamu pasang saat di Austria

Seperti yang kita semua tahu, mengunjungi negara lain bisa sangat merepotkan. Tetapi dengan alat yang tepat, kamu bisa mendapatkan kemudahan saat melakukan perjalanan di Austria. Sangat penting untuk memilih aplikasi yang akan membuat perencanaan perjalanan dan berkeliling lebih mudah, baik saat berada di Vienna, Innsbruck, atau Salzburg.

iAustria Travel Guide

Aplikasi ini menyediakan banyak informasi yang dibutuhkan tentang Austria dan destinasi utamanya, termasuk memberikan informasi cuaca, acara yang akan berlangsung, dan peta. Kamu bisa mengunduhnya di App Store atau Play Store.

Master Order

Master Order akan membantu kamu mengetahui situasi kuliner Austria. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang dapat menyaring kategori makanan yang ingin dinikmati, termasuk tempat makan yang memenuhi standar halal. Kamu bisa mengunduhnya di App Store atau Play Store.

iSKI Austria

Aplikasi ini berguna jika kamu tertarik menjalani liburan musim dingin di Austria. iSKI Austria menyimpan banyak informasi tentang resor ski di Austria, seperti Obertauern, Ischgl, Serfaus-Fiss-Ladis, Saalbach Hinterglemm, dan Arlberg. Kamu bisa mengunduhnya di App Store atau Play Store.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Kami Selalu Menantikan Liburan Ke Austria Dan Mengapa Kamu Juga Harus Melakukannya

Kami berharap panduan perjalanan wisata ramah Muslim Austria ini membuat perjalanan kamu ke Vienna, Salzburg, atau Innsbruck lebih mudah. Austria selalu menjadi salah satu destinasi paling mengesankan untuk dikunjungi di Eropa. Jadi jangan lewatkan kesempatan liburan ke Austria.


Dipersembahkan oleh Austrian National Tourist Office (ANTO).

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru