Setelah Lion Air Dan Wings Air, Bagasi Gratis Citilink Juga Ditiadakan

Maskapai Citilink mengikuti jejak Lion Air, Wings Air dan Air Asia dengan tidak lagi memberikan fasilitas bagasi gratis bagi penumpangnya untuk rute domestik.

Perubahan kebijakan fasilitas bagasi gratis Citilink ini pertama kali diketahui setelah beredar surat edaran dari maskapai Citilink ke sejumlah agen perjalanan di Indonesia, yang menyebutkan bahwa pembelian tiket mulai 12 Januari 2019 tidak lagi berlaku pembebasan biaya bagasi (FBA) untuk penumpang rute domestik. Sementara bagi penumpang rute internasional tetap berlaku dengan ketentuan yang ada.

Aturan ini tidak berlaku bagi tiket yang sudah dibeli sebelum 12 Januari 2019. Selain itu, pelanggan Citilink yang juga memiliki keanggotaan Supergreen dan Garudamiles, dan terdaftar pada sistem akan tetap mendapatkan jatah bagasi gratis sebesar 10 kilogram.

Perubahan kebijakan terkait bagasi gratis Citilink tersebut kemudian dikonfirmasi oleh Amalia Yaksa, Pjs. VP Sales & Distribution PT Citilink Indonesia di Jakarta. Menurutnya, dihapuskannya kebijakan bagasi gratis, ataupun ketentuan lain yang akan diberlakukan untuk bagasi tercatat penumpang, merupakan penyesuaian dari Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 185 Tahun 2015 mengenai Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi.

Terkait pembelian bagasi, tersedia sejumlah paket bagasi yang bisa dilihat melalui website dan aplikasi Citilink. Paket bagasi ini bisa dibeli saat atau setelah pembelian tiket, selambat-lambatnya 12 jam sebelum keberangkatan.

Manajemen Citilink Indonesia, saat ini, sedang melakukan koordinasi dengan para stakeholders, mulai eksternal dan internal untuk mempersiapkan seluruh infrastruktur pendukung yang dibutuhkan bagi pelaksanaan ketentuan bagasi tercatat, mulai dari persiapan Standard Operating Procedure (SOP) hingga kesiapan SDM serta sosialiasi kepada masyarakat.

Sebelumnya Citilink memberikan fasilitas bagasi gratis sebesar 20 kilogram untuk setiap penumpangnya.

Langkah Citilink tidak lagi menggratiskan layanan bagasi kepada penumpangnya merupakan langkah yang sama yang diterapkan Lion Air dan Wings Air pada awal pekan ini. Maskapai Lion Air dan Wings Air mengumumkan mulai 8 Januari 2018 sudah tidak lagi memberikan fasilitas bagasi gratis kepada penumpangnya dengan rute domestik.

Baca juga: Layanan Bagasi Gratis Lion Air Dan Wings Air Ditiadakan Mulai 8 Januari 2019

Nah, punya pendapat tersendiri mengenai kebijakan penghapusan bagasi gratis dari beberapa maskapai ini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru