Beragam Aktivitas Wisata Yang Asyik Untuk Dinikmati Di Danau Toba

Danau Toba adalah salah satu lokasi wisata yang populer di Indonesia. Bagaimana tidak, danau yang terbentuk dari letusan gunung berapi ini merupakan danau terluas di Asia Tenggara. Udara yang sejuk dan daerah di sekitar danau yang berupa perbukitan nan subur menjadi daya tarik utama di tempat ini. Pada akhirnya masyarakat sekitar pun mengembangkan aneka aktivitas wisata yang bisa dilakukan wisatawan di Danau Toba.

Banyaknya lokasi indah dan ragam kegiatan yang ada membuat Danau Toba tidak cukup dinikmati dalam sehari. Kalau ingin mengunjunginya, luangkan waktu lebih banyak agar liburanmu di sini lebih berkesan. Apa saja sih aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Danau Toba? Beberapa rekomendasi TripZilla Indonesia ini dapat kamu coba dan semuanya menyajikan sisi-sisi Danau Toba yang keren banget!

1. Bersepeda di Huta Ginjang yang membuat lelah tidak terasa

aktivitas wisata danau toba
Image credit: travelmatesiantar

Huta Ginjang merupakan tempat yang baik untuk menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian. Jalanan yang melintasi Huta Ginjang pun terbilang mulus dan dengan lika-liku yang menantang, kamu bisa memanfaatkannya untuk bersepeda. Bayangkan mengayuh sepeda sambil diterpa angin yang sejuk dan pemandangan Danau Toba di sampingmu, dijamin lelahmu tidak akan terasa!

Image credit: horastapanuliutara

Kamu pun perlu mengunjungi Panatapan Huta Ginjang yang merupakan lokasi populer untuk menikmati keindahan alamnya Huta Ginjang. Setiap sudut di sini sangat instagramable. Sesuai dengan nama Huta Ginjang yang bermakna kampung di atas, maka kamu akan leluasa menyapukan pandangmu ke panorama cantik yang ada di bawahnya. Kamu pun dapat melihat Pulau Samosir dan Pulau Sibandang dari titik ini, lho!

2. Trekking yang akan membuat sehat jiwa dan ragamu

aktivitas wisata danau toba
Image credit: nicksilitonga

Jangan takut cape kalau berkunjung ke Danau Toba, ya! Di salah satu pulaunya yaitu Pulau Samosir, terdapat Gunung Pusuk Buhit yang merupakan titik tertinggi di Danau Toba. Gunung ini dianggap sebagai tempat asal mula suku Batak dan selain menyimpan sejarah, tempat ini juga sangat indah. Berketinggian sekitar 1,982 mdpl, kamu yang pemula pun dapat menyusuri Gunung Pusuk Buhit. Jika tidak puas hanya dengan trekking, berkemah menjadi salah satu aktivitas wisata asyik yang bisa dilakukan di Danau Toba ini.

Image credit: kalak_karo

Selain ke Gunung Pusuk Buhit, jalur lain yang seru untuk trekking adalah menuju ke Air Terjun Sipiso Piso. Dengan tinggi sekitar 120 meter, kamu perlu menuruni 500 anak tangga. Siapkan dirimu dengan atribut yang nyaman supaya kamu bisa melihat keindahan air terjun ini dari jarak dekat ya! Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian tampaknya jadi slogan yang pas untuk mengunjungi air terjun ini. Sebaiknya kamu berkunjung sebelum gelap karena penerangan di lokasi ini belum memadai dan membawa bekal karena tidak ada warung di lokasi air terjunnya.

3. Berkemah sambil menikmati kampung marga Silalahi di Tao Silalahi

aktivitas wisata danau toba
Image credit: paroposilalahi 

Kata tao berarti danau dan Tao Silalahi bermakna danau yang berada di perkampungan Silalahi. Perkampungan ini merupakan kampung dari marga Silalahi sesuai dengan namanya. Di Tao Silalahi, kamu bisa mendaki Bukit Siadtaratas dan dari sini nikmati indahnya pemandangan Tao Silalahi yang terbentang luas. Kamu dapat menyiapkan diri untuk menyambut momen matahari terbenam yang luar biasa dan setelah itu menyiapkan tenda untuk berkemah. Siapa yang tidak ingin melihat juga ketika matahari terbit di tempat seperti ini?

Image credit: paroposilalahi 

Selain di Bukit Siadtaratas, kamu pun bisa berkemah di tepi danau. Danau ini dalam jadi harus berhati-hati ya! Konon katanya, danau ini merupakan titik terdalam di Danau Toba. Jadi cukuplah menikmati keindahan airnya dari tepian. Perbukitan yang mengelilingi danau ini akan sangat memanjakan mata sehingga kamu bisa lupa waktu.

4. Berendam air panas di Pangururan Aek Rangat Hot Spring di tengah kesejukan

Image credit: karyabatak.id

Bagi yang sudah pegal-pegal berkeliling Danau Toba, destinasi ini pas banget untuk disambangi. Pemandian air panas yang terletak di kaki Gunung Pusuk Buhit ini memanfaatkan mata air yang keluar dari batu kapur. Warga setempat kemudian membuat kolam-kolam untuk mengalirkan air tersebut. Karena udara sekitar yang sejuk, maka air panas akan terasa hangat di kulit dan akan membuatmu betah berendam lama-lama.

Image credit: ermorenochristo

Pemandian air panas ini juga aman untuk anak-anak karena ada kolam yang dangkal. Ada beberapa lokasi pemandian dan jika lokasinya semakin di atas, maka suhu airnya pun semakin panas. Fasilitas di pemandian ini pun sudah memadai dan nyaman, bahkan ada tempat untuk membersihkan diri untukmu sebelum dan sesudah masuk ke pemandian.

5. Menjelajahi Danau Toba dengan olahraga air sesuai pilihanmu

aktivitas wisata danau toba
Image credit: valentinopardede_14

Gemas dengan keindahan danau dan ingin mengeksplorasi Danau Toba dari tengah perairannya? Bisa banget, karena saat ini sudah banyak fasilitas olahraga air yang tersedia di Danau Toba. Berenang tidak disarankan dan lebih baik kamu menjajalnya dengan peralatan yang terjamin aman, ya!

Image credit: jetskidanautoba

Kamu bisa mencoba berkeliling Danau Toba dengan banana boat, kayak, jet ski atau paddle board. Bahkan di waktu-waktu tertentu seringkali diadakan kompetisi olahraga air di Danau Toba. Sensasinya dijamin sangat berkesan! Namun kalau sudah lelah, kamu bisa juga mengelilingi danau dengan menaiki solu bolon, yaitu kapal besar yang digunakan warga sekitar sebagai alat transportasi.

6. Wisata religi ke Taman Wisata Iman yang unik

aktivitas wisata danau toba
Image credit: amos_st

Taman Wisata Iman adalah sebuah kawasan di perbukitan yang menyajikan berbagai bentuk rumah ibadat dari berbagai agama yang ada di Indonesia. Rupa-rupa bangunannya sangat menarik untuk dilihat dan dikelilingi dengan pepohonan yang rimbun. Bukit Sitinjo yang menjadi lokasi taman ini mempunyai area hutan pinus yang cantik dan makin menambah segarnya udara yang bisa kamu hirup.

Image credit: rayyohanes

Berbagai properti seperti patung-patung dan gapura juga dapat ditemukan dan semakin mendukung keunikan bangunan-bangunan yang ada di sini. Kamu dapat memanfaatkan taman ini untuk berziarah atau sekedar mengagumi setiap spot yang ada. Pilih juga sudut yang kamu sukai untuk latar foto, dijamin foto yang kamu hasilkan akan bikin penasaran gengmu!

7. Rimbunnya Taman Wisata Alam Sicike-Cike yang layak dijelajahi

aktivitas wisata danau toba
Image credit: daunkering04_

Taman Wisata Alam Sicike-Cike ini adalah tempat konservasi yang terletak di ketinggian sekitar 1500 mdpl. Jadi bisa kamu bayangkan betapa sejuk dan segar udara di dalamnya. Berbagai jenis pepohonan tumbuh subur di sini seperti rotan, kemenyan dan meang. Berjalan-jalan di taman wisata ini akan membuatmu merasa sangat dekat dengan alam apalagi sambil mendengarkan suara fauna liar yang bersahutan semisal siamang dan burung-burung.

Image credit: el_bornas

Di sini kamu juga akan menemukan sebuah danau yang cantik. Santai sejenak di pinggir danau ini dijamin dapat mengembalikan semangatmu. Pada saat tertentu, kamu bisa menemukan itik-itik liar yang jumlahnya bisa sampai ratusan sedang berenang dan terbang di Danau Sicike-Cike. Alami dan instagramable banget!

8. Tidak lengkap kalau berkunjung tanpa mempelajari kebudayaan Batak

aktivitas wisata danau toba
Image credit: Museum Hutabolon Simanindo

Suku Batak terkenal dengan kebudayaannya yang kental, ditandai dengan rumah gadang yang mudah kamu jumpai di daerah Danau Toba. Namun akan lebih afdol jika kamu mengetahui sejarah budaya Batak dengan lebih baik di berbagai museum yang ada.

Image credit: TB Silalahi Center

Salah satunya adalah Museum Hutabolon Simanindo, di mana kamu dapat melihat rumah-rumah asli dengan ornamen kuno yang masih terjaga dan berbagai upacara adat termasuk sigale-gale. Tidak heran kalau kekunoannya masih sangat terasa karena museum yang dibuka sejak tahun 1969 ini merupakan peninggalan ratusan tahun yang lampau.

Image credit: TB Silalahi Center

Kamu juga dapat mengunjungi TB Silalahi Center yang punya beberapa zona seperti Museum Batak dan Huta Batak. Di Museum Batak, dipamerkan berbagai peninggalan kuno suku Batak. Sedangkan di Huta Batak kamu dapat melihat perkampungan Batak jaman dulu dan berbagai pertunjukan kebudayaan. Seru kan?

9. Jangan lupa belanja berbagai cenderamata yang sayang untuk dilewatkan

aktivitas wisata danau toba
Image credit: maurienoctieka

Setelah mengenal keindahan alam dan budayanya yang menarik, tentunya kamu tidak bisa meninggalkan Danau Toba tanpa membeli cenderamata. Berkunjunglah ke pasar-pasar tradisional yang menjual berbagai kerajinan buatan warga setempat. Sesederhana kaos dengan tulisan Danau Toba atau serumit kain ulos, kamu bisa menemukan semuanya di sini! Salah satu pasar yang terkenal adalah Pasar Tomok yang dagangannya lengkap dan asyik untuk ditelusuri.

Image credit: gahasapurba

Selain Pasar Tomok, di sepanjang jalan di Tuktuk Siadong kamu juga dapat menemukan banyak kios cenderamata. Benda-benda kecil seperti gantungan kunci atau aksesoris berupa kalung, gelang, tas hingga ukiran khas Batak yang eksotis. Bisa membuat liburanmu di Danau Toba terkenang terus nih!

10. Menyantap kuliner dengan bumbu yang kaya dan nikmat

Image credit: deliana.trg

Siapa yang tidak kenal dengan kuliner khas Batak yang kaya dengan bumbu? Kamu tidak boleh lupa berwisata kuliner jika berada di Danau Toba. Sudah banyak rumah makan yang memadukan kelezatan kuliner setempat dengan keindahan alam di sekitarnya. Contoh yang bisa kamu kunjungi adalah Warung Pinus dan Resto Damasus. Menyajikan keindahan hutan pinus di sekitarnya, kamu bisa menyantap ikan nila berukuran besar yang dipancing dari Danau Toba.

aktivitas wisata danau toba
Image credit: pusat_andaliman_indonesia

Ada pula Juwita Cafe yang terletak persis di tepi Danau Toba. Coba saja menyantap arsik dan ikan mujair sambil menatap air danau yang tenang. Di tengah suasananya yang teduh, kamu juga bisa mengikuti kelas memasak yang diadakan di waktu-waktu tertentu. Apa pun yang dilakukan di sini dapat membuatmu merasa gembira karena suasananya yang asyik banget.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Di Danau Toba Yang Keren Dan Instagenik

Sudah tahu ragam aktivitas wisata di Danau Toba, kan? Ayo rencanakan perjalananmu ke Danau Toba dan jangan buru-buru pulang kalau sudah tiba di sana ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru