Biaya Liburan Ke Jepang, Ini Kisaran Budget Untuk Wisata Ke Negeri Matahari Terbit

Ingin liburan ke Jepang, tapi bingung soal biaya yang dibutuhkan? Apakah Jepang menjadi destinasi wisata yang mahal untuk dikunjungi? Berapa kira-kira biaya liburan ke Jepang?

Bisa dikatakan alokasi budget terbesar untuk biaya liburan ke Jepang berasal dari tiket pesawat perjalanan dari dan ke Jepang. Menurut hasil penelusuran TripZilla Indonesia, ada sejumlah maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Jepang, seperti AirAsia, Scoot, Philippine Airlines, ANA, JAL dan juga Garuda Indonesia.

Untuk harga tiket termurah yang bisa ditelusuri adalah seharga 2,174 juta rupiah dengan menggunakan maskapai AirAsia Indonesia dan AirAsia X, sementara tiket termahal bisa mencapai lebih dari 12 juta rupiah. Untuk mendapatkan informasi mengenai harga tiket penerbangan dari dan ke Jepang, kamu bisa melihat dan memesannya di sini.

biaya liburan ke jepang

Lalu, bagaimana dengan biaya hidup selama berada di Jepang? Di sini, kamu bisa menentukan tipe traveler seperti apa selama berada di Jepang, apakah bertipe hemat, medium hingga yang tidak khawatir dengan pengeluaran? Dengan mengetahui tipe traveler seperti apa yang ingin diterapkan, maka kamu bisa menentukan berapa biaya liburan ke Jepang yang bisa disiapkan. Perkiraan biaya di bawah ini dihitung tanpa memasukkan harga tiket pesawat dalam perhitungan, ya!

1. Biaya liburan ke Jepang untuk budget rendah

Untuk pilihan akomodasi, kamu bisa mempertimbangkan menggunakan hostel, yang biayanya mulai dari 200,000 IDR per malam. Untungnya, ada banyak hostel murah yang bisa ditemukan di sejumlah destinasi wisata populer di Tokyo, Osaka, Kyoto, Nagoya dan masih banyak lagi lainnya. Lokasinya juga masuk kategori strategis karena berada di pusat keramaian atau dekat dengan stasiun atau terminal bis. Pilih hotel kamu di sini.

Untuk makan, kamu bisa mengalokasikan anggaran 500 hingga 800 yen (~54 – 86 ribu rupiah) sekali makan. Kamu bisa mengandalkan toko serba ada untuk mendapatkan bola nasi, roti isi, nasi kotak dan sebagainya. Sejumlah restoran cepat saji, seperti McDonald’s atau Mister Donut, juga bisa menjadi alternatif. Pilihan lain, kamu bisa mengunjungi warung mie atau kari atau donburi, yang menawarkan harga relatif terjangkau.

Berencana untuk jalan-jalan, berkeliling dan menikmati keseruan mengunjungi destinasi wisata di Jepang, kamu tidak perlu khawatir dengan harga tiket karena banyak tempat wisata yang tidak memungut tiket masuk. Tempat seperti museum, kuil dan taman kota termasuk beberapa lokasi yang biasanya mengizinkan pengunjung bisa masuk tanpa dikenakan tiket masuk.

Sementara untuk transportasi yang bisa digunakan saat jalan-jalan ke Jepang adalah semua transportasi umum, mulai dari kereta api, bus, subway, yang harga tiketnya bisa dikatakan sangat terjangkau. Subway Tokyo Metro misalnya, yang tiketnya bisa ditebus mulai dari 160 yen. Sementara untuk bus, tarif sekali jalan mulai dari 230 yen, atau kamu bisa membeli tiket terusan, yang memungkinkan kamu bisa menjelajah di sejumlah lokasi wisata, dengan harga yang relatif murah, 600 yen atau sekitar 60 ribuan.

2. Biaya liburan ke Jepang untuk budget menengah

Punya budget yang cukup, tapi tidak ingin bergaya terlalu mewah, kamu bisa memposisikan diri sebagai traveler dengan budget menengah. Untuk akomodasi misalnya, kamu sudah tidak perlu lagi berbagi ruang dengan orang lain dan menyewa kamar untuk sendiri, baik dalam bentuk kamar hotel, minshuku atau ryokan murah. Dengan budget 6000 hingga 12,000 yen (~650,000 – 1300,000 IDR), kamu sudah bisa mendapatkan kamar single per malam. Beruntungnya, ada banyak hotel yang menawarkan kamar dengan rate di atas hampir di seluruh Jepang.

Untuk makan, kamu bisa lebih leluasa memilih makanan untuk disantap tanpa harus khawatir soal harga. Untuk sarapan, paket nasi kotak alias ricebox bisa jadi pilihan dan bisa didapatkan di sejumlah restoran dan toko serba ada dengan harga 500 hingga 1000 yen (~54,000 – 110,000 IDR) setiap makan. Sementara untuk makan siang, ada banyak paket makan siang yang bisa dipilih di sejumlah restoran dan tempat makan di seluruh Jepang dengan harga mulai dari 1000 yen. Sedangkan untuk makan malam, kamu bisa mencoba kuliner khas Jepang di sejumlah restoran dengan harga mulai dari 2000 yen.

Terkait destinasi yang bisa dituju, ada beberapa lokasi yang bisa dikunjungi. Museum-museum populer atau kastil yang memiliki nilai sejarah tinggi biasanya memasang harga tiket tertentu dan kamu bisa mengunjunginya dengan membayar di harga yang seharusnya. Kamu bisa menganggarkan dana dari 500 hingga 1000 yen per lokasi.

Untuk pilihan transportasi, kamu sudah bisa mempertimbangkan menggunakan taksi jika memang situasi mengharuskan demikian. Jika tidak, transportasi umum masih sangat bisa diandalkan untuk menuju dari satu tempat ke tempat lain dengan cara yang efektif.

3. Biaya liburan untuk budget tinggi

biaya liburan ke jepang

Secara keseluruhan, kamu yang memiliki sumber daya pada akses budget yang tinggi tidak perlu khawatir dalam hal pengeluaran selama liburan ke Jepang. Mulai dari akomodasi, kamu bisa memilih hotel terbaik hingga ryokan dengan nuansa yang asri. Pun demikian dengan soal makan, karena mulai dari sarapan hingga makan malam, atau bahkan diselingi dengan membeli camilan, afternoon tea atau midnight snack, kamu bisa mencicipi kuliner terbaik dari makanan khas Jepang.

Soal destinasi tujuan dan moda transportasi yang bisa digunakan, kamu mungkin bisa dengan jauh lebih mudah menjatuhkan pilihan. Bahkan bukan tidak mungkin kamu bisa menyewa mobil atau menggunakan sistem charter kendaraan untuk menambah istimewa perjalanan kamu ke lokasi-lokasi wisata yang mengesankan.

Untuk akomodasi, kamu bisa sudah leluasa memilih tipe penginapan yang nyaman dengan harga minimal 15000 yen per malam. Sementara untuk konsumsi makan, 3000 yen untuk sekali makan per orang juga tidak berlebihan. Untuk transportasi, menggunakan transportasi massal masih bisa diandalkan untuk mendapatkan kesan liburan yang mengesankan di Jepang. Namun, jika memilih taksi atau charter mobil, kamu mungkin harus menganggarkan minimal 50,000 yen per hari.

4. Kesimpulan

biaya liburan ke jepang

Untuk yang bergaya hidup hemat saat bersenang-senang di Jepang, setidaknya kamu harus mengalokasikan setidaknya 12,000 yen atau sekitar 1,300,000 IDR per orang per hari. Sementara untuk yang ingin sedikit lebih leluasa mengatur budget, tetap nyaman dan tidak terlalu mewah, tidak ada salahnya menyiapkan anggaran mulai dari 15,000 yen atau sekitar 1,625,000 IDR per hari per orang.

Jadi, sudah tahu kisaran biaya liburan ke Jepang untuk tiap orang, bukan? Kisaran biaya di atas merupakan biaya perhitungan dari rata-rata perjalanan traveler selama berada di Jepang per harinya, mempertimbangkan situasi sebelum pandemi Covid-19 dan naiknya inflasi ekonomi dunia, serta kebijakan terbaru pemerintah Kerajaan Jepang terkait perjalanan wisata.

Baca juga: Wisata Jepang Dibuka Lagi Mulai 10 Juni, Ini Syarat Yang Harus Dipenuhi!

Nah, apakah kamu tertarik liburan ke Jepang?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru