Cara Makan Sushi, Ternyata Makan Menggunakan Sumpit Itu Tak Lazim

Pernah membayangkan, nggak, menikmati sushi di restoran Jepang yang keren? Tapi, kamu tahu nggak cara makan sushi yang benar dan etika yang seharusnya dilakukan? Well, mungkin kebanyakan dari kita nggak tahu cara yang tepat menikmati sushi.

Sering kita melihat ada orang yang makan sushi dengan menggunakan sumpit. Percaya atau tidak, bagi warga Jepang, cara makan sushi dengan menggunakan sumpit bukanlah hal yang lazim. Lalu seperti apa cara yang biasa?

Makan sushi dengan menggunakan sumpit ternyata tidak lumrah, lho!

Banyak sumber untuk bisa mengetahui cara makan sushi yang benar menurut warga Jepang. Beberapa di antaranya bisa kamu lihat di Youtube. Dari sekian banyak sumber tersebut, semuanya mengatakan bahwa orang Jepang makan sushi dengan langsung menggunakan tangan, tanpa alat bantu apapun, baik itu sumpit, apalagi sendok dan garpu.

Bila dirujuk pada garis sejarah, sushi sendiri merupakan makanan “cepat saji” di masanya. Bahkan, salah satu dari kategori sushi, nigiri, memiliki arti dipegang dengan tangan.

Dengan semua sudut pandang tersebut, baik dari sejarah, bahasa maupun budaya, adat istiadat dan kebiasaan, sudah jelas bahwa cara makan sushi yang lumrah adalah dengan menggunakan tangan, tanpa menggunakan alat bantu apapun.

Yup, inilah cara yang tepat menikmati sushi, langsung dengan tangan!

Hal lain yang perlu kamu tahu adalah etika makan sushi. Yang harus kamu lakukan dalam memakan sushi adalah dengan langsung memasukkan satu potongan ke dalam mulut, tidak membaginya atau menggigitnya separuh dan kemudian meletakkan sisanya di piring.

Selain itu, jangan terlalu banyak atau sering mencelupkan sushi kamu dalam pilihan saus yang tersedia. Soalnya, jika terlalu sering mencelupkan sushi kamu ke saus, dijamin jadinya berantakan, deh! Situasi ini yang pada akhirnya memaksa kamu menggunakan sumpit. Nggak banget, kan?

Baca juga: Restoran Sushi Di Jakarta Yang Membuat Rindumu Akan Jepang Terobati

Nah, banyak sekali informasi (yang mungkin saja) baru, yang kamu dapatkan mengenai prosedur makan sushi, kan? Mengambil sushi dengan menggunakan tangan dan memasukkannya langsung ke mulut ternyata tidak jauh beda dengan cara kita makan setiap harinya, kan? Jadi, nggak perlu jaim (jaga image, red) jika harus menggunakan tangan saat makan sushi di Jepang nanti , ya! Cuman, kamu harus memastikan tangan kamu dalam kondisi bersih. Cuci tangan dan gunakan hand sanitizer sebelum mengambil makanan kamu, ya!

 

Preview image credit: Huy Phan – Pexels

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru