Datang Ke Singapura, Traveler Wajib Jalani Tes PCR

Traveler yang ingin bepergian ke Singapura kini wajib memenuhi syarat terbaru. Diumumkan Kementerian Kesehatan Singapura, semua traveler wajib melakukan tes Covid-19 berbasis polymerase chain reaction atau PCR setibanya di Singapura.

Aturan baru tersebut akan mulai berlaku pada 24 Januari 2021 sebagai salah satu kebijakan yang dikeluarkan pemerintah Singapura untuk memperketat pintu masuk perbatasan.

Regulasi anyar tersebut akan memperbarui aturan yang sudah ada sebelumnya, di mana traveler yang bukan warga Singapura atau warga permanen dan mereka yang memiliki sejarah perjalanan ke negara atau wilayah dengan risiko tinggi, harus menunjukkan bukti negatif Covid-19 melalui tes PCR maksimal 72 jam sebelum keberangkatan. Mereka juga kemudian menjalani tes PCR kembali di akhir masa karantina mandiri selama 14 hari.

“Tim gugus tugas gabungan kementerian secara regular melihat ulang penanganan perbatasan Singapura untuk meminimalkan risiko penularan impor dan lokal dari traveler,” demikian keterangan dari Kementerian Kesehatan Singapura.

“Dengan adanya perkembangan kasus Covid-19 di seluruh dunia, kami akan mengambil langkah pengendalian yang lebih ketat untuk traveler guna menangani risiko masuknya virus dari luar.”

Kementerian Kesehatan Singapura sebelumnya juga mengumumkan semua warga Singapura dan residen permanen yang kembali dari Inggris dan Afrika Selatan akan menjalani masa karantina mandiri tambahan selama tujuh hari di kediaman masing-masing, setelah sebelumnya melakukan karantina selama 14 hari di fasilitas yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Selain menjalani karantina total selama 21 hari, yang datang dari Inggris atau Afrika Selatan akan kembali dites di akhir masa isolasi.

Pemerintah Singapura juga mewajibkan warga dari negara yang menjalin hubungan Air Travel Pass (ATP) dan Reciprocal Green Lanes (RGL), yang akan datang ke wilayahnya, harus memiliki asuransi perjalanan dengan nilai minimal 30,000 SGD, atau sekitar 300,000,000 IDR, untuk perawatan medis terkait Covid-19 dan biaya rumah sakit di Singapura.

Baca juga: Sudah Diizinkan Masuk, Inilah Syarat WNI Bisa Ke Singapura

Bagi yang berencana ke Singapura, ikuti syarat dan ketentuan terbaru yang dikeluarkan pemerintah setempat, ya! Tetap ikuti protokol kesehatan, guys!


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru