12 Destinasi Wisata Di Brebes Yang Eksotik Dan Memuaskan Hati

Bosan dengan spot wisata yang itu-itu saja di Jawa Tengah? Mengapa tidak mengunjungi destinasi wisata di Brebes yang tidak kalah istimewanya dibanding yang ada di Tegal dan Semarang?

Faktanya, sebagai kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah setelah Cilacap, Brebes memiliki potensi wisata dan alam yang tiada duanya. Kota yang terkenal sebagai penghasil telur asin dan bawang merah di Indonesia ini juga memiliki bentang alam dan lanskap yang begitu memesona. Kreativitas warganya untuk memberikan warna tersendiri pada setiap destinasi wisata yang ada juga menjadikan Brebes menjadi salah satu tujuan wisata alternatif di wilayah Pantai Utara Jawa.

Dari cagar alam hingga pemandian air panas, air terjun hingga pantai dan bukit yang menawan, waduk dan perkebunan yang Instagenik, inilah destinasi wisata di Brebes yang bisa menjadi jujukan kamu di sesi liburan berikutnya.

1. Menyejukkan mata dan hati di Agrowisata Kaligua

Image credit: @inoekhan

Perkebunan teh selalu menyuguhkan pemandangan hijau yang menarik dan udara yang segar, tidak terkecuali di Agrowisata Kaligua.

Image credit: @addinamisnd

Sudahlah memiliki pemandangan perkebunan teh yang hijau dan menawan hati, destinasi wisata di Brebes ini juga memberikan kesempatan untuk kamu menenangkan diri sekaligus refreshing di tengah perkebunan yang asri.

Lokasi: Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

2. Menikmati lanskap alam Brebes di Kalibaya Park

Image credit: @katahendi

Taman Kalibaya menjadi destinasi wisata d Brebes yang bisa dikunjungi jika kamu tertarik menikmati lanskap alam yang istimewa dari ketinggian.

Image credit: @yulidamiasih

Berada di wilayah Salem, kamu bisa melemparkan pandangan jauh ke segala penjuru di sejumlah spot gardu pandang yang dibuat cukup menarik. Berswafoto di sini sangat direkomendasikan lho!

Image credit: @kalibaya_park

Lokasi: Pasir Panjang, Salem, Area Hutan, Bandungsari, Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

3. Relik Berusia 175 Tahun Yang Instagenik di PG Jatibarang

Image credit: @arifiantofeby

Tidak bisa dimungkiri, semua hal yang berbau jadul selalu menarik untuk dinikmati, terutama bagi mereka yang gemar dengan semua hal berbau vintage. Tidak terkecuali PG Jatibarang, yang sudah berusia 175 tahun lebih.

Image credit: @azisiskandar

Pabrik gula Jatibarang merupakan salah satu peninggalan Belanda di Brebes yang masih eksis sampai saat ini. Yang menarik adalah banyaknya spot asyik untuk dijadikan background foto kamu. Selain itu, nuansa yang oldies terkait infrastruktur bangunan, mulai dari rel kereta hingga lori pengangkut tebu, memberikan kesan yang pas untuk berwisata sejarah.

Lokasi: Jalan Raya Jatibarang – Slawi, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah

4. Gardu pandang kekinian di Panenjoan Salem

Image credit: @panenjoan_salem

Selalu ada spot asyik untuk menikmati pesona dan pemandangan alam dan destinasi wisata di Brebes untuk itu ada di Panenjoan Salem.

Image credit: @fannygraceee

Dari spot ini, kamu tidak hanya bisa menikmati bentang alam yang menarik di wilayah Wanoja, Salem, tapi juga udara segar yang bersih, pas untuk mengisi ruang di paru-paru kamu. Selain itu, banyak juga gardu pandang menarik yang bisa dijadikan spot foto kekinian kamu.

Image credit: @lfiandi

Lokasi: Dukuh Babakan, Wanoja, Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

5. Memacu adrenalin di Ranto Canyon

Image credit: @ukhtiutti

Yang tertarik menjalani liburan penuh tantangan di Brebes, Ranto Canyon bisa menjadi destinasi wisata yang dituju. Aliran sungai yang cukup deras yang mengalir di antara dua tebing yang eksotik dijamin akan memberikan kesan mendalam bagi penikmatnya.

Image credit: @donylanggengsaputro

Berwisata di Ranto Canyon juga berarti kamu harus siap basah-basahan. Untuk mendapatkan kesan maksimal, kamu bisa sekadar berenang, cliff jumping hingga body rafting. Tapi harus waspada dan jaga keselamatan diri, ya!

Image credit: Jeihan Herry Saputro

Lokasi: Gunungtajem, Winduasri, Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

6. Curug Rambukasang yang tersembunyi

Tidak sedikit warga Brebes yang tidak mengetahui keberadaan curug ini. Maklum, lokasinya memang tersembunyi dan akses masuk yang cukup menantang.

Image credit: @ellencindy008

Namun, setibanya di lokasi, kamu akan disuguhi pemandangan air terjun dengan debit air yang cukup deras dengan panorama yang masih alami. Kolam tempat curahan air terjun juga cukup mengesankan untuk dijadikan spot berenang dan bermain air. Ditambah udara segar dan pemandangan hijau di sekeliling, destinasi wisata di Brebes ini layak masuk dalam daftar kunjungan kamu.

Lokasi: Desa Ciseureuh, Ketanggungan Selatan, Brebes, Jawa Tengah

7. Pesona yang istimewa di Curug Putri

Tidak sedikit air terjun di Indonesia yang dijuluki Curug Putri, dan hampir semuanya memiliki kesamaan, indah dan istimewa. Tidak terkecuali dengan Curug Putri yang ada di Brebes ini.

Image credit: @algisan_9

Yang menarik dari destinasi wisata di Brebes ini adalah bukan hanya cucuran airnya yang deras, yang menimbulkan percikan air yang menyegarkan, tapi juga karena pemandangan di sekitar air terjun yang menarik. Dinding tebing Curug Putri juga menunjukkan tekstur yang istimewa dengan bentuk bebatuan berlapis. Eksotik banget, lho!

Lokasi: Dukuh Padanama, Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Propinsi Jawa Tengah

8. Bukit AADT yang menawan hati

Image credit: @masdain_309

Yang kesulitan bersyukur atas karunia Tuhan boleh melipir ke Bukit Tukung. Dijamin, melihat keindahan dan pesona ciptaan-Nya dari tempat ini, kamu tidak akan berhenti untuk kagum dan bersyukur.

Image credit: @firdi_arham

Di bukit yang lebih terkenal dengan sebutan bukit Ada Apa Dengan Tukung (AADT) ini memang menyajikan pesona alam Brebes yang bisa dinikmati dari sejumlah gardu pandang yang instagrammable. Berfoto di sini, dengan background alam yang luar biasa, dijamin hasilnya akan mendapat banyak “like“.

Lokasi: Batursari, Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

9. Waduk Penjalin yang Instagrammable

Image credit: @atin_wahyuni

Sadar bahwa pariwisata Indonesia terus berkembang, waduk penjalin pun ikut berbenah. Alhasil, destinasi wisata di Brebes itu kini menjadi salah satu destinasi wisata ngehits yang ramai dikunjungi.

Image credit: @ranty_nara

Pemandangan di sekitar waduk yang asri, ditambah dengan sejumlah spot foto selfie yang keren menjadi salah satu daya tarik mengunjungi waduk ini. Selain itu, ada juga beragam fasilitas rekreasi yang bisa dimainkan, yang menjadikan spot wisata ini juga pas untuk dijadikan destinasi wisata keluarga.

Image credit: @qoryn

Lokasi: Jalan Raya Waduk Penjalin 41, RT 03/ 01, Waduk Penjalin, Winduaji, Paguyangan, Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

10. Menikmati lanskap Brebes di Bukit Baper

Perpaduan nuansa perbukitan dengan pemukiman warga, yang diwarnai aliran sungai, hutan pinus dan juga persawahan, menjadikan pemandangan yang asyik untuk dinikmati di Bukit Baper Batursari.

Image credit: @dynn_analyst_laboratory

Yang menjadikan destinasi wisata di Brebes ini semakin eksotis adalah kerapnya lokasi ini diselimuti kabut tebal, yang membuat panorama alam di sekitar menjadi lebih menarik dan syahdu. Ingin momen terbaik, datang di waktu sore hingga malam untuk menikmati sunset hingga city light yang menawan.

Lokasi: Batursari, Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

11. Wisata mangrove asyik di Taman Mangrove Pandansari

Di sisi utara Brebes, kamu bisa menikmati konsep wisata yang jauh berbeda dari destinasi wisata yang ada di sisi selatan, yang memaksimalkan potensi pantai. Yups, wisata hutan mangrove yang kekinian bisa kamu nikmati di Brebes.

Image credit: @fitrianingsih18

Di hutan mangrove Pandansari, kamu bisa menjelajahi hutan ini dengan melalui jalan papan yang sudah disiapkan pengelola. Selain itu, ada juga perahu kecil dan banyak spot selfie menarik yang bisa menjadi sasaran berfoto kamu. Asyik, lho!

Image credit: @sintagii

Lokasi: Dukuh Pandansari, Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

12. Bukit Bintang Capar yang eksotik

Bagaimana tidak eksotik, di momen tertentu, Bukit Bintang Capar bisa menjadi spot yang menarik untuk menyaksikan alam Brebes yang tertutup oleh kabut. Kesannya seperti berada di negeri di atas awan, bro!

Image credit: @adatandi

Namun yang pasti, destinasi wisata di Brebes ini menjadi salah satu spot wisata ngehits yang terus dikembangkan saat ini. Banyak spot foto asyik dan menantang untuk kegiatan berselfie kamu.

Lokasi: Capar, Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Di Tegal Yang Keren Dan Instaworthy

Punya rekomendasi destinasi wisata di Brebes lainnya yang bukan hanya anti-mainstream, tapi juga Instaworthy dan keren? Mengapa tidak berbagi dengan kami dengan mengirim foto Instagram kamu dan memberikan tagar #TripZillaTraveller untuk kesempatan difitur di Instagram TripZilla Indonesia!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru