10 Destinasi Wisata Di Tegal Yang Keren Dan Instaworthy

Tegal bukan sekadar terkenal karena bahasa ngapaknya, lho! Tegal juga bukan sekadar ternama karena warung makannya yang terkenal enak dan murah. Tegal memiliki semua yang membuat hati dan jiwa bisa tercuri karena keindahannya.

Tidak percaya? Silakan saja menikmati destinasi wisata di Tegal, kota di pesisir utara Jawa Tengah. Dari suguhan panorama alam dan nuansa asri khas Pantai Utara (Pantura) Jawa, Tegal kini menjelma menjadi salah satu spot wisata ngehits di Jawa Tengah.

Tidak ada salahnya juga mengunjungi Tegal jika memang ada kesempatan untuk liburan. Berjarak kurang lebih 175 kilometer dari Semarang, Tegal akan membuat kamu terpesona luar dalam. Lihat dulu daftar destinasi wisata di Tegal yang ada di bawah ini!

1. Bersantai di pantai asyik Pantai Alam Indah Tegal

Image credit: @nugrah_amanto

Pantai ini cukup populer di Tegal dan menjadi destinasi wisata di Tegal yang pas untuk dikunjungi bersama keluarga.

Image credit: @fatakhudin.ah

Namun, untuk mendapatkan sensasi terbaik di pantai ini, kamu bisa datang jelang pagi atau mendekati malam untuk menikmati sunset dan sunrise yang istimewa. Dijamin tidak menyesal, deh!

Lokasi: Mintaragen, Tegal Timur, Tegal

2. Air terjun alami yang indah Curug Monyet

Tidak bisa dimungkiri, Curug Monyet menawarkan keindahan tersendiri yang tidak boleh dilewatkan bila berbicara mengenai destinasi wisata di Tegal yang anti-mainstream.

Image credit: @sabun_ers

Lokasinya cukup tersembunyi dan dibutuhkan tenaga serta waktu yang tidak sedikit untuk bisa sampai ke lokasi. Namun sesampainya di sana, kamu akan mendapati air terjun alami dengan nuansa pemandangan yang masih natural. Adem banget!

Lokasi: Dusun Gunung Guntur, Desa Cawitali, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal

3. Spot outbound yang asyik Wana Wisata Prabalintang

Jika kamu tertarik menyatu dengan alam, mendatangi Wana Wisata Prabalintang bisa menjadi pilihan yang tepat. Banyak wahana wisata keren yang bisa kamu sambangi di sini.

Image credit: @sasmytha_

Wana wisata ini juga menjadi spot yang tepat bagi kamu yang tertarik untuk kembali menikmati keseruan berada di alam terbuka. Pepohonan pinus, rumput yang hijau dan sungai yang mengalir menjadi terapi yang pas untuk menurunkan tingkat stres kamu.

Lokasi: Jl. Raya Danasari, Ladang, Danasari, Bojong, Tegal

4. Taman batu eksotik Batu Agung

Image credit: @adityabagussantoso

Batu Agung menjadi destinasi yang tepat bagi traveller kekinian untuk menikmati pemandangan alam sekaligus berpose untuk akun Instagram kamu.

Image credit: @riswindyafa

Tumpukan batu besar ini memang menyajikan pemandangan yang eksotik. Tidak hanya itu, dengan background panorama hijau yang keren dan lanskap kota Tegal yang menarik, spot ini juga menjadi lokasi yang asyik untuk menghabiskan waktu, terutama di sore hari. Nuansanya syahdu banget, lho!

Lokasi: Desa Batu Agung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal

5. Air terjun megah yang mengesankan Curug Cantel

Air terjun ini menjadi salah satu destinasi wisata di Tegal yang cukup ngehits dan populer. Nuansa alami di sekitar lokasi menjadi daya tarik yang tidak bisa dilewatkan.

Image credit: @n_pikri

Jalur trekking perbukitan yang alami, atmosfer sejuk dan menyegarkan, serta air terjunnya sendiri yang memiliki ketinggian kurang lebih 60 meter dengan debit air yang besar menjadikan sisi eksotis curug ini amat mengesankan.

Lokasi: Jalan Raya Kalipedes, Sigedong, Bumijawa, Ladang,Hutan, Sigedong, Bumijawa, Tegal

6. Melihat keindahan Tegal dari sisi yang berbeda Bukit Bulak Cempaka

Alam Tegal yang indah bisa kamu nikmati dengan leluasa di Bukit Bulak Cempaka. Untuk menambah daya tarik, ada spot foto kekinian yang dibangun di lokasi.

Image credit: @bertanarrrr

Di sini, kamu bisa menikmati lanskap Tegal dari ketinggian 700 mdpl. Yang menarik adalah spot foto kekinian dengan background kota yang menawan. Dijamin tidak menyesal, deh!

Lokasi: Gardu, Cempaka, Bumijawa, Tegal

7. Keindahan yang menghanyutkan Danau Beko Jatilaba

Danau yang terbentuk dari hasil penambangan pasir ini menyuguhkan pemandangan yang istimewa, dan layak menjadi destinasi wisata alternatif di Tegal.

Image credit: @kakaibba

Susunan dan warna batuan yang menarik dengan kolam air yang cukup luas menjadikan danau ini menjadi sangat menarik untuk dijadikan background berfoto kamu. Namun, struktur tanah yang sedikit kurang stabil dan kedalaman kolam yang belum diketahui menjadikan lokasi ini sedikit berbahaya untuk dikunjungi. Hati-hati kalau ke sini, ya!

Lokasi: Jatilaba, Margasari, Tegal

8. Curug eksentrik di lembah batu Curug Pengantin Cawitali

Curug Pengantin di Tegal memang cukup terkenal dan ngehits, namun curug dengan nama yang sama di wilayah Cawitali menampilkan pemandangan yang jauh lebih mengesankan.

Image credit: @najmitere

Curug yang tidak terlalu tinggi ini mencurahkan airnya di tengah lembah bukit berbatu yang indah dan bersih, menampilkan pemandangan yang eksotis dan menawan hati. Jangan sampai tidak bermain air di curug ini, ya!

Lokasi: Cawitali, Bumijawa, Kabupaten Tegal

9. Menikmati gemerlap Kota Tegal Bukit Bintang

Satu lagi spot tidak biasa di kota Tegal yang menjadi destinasi wisata kekinian, yaitu Bukit Bintang. Dari sini, kamu akan disuguhi pemandangan yang menawan hati dari ketinggian.

Image credit: @bayugugungunadi

Momen paling asyik berkunjung ke tempat ini adalah menjelang sore hingga malam hari. Selain bisa menikmati sunset, kamu juga bisa melihat langsung gemerlap dan panorama city light Kota Tegal saat malam hari. Nuansa yang asri, udara yang segar dan juga suasana yang tenang menjadikan destinasi wisata di Tegal ini juga menjadi spot ideal untuk menenangkan diri.

Lokasi: Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal

10. Bukit kekinian yang ngehits Batu Ancik

Yang tertarik menikmati alam dan lanskap bumi yang kece dan menawan dari ketinggian, Batu Ancik bisa menjadi destinasi wisata di Tegal yang menarik untuk dituju.

Image credit: @zam_rony1201

Dari spot ini, kamu bisa mendapati pemandangan yang istimewa dengan areal persawahan terhampar di depan kamu, serta Gunung Slamet sebagai backgroundnya. Kamu juga bisa menikmati sunset dan sunrise di sini, yang akan menambah pengalaman travelling kamu.

Lokasi: Desa Pagerwangi, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal

Baca juga: Enak Dan Terjangkau, 13 Makanan Kaki Lima Di Semarang Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Punya rekomendasi destinasi wisata di Tegal lainnya yang bukan hanya anti-mainstream, tapi juga Instaworthy dan keren? Mengapa tidak berbagi dengan kami dengan mengirim foto Instagram kamu dan memberikan tagar #TripZillaTraveller untuk kesempatan difitur di Instagram TripZilla Indonesia!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru