Enak Dan Terjangkau, 13 Makanan Kaki Lima Di Semarang Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Traveller yang menyukai makanan lezat dan nikmat tidak boleh melewatkan kesempatan untuk berwisata kuliner di Semarang. Bagaimana tidak, hampir semua makanan yang ditawarkan membuat siapapun akan kesulitan menolaknya, termasuk di antaranya beragam makanan kaki lima di Semarang ini.

Meski hanya bermodal tenda, gerobak atau lapak jualan tidak permanen, makanan yang ditawarkan memiliki rasa yang tidak kalah dengan yang dijual di gerai-gerai besar di mall atau di ruko yang tersebar di segala penjuru Semarang. Harganya juga bisa dikatakan ramah untuk kantong, termasuk untuk traveller beraliran budget minim.

Bagi kamu yang doyan makan dan mencoba hal baru dan berbeda, makanan kaki lima di Semarang ini harus menjadi buruan kamu saat liburan ke ibukota Provinsi Jawa Tengah ini. Dijamin tidak menyesal, deh!

1. Lekker Paimo

Image credit: @mr.boo89

Mencari camilan asyik di Semarang, kamu bisa mampir ke warung Lekker Paimo. Jajanan crepes ini memiliki varian rasa dan isian, dan dijamin semuanya layak untuk dicoba. Bayangkan, kamu bisa menikmati lekker dengan isian tuna atau telur, bahkan sosis daging sapi. Wow!

Lokasi: Jl. Karang Anyar No.37, Brumbungan, Semarang Tengah, Kota Semarang
Harga: Mulai dari 1,000 IDR hingga 15,000 IDR, tergantung jenis isiannya

2. Lumpia Gang Lombok

Image credit: @dokter_pew (kiri) dan @surabayafoodies (kanan)

Ingin menikmati lumpia khas Semarang yang melegenda, Lumpia Gang Lombok jawabnya. Lumpia yang sudah bertahan lebih dari satu abad ini melegenda karena orisinalitas rasanya, yang terus bertahan selama bertahun-tahun. Lapaknya juga sudah permanen, namun unsur tradisional masih dipertahankan, termasuk penggunaan besek untuk membungkus lumpia bila dijadikan oleh-oleh.

Lokasi: Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah, Purwodinatan, Semarang Tengah, Kota Semarang
Harga: 15,000 IDR per biji lumpia, sudah digoreng atau belum

3. Tahu Gimbal Pak H. Edy

Image credit: @r47natjan

Popularitas Tahu Gimbal Pak H. Edy sudah begitu melegenda, namun hal tersebut tidak membuat sisi kesederhanaannya tergadaikan. Masih dengan lapak seadanya di Taman KB, tahu gimbal yang disajikan memiliki rasa yang spesial, mulai dari gurih, segar dan pedas. Campuran petis udang dan kerupuk menegaskan kelezatan yang ditawarkan. Nyamleng!

Lokasi: Taman KB, Jl. Menteri Soepeno, Kota Semarang
Harga: 13,000 IDR per porsi

4. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Image credit: @therealmustika

Satu lagi makanan kaki lima di Semarang yang wajib kamu coba, Mie Kopyok Pak Dhuwur. Dengan lapak sederhana di wilayah Sekayu, Semarang Tengah, Pak Dhuwur – panggilan untuk pemilik nama lengkap Pak Harso Dinomo – menyajikan kuliner yang mengesankan, dan pastinya mengenyangkan. Kuliner dengan materi mi, lontong, irisan tahu pong, tauge dan karak menjadi sangat ideal bagi penikmat kuliner vegetarian, karena tidak ada unsur daging yang digunakan, termasuk untuk kaldunya sekalipun. Tertarik mencoba?

Lokasi: Jl. Tanjung No.18A, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang
Harga: 12,000 IDR per porsi

5. Tahu Petis Prasojo

Image credit: @cornelia_sie

Bergabung dengan lapak makanan lainnya di Pujasera Simpang Lima, Tahu Petis Prasojo tetap sukses mencuri perhatian tersendiri. Tahu dengan isian bumbu petis yang gurih dan tambahan cabe rawit membuat camilan ini menjadi pilihan yang asyik untuk menemani aktivitas berwisata kuliner kamu di Semarang.

Lokasi: Pleburan, Semarang Selatan, Kota Semarang
Harga: 1,500 IDR per tahu

6. Nasi Ayam Bu Wido

Image credit: @by_fanie08

Yang ingin menikmati nasi ayam di Semarang, kamu bisa melipir ke warung Bu Wido di kawasan Simpang Lima. Sajian nasi hangat dengan potongan telur rebus, tahu opor, sayur labu manis dan krecek serta opor kuning yang disiram di atasnya dengan tambahan suwiran ayam dijamin akan memanjakan lidah kamu dengan rasa manis, gurih dan sedap.

Lokasi: Jl. Gajah Mada Gg. Melati Selatan, Brumbungan, Semarang Tengah, Kota Semarang
Harga: Mulai dari 10,000 IDR hingga 27,000 IDR, tergantung pada lauk yang dipilih

7. Es Puter Cong Lik

Image credit: @eattemptationsby

Makanan kaki lima di Semarang yang ini pas untuk pencuci mulut, sekaligus penyegar dahaga di waktu panas. Es puter ini menjadi salah satu kuliner yang melegenda di kota Semarang. Rasanya cukup bervariasi, dari cokelat, alpukat, durian hingga kelapa. Di waktu tertentu, ada juga dimunculkan rasa lain seperti nangka, sirsak hingga leci. Segar!

Lokasi: Jalan Kh Ahmad Dahlan No.11, Karangkidul, Semarang Tengah, Kota Semarang
Harga: Mulai dari 15,000 IDR hingga 20,000 IDR, tergantung varian rasa

8. Nasi Pecel Mbok Sador

Image credit: @annembouw (kiri) dan @iyunitafreddy (kanan)

Yang ingin berwisata kuliner di malam hari, Nasi Pecel Mbok Sador bisa menjadi destinasi yang kamu tuju. Yang menjadikan nasi pecel ini sedikit berbeda dari warung lain adalah adanya daun pepaya dalam campuran sayur, yang memperkaya rasa secara keseluruhan. Maknyus, lho!

Lokasi: Jl. Pahlawan No.7, Mugassari, Semarang Sel., Kota Semarang
Harga: Mulai dari 10,000 IDR per porsi

9. Nasi Liwet Bu Widodo

Image credit: @viaayuagustine (kiri) dan @novietriya (kanan)

Makanan kaki lima di Semarang lain yang bisa kamu coba adalah Nasi Liwet Bu Widodo. Buka sejak pukul 17.00 hingga tengah malam, nasi dengan kuah sayur opor plus labu siam, tahu, telur bumbu, krecek dan suwiran daging ayam akan memanjakan lidah penikmatnya. Namun, mungkin kamu harus minta tambah nasinya, karena porsinya tidak nendang untuk ukuran ‘perut karet’ kamu.

Lokasi: Karangkidul, Semarang Tengah, Kota Semarang
Harga: Mulai dari 11,000 IDR per porsi

10. Babat Gongso Pak Taman

Image credit: @nurulsakhuntala

Wisata kuliner dengan sensasi sedikit berbeda, silakan coba Babat Gongso Pak Taman. Babat sapi yang empuk diolah dan diracik dengan beragam bumbu menghasilkan masakan yang manis, asin dan pedas. Atau jika kamu tertarik dengan masakan lain, ada ayam gongso, telur gongso dan nasi goreng ayam yang tidak kalah enak.

Lokasi: Jl. Stadion Selatan, Karangkidul, Semarang Tengah, Kota Semarang
Harga: 20,000 IDR per porsi

11. Nasi Kucing Pak Gik

Image credit: @isnainisubkhi (kiri) dan @angelicasharon (kanan)

Makanan kaki lima di Semarang yang cukup terkenal dan layak untuk dicoba adalah Nasi Kucing Pak Gik. Biasa disebut nasi kucing Semarangan, warung di sebelah Kali Semarang ini menjadi jujukan banyak orang, yang membuat kamu harus mengantri untuk mendapatkan menu pilihan kamu. Warung ini juga pas untuk kamu yang ingin memilih porsi makan besar atau kecil, karena kamu bisa memilih sendiri jumlah nasi bungkus yang diambil, sekaligus lauk pendampingnya. Asyik, kan?

Lokasi: Jl. Inspeksi, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang
Harga: Mulai dari 1,000 IDR per bungkus nasi kucing

12.Tahu Pong Gajah Mada

Image credit: @mahasiswakulineran

Gorengan lain yang juga tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Semarang adalah Tahu Pong Semarang. Berjualan sejak 1950-an, tahu ini dikenal karena bumbu dan tahunya yang dibuat secara khusus dan memiliki rasa gurih tersendiri. Makanan ini juga disajikan dengan kuah yang nikmat, dengan tambahan acar lobak putih dan bahan lainnya, yang membuat rasanya begitu berkesan.

Lokasi: Jl. Gajahmada No.63B, Kembangsari, Semarang Tengah, Kota Semarang
Harga: 28,000 IDR per porsi untuk menu komplet

13. Nasi Pindang Pak Ndut

Image credit: @susan.nss

Nasi pindang lebih dikenal di kota Kudus, kecuali untuk Nasi Pindang Pak Ndut. Berada di warung tenda dengan gerobak pikul, makanan kaki lima di Semarang ini menawarkan rasa yang gurih, aroma yang sedap dan menggugah selera. Penyajian yang khas, dengan piring yang dialasi daun pisang membuat nasi pindang dengan irisan daging sapi dan lauk lain memiliki cita rasa yang nendang banget!

Lokasi: Jl. Stadion Selatan No.1, Karangkidul, Semarang Tengah, Kota Semarang
Harga: 18,000 IDR per porsi

Baca juga: Itinerary Wisata 2H1M Di Semarang Untuk Liburan Akhir Pekan Yang Menyenangkan

Siapa yang tertarik mencoba makanan kaki lima di Semarang di atas?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru