15 Destinasi Wisata Di Cirebon Dan Sekitarnya Yang Asyik Dan Instagenik

Popularitas Cirebon dan kota-kota di sekitarnya, seperti Majalengka dan Kuningan, memang kalah dari Bandung, Bogor, bahkan Sukabumi dan Garut. Namun bukan berarti destinasi wisata di Cirebon bisa dipandang sebelah mata.

Faktanya, ada banyak destinasi wisata di Cirebon dan sekitarnya yang masuk kategori keren, asyik dan instagenik. Beberapa di antaranya bahkan memiliki panorama dan pemandangan alam yang luar biasa indah. Dengan kekayaan alam dan keindahan yang ditawarkan, sepertinya sulit untuk mengesampingkan Cirebon dan kota di sekitarnya dalam daftar kunjungan kamu berikutnya.

Destinasi wisata di Cirebon dan sekitarnya di bawah ini dijamin akan membuatmu tergoda, dan bisa jadi membujukmu untuk berkunjung, sekaligus mendapatkan pengalaman seru untuk wisata anti-mainstream kamu. Yuk, berangkat!

1. Destinasi yang instagrammable – Goa Sunyaragi

Image credit: @seranggaliar

Destinasi wisata di Cirebon tentu identik dengan Goa Sunyaragi. Tempat wisata ini cukup menarik untuk dikunjungi karena banyaknya hal menarik untuk disaksikan, mulai dari spot foto yang instagrammable hingga situs budaya yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Image credit: @nazarqodri

Goa Sunyaragi juga menjadi destinasi wisata di Cirebon yang wajib kamu kunjungi karena menjadi landmark wisata tersendiri dari kota ini. Dijamin setiap wahana wisata yang ada tidak akan membuat kamu kecewa.

Image credit: @wadonist

Koordinat lokasi klik di sini
Harga tiket: 10,000 idr per orang

2. panorama danau yang istimewa – Setu patok

Image credit: @sheffy_priyatna

Yup, di Cirebon ada danau yang menarik untuk dikunjungi karena menjadi miniatur Danau Toba dan pulau Samosir, yaitu Setu Patok.

Image credit: @mutoharys

Yang menarik dari destinasi wisata di Cirebon ini adalah nuansa alam yang asri dan pemandangan gunung yang megah sebagai latar. Keberadaan pulau Situ Gunung di tengah danau juga menjadi daya tarik yang tidak boleh dilewatkan.

Koordinat lokasi klik di sini

3. Tebing batu yang memesona – Batu Lawang

Image credit: @karjaya16

Salah satu pesona alam yang dimiliki Cirebon adalah tebing Batu Lawang. Bukan hanya berdiri kokoh di tengah persawahan warga, sejumlah spot juga cukup instagrammable untuk diambil.

Image credit: @wahyumuslimin5540

Lokasinya yang tersembunyi dan jauh dari jangkauan peradaban membuat tebing batu ini masih memiliki kealamian yang terjaga. Suasana dan atmosfer yang sejuk khas pedesaan menambah keeksklusifan salah satu destinasi wisata di Cirebon yang asyik ini. Merapat, yuk!

Image credit: @megariasati03

Koordinat lokasi klik di sini

4. Menjajaki gunung yang misterius – Gunung Ciremai

Image credit: @tentinurasiyah

Gunung yang berada di dua wilayah kabupaten, yaitu Kuningan dan Majalengka, memiliki eksotisme dan sisi misterius tersendiri yang menjadikannya menarik untuk dijajaki.

Image credit: @abd.rokhim10

Memiliki ketinggian di atas 3,000 mdpl, gunung bertipe Stratovolcano ini menjadi favorit untuk didaki, bukan hanya karena rute yang cukup mudah, terutama yang melalui jalur palutungan, tapi juga karena nuansa alam indah yang bisa kamu lihat di sana.

Koordinat lokasi klik di sini

5. Wisata ekstrim di angkasa – Paralayang Majalengka

Image credit: @djonk_

Yang ingin liburan dengan cara tidak biasa bisa menjajal paralayang di Majalengka yang dapat menjadi alternatif yang menarik.

Image credit: @mm.kamaya

Berada di kawasan wisata paraland, aktivitas paralayang bisa kamu lakukan dengan membayar 350,000 IDR per orang lewat sistem booking. Bayangkan bisa melayang, terbang bersama burung sembari menikmati pemandangan alam yang mengesankan, dijamin ketagihan.

Image credit: @fathifa07i

Koordinat lokasi klik di sini

6. Menikmati alam yang memesona – Gunung Ciwaru

Image credit: @egimoto_

Salah satu destinasi wisata di Cirebon dan kota lain di sekitarnya yang cukup ngehits adalah Gunung Ciwaru. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indah, sejumlah spot berselfie juga sayang untuk disia-siakan.

Image credit: @pasir.senja

Daya tarik utamanya adalah panorama alam dan lanskap bumi Majalengka yang indah. Dominasi pepohonan hijau di punggung bukit menjadikannya sebagai latar yang apik untuk dijadikan background foto kamu.

Image credit: @elvaraiy

Koordinat lokasi klik di sini
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

7. Negeri di atas awan Kuningan – Buper Ipukan

Image credit: @leonardus_er

Selalu menjadi hal yang mengesankan bisa melihat alam dari ketinggian. Salah satu destinasi wisata di Cirebon dan sekitarnya yang menawarkan sensasi tersebut adalah di Ipukan, Kuningan.

Image credit: @kayjamal_

Di sini, kamu tidak hanya mendapatkan sensasi berada di atas awan, tapi juga menyaksikan pesona alam yang istimewa. Destinasi wisata alam ini juga menawarkan kesempatan untuk tinggal di alam terbuka lewat fasilitas glamping yang ditawarkan. Tertarik mencoba?

Koordinat lokasi klik di sini
Harga tiket: 15,000 IDR per orang

8. Persawahan yang menakjubkan – Terasering Panyaweuyan Argapura

Image credit: @katnis___

Sistem irigasi subak tidak hanya tersaji di Bali. Di Majalengka, metode pengairan dengan terasering juga menghasilkan pemandangan yang sangat indah lho!

Image credit: @egimoto_

Lokasinya tersaji di wilayah Panyaweuyan, Argapura, dengan seluruh bukit dijadikan sawah dengan sistem pengairan berundak. Yang menjadikannya istimewa adalah simetrisnya jarak antarpetak sawah, serta perpaduan warna alami yang ada. Instagrammable banget, bro!

Image credit: @bluebiscuits_

Koordinat lokasi klik di sini

9. Ranu Kumbolo ala Kuningan – Situ Wulukut

Image credit: @java_boy08

Apakah terlalu berlebihan untuk menyebut Situ Wulukut sebagai Ranu Kumbolo-nya Kuningan? Mungkin jika kamu melihatnya dan bisa membandingkannya secara langsung, dua spot tersebut memiliki perbedaan yang tipis.

Image credit: @java_boy08

Situ Wulukut juga menawarkan atmosfer yang menyegarkan, plus danau yang asyik untuk dinikmati sembari bersantai. Untuk bisa sampai ke lokasi ini, dibutuhkan usaha yang tidak mudah karena letaknya yang memang tersembunyi. Namun sesampainya di lokasi, kamu akan menyaksikan danau dengan dinding pepohonan hijau yang rindang dan gunung sebagai backgroundnya. Cantik banget, lho.

Image credit: @dudunghrmwn

Koordinat lokasi klik di sini

10. Wisata kekinian nan ngehits di Majalengka – Pasir OleOle Bantarujeg

Image credit: @07ari_aria

Selain dianugerahi alam yang istimewa, spot selfie yang keren pun turut menjadikan destinasi wisata di Cirebon dan sekitarnya itu menjadi ngehits dan favorit bagi generasi milenial.

Image credit: @yuliyuliantika_

Berada di perbukitan nan hijau, spot wisata ini menawarkan pemandangan alam yang indah. Selain itu, didirikan pula beberapa tempat berselfie kekinian, mulai dari papan berbentuk hati hingga rumah burung yang instagrammable.

Image credit: @auliafinn1717

Koordinat lokasi klik di sini
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

11. Danau biru dan ikan mas yang memikat hati – Telaga Cicerem

Image credit: @antotristan

Melihat air bening yang membiru dengan beragam kehidupan di dalamnya membantu untuk menenangkan hati kita. Sensasi adem melihat keindahan tersebut bisa kamu dapatkan di Telaga Cicerem, Kuningan.

Image credit: @riosakera

Telaga dengan beragam ikan mas di dalamnya tersebut berada di lokasi yang sejuk dengan banyak pepohonan yang rindang. Nuansa yang menenangkan menjadi nilai tambah untuk mengunjungi destinasi wisata di Cirebon dan kota lain di sekitarnya ini.

Image credit: @canro.simamarta

Koordinat lokasi klik di sini
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

12. Mengeksplorasi keindahan Kuningan – Sukageuri View

Image credit: @tria.kusumah

Bagi penikmat panorama alam dan pecinta selfie, Sukageuri View bisa dikatakan menjadi spot surgawi yang mengesankan.

Image credit: @wahyumuslimin5540

Panorama alam yang mengesankan dari Desa Cisantana, Kuningan menjadi semakin asyik untuk dinikmati dengan sejumlah spot berpose yang instagrammable. Namun, keunikan destinasi wisata ini menjadikannya ramai pengunjung di setiap akhir pekan dan hari libur.

Image credit: @malingsenja

Koordinat lokasi klik di sini
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

13. Air terjun indah yang tersembunyi – Curug Sempong

Image credit: @adriyaneto

Lokasinya memang tidak jauh dari pusat Kota Majalengka, namun menemukan air terjun ini harus sedikit mengeluarkan usaha yang lebih karena lokasinya yang tersembunyi dan eksotis abis.

Berada di wilayah dengan panorama yang aduhai, mulai dari rimbunnya pepohonan, segarnya udara dan juga tebing yang menghitam, curug ini menyajikan air terjun yang jernih dengan debit air yang cukup besar dan jernih. Lokasinya yang tersembunyi, berada di balik tebing batu, membuatnya cukup eksotis untuk didatangi.

Koordinat lokasi klik di sini
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

14. Tebing Keraton ala Majalengka – Cadas Gantung

Image credit: @gitanabila_17

Jika Bandung memiliki Tebing Keraton, maka Majalengka menampilkan Cadas Gantung untuk dinikmati sebagai destinasi hits kekinian.

Image credit: @fadilmunaf

Pesona pegunungan dan bebatuan besar yang berada di tengah perbukitan menjadikan spot ini menarik untuk didatangi. Pasalnya, dari lokasi ini, kamu bisa menikmati pesona alam yang instimewa, lanskap bumi yang luar biasa dan udara bersih yang menyegarkan. Tidak rugi berkunjung ke sini, lho

Koordinat lokasi klik di sini
Harga tiket: 3,000 IDR per orang

15. Pesona Green Canyon yang memesona – Ibun Pelangi

Image credit: @phensopian

Melihat pelangi, lembah, air terjun dan cerukan bumi yang eksotik di satu tempat bisa kamu nikmati di Curug Ibun Pelangi, Majalengka. Destinasi wisata di Cirebon dan sekitarnya ini sangat luar biasa menawan hati, lho.

Image credit: @phensopian

Pelangi akan muncul di lembah ini ketika matahari memancarkan radiasi cahayanya, yang berpadu dengan hembusan air dari curug. Ceruk di lembah itu sendiri ikut menambah eksotisme panorama alam yang ada.

Goa Lalay | Image credit: @okkasupardan

Jika sempat, kamu juga bisa menyambangi Goa Lalay yang berada tidak jauh dari curug Ibun Pelangi, yang pemandangannya juga tidak kalah luar biasa.

Koordinat lokasi klik di sini

Baca juga: 19 Destinasi Wisata Di Garut Yang Anti-Mainstream, Keren Dan Instagramwothy

Tertarik mengunjungi destinasi wisata di Cirebon dan kota lain di sekitarnya? Mengapa tidak mengagendakannya di sesi liburan kamu berikutnya?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru