Tips Untuk Menghilangkan Dengung Telinga Saat Berada di Pesawat

Artikel ini diterjemahkan dari versi bahasa Inggris ini. Read the English version here.

Saat kamu mengingat pengalamanmu menaiki pesawat, apakah kamu pernah merasakan dengungan di telinga yang sangat tidak nyaman? Tidak peduli mau duduk dimana, mau itu first class, business ataupun economy, semuanya pasti pernah merasakan hal ini.

Ketidaknyamanan ini juga sering disebut ear boratrauma, dan bisa berlangsung selama beberapa jam hingga beberapa hari! Selain menyebabkan frustrasi, dengungan telinga ini juga akan membuatmu kesulitan saat ingin ngobrol dengan teman seperjalananmu, ataupun klien bisnis.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Image credit: BruceBlaus

Sedikit anatomi: kamu akan sadar bahwa ketidaknyamanan ini sering terjadi ketika pesawat sedang bersiap-siap untuk mendarat. Sewaktu pesawat turun perlahan-lahan, tekanan udara di dalam kabin akan naik; ini menyebabkan gendang telinga (eardrums) terdorong ke dalam.

Untuk mengatasi hal ini, tekanan udara di sisi telinga yang lain (bagian dalam telinga) juga harus naik. Biasanya, udara tidak langsung masuk karena pesawat yang turun dengan cepat. Peristiwa ini akan membuatmu merasakan adanya tekanan, dan kemudian rasa sakit.

Apa solusinya?

Daripada menunggu dengungan telinga hilang dengan sendirinya, cobalah cara-cara efektif dan aman di bawah ini untuk melegakan ketidaknyamanan tersebut dengan cepat!

Memakan permen

Pernah berpikir mengapa pramugari membagikan permen sebelum lepas landas dan mendarat? Mengisap permen atau mengunyah permen karet membuat kita sering menelan; oleh karena itu, tekanan udara di telinga pun akan seimbang karena mengunyah dapat membuka eustachian tube yang ada di dalam telinga.

The Valsalva Maneuver

Namanya memang terdengar sangat sulit, tapi sebenarnya sangat mudah dilakukan! Pada dasarnya, tutuplah mulut, cubit hidungmu dan coba buang nafas melalui hidung secara perlahan. Metode ini akan membantu menyeimbangkan tekanan di Eustachian tubes.

Catatan: Kamu harus berhati-hati dan tidak membuang nafas terlalu kuat karena dapat merusak gendang telingamu! Lakukan metode ini beberapa kali sampai mendengar bunyi ‘pop’ di dalam telinga, yang berarti telingamu tidak berdengung lagi.

The Toynbee Maneuver

Toynbee Maneuver sangat mirip dengan Valsalva. Saat menyubit hidungmu, cobalah untuk meminum air dan menelannya secara kuat. Ini juga bisa membantu melegakan  dengungan telingamu.

Menguap

Cobalah untuk menguap sebanyak mungkin! Menguap dapat membuka Eustachian tubes dan menyeimbangkan tekanan udara di dalam telinga.

Bagaimana cara mencegah ketidaknyamanan ini?

Seperti yang dikatakan banyak orang, lebih baik mencegah daripada mengobati! Inilah beberapa tips untuk mencegah telinga yang berdengung.

Jangan tidur saat lepas landas ataupun mendarat

Image credit: Hernán Piñera

Kita semuanya pasti pernah merasakan kantuk karena menaiki pesawat yang terlalu pagi ataupun malam. Walaupun mengantuk, kamu tidak dianjurkan untuk langsung tidur saat lepas landas ataupun mendarat karena dapat menyebabkan kerusakan telinga permanen!

Tekanan udara di dalam pesawat berubah secara drastis saat lepas landas dan mendarat karena perubahan ketinggian yang sangat cepat. Oleh karena itu, sangat penting untuk tidak tidur saat dua fase penerbangan ini!

Decongestant atau nasal spray

Jika kamu sedang flu saat penerbangan, menggunakan decongestant bisa meredakan flu dan mencegah dengungan di telinga. Spray biasanya mudah didapatkan di apotek dan mengandung Xylometazoline yang akan meredakan hidung yang tersumbat. Gunakan spray tersebut satu/dua jam sebelum dan sesudah penerbangan sesuai dengan instruksi yang ada.

Kamu sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai pemakaian obat tersebut (terutama untuk yang sedang hamil atau memiliki kondisi kesehatan tertentu).

Bagaimana dengan anak-anak?

Balita dan anak-anak akan lebih sering mengalami dengungan telinga karena memiliki Eustachian tubes yang lebih sempit dibandingkan dengan orang dewasa. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa kamu sering mendengar tangisan bayi terutama pada saat lepas landas dan mendarat.

Anak-anak tidak bisa menghilangkan dengungan telinga jika tidak dibantu oleh orang. Oleh karena itu, kamu bisa memberi dot ataupun botol susu agar mereka bisa menelan sesuatu. Jangan lupa untuk selalu membawa botol susu untuk mencegah anak-anak tidur saat pesawat mendarat ataupun lepas landas.

Note: Jangan berikan permen yang keras karena dapat membuat anak-anak tersedak.

Dari kabin yang pengap dan juga ruang kaki yang sempit hingga dengungan di telinga, terbang dengan pesawat memang sangat melelahkan. Oleh karena itu, kamu harus selalu melakukan persiapan yang matang, seperti selalu membawa obat-obatan saat berlibur. Jangan lupakan tips di atas untuk perjalanan yang lebih nyaman ya. Selamat berlibur!

Baca juga: Itinerary Liburan Garut 3H2M Yang Menyenangkan Di Akhir Pekan 

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

  • Itinerary Costa del Sol 3H2M Ramah Muslim: Tempat Terbaik Untuk Liburan, Kulineran Dan Ibadah!

    Sepertinya tak mungkin membicarakan Andalusia tanpa menyebut Costa del Sol, kota pesisir yang banyak dianugerahi sinar matahari, memiliki desa-desa indah dan situs budaya yang terpelihara dengan baik. Di balik pantainya yang indah dan rumah-rumah bercat putih, terdapat beberapa warisan Al-Andalus paling nyata yang menunggu untuk dijelajahi. Terlebih lagi, kamu bahkan bisa beribadah di masjid suci […]

  • Bersiaplah 5 Travel Fair Menarik Akan Kembali Hadir Pada Agustus 2019!

    Sudah bulan Agustus 2019 nih, gimana rencana liburanmu? Udah ada rencana atau belum juga dapat tiket promo yang ramah di kantong? Tenang, kini saatnya siapkan dirimu untuk berburu penawaran menarik mulai dari tiket pesawat murah dari berbagai maskapai, cashback, diskon, hingga paket wisata murah di travel fair! Namun, sebelum datang ke travel fair, ada baiknya […]

Artikel Terbaru