Itinerary Liburan Garut 3H2M Yang Menyenangkan Di Akhir Pekan

Sudah punya tujuan liburan akhir pekan belum? Untuk kamu yang berada di sekitaran Jakarta dan bosan menghabiskan waktu akhir pekan ke Bandung atau Bogor, kamu bisa coba berlibur ke Garut.

Kota yang dikenal sebagai Swiss van Java ini menyimpan banyak sekali destinasi wisata unik yang cocok untuk liburan akhir pekan. Baca di sini untuk ulasan destinasi wisata menarik di Garut. Nah, kalau yang satu ini adalah panduan itinerary liburan 3H2M di Garut untuk liburan akhir pekan yang seru dan menyenangkan.

Hari Pertama – Wisata Kuliner Malam Garut

Usahakan untuk tiba di Garut pada hari Jumat malam sehingga kamu punya cukup banyak waktu untuk mengeksplorasi destinasi wisata di Garut. Cukup banyak hotel tersedia di pusat Kota Garut dengan berbagai macam tipe yang bisa kamu sesuaikan dengan anggaran danamu.

Image credit: @garutdelicious (kiri atas dan bawah), @awug_cibeunying (kanan atas)

Setibanya di hotel, kamu bisa berkeliling sekitar kota untuk mencicipi kuliner khas Garut sekaligus menikmati kehidupan malamnya. Sebut saja soto ayam garut yang segar, lezatnya sate domba hingga jajanan kaki lima bernama awug yang pas disantap pada malam hari. Setelah puas mencicipi aneka kuliner khas Garut, kamu bisa mengistirahatkan diri untuk perjalanan esok hari yang panjang.

Hari Kedua – Berpetualang Menuju Surga Tersembunyi Di Garut

Perjalanan hari kedua mungkin akan memakan banyak waktu dari pagi hingga sore hari. Meskipun cukup banyak destinasi wisata yang akan dikunjungi, namun kebanyakan di antaranya gratis lho. Menyenangkan sekali bukan?

Image credit: @iwansetiaonebudhi

Destinasi pertama yang bisa kamu kunjungi adalah berbagai Leuwi di bagian selatan Kota Garut melalui Jalan Raya Garut Cikajang. Leuwi dalam bahasa Sunda artinya ujung sungai atau bagian sungai yang dalam.

Image credit: @ramdanibudi612 (kiri), @juniawan101 (kanan)

Salah satu leuwi yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Leuwi Korsi yang memiliki pola batuan unik berbentuk kolom heksagonal mirip seperti Giant Causeway di Irlandia Utara. Rute menuju ke sini cukup menantang karena harus melewati hutan dan jalan trekking yang cukup panjang.

Selain Leuwi Korsi ada juga Leuwi Jubleg dan Leuwi Jurig yang memiliki pesona air biru tosca yang mempesona.

Image credit: @chanderaaa

Dari selatan kamu bisa berjalan menuju utara untuk mengunjungi Curug Ciarjuna yang megah dan mengagumkan. Selain Curug Ciarjuna, ada juga curug lain yang rutenya cenderung lebih mudah dan terletak tidak jauh dari jalan raya yaitu Curug Sanghyang Taraje. Tinggal pilih saja mana yang kamu suka.

Image credit: @jhe_ridzwan17 (kiri), @ledyliauw (kanan)

Jika sudah puas bermain air di leuwi dan curug maka kini saatnya mengunjungi destinasi wisata yang lain, apalagi kalau bukan Hutan Mati Gunung Papandayan. Tempat yang terdiri dari pohon-pohon kering nan eksotis ini sudah lama jadi favorit anak muda Garut untuk photoshoot. Suasananya yang berkabut membuat foto di sini makin menarik dengan sedikit bumbu horror.

Image credit: @tamankopicisurupan (kiri), @garnisayu_ (kanan atas), @diniap11 (kanan bawah)

Sebelum kembali ke Kota Garut, tidak ada salahnya rehat sejenak sambil ngopi-ngopi di Taman Ngopi Cisurupan. Di sini selain minum kopi kamu juga bisa berjalan-jalan di area taman yang sejuk dan banyak dihiasi spot foto instagenik.

Hari Ketiga – Relaksasi Dan Bersantai Di Kolam Air Panas Serta Persiapan Pulang

Image credit: @ndunk_ory (kiri), @mhmdyogi (kanan)

Nah, di hari ketiga meski tidak banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi, namun tempatnya tidak kalah menarik dengan yang lain. Sebut saja Karacak Valley yang merupakan lembah gunung cantik di dataran tinggi Garut.

Lokasinya juga kurang lebih hanya satu jam dari pusat Kota Garut. Harga tiket masuk juga cukup murah, hanya 10,000 IDR per orang dewasa dan 5,000 IDR untuk anak-anak.

Image credit: @warmanwardhani (kiri), @sayasoni_ (kanan)

Sebelum melanjutkan perjalanan pulang ke kota asal masing-masing, mampir dulu ke Kawah Talaga Bodas untuk merilekskan badan. Cukup membayar 9,500 IDR, rasa letih dan pegal bisa hilang saat berendam di kolam air panas alami satu ini.

Image credit: @mod_eka (kiri), @dodolpicnic (kanan atas), @cemilangarutan (kanan bawah)

Jangan lupa memborong aneka oleh-oleh jajanan dan camilan khas Garut seperti Kue Balok Maranti, dodol dan Burayot.

Transportasi Dan Akomodasi

Image credit: @rizal_hafiedz_88

Untuk menuju Garut kamu bisa menggunakan moda transportasi bus atau kereta api. Jalur rel kereta api merupakan bagian dari jalur kereta api selatan Pulau Jawa yang memiliki pemandangan mengagumkan.

Jika kamu berangkat dari Jakarta, kamu bisa naik kereta ke Bandung lalu menuju Garut. Namun jika ingin lebih fleksibel moda transportasi bus tentunya bisa jadi pilihan.

Image credit: Ikhlasul Amal (kiri)

Selama di kota Garut, kamu bisa menggunakan angkot maupun ojek untuk menuju ke beberapa destinasi wisata di atas. Namun jika ingin lebih fleksibel, kamu bisa menyewa motor dengan kisaran harga sewa mulai dari 70,000 IDR atau mobil dengan kisaran harga sewa mulai dari 300,000 IDR (tanpa sopir dan belum termasuk bensin).

Image credit: @ferzyaf

Berbagai macam tipe akomodasi tersedia di Kota Garut. Mulai dari hotel modern dan kekinian seperti Fave Hotel Garut atau tipe penginapan villa seperti Kamojang Green Hotel dan Resort.

Baca juga: 16 Destinasi Wisata Di Kota Serang yang Seru Dan Keren!
Nah sekarang sudah tahu kan bagaimana rute perjalanan liburan ke Kota Garut? Tunggu apalagi? Segera rencanakan liburan akhir pekanmu ke Garut ya. Jangan lupa share foto liburanmu di Garut dengan tagar #TripzillaTraveller untuk bisa difitur di IG Tripzilla Indonesia. Selamat liburan!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru