14 Destinasi Wisata Di Kuningan Yang Harus Dikunjungi Untuk Liburan Anti-Mainstream Kamu

Dalam hal pariwisata, Jawa Barat bukan hanya milik Bandung dan Bogor. Masih banyak kota dan kabupaten lain yang juga layak mencuri perhatian karena keindahan alam dan keistimewaan budaya, yang menjadikan kota-kota tersebut harus masuk dalam daftar tujuan liburan kamu. Salah satunya adalah Kuningan, Jawa Barat.

Berjarak kurang lebih 250 kilometer dari Jakarta, Kuningan memiliki pesona alam yang luar biasa. Keberadaan Gunung Ciremai sebagai salah satu keajaiban alam yang ada di kota yang menjadikan kuda sebagai maskotnya tersebut membuat pesona dan panorama yang disuguhkan pun mengesankan. Hampir semua fenomena alam seperti air terjun yang cantik, perbukitan yang eksotik hingga taman wisata alam yang Instagenik menjadikan destinasi wisata di Kuningan layak didatangi.

Tertarik mengunjungi destinasi wisata di Kuningan, yang pastinya tidak kalah keren dengan spot wisata di Cirebon, Tasikmalaya, Garut, bahkan Bandung dan Bogor sekalipun, berikut daftar tempat-tempat asyik yang bisa dikunjungi. Dijamin seru dan menyenangkan, lho!

1. Telaga yang asri di Telaga Nilem

Image credit: @masway__

Airnya yang jernih dan dingin, ditambah pemandangan yang asri dan hijau, kamu tidak akan bisa mengatakan tidak untuk tawaran bermain air di telaga ini. Keberadaan dua gazebo di pinggiran telaga menegaskan destinasi wisata di Kuningan ini pas untuk menjadi tempat bersantai.

2. Curug Landung yang kekinian

Image credit: @mfaisalfebriana

Ingin menikmati nuansa alam yang asri sekaligus berwisata kekinian, Curug Landung adalah tempat yang pas untuk itu. Tidak hanya bisa menikmati panorama air terjun dan alam yang asri, kamu juga bisa bermain air yang segar dan jernih. Tidak hanya itu, kamu juga bisa berselfie dengan nuansa yang ekstrim, lho!

3. Eksotisme alam yang tersembunyi di Curug Payung

Image credit: @happysiregar

Selalu ada keindahan yang belum terungkap di tengah alam Pasundan, termasuk di antaranya panorama keren di Curug Payung. Berada di wilayah Gunungmanik, Ciniru, Kuningan, curug ini tidak hanya menyajikan view yang asyik, air yang jernih, tapi juga udara yang menyegarkan. Pas untuk kamu yang ingin bersantai, menikmati alam dan bermain air.

4. Spot asyik menikmati alam Kuningan di Sukageuri View

Image credit: @delnad07

Kuningan dikaruniai bentang alam yang luar biasa indah. Kontur perbukitan dan hijaunya alam membuatnya indah ketika dinikmati dari ketinggian. Spot paling asyik untuk melemparkan pandangan adalah di Sukageuri View. Bagaimana tidak, di sini kamu tidak hanya bisa menikmati pesona alam Kuningan yang istimewa, tapi juga mendapatkan spot asyik untuk berselfie dengan latar belakang yang luar biasa. Wow!

5. Keindahan yang penuh misteri di Curug Bangkong

Image credit: @fajarwalker

Terlepas dari beragam cerita misterius di tempat ini, Curug Bangkong termasuk salah satu destinasi wisata di Kuningan wajib kunjung kamu. Bukan hanya karena pemandangan alam dan eksotisme air terjun yang ada, tapi juga tempat ini menawarkan suasana yang asyik untuk berelaksasi, baik jasmani maupun rohani. Adem!

6. Curug Gongseng, air terjun minimalis yang eksotis

Image credit: @happysiregar

Di wilayah Cibuntu, Pasawahan, Curug Gongseng menjadi salah satu destinasi wisata di Kuningan yang menarik untuk dikunjungi. Meski air terjunnya hanya minimalis, namun eksotisme yang ditawarkan cukup mengesankan. Alam di sekitar curug ini juga pas untuk dijadikan background berfoto kamu.

7. Bumi perkemahan yang Instagenik di Bukit Trijaya

Image credit: @anisnuriysnti

Ingin menikmati alam sekaligus bermalam di dalamnya, bumi perkemahan Bukit Trijaya di Mandirancan, Kuningan bisa jadi pilihan. Bukan hanya karena lokasinya yang masih alami dan asri, tapi juga karena ada sejumlah spot asyik untuk berfoto dengan background alam yang hijau. Keren banget!

8. Alam yang teduh dan asri di Curug Putri Palutungan

Image credit: @dona_panoramantika

Satu lagi destinasi wisata di Kuningan yang mengesankan dan kental dengan nuansa alami, Curug Putri Palutungan. Air terjun ini berada di lingkungan alam yang masih natural, dengan banyak tumbuhan yang rimbun menutupi aliran air dan sungai yang jernih dan menyegarkan. Bagi yang tertarik mencari tempat yang tenang dan asyik, curug ini bisa jadi jujukan kamu.

9. Bumi Perkemahan Ipukan, spot asyik lain menikmati alam

Image credit: @anisaaaanf_

Salah satu bumi perkemahan lain yang tidak kalah asyik untuk menikmati alam Kuningan yang mengesankan adalah Buper Ipukan. Berada di kawasan Cisantana, Buper Ipukan menyajikan nuansa alam yang menyegarkan, asri dan natural. Ada juga spot berfoto yang Instaworthy untuk kamu yang doyan selfie.

10. Ranu Kumbolo-nya Kuningan di Situ Walukut

Image credit: @java_boy08

Memang ada sedikit kemiripan antara Ranu Kumbolo di lereng Semeru dan Situ Walukut, Nusaherang, Kuningan, yaitu keberadaan telaga dengan background perbukitan yang hijau. Pemandangan inilah yang kemudian menjadi daya tarik bagi traveller lokal untuk datang dan menikmati alam di telaga ini. Selain itu, lokasinya juga jauh lebih mudah didatangi ketimbang ke Ranu Kumbolo, ya kan?

11. Panorama asyik di Tenjo Laut

Image credit: @triintan_pamungkas

Salah satu destinasi wisata di Kuningan yang asyik untuk menikmati pemandangan alam dari ketinggian adalah di Tenjo Laut. Dari puncak bukit, kamu tidak hanya bisa menikmati lanskap Kuningan yang berkontur perbukitan dibalut warna hijau, tapi juga melemparkan pandangan ke Waduk Darma di sisi selatan Gunung Ciremai. Keren banget!

12. Telaga Biru Cicerem, danau yang Instaworthy

Image credit: @chepybennington

Yang menjadikan destinasi wisata di Kuningan ini menarik adalah keberadaan ratusan ikan dengan warna mencolok di telaga biru ini. Selain ramah dengan pengunjung, ikan-ikan ini juga bisa membantu kamu mendapatkan gambar yang Instaworthy untuk aksi selfie kamu. Dijamin keren, lho!

13. Taman batu yang keren di Batu Luhur

Image credit: @w.tarniwan

Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, Batu Luhur menjadi destinasi wisata di Kuningan yang tidak biasa karena keberadaan taman batu yang menjulang tinggi. Area gunung kapur juga memberikan nuansa adventure. Apalagi ada sejumlah wahana bermain yang menguji nyali, seperti flying fox dan jembatan dari seutas tali. Wow!

14. Kalibiru-nya Kuningan di Bukit Panembongan

Image credit: @adhinug

Berada di desa Tembong, kecamatan Garawangi, Bukit Panembongan menjadi salah satu destinasi wisata asyik yang tidak boleh dilewatkan, apalagi bagi para pecinta pemandangan alam. Dari puncaknya, kamu akan mendapati sejumlah spot asyik untuk menikmati alam Kuningan dari ketinggian. Lokasi yang Instaworthy juga menjadi daya tarik tersendiri yang tidak boleh dilewatkan.

Baca juga: 15 Destinasi Wisata Di Cirebon Dan Sekitarnya Yang Asyik Dan Instagenik

Bagaimana, Kuningan tidak kalah keren dari Bandung dan Bogor, kan? Apakah kamu tertarik menjelajahi destinasi wisata di Kuningan ini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru