16 Destinasi Wisata Di Tasikmalaya, Kota Dengan Sejuta Pesona

Tasikmalaya identik dengan bubur ayam dan bordir. Keduanya memang begitu melekat pada kota di Jawa Barat tersebut. Padahal, ada banyak hal yang menarik dari Tasikmalaya yang juga layak dipopulerkan.

Salah satu di antaranya adalah destinasi wisata di Tasikmalaya yang aduhai. Bagaimana tidak, kota dengan julukan Delhi van Java ini memiliki kekayaan alam yang super lengkap, mulai dari curug yang Instagenik, leuwi yang asyik, hingga perbukitan dan hutan yang menarik.

Bagi kamu yang tertarik mencari alternatif liburan selain ke Bandung dan Bogor, destinasi wisata di Tasikmalaya ini bisa menjadi jujukan kamu untuk sejenak melupakan rutinitas harian kamu. Yuk, berangkat!

1. Tirai air yang memesona Curug Sawer

Image credit: @ian.risw_

Jika di Lombok ada Air Terjun Benang Kelambu yang memesona, Tasikmalaya memiliki Curug Sawer yang tidak kalah indah. Kemiripan keduanya adalah keberadaan air terjun yang membentuk sebuah tirai air yang indah.

Image credit: @hasbillytan

Bukan hanya pancuran air alami yang menyebar, panorama di sekitar Curug Sawer juga memanjakan mata. Susunan batu besar dikelilingi pohon rindang menyegarkan siapapun yang datang ke sana. Belum lagi udara sejuk dan atmosfer yang asyik untuk menurunkan tingkat stres kamu.

Lokasi: Mandalamekar, Jatiwaras, Tasikmalaya
Harga tiket: Gratis

2. Bak ke negeri dongeng Curug Dengdeng

Image credit: @rian_hadisetiawan

Penggambaran negeri dongeng yang luar biasa indah mungkin bisa kamu bandingkan dengan panorama alam di sekitar Curug Dengdeng. Ajaib banget, lho!

Image credit: @sibaduts27

Curug Dengdeng-nya sendiri menawarkan pemandangan yang memesona. Di antara pepohonan hijau yang rindang, terdapat curug bertingkat, yang setiap levelnya memiliki daya tarik tersendiri. Pemandangannya mirip Niagara Mini.

Image credit: @zaanx_akmal

Bukan hanya pepohonan rindang yang asyik, bebatuan hitam di pinggiran sungai juga menghadirkan kekayaan alam tersendiri. Destinasi wisata di Tasikmalaya ini tidak boleh kamu lewatkan, ya!

Image credit: @shaziranahdaufariah

Lokasi: Cikatomas, Tawang, Pancatengah, Tasikmalaya
Harga tiket: Gratis

3. Curug landai nan unik Curug Panetean

Image credit: @rayghipary

Jika biasanya curug memiliki ketinggian tertentu untuk mencurahkan airnya, tidak demikian dengan Curug Panetean. Curug ini kebanyakan disebut leuwi, karena yang paling berkesan adalah aliran airnya yang jernih dan menyenangkan.

Curug Panetean mencurahkan airnya di beberapa tingkatan, panoramanya juga cukup menarik dan Instagenik. Namun yang paling mengesankan adalah aliran sungainya yang jernih, tenang dengan air yang segar, sehingga sulit untuk tidak menceburkan diri dan bermain di dalamnya.

Lokasi: Kecamatan Pancatengah, Tasikmalaya
Harga tiket: Gratis

4. Rainbow light yang menawan hati Curug Agung Galunggung

Image credit: @waragan_rahman

Ingin menyaksikan keindahan air terjun di malam hari, kamu bisa langsung menuju ke Curug Agung Galunggung, di area wisata Gunung Galunggung. Di destinasi wisata di Tasikmalaya ini, kamu akan melihat air terjun yang berpendar.

Image credit: @chevy.mochtar

Curug ini memang menawarkan sinar pelangi buatan pada cucuran airnya. Instalasi lampu yang dipasang memberikan daya tarik tersendiri, yang sama sekali tidak bisa dilewatkan. Selain menyaksikan keindahan curug dari kejauhan, kamu tidak diizinkan untuk bermain air di bawahnya karena terlalu berbahaya.

Lokasi: Linggajati, Sukaratu, Tasikmalaya
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

5. Sensasi berenang asyik di surga yang tersembunyi Curug Pamutuh

Image credit: @mochamadsiddiq

Curug Pamutuh pantas mendapat predikat surga yang tersembunyi. Bukan hanya memiliki pemandangan alam yang indah, nuansa dan atmosfer yang ditawarkan juga cozy banget!

Image credit: @ericruise

Bayangkan, di destinasi wisata di Tasikmalaya yang ini, kamu bisa berenang di Leuwi Hejo, tepat di bawah curug, yang mengalirkan air segar dan jernih, dengan debit air yang tidak cukup deras. Pepohonan hijau yang asri dan tidak banyak paparan sinar matahari menambah eksotisme curug ini. Susah untuk tidak terpesona dengan pemandangan yang ada.

Lokasi: Cigadog, Leuwisari, Tasikmalaya
Harga tiket: Gratis

6. Jembatan tua nan eksotis Jembatan Cirahong

Image credit: @rizqy_kusumah

Sejatinya, jembatan ini bukanlah destinasi wisata di Tasikmalaya yang mainstream. Namun keunikan dan pemandangan Instagenik yang disajikan membuatnya sulit untuk mengesampingkan jembatan ini.

Image credit: @travellerselowmelendoy

Jembatan sepanjang 200-an meter itu dibangun pada tahun 1893, yang artinya lebih dari satu abad berdiri. Namun, kekokohan jembatan tersebut tidak patut dipertanyakan karena sampai sekarang masih dipergunakan sebagai penghubung dua wilayah untuk kereta api, kendaraan bermotor dan manusia.

Image credit: @rianbungsoe

Yang spesial adalah pemandangan alam sekitar dan jembatan itu sendiri. Kamu pun bisa memaksimalkannya dengan berfoto keren di jembatan yang Instagenik itu.

Lokasi: Desa Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya
Harga tiket: Gratis

7. Jembatan yang tidak kalah mengesankan Jembatan Akar Santoaan

Image credit: @edasind

Tidak hanya di Baduy, Banten dan Pesisir Selatan, Sumatera Barat, di Tasikmalaya juga terdapat jembatan akar yang unik, tepatnya di Kampung Tataru, Desa Tenjonagara, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya.

Berada di wilayah persawahan warga, jembatan akar ini melintang di atas sungai kecil yang berbatu. Pemandangannya cukup unik dan menarik, dan layak menjadi destinasi wisata di Tasikmalaya yang anti-mainstream.

Lokasi: Kampung Tataru, Desa Tenjonagara, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya
Harga tiket: Gratis

8. Goa alami yang misterius Goa Ciguha

Image credit: @stephan.nugroho

Cerukan di perut bumi Tasikmalaya ini masih belum banyak disentuh oleh manusia. Karenanya, kondisi stalaktit dan stalakmitnya masih sangat alami.

Image credit: @stephan.nugroho

Dengan kondisi goa yang berair di beberapa bagiannya, dan juga bebatuan licin, goa ini diklaim warga setempat memiliki lorong yang cukup panjang, bahkan bisa menembus ke desa sebelah. Sepertinya, kamu harus membuktikannya sendiri secara langsung.

Image credit: @stephan.nugroho

Lokasi: Kampung Mekarwangi, Desa Mandalahurip, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya
Harga tiket: Gratis

9. Batuan eksotik yang indah Batu Paraga

Image credit: @fajar_kakoi

Alam Tasikmalaya yang luar biasa kembali dibuktikan dengan berkembangnya destinasi wisata baru yang ciamik, salah satunya Batu Paraga. Aliran sungai yang melintasi komplek bebatuan bersusun yang tidak biasa memunculkan pemandangan yang istimewa.

Kondisi alami lingkungan di salah satu destinasi wisata di Tasikmalaya yang masih tersembunyi ini juga terbilang alami. Dalam perjalanan ke lokasi, jika beruntung, kamu bisa melihat monyet ekor panjang bergelayutan di pepohonan yang ada. Eksotis banget, kan?

Lokasi: Desa Karyamandala, Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya
Harga tiket: Gratis

10. Bendungan yang Instagenik Bendungan Cikunten Ceuri

Image credit: @fajar_kakoi

Apa menariknya pemandangan sebuah bendungan? Jika kamu berkunjung ke desa Sukaharja, Kecamatan Sariwangi, akan ada sebuah bendungan yang mencuri perhatian dan cukup Instagenik.

Image credit: @ubech91

Bendungan ini menjadi sangat penting bagi warga sebagai penyuplai air untuk irigasi dan banyak hal lainnya. Namun, yang menjadikannya istimewa bagi para traveller adalah pemandangan alam yang ditawarkan dan juga nuansa asyik dari bendungan itu sendiri. Lihat sendiri kalau tidak percaya!

Lokasi: Desa Sukaharja, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya
Harga tiket: Gratis

11. Tebing batu keren dengan aliran sungai asyik Tonjong Canyon

Image credit: @hellyasa

Destinasi wisata di Tasikmalaya yang ini mulai ngehits dalam beberapa waktu terakhir. Pesona alam yang tidak biasa menjadi alasan utamanya.

Image credit: @iqbalalan028

Di Tonjong Canyon, kamu akan melihat tebing batu yang membendung aliran sungai dengan kontur yang unik dan pemandangan yang Instagenik. Berenang, selfie hingga sekadar bersantai menikmati alam yang asri menjadi aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini.

Image credit: @asepmaul1

Lokasi: Ds. Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

12. Spot wisata yang seru Taman Wisata Karang Resik

Image credit: @ikhsan_kun

Destinasi wisata di Tasikmalaya yang ini menjadi salah satu destinasi yang cukup ngehits dalam beberapa bulan terakhir. Banyaknya wahana bermain dan spot foto menarik menjadi alasan utamanya.

Image credit: @januaragazzo

Spot wisata ini juga cocok untuk semua tingkatan umur. Banyak tempat menarik juga untuk bersenang-senang bersama keluarga atau sahabat, mulai dari taman labirin, taman bunga, rumah pohon dan banyak lagi lainnya. Tertarik untuk berkunjung?

Lokasi: Jl. Mohamad Hatta, Sukamanah, Cipedes, Tasikmalaya
Harga tiket: 15,000 IDR per orang

13. Belajar budaya di kampung ada Tasikmalaya Kampung Naga

Image credit: @erwan.as7sm

Ingin mengenal dan mengetahui lebih dalam kearifan lokal Tasikmalaya, Kampung Naga menjadi destinasi yang harus kamu tuju. Di sini, kamu bisa belajar kehidupan sederhana warga dan budaya yang luhur.

Image credit: @beevandomamahit

Keaslian kampung ini masih terjaga, termasuk bila berbicara mengenai gaya hidup penduduknya. Nuansa alam dan panoramanya yang keren menambah eksotisme kampung ini. Belum lagi atmosfer sejuk yang membuat siapapun bisa betah berada di dalamnya.

Lokasi: Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Tasikmalaya
Harga tiket: Gratis

14. Pantai cantik di pesisir selatan Tasikmalaya Pantai Karang Tawulan

Image credit: @firmanochim

Batu karang yang tersebar nyaris di semua pesisir pantai menjadikan pantai ini memberikan pemandangan yang menakjubkan. Dengan ombak dari Laut Selatan yang ikonik, pantai Karang Tawulan menawarkan banyak hal menarik untuk dijelajahi.

Image credit: @diki_demplu

Momen paling mengesankan bertandang ke pantai ini adalah menjelang sore. Pasalnya, pemandangan alam menjelang matahari terbenam di ufuk barat akan sangat memesona dan tidak boleh dilewatkan.

Lokasi: Cimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya
Harga tiket: Gratis

15. Destinasi wisata selfie kekinian Wisata Pasir Kirisik

Image credit: @ekwidefendi

Seperti halnya destinasi wisata di kota lain, Tasikmalaya juga memiliki destinasi wisata yang memanjakan para Instagrammer kekinian. Destinasi itu adalah Taman Wisata Pasir Kirisik.

Image credit: @yeninurjanah96

Dibangun di atas lahan seluas tujuh hektar, tempat wisata ini memiliki sejumlah lokasi foto yang Instagenik, mulai dari perahu bambu dengan background perbukitan Tasikmalaya, ayunan ekstrim hingga kolam renang yang menyegarkan.

Image credit: @herni29_

Lokasi: Desa Guranteng, Kecamatan Pagerageung, Tasikmalaya
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

16. Kawah Putih-nya Tasikmalaya Karaha Bodas

Image credit: @wulansrwhynii

Tasikmalaya memiliki kawah belerang dan hutan pinus yang rupawan, lho! Potensi alam ini sudah dimaksimalkan sebagai pembangkit listrik tenaga panas bumi, sementara sektor wisatanya masih terus dikembangkan.

Image credit: @zebugh_abduljabar

Kawah putih-nya Tasikmalaya itu juga memiliki pemandangan yang istimewa. Lanskap berbukit dengan perpaduan warna hijau, putih dan kuning dari belerang memunculkan pesona tersendiri yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Image credit: @sallmyr

Lokasi: Desa Kadipaten, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya
Harga tiket: Gratis

Baca juga: 19 Destinasi Wisata Di Garut Yang Anti-Mainstream, Keren Dan Instagramwothy

Punya rekomendasi destinasi wisata di Tasikmalaya lainnya yang tidak kalah asyik? Langsung berbagi dengan kami melalui foto Instagram kamu dengan hastag #TripZillaTraveller untuk kesempatan difitur di IG TripZilla Indonesia ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru