23 Destinasi Wisata Hutan Pinus Untuk Liburan Anti-Mainstream Dan Instagrammable

Bosan mengunjungi destinasi wisata yang itu-itu saja? Mengapa tidak mencoba liburan ke spot-spot tidak biasa? Wisata hutan pinus bisa menjadi alternatif yang layak dipertimbangkan, lho!

Keberadaan sejumlah hutan pinus yang tersebar di seluruh Indonesia memperkaya kekayaan alam yang ada di negeri ini. Beberapa daerah juga menggarap cukup serius untuk menjadikan spot ini sebagai destinasi wisata hutan pinus yang ngehits. Bayangkan, bisa menikmati alam, merasakan kesegaran udara di antara pepohonan, sekaligus bermain dan berfoto dengan nuansa yang Instagrammable, siapa yang tidak mau bisa berwisata di tempat seperti ini.

Bagi kamu yang tertarik untuk liburan dengan nuansa yang tidak bisa, wisata hutan pinus bisa menjadi pilihan untuk diambil. Di bawah ini adalah sejumlah spot wisata hutan pinus di Indonesia yang bisa menjadi jujukan untuk sesi liburan anti-mainstream kamu berikutnya. Enjoy, ya!

1. Hutan Pinus Asri, spot piknik asyik di hutan Imogiri

Image credit: @ghazwanie (kiri) dan @wulanabe (kanan)

Lebih dikenal sebagai hutan pinus Mangunan, Hutan Pinus Asri menjadi salah satu destinasi wisata hutan pinus yang cukup nge-hits di Yogyakarta, bahkan Indonesia.

Image credit: @indra.saputraaaa

Tidak sedikit daya tarik yang ditawarkan, namun yang paling mencolok adalah menikmati panorama alam, sekaligus berselfie dengan background yang keren. Kamu sudah mencobanya?

Image credit: @ricky_yo (kiri) dan @gunawanwicaksana28 (kanan)

Lokasi:  Jl. Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Top Selfie Pinusan Kragilan yang Instagrammable

Image credit: @anitawidip

Yang tertarik dengan destinasi wisata di Magelang, mengunjungi hutan pinus Kragilan seharusnya bisa masuk dalam itinerary kamu. Daya tariknya, banyak spot foto Instagrammable, lho!

Image credit: @devianna_wullan

Nuansa alam yang begitu asri dengan udara yang sejuk dan menyegarkan menjadi daya tarik lain yang tidak bisa dilewatkan. Apalagi jika kamu tertarik untuk bersantai, menikmati nuansa hutan pinus dengan sejumlah spot yang asyik untuk ber-selfie.

Image credit: @ardianmk

Lokasi: Area Kebun/Hutan, Pogalan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah

3. Atmosfer alam yang istimewa di Hutan Pinus Kalilo

Image credit: @tivannii

Salah satu destinasi wisata ngehits di Purworejo dalam beberapa waktu terakhir adalah Hutan Pinus Kalilo. Tidak hanya menyuguhkan panorama hutan pinus yang asyik, ada juga spot foto alam yang tiada duanya.

Image credit: @diancahyadii

Layaknya wisata hutan pinus lainnya di Indonesia, destinasi ini juga menawarkan udara yang sejuk untuk dinikmati sembari bersantai. Hal lain yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Watu Tumpang, yang bisa dijadikan titik ber-selfie dengan pemandangan alam yang aduhai.

Lokasi:  Kalilo, Tlogoguwo, Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah

4. Wisata alam yang asyik di Gogoniti Park

Image credit: @yuniajojo_

Jika menyempatkan diri liburan ke Blitar, Gogoniti Park seharusnya masuk dalam daftar tempat untuk liburan kamu. Bukan hanya tempatnya yang Instagrammable, banyak juga wahana bermain yang menguji adrenalin.

Image credit: @pinakiaa

Destinasi wisata hutan pinus yang ini memang sudah dikelola secara khusus untuk menjadi tempat tujuan wisata wisatawan domestik maupun internasional. Tidak hanya sejuk dan menenangkan, hutan pinus Gogoniti juga bisa menjadi tempat yang asyik mengakrabkan diri bersama keluarga. Piknik asyik di tempat ini juga sangat direkomendasikan, lho!

Lokasi: Kemirigede Krajan, Kemirigede, Kesamben, Blitar, Jawa Timur

5. Hutan Pinus Limpakuwus, nuansa natural di alam yang asri

Image credit: @fia_hartono

Jika tertarik mengunjungi hutan pinus yang minim sentuhan manusia, Hutan Pinus Limpakuwus bisa menjadi alternatif yang pas. Suasananya masih alami, pun demikian dengan panoramanya yang asri.

Image credit: @fia_hartono

Destinasi wisata hutan pinus yang ini juga bisa menjadi spot yang asyik untuk camping. Akses jalan yang mudah dan fasilitas yang memadai menjadi syarat yang pas untuk para pemula merasakan seperti apa rasanya hidup di alam terbuka. Mau coba?

Lokasi: Area Sawah, Limpakuwus, Sumbang, Banyumas, Jawa Tengah

6. Tempat piknik santai di Bogor, Hutan Pinus Gunung Pancar

Image credit: @ceriamentariputri

Masih untuk yang tertarik berwisata dengan nuansa alam, Hutan Pinus Gunung Pancar bisa menjadi tujuan liburan kamu. Bayangkan bisa bersantai, bahkan nge-camp di tengah hutan pinus, pastinya menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Image credit: @heri_yntz

Tempat ini juga menjadi surga bagi para Instagrammer. Tidak sedikit spot foto menarik dengan background cantik yang bisa memanjakan penggemar selfie, termasuk di antaranya kafe di tengah hutan pinus nan eksotik ini. Kamu salah satunya?

Image credit: @monica_oemardi

Lokasi: Gunung Pancar, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat

7. Hutan Pinus Semeru yang menawan hati

Image credit: @wullandari7

Semeru bukan hanya Ranu Kumbolo, lho! Ada juga spot wisata hutan pinus yang nge-hits, HPS alias Hutan Pinus Semeru.

Image credit: @cahkw_

Pemandangan hijau yang rimbun, berkat pepohonan pinus yang rindang, dijamin akan menyejukkan mata dan hati. Tambahan payung warna-warni yang digantungkan di antara pepohonan menambah keeksentrikan lokasi wisata hutan pinus ini. Berswafoto di lokasi ini, mengapa tidak?

Lokasi: Area Sawah/Kebun, Sumberputih, Wajak, Malang, Jawa Timur

8. Destinasi wisata ngehits di Bantul, Hutan Pinus Pengger

Image credit: @giscaartikaw (kiri) dan @pujirisee (kanan)

Salah satu wisata hutan pinus yang memesona di Indonesia adalah Hutan Pinus Pengger. Bukan hanya karena atmosfer alami yang mengesankan di tengah hutan, tapi juga karena fasilitas yang ditawarkan, termasuk di antaranya spot foto selfie.

Image credit: @aurelia_lan

Di spot wisata ini, kamu tidak hanya bisa menikmati udara segar dan aroma hutan pinus yang khas, tapi juga melemparkan pandangan untuk menjelajahi pesona alam Yogyakarta dari ketinggian. Banyak spot Instagrammable di sini, lho!

Image credit: @riskypermata_amrp

Lokasi:  Jl. Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

9. Hutan Pinus Rahong pas untuk pecinta wisata adventure

Image credit: @rakafitnez

Mau paintball, camping, flying fox atau off road riding di tengah hutan pinus, maka Hutan Pinus Rahong adalah spot yang harus kamu tuju. Kawasan hutan pinus ini memiliki panorama yang indah dan juga terdapat beragam fasilitas penunjang wisata yang memadai.

Image credit: @diarisangdewi

Selain berwisata di hutan pinus, kamu juga bisa mengikuti kegiatan arung jeram atau tea walk di perkebunan teh yang berada dekat dengan lokasi wisata hutan pinus ini. Kegiatan paling asyik adalah camping di tengah hutan pinus. Tertarik mencoba?

Image credit: @wahdan.wahdan

Lokasi: Pulosari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat

10. Menikmati alam Jogja dari Puncak Becici

Image credit: @yyayaaa_

Puncak Becici menjadi salah satu destinasi wisata hutan pinus yang ngehits di Jogja, bahkan sebelum mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarganya berkunjung tahun lalu.

Image credit: @mita_oci

Tidak mengherankan karena banyak hal menarik yang bisa ditemui di sini, mulai dari kawasan hutan pinus yang rindang, syahdu, tenang dan menyegarkan, serta menjadi spot asyik untuk menikmati bentang alam wilayah Bantul dan Jogja. Sejumlah gardu pandang yang Instagrammable menjadi daya tarik tambahan mengunjungi spot wisata ini, selain tidak adanya tiket masuk yang dibebankan ke pengunjung. Asyik!

Image credit: @ari_e27

Lokasi: Gunungcilik, RT.07/RW.02, Muntuk, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

11. Hutan Pinus Bissoloro yang anti-mainstream

Image credit: @tamarameylanibarree

Di wilayah Indonesia Timur, tepatnya di Gowa, Sulawesi Selatan juga terdapat destinasi wisata hutan pinus yang mulai mencuri perhatian, yaitu Hutan Pinus Bissoloro.

Image credit: @vhechiko

Destinasi ini memiliki banyak pesona dan daya tarik, mulai dari spot asyik untuk beraktivitas alam, mulai dari camping hingga sekadar hammocking, bahkan untuk foto pre-wedding, hingga menjadi spot lokasi ajang konser musik tahunan. Wow!

Lokasi: Desa Bissoloro, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

12. Hutan pinus dengan spot kekinian, Nongko Ijo

Image credit: @gocharniansya

Hutan Pinus Nongko Ijo menjadi salah satu destinasi wisata ngehits di Madiun. Bukan hanya karena pesona alam yang istimewa, fasilitas penunjang juga memanjakan siapapun yang datang ke sana.

Image credit: @ivanipeputra

Rumah pohon dan gardu pandang dengan background yang keren menjadi salah satu daya tarik dari Hutan Pinus Nongko Ijo. Berfoto dengan latar belakang alam yang menawan tentunya menjadi kebanggaan tersendiri, terutama bagi yang tertarik membagi hasil fotonya ke sosial media.

Image credit: @taufikgustiii

Lokasi: Kare, Madiun, Jawa Timur

13. Hutan Pinus Gunungsari, hutan pinus di atas awan

Image credit: @ariimbee95

Apa jadinya bisa berada di kawasan wisata hutan pinus yang berada di atas awan? Well, kamu bisa menikmati sensasinya langsung di Hutan Pinus Gunungsari . Asyik abis, lho!

Image credit: @fitania_29

Dengan gardu pandang yang mengarah langsung ke bentang alam Pati, kamu bisa menikmati, tidak hanya pesona lanskap hutan yang tiada duanya, tapi juga mendapatkan asupan udara sejuk yang menyegarkan.

Lokasi: Dukuh Pangonan, Desa Gunungsari, Tlogowungu, Pati, Jawa Tengah

14. Songgon Pine Park yang Instagenik

Image credit: @kevin_javas

Hawa yang sejuk, aroma khas getah pohon pinus dan nuansa alam yang mengesankan menjadi keistimewaan tersendiri kala menikmati suasana di Hutan Songgon, Banyuwangi.

Image credit: @hadi_0810

Hutan pinus dengan sistem tumpang sari ini dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Rimba Ayu dan kini menjadi salah satu destinasi wisata ngehits di Banyuwangi. Banyaknya spot foto yang Instagrammable adalah salah satu alasan untuk berkunjung ke sini.

Image credit: @edokgeovani

Lokasi: Sumberagung, Sumberbulu, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur

15. Hutan Pinus Polowono, destinasi wisata alternatif di Batang

Image credit: @polowono

Tidak banyak destinasi wisata seru di Batang, Jawa Tengah. Salah satu yang bisa kamu tuju adalah Hutan Pinus Polowono. Dari wahana bermain hingga tempat bersantai yang asyik menjadi alasan berkunjung ke tempat ini.

Image credit: @polowono

Rimbunnya pohon pinus dengan aroma yang khas, juga udara yang sejuk dan pemandangan alam yang mengesankan di sekitar lokasi wisata ini mengundang siapapun untuk berkunjung. Momen paling asyik adalah saat menjelang sunset, ketika sinar matahari melewati celah-celah pepohonan, yang memunculkan nuansa syahdu.

Lokasi: Desa Lobang, Kecamatan Limpung Kabupaten Batang, Jawa Tengah

16. Sensasi camping di Hutan Pinus Baredok

Image credit: @karinaire

Tidak hanya di Gowa, hutan pinus yang asyik juga tersedia di Enrekang, Sulawesi Selatan. Hutan Pinus Baredok menjadi destinasi yang harus dituju.

Image credit: @noviantismitt

Karena atmosfernya yang masih alami, hutan pinus ini menjadi tempat yang asyik untuk dijadikan spot camping di akhir pekan. Kamu bisa menikmati sejuknya udara di alam terbuka, suasana yang teduh di bawah naungan daun dari pohon pinus, tapi masih bisa tetap mendapatkan sensasi yang pas untuk berselfie.

Lokasi: Dusun Pasongken, Desa Buntu Mondong, Kecamatan Buntu Batu, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan

17. Spot asyik untuk glamping, wisata keluarga dan adventure, The Lodge Maribaya

Image credit: @thelodgemaribaya

The Lodge Maribaya bisa dikatakan sebagai destinasi wisata hutan pinus yang lengkap dengan fasilitas yang luar biasa. Kamu tidak perlu repot dan bisa leluasa bersenang-senang dengan tema liburan apapun di sini.

Image credit: @thelodgemaribaya

Ingin camping di area terbuka, ada zona glamping yang bisa dipilih. Selfie dengan background keren, banyak spot foto yang bisa diambil. Wahana bermain dengan tema adventure pun tersaji. Dijamin, wisata hutan pinus kamu di tempat ini akan sangat berkesan.

Lokasi: Jalan Maribaya No.149/252, RT 03/RW 15, Babakan Gentong, Cibodas, Lembang

18. Menyatu dengan alam di Grafika Cikole

Image credit: @indoflashlightjabar

Ingin menikmati alam, makan di tempat terbuka, menginap di tengah hutan, beraktivitas outbound, atau sekadar berfoto dengan background yang keren? Terminal Wisata Grafika Cikole adalah jawaban untuk itu semua.

Image credit: @budiandika74

Banyak hal seru yang bisa kamu lakukan, dan lokasi destinasi wisata hutan pinus ini juga mudah dijangkau. Fasilitas yang lengkap dan beragam mempermudah untuk wisatawan berwisata di tempat ini.

Image credit: @sylvieh23

Lokasi: Jl. Tangkuban Perahu Raya KM.8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

19. Menikmati alam yang luar biasa di Puncak Bintang Bukit Moko

Image credit: @mzayl

Tidak hanya hutan pinus yang alami dan adem, di Puncak Bintang Bukit Moko, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah dari ketinggian.

Image credit: @sopypy

Saran khusus buat kamu yang tertarik berkunjung ke tempat ini, memilih waktu datang pada sore hingga malam hari bisa menjadi pertimbangan. Bukan hanya bisa menikmati sejuknya udara pegunungan dan aroma getah pohon pinus yang khas, kamu juga bisa menikmati city view kota Bandung yang menawan.

Image credit: @kakadedi

Lokasi: Cimenyan, Bandung, Jawa Barat

20. Pohon pinus tidak biasa di Hutan Pinus Kayon

Image credit: @penky_soe

Di Semarang, ada hutan pinus yang memiliki beberapa pohon dengan bentuk yang tidak biasa, seperti dibentuk khusus sebagai spot berselfie kamu.

Image credit: @danarsibolang

Secara keseluruhan, hutan pinus Kayon memiliki nuansa yang kurang lebih sama dengan destinasi wisata hutan pinus lainnya di Indonesia. Beberapa yang membedakan adalah keberadaan pohon yang berbentuk melengkung, pas untuk dijadikan tempat bersantai untuk aksi selfie kamu.

Lokasi: Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

21. Camping di sabana Instagenik, Budug Asu

Image credit: @helmymahendra

Budug Asu Camp menjadi tempat camping di Malang yang cukup ngehits belakangan ini. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari keindahan alam yang ditawarkan.

Image credit: @_septipuspita

Padang savana dengan rerumputan hijau menjadi salah satu yang mencuri perhatian. Hal lain yang tidak boleh dilewatkan adalah hutan pinus yang Instagenik. Selain itu, ada banyak wahana wisata yang bisa kamu maksimalkan buat bersenang-senang, mulai dari climbing hingga canyoning, alias melewati lembah dengan meniti jembatan tali. Nge-camp di sini dijamin tidak menyesal deh!

Image credit: @noviaayu04

Lokasi: Kreweh, Gunungrejo, Singosari, Malang, Jawa Timur

22. Camping di tengah hutan pinus di Bedengan Ledok Ombo

Image credit: @ari_pri31

Nuansa hutan pinus di lereng Semeru bisa kamu nikmati kealamiannya langsung dengan bermalam di Ledok Ombo. Nuansanya asyik banget, lho!

Image credit: @shelby_dejuano

Hutan pinus seluas 12 hektar ini menawarkan atmosfer yang asri dan teduh. Meski demikian, fasilitas yang ada di sana cukup lengkap, mulai dari mushola, kantin hingga warung kopi. Wahana wisatanya juga cukup beragam.

Image credit: @aldinofrmnsyhl

Adapun tempat camping di Malang ini juga cukup ramah untuk petualang level junior. Banyak petunjuk arah dan keselamatan, sehingga memudahkan mereka melakukan penjelajahan. Tetap jaga kealamian dan keasriannya, ya!

Lokasi: Jl. Raya Selokerto, Godehan, Selorejo, Dau, Malang, Jawa Timur

23. Wisata hutan pinus yang eksklusif di Pine Forest Camp

Image credit: @panji_suhermanto

Wisata hutan pinus pun bisa berkonsep eksklusif, salah satunya di Pine Forest Camp Lembang. Hutan pinus yang sudah tertata rapi menjadi jauh lebih asyik untuk dinikmati.

Image credit: @riccoheza

Banyak hal yang bisa dilakukan di sini, mulai dari camping, berkegiatan outbound, sekadar bersantai hingga menggelar private exclusive wedding party. Kamu tertarik mencoba?

Image credit: @gladikambey

Lokasi: Suntenjaya, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat

Baca juga: 13 Tempat Wisata Kuliner Di Malioboro Yang Menggoyang Lidah Dan Murah

Tertarik mengunjungi destinasi wisata hutan pinus di atas? Yang mana yang paling menarik perhatian kamu?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru