10 Destinasi Wisata Keluarga Di Jogja Yang Seru Dan Menyenangkan

Ingin bersenang-senang bersama keluarga di sesi liburan kamu berikutnya? Mengapa tidak membawa semuanya pergi ke Jogja? Dijamin deh, liburan dengan tema wisata keluarga di Jogja bakal berakhir dengan keseruan dan kenangan asyik yang melekat hingga akhir hayat.

Tidak percaya? Well, mungkin yang tidak meyakini demikian belum pernah ke Jogja. Kota gudeg ini bisa dikatakan memiliki semua hal untuk bisa membuat kamu kembali lagi. Dari edukasi, budaya, hingga kulinernya, Jogja memberikan kesan tersendiri bagi penikmatnya.

Si kecil pun juga mungkin bisa tersihir dengan keunikan dan keseruan wisata keluarga di Jogja. Banyak destinasi wisata keren dan menyenangkan yang pas untuk didatangi bersama keluarga, pas untuk mempererat pertalian persaudaraan, dan juga pas untuk mengurangi level stres kamu karena pekerjaan dan sekolah.

Tertarik dengan tawaran tidak biasa dan istimewa ini, destinasi wisata keluarga di Jogja ini bisa menjadi tujuan liburan kamu selanjutnya. Selamat bersenang-senang, ya!

1. Bermain, belajar dan bersenang-senang di Taman Pintar

Image credit: @wahyuaji____

Ada banyak cara menarik untuk belajar, dan di antaranya dengan mengunjungi Taman Pintar. Di sini, banyak hal berkaitan dengan sains yang diperagakan dengan cara yang sangat menarik.

Image credit: @gandung_m.hidayat

Penggunaan teknologi interaktif digital, penggunaan video, dan ribuan alat peraga edukatif dijamin tidak hanya membuat para orang tua kagum, tapi juga membuat buah hati kamu ikut tertarik menekuni sains dan teknologi. Ada juga wahana hiburan yang pas untuk bersenang-senang, lho!

Image credit: @kang_ahmadh

Lokasi: Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta
Harga tiket: 10,000 IDR hingga 18,000 IDR per orang

2. Berpetualang dengan mini ATV di Pantai Kuwaru

Image credit: @mayangapd (kiri) dan @soes_ersa (kanan)

Tidak hanya menikmati gulungan ombak dan tiupan angin khas Laut Selatan, di Pantai Kuwaru, kamu juga bisa mengajak keluarga berpetualang menggunakan mini ATV. Wow!

Image credit: @endoprastomo

Pantai ini dikenal dengan pantai berpasir hitam dengan banyak pohon cemara yang rindang, tempat pas untuk bersantai dan menikmati suasana pantai di Jogja. Kelebihan lainnya adalah adanya penyewaan mini ATV untuk mewadahi keinginan kamu berpetualang dan menjelajah pantai di Bantul ini. Dengan menentukan rute sendiri, kamu bisa membawa petualangan kamu ke level yang lebih tinggi.

Lokasi: Kawaru, Poncosari, Srandakan, Bantul
Harga tiket: 5,000 IDR per orang untuk tiket masuk ke area pantai, dan 25,000 IDR per 15  menit untuk persewaan mini ATV

3. Bertemu Gus Dur hingga Iron Man di DeMata Museum

Image credit: @de_mata_de_arca

Siapa yang mengidolakan Gus Dur? Atau Iron Man dan Captain America? Atau bahkan Captain Jack Sparrow dan RA Kartini? Well, kamu bisa “bertemu” dengan mereka dan juga berfoto bersama di DeMata Museum.

Image credit: @yoannes_yk (kiri atas), @yuliana.apple (kiri bawah) dan @winona_amanda (kanan)

Museum yang menunjukkan beragam kreativitas dan keunikan ini menjadi destinasi wisata keluarga di Jogja yang pas dikunjungi di setiap saat. Bukan hanya menampilkan “tokoh-tokoh” luar biasa dalam bentuk patung, tapi juga ada studio foto yang memainkan ilusi optik, yang dijamin membuat hasil foto kamu 100 persen keren.

Lokasi: XT Square, Jalan Veteran No. 150-151, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta
Harga tiket:
30,000 IDR per museum dan 100,000 IDR untuk terusan empat museum dari Senin hingga Jumat pukul 10.00 hingga 15.00,
40,000 IDR per museum dan 120,000 untuk terusan empat museum di Senin hingga Jumat pukul 15.00 hingga 20.00, dan
50,000 IDR per museum dan 140,000 IDR untuk terusan empat museum untuk Sabtu, Minggu dan hari libur nasional.

4. Memeras adrenalin di Lava Tour Merapi

Aktivitas ini lebih pas diikuti bagi mereka yang senang memompa adrenalin. Bayangkan saja, menjelajahi aliran lava Merapi dengan menggunakan jeep, tantangannya tentu sangat istimewa.

Image credit: @krisnaharja

Selain menikmati rute berbatu dengan pemandangan yang indah, kamu juga akan dibawa ke sejumlah spot wisata seperti Rumah Mbah Maridjan, juru kunci Merapi yang tersapu awan panas di Dusun Kinahrejo, Bunker Kali Adem dan banyak lagi di tempat lain. Dijamin seru, deh!

Image credit: @dinadellyana

Harga tiket: 350,000 IDR per jeep untuk rute pendek, 450,000 IDR per jeep untuk rute menengah, dan 650,000 IDR untuk rute panjang.

5. Mengenal dunia mainan tradisional di Kampoeng Dolanan Pandes

Image credit: @satriawan_wijanarka

Masih ingat dengan permainan tradisional yang kamu suka lakukan di masa lalu? Well, jika ingin memperkenalkan dunia yang super menyenangkan ke anak-anak kamu sekaligus mengenang kembali keseruan di masa silam, datang saja ke Desa Pandes di Bantul, atau yang biasa dikenal sebagai Kampoeng Dolanan.

Image credit: @inepraline

Di desa ini, warga melestarikan dolanan anak-anak dan mengemasnya dalam kegiatan wisata yang menarik. Kamu bisa bermain kitiran, manukan, dan othok-othok, atau juga bermain geprekan berlatih tari dan gamelan, juga memperagakan permainan tradisional anak seperti di masa silam. Di sini, kamu dan si kecil juga bisa belajar membuat mainan tradisional, lho!

Lokasi: Jalan Tembus Pandes, Pandes, Panggungharjo, Banguntapan, Bantul
Harga tiket: Gratis

6. Bercengkrama dengan hewan eksotik di Kebun Binatang Gembira Loka

Image credit: @safitri.sandra1554

Yang ingin memperkenalkan dunia binatang kepada si kecil, sekaligus menikmati udara segar dan nuansa yang teduh, kamu bisa mengunjungi Kebun Binatang Gembira Loka.

Image credit: @vioputri94

Puluhan jenis hewan bisa kamu lihat di sini, baik yang berada di dalam sangkar atau yang dibiarkan bebas berkeliaran atau  yang dengan pengawasan secara khusus. Kebun binatang yang sudah dibuka sejak 1956 ini juga memiliki koleksi flora yang beragam, serta kebun botani yang menenangkan. Destinasi wisata keluarga di Jogja yang ini harus masuk dalam itinerary liburan kamu, ya!

Lokasi:  Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta
Harga tiket: 25,000 IDR per orang untuk Senin hingga Jumat, dan 30,000 IDR per orang untuk Sabtu, Minggu dan hari libur nasional.

7. Bergumul dengan cokelat di Chocolate Monggo

Image credit: @chocolatemonggo

Siapa yang tidak suka dengan cokelat. Makanan dengan rasa manis dan pahit ini memiliki keunikan tersendiri, yang bakal membuat mood semua orang menjadi jauh lebih baik saat menikmatinya.

Image credit: @claire.lyon

Nah, Chocolate Monggo menjadi destinasi wisata keluarga di Jogja yang bisa kamu sambangi untuk mengenal cokelat, belajar mengenainya, dan juga menikmati kudapan yang mengesankan ini. Banyak juga spot menarik untuk membuatmu belajar lebih banyak mengenai cokelat, sekaligus berselfie. Asyik, kan?

Lokasi: Jl. Dalem KG III No.978, Purbayan, Kotagede, Kota Yogyakarta
Harga tiket: Gratis

8. Taman bermain untuk semua kalangan di Sindu Kusuma Edupark

Destinasi wisata di Sleman lainnya yang pas untuk dikunjungi adalah Sindu Kusuma Edupark (SKE). Ada banyak wahana permainan yang bisa dinikmati oleh anak-anak dan juga orang dewasa.

Image credit: @aidassy

SKE juga menawarkan kesempatan untuk melihat Jogja dan sekitarnya dari ketinggian dengan menggunakan roda raksasa. Selain itu, ada juga wahana zipline untuk yang ingin bersenang-senang sambil memacu adrenalin.

Image credit: @yulitaaheni

Lokasi: Jalan Jambon, Sinduadi, Mlati, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga tiket: 15,000 IDR per orang

9. Bermain air di Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Image credit: @jogjabay

Siapapun pasti suka bermain dengan air. Destinasi wisata di Sleman yang paling pas untuk memenuhi keinginan kamu itu adalah Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark. Mulai dari perosotan hingga wave pool, tempat ini dijamin akan menyemarakkan hari kamu, deh.

Image credit: @jogjabay

Lokasinya yang mudah dijangkau juga menjadikan Jogja Bay salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan. Namun, kamu sebaiknya berkunjung pada pagi atau sore hari agar kulitmu tidak terbakar!

Image credit: @cervinjh

Lokasi: Jl. Utara Stadion, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga tiket: 90,000 IDR untuk dewasa dan 60,000 IDR untuk anak-anak pada hari biasa, dan 100,000 IDR untuk dewasa dan 75,000 IDR untuk anak-anak pada akhir minggu.

10. Kids Fun Park, surga bermain si kecil

Image credit: @kids_fun_yogyakarta

Ingin membahagiakan si kecil? Bawa saja langsung ke Kids Fun Park. Ada 21 wahana bermain bagi si kecil yang bisa kamu coba, mulai dari permainan air, darat hingga udara.

Image credit: @kids_fun_yogyakarta

Bukan hanya wahana bermain, destinasi wisata di Sleman ini juga menyediakan pertunjukan opera dengan cerita bajak laut, wisata edukasi seperti membuat pizza, dan masih banyak lagi. Asyik, lho!

Image credit: @kids_fun_yogyakarta

Lokasi: Jl. Wonosari, Madugondo, Tegaltirto, Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga tiket: 55,000 IDR untuk anak usia 1 hingga 13 tahun dan 45,000 IDR untuk dewasa. Untuk tiket terusan, 69,000 IDR untuk anak-anak dan 59,000 IDR untuk dewasa.

Baca juga: 14 Tempat Makan Bakso Enak Di Jogja Yang Harus Kamu Coba

Jadi, destinasi wisata keluarga di Jogja yang mana yang paling menarik untuk dikunjungi menurut kamu?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru