7 Destinasi Wisata Klaten Yang Memesona Untuk Liburan Istimewa

Klaten. Kabupaten yang berada di antara Yogyakarta dan Solo ini terbukti menyimpan potensi wisata yang istimewa. Tidak sedikit pula yang kemudian membandingkan keindahan destinasi wisata Klaten dengan dua tetangganya itu.

Dengan lokasi yang mudah dijangkau, baik dari Jogja dan Solo, bahkan Semarang dan Purwokerto, Klaten bisa menjadi destinasi wisata alternatif yang sangat layak dipertimbangkan untuk dikunjungi dalam waktu dekat.

Tidak percaya akan keindahan dan keunikan wisata yang dimiliki Klaten? Cek saja daftar destinasi wisata Klaten yang menarik dan Instagrammable di bawah ini!

1. Green canyon mini ala Socokangsi

Image credit: @zudaah

Bayangkan berada di lembah yang hijau dengan aliran air mengalir dengan segarnya sungguh sangat syahdu. Destinasi wisata Klaten ini pun kini menjadi salah satu wisata hits para traveller. Tidak sedikit yang menyebutnya sebagai Green Canyon mini, lho!

Lokasi: Dusun 1, Socokangsi, Jatinom, Klaten
Harga tiket: Gratis

2. Menikmati keindahan Candi Sewu

Image credit: @atika_muth

Salah satu candi paling Instagrammable di Klaten, bahkan di Jawa Tengah. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini, dari photo session hingga menikmati sunset. Jika punya sedikit waktu luang lebih, tidak ada salahnya melakukan penjelajahan di desa di sekitar candi untuk menemukan kearifan lokal.

Lokasi: Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah
Harga tiket: 8,000 IDR per orang

3. Destinasi wisata tersembunyi di Sendang Gemuling

Image credit: @yuniandrea

Tertarik menjelajah ke pedalaman Klaten? Jika iya, kamu bisa mengunjungi Sendang Gemuling, air terjun kecil dengan pemandangan alam sekitar yang indah. Selain Instagrammable, kamu bisa menikmati pesona alam Klaten yang mengesankan di sekitar Sendang Gemuling. Namun, untuk bisa mencapai destinasi wisata Klaten ini, dibutuhkan sedikit usaha dan tenaga karena lokasinya yang ttersembunyi.

Lokasi: Area Hutan, Sidorejo, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah
Harga tiket: Gratis

4. Spot selfie asyik di Taman Bunga Bono

Image credit: @iksanudin_nur_fajari (kiri) dan @try_aswti

Jika ingin mendapatkan latar yang pas untuk berselfie? Taman Bunga Bono di Klaten bisa menjadi opsi yang menarik. Tempat yang sebelumnya merupakan sawah warga, diubah menjadi taman untuk beragam jenis bunga penuh warna. Kamu tinggal memilih pose seperti apa untuk aktivitas narsismu!

Lokasi: Gading kulon, Area Sawah, Bono, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Harga tiket: Gratis

5. Menikmati Merapi dan rekahan lebar kawahnya di Kalitalang, Balerante

Image credit: @anwarrwae

Gunung Merapi di perbatasan Yogyakarta dan Magelang memiliki daya tarik tersendiri. Dari sudut pandang di Kali Talang, kemegahan dan lanskapnya yang artistik menjadikannya semakin eksotik.

Lokasi: Area Gn., Balerante, Kemalang, Klaten
Harga tiket: 8,000 IDR per orang

6. Monumen cinta yang istimewa ala Candi Plaosan

Image credit: @fatmayiayulestarii (kanan) dan @ridwanto21

Mengabaikan segala perbedaan, Rakai Pikatan membuktikan cintanya pada Pramodyawardani dengan membangun Candi Plaosan yang tidak hanya indah, tapi juga begitu ikonik. Tempat ini bukti nyata bahwa menyatukan perbedaan bukanlah hal yang mustahil.

Lokasi: Jl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

7. Taman air yang asyik

a. Umbul Kapilaler

Image credit: @irfankamaluddin74

Ingin berendam di destinasi wisata yang asyik, Umbul Kapilaler bisa menjadi jujukan kamu. Tidak hanya airnya yang segar, tapi juga lokasi umbul yang juga keren dan berkesan natural. Ingin menambah keseruan? Silakan menyelam dan melihat langsung dasar umbul yang dipenuhi dengan akar pohon yang tiada duanya.

Lokasi: Dk, Umbulsari, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Harga tiket: 3,000 IDR per orang

b. Umbul Ponggok

Image credit: @umbul_ponggok

Umbul Ponggok menjadi destinasi wisata paling ngehits di Klaten dalam beberapa tahun terakhir. Pemandangan bawah air yang unik menjadi alasannya. Kamu bisa nonton televisi, bersepeda, mengendarai motor atau ‘bersekolah’ dan beragam kegiatan lainnya. Menarik kan?

Lokasi: Jl. Delanggu- Polanharjo No.Ds, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Harga tiket: 15,000 IDR per orang

c. Umbul Cokro

Image credit: @gtumes

Siapa sih yang tidak suka bermain air? Apalagi jika airnya cukup dingin dan menyegarkan! Belum lagi nuansa dan atmosfernya yang juga asyik untuk menikmati hari. Di mata air Cokro, Klaten, kamu bisa mendapatkan ‘kemewahan’ itu dan menikmati kesegaran, yang pastinya akan menyegarkan hati dan pikiran kamu yang sedang kalut.

Lokasi: Area Sawah, Cokro, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Harga tiket: 7,500 IDR per orang

d. Umbul Manten

Image credit: @taufiqis_

Mau bagaimana lagi, berselfie di Umbul Manten adalah keharusan. Selain menjadi spot yang asyik bermain air, umbul yang berlokasi di Klaten ini begitu Instagenik. Namun jika kamu ingin lebih memahami sejarah umbul ini juga boleh saja, karena ada informasi historis yang panjang dan menarik untuk dinikmati.

Lokasi: Jalan Janti Boto, Boto, Wunut, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Harga tiket: 8,000 IDR per orang

Baca juga: 12 Tempat Makan Langganan Jokowi Di Solo Yang Sederhana Tapi Maknyus Rasanya

Dari daftar di atas, destinasi wisata Klaten yang mana yang paling ingin kamu kunjungi?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru