7 Destinasi Wisata Di Mojokerto Ini Pas Jadi Weekend Getaway Kamu

Puas berwisata di Surabaya, Malang atau Pulau Madura? Jika iya, mengapa tidak mencoba mengunjungi spot wisata lain yang tidak kalah keren? Destinasi wisata di Mojokerto misalnya, yang dijamin akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pengunjungnya.

Mojokerto tidak hanya memiliki Candi Trowulan sebagai daya tarik wisatanya. Dengan memaksimalkan lanskap yang menarik, destinasi wisata di Mojokerto menjadi salah satu destinasi wisata alternatif bagi yang ingin menikmati suasana alam, tapi tidak terlalu jauh meninggalkan kota metropolitan Surabaya.

Mojokerto juga mudah untuk dikunjungi. Jaraknya hanya satu jam perjalanan darat dari Surabaya. Apalagi sudah ada jalan tol Surabaya-Mojokerto, atau yang lebih akrab disebut Tol Sumo, yang semakin mempermudah akses menuju kota tersebut. Tertarik menikmati destinasi wisata di Mojokerto untuk sesi liburan akhir pekan kamu berikutnya? Cek di sini beberapa rekomendasi spot liburan yang bisa kamu kunjungi, ya!

1. Menikmati keindahan alam dari Puncak Watu Jengger

Image credit: @miftkhlhuda_

Yang gemar mendaki gunung, Puncak Watu Jengger boleh menjadi destinasi wisata di Mojokerto yang bisa dikunjungi di akhir pekan. Bukan hanya rute pendakian yang relatif gampang, pemandangan alam yang ditawarkan juga mengundang decak kagum.

Image credit: @anggaaaaar

Dari puncaknya, kamu bisa menikmati pesona lereng Gunung Arjuno atau Welirang. Selain itu, udara yang sejuk dan segar menjadi daya tarik tersendiri untuk dinikmati dari ketinggian 1100 mdpl.

Lokasi: Desa Nawangan, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur
Tiket: 10,000 IDR per orang

2. Berwisata selfie di Panorama Petung Sewu

Image credit: @rozaq.f

Ingin menikmati pesona alam Mojokerto dengan cara yang sedikit berbeda bisa langsung datang ke Panorama Petung Sewu. Salah satu destinasi wisata ngehits di Mojokerto ini menyajikan pemandangan alam yang indah dan wisata yang menguji adrenalin.

Image credit: @haydisy08

Berada di kawasan hutan konservasi Tahura R. Soerjo, pengunjung Panorama Petung Sewu akan disambut dengan udara yang segar serta pemandangan hijau lereng Gunung Welirang yang mengesankan. Asyiknya lagi, ada banyak spot selfie kekinian yang menunjang sisi narsis pengunjung, dari sayap kupu-kupu, sky tree hingga hammock. Tertarik mencoba?

Lokasi: Desa Sendi, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur
Harga tiket: 5,000 IDR

3. Spot bersantai di Sendi Adventure Pacet

Image credit: @arletamorello

Ingin sekadar bersantai di Pacet, Mojokerto? Sendi Adventure bisa menjadi pilihan yang menarik. Selain menyajikan pemandangan yang indah, ada banyak spot berfoto yang asyik dan keren, lho!

Image credit: @khakim_sr

Beberapa spot yang asyik untuk dijadikan latar berfoto adalah gardu pandang berbentuk hati dan jembatan bambu dengan background pegunungan. Tidak hanya itu saja, jika datang di waktu yang tepat, kamu bakal bisa melihat mekarnya bunga matahari di taman yang ada di sana, dan pastinya bisa menjadi spot yang keren untuk dijadikan latar selfie kamu.

Lokasi: Pacet, Mojokerto, Jawa Timur
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

4. Menikmati city view Mojokerto dari ketinggian di Puthuk Kembang

Image credit: @prasetia_bhayu

Dibuka sejak Oktober 2018, Puthuk Kembang kini menjadi salah satu destinasi wisata paling hits di Mojokerto. Bagaimana tidak, dari lokasi ini, pengunjung akan disajikan pemandangan kota Mojokerto dan gemerlap lampunya dari ketinggian.

Image credit: @umam_suvit

Yang menjadikan Puthuk Kembang menjadi favorit kunjungan masyarakat adalah jalur menuju lokasi yang mudah ditempuh. Selain itu, dari puncak kawasan ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan dengan leluasa, termasuk mengambil gambar yang Instagenik, karena bersih dari pepohonan.

Lokasi: Gajahmungkir, Manduro MG, Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur
Harga tiket: Gratis, cukup membayar parkir sebesar 5,000 IDR untuk roda dua dan 10,000 IDR untuk roda empat

5. Alam yang eksotis di Bukit Semar Gondang

Image credit: @ari_purwantoro

Tidak hanya Watu Jengger, Bukit Semar Gondang juga harus menjadi jujukan kamu jika ingin berwisata dan menikmati nuansa alam yang alami. Lanskap pegunungan Anjasmoro menjadi daya tarik tersendiri yang bisa dinikmati dengan cara yang mengasyikkan.

Image credit: @bay_id

Dengan jalur yang relatif mudah dilalui, Bukit Semar Gondang menjadi destinasi yang cukup ngehits untuk didatangi kalangan pendaki pemula. Sepanjang jalur pendakian, panorama persawahan yang menghijau menjadi pemandangan yang bisa dinikmati dengan leluasa. Sesampainya di puncak, kamu akan mendapatkan view lanskap lereng pegunungan Anjasmoro yang berliku-liku. Keren abis!

Lokasi: Desa Dilem, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur
Harga tiket: 5,000 IDR

6. Ranu Manduro, Ranu Kumbolo ala Mojokerto

Image credit: @fahmous_

Meski hanya merupakan bekas galian pasir, Ranu Manduro kini menjelma sebagai salah satu destinasi wisata ngehits di Mojokerto yang Instagenik. Jika curah hujan sedang tinggi, bekas tambang pasir ini menjadi ‘Ranu Kumbolo’.

Image credit: @miftkhlhuda_

Dengan background Gunung Penanggungan dan suasana sejuk yang ditawarkan di pagi hari, Ranu Manduro menjadi spot yang eksotis bagi pecinta fotografi. Daya tarik lain adalah keberadaan sejumlah batu besar di tengah “kolam”.

Lokasi: Mandurono, Manduro MG, Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur
Harga tiket: Gratis

7. Wisata sejarah di Mojokerto

Mojokerto dikenal karena keberadaan sejumlah candi. Karena itulah, tidak ada salahnya berkunjung ke beberapa candi yang eksotis untuk meramaikan wisata budaya dan sejarah.

a. Candi Brahu

Image credit: @masell.le

Candi Budha ini diperkirakan berusia lebih tua dari Kerajaan Majapahit. Memiliki nilai sejarah dan budaya yang mendalam, Candi Brahu juga pas menjadi spot untuk mengembangkan teknik fotografi kamu.

Image credit: @fajarhw

Lokasi: Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

b. Candi Bajang Ratu

Image credit: @leksmanaruly

Berbentuk menyerupai gapura, Candi Bajang Ratu berada di lahan yang cukup luas. Candi yang dibangun di abad ke-14 ini disebut sebagai gerbang menuju bangunan suci. Terlepas dari itu, candi dan taman di sekelilingnya menawarkan pesona yang istimewa.

Image credit: @faris.izen

Lokasi: Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

c. Candi Wringin Lawang

Image credit: @dantedananjoyo

Sering disebut sebagai gapura, candi Wringin Lawang merupakan pintu gerbang masuk ke bangunan penting di era Majapahit, meski bukan merupakan pintu utama. Lokasi ini juga kerap dijadikan untuk foto prewedding bagi pasangan yang hendak menikah.

Image credit: @angelica_monica

Lokasi: Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

Baca juga: 15 Destinasi Wisata Keluarga di Surabaya yang Asyik Dan Menyenangkan

Punya destinasi wisata lain di Mojokerto yang layak direkomendasikan? Mengapa tidak berbagi dengan kami dengan meng-share foto-foto kamu melalui akun Instagram? Jangan lupa memasang tagar #TripZillaTraveller untuk kesempatan difitur di IG TripZilla Indonesia.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru